Indonesia Mungkin Membangun Desain Trimaran Earthrace 60M Akhir Tahun

Earthrace Conservation meluncurkan konsep desain kapal Trimaran 60 m baru. Kapal berdesain radikal yang dirancang oleh Auckland Naval Architects LOMOcean Design. Dibangun menggunakan desain kapal trimaran Earthrace asli yang pernah memegang rekor mengelilingi dunia.

CEO Earthrace Kapten Pete Bethune mengatakan, kapal rancangan terbaru tersebut sangat penting bagi Angkatan Laut untuk menangani illegal fishing. “Kami telah bekerja di sejumlah negara yang menargetkan penangkapan illegal fishing yang dilakukan kapal asing,” Menurutnya kapal baru ini dapat digunakan berpatroli di lautan lepas, dan sebagian besar membantu pihak keamanan setempat untuk menangkap pencuri ikan.

Angkatan Laut telah berhasil menangkap sejumlah kapal illegal fishing di banyak negara, termasuk di Amerika Tengah, Asia dan Afrika, juga membantu menangkap dua kelompok yang terlibat dalam penyelundupan satwa liar di Asia, dan beberapa operasi pembalakan liar di Indonesia. Beberapa diantaranya juga berhasil menangkap penambang emas ilegal di Kosta Rika.

Kapal trimaran desain baru dapat berfungsi sebagai markas operasi keamanan laut, dan memungkinkan untuk menjalankan misi hampir di mana saja di belahan bumi.

CEO Earthrace Kapten Pete Bethune menyatakan akan membangun kapal trimaran Earthrace di lokasi yang belum ditentukan, tapi Bethune menyatakan sedang mempertimbangkan pilihan, termasuk membangun kapal militer komposit di Indonesia. mereka mengharapkan bisa memulai konstruksi akhir tahun ini.

LOMOcean Design terus mengembangkan konsep kapal Trimaran penusuk gelombang dengan desain Earthrace asli. Direktur desain Craig Loomes mengatakan bentuk lambung trimaran memiliki beberapa keuntungan dibandingkan desain monohull konvensional.
Pertama, kapal lebih efisien dan memiliki jangkauan operasi lebih jauh dengan bahan bakar yang sama.
Kedua, memiliki ketangguhan luar biasa di laut yang bergelombang, terutama saat melaju kencang. Hal ini membuat trimaran sangat cocok untuk penegakan hukum dan penanggulangan illegal fishing.

Scoop.Co.Nz