Indonesia Percepat Pengadaan Pesawat C-130J Super Hercules

123
Pesawat Lockheed C-130J Super Hercules. (Anna Zvereva – U.S. Air Force)

Jakarta, Jakartagreater.com    – Kementerian Pertahanan mengatakan bahwa Indonesia tengah mempercepat pengadaan 5 unit pesawat C-130J Super Hercules.

Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan Laksamana Muda TNI Agus Setiadji mengatakan meski anggaran APBD baru turun pada Januari namun pengadaan pesawat itu sudah dilakukan sejak kemarin. “Sudah proses pengadaan, tinggal tanda tangan kontrak,” ujar Laksda Agus Setiadji , Kamis, 27-12-2018 di Jakarta, dirilis situs Anadolu Agency.

Laksda Agus Setiadji mengatakan bahwa Indonesia memiliki kebutuhan akan pesawat militer berbadan lebar itu. Selain untuk menggantikan pesawat Hercules yang sudah lama, ujar Laksda Agus Setiadji , Menteri Pertahanaan RI Ryamizard Ryacudu sudah mengamanatkan agar pengadaan alutsista disesuaikan dengan kebutuhan penanganan bencana.

Selain Hercules, lanjut Laksda Agus Setiadji , pihaknya juga tengah mengurusi pengadaan pesawat Amfibi TNI Angkatan Udara yang mampu memadamkan kebakaran hutan. Sejumlah negara, kata Agus Setiadji , telah mengajukan produk-produk pesawat Amfibi unggulan mereka.

“Ada beberapa negara, saat ini masih diproses,” ujar dia. Selain itu, lanjut Laksamana Muda TNI Agus Setiadji, pemerintah juga tengah menjajaki pengadaan 2 unit kapal selam yang dilengkapi dengan Remotely Operated Underwater Vehicle (ROV) dan bisa menjangkau laut hingga kedalaman 150-300 meter.

Tahun ini, kata Laksamana Muda TNI Agus Setiadji, Indonesia telah membeli sejumlah Alutsista, di antaranya kapal penyapu ranjau, kapal patroli, kapal selam, kapal rumah sakit dan medium tank.