JakartaGreater.com - Forum Militer
Nov 042014
 
Sukhoi Su-27SK

Sukhoi Su-27SK

ryamizard-r

Menhan Ryamizard

Jakarta – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menegaskan pemerintah akan meningkatkan alat utama sistem senjata (alutsista) dan menginginkan bisa juga memproduksinya sendiri.

“Kita meneruskanlah ya (dari pemerintah sebelumnya). Kita ke depan bisa membuat sendiri, baik itu pesawat, kapal laut ataupun tank,” kata Ryamizardusai peluncuran buku di Energy Tower SCBD, Jakarta, Selasa (4/11/2014).

Ia mengatakan, pembelian kapal selam oleh pemerintah sebagai langkah alih teknologi. Namun, nantinya akan ada kapal selam buatan dalam negeri yang digunakan oleh TNI.

Pengiriman anggota TNI untuk pelatihan dengan negara lain akan tetap dilakukan.? Ia berharap Indonesia bisa mandiri dengan alutsista buatan dalam negeri yang tak kalah dengan buatan luar.

“Mudah mudahan 5-10 tahun lagi bisa buat pesawat jet sendiri. Kalau 1 atau 2 tahun lagi bikin kapal selam, kira-kira 5 atau 10 tahun bisa buat pesawat jet sendiri,” sambungnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menjawab sejumlah keraguan penunjukan dirinya yang berlatar belakang AD padahal presiden Joko Widodo ingin fokus pada kemaritiman.

“Ini kan jabatan Menhan, Menteri Pertahanan. Menhan itu selain berurusan dengan AD, juga AL,” ujarnya singkat. (Detik.com).

Berbagi

  132 Responses to “Indonesia Produksi Jet dan Kapal Selam”

  1.  

    mbah ngak setuju

  2.  

    Haloooo mbh bowooo…… πŸ˜€ apa kibirnya….?????

  3.  

    Ke berapa yah?

  4.  

    tes tes

  5.  

    mbh bowo….

    mangkanya mbh bowo Sering istirahat..Jngan banyak begadang…. jangan lupa jamu…… mbh bowo ndwe anak perawan ora?????? πŸ˜€

  6.  

    wah mbah bowo mendominasi nih..NKRI jaya trus

  7.  

    u

  8.  

    alaaaa…. Wes sepuh kok mangane mewah2… awas lo mbh..mondak encok e seretttt πŸ˜€

  9.  

    Memimpikan produksi pespur kita spt line produksi pabrik motor di Cikarang. Sehari bisa bikin 1 pespur. Mantaab…

  10.  

    pada salah bakar menyan nih … yang dipanggil Pocong Serem dkk … yang muncul mbah bowo …:D

  11.  

    Yo mbah…usia boleh tua..tapi jiwa muda…teruskan mbah…monggo….

    •  

      betul dek, mbah selalu bersemangat, dengan laptop tua pentium 3, keybordnya sudah pada nngak kelihatan hurufnya, tapi mbah tetap semangat memberikan pencerahan pada adek adek semua,

      •  

        Mbah pake tablet android dong mbah biar menyesuaikan diri dengan alutsista qt yg jg sdh mulai modern. Itu loh mbah yg kaya di altros cuma di pencet2 terus meluncur deh mbah. Beda jaman mbah mungkin meriam tarik ya mbah hehehe..

  12.  

    mbh bowo…

    aku ulangi gimana caranya komentar yg berbobot ….dr kelas 2 SMA smpek klas 3 mlototin jgr..kok blum bisa…

    πŸ˜€

  13.  

    mbah [email protected] emang top , muncul dpt pertamax dn suasana jd asik ..ayo mbah cucu mau dengar nasehat mbah sang naga

    •  

      mbah kasi tau ya dek, tentara PLA tingginya 190 cm, sepatunya berlapis besi khusus untuk menendang tulang rusuk musuh, ngeri ngak ?

      mereka tinggi, tegap, dempal, jalannya lurus, tatapan matanya tajam, kalau ngomong sambil membentak dan memukul musuh, menakutkan ngak ?

      •  

        Mbah bowo gk usah takut.. Kita msh pnya Alloh mbah yg mnntukan hidup n mati kita.. Skalipun kita cm pkai bambu runcing jk Alloh brkehendak psukan PLA bs kt klahkan.. Kt pnya rakyat militan mbah yg teruji dr sejak nenek moyang kt dl.. Jd berikan petuah n pnyemangat buat generasi muda skrg mbah bkn justru sbaliknya..

      •  

        mbah…tentara PLA ne diajak ngguyu ae…mengko nek ngguyu merem….lah trus ditinggal lungo aman , gk usah wedhi mbah…..upomo methu juruse kung flu…yo dilawan nggo pencak silat, hehe

  14.  

    Mbah bowo udah malem nih lbh baik bobo gihhh. Mbah kan sepuh harus istirahat, kl nanti perang mbah ngumpet aja ya atau pura2 mati jg gpp biar ga ketemu sama PLA. Oceee.

  15.  

    mbah lebih suka super tukano dari pada sukoi, karena super tukano pakai baling baling jadi kalau terbang lebih banter. dan bisa lebih hemat biaya karena bisa beli dalam jumlah banyak.

  16.  

    Niatan SR batal..gara2 mbah bowo dateng.

    Mbah klo pgn sembuh dr encok ke tongfang aja mbah.
    Trus biar gk sakit wkt BAB harus ngurangin bercumbu dgn tentara PLA yg punya gada besar2.

  17.  

    Mbah bowo memang betul. Betul sekali. Betul bualnya….

  18.  

    Mbah mbah.. Dari dulu sampe sekarang koq nggak sembuh sembuh…

  19.  

    harooo mbah bowo mulai muncul… klo udh muncul mbah bowo pasti ngremon…

  20.  

    1 ato 2 thn bs buat kpl selam sendiri, 5 ato 10 thn bsa buat pespur sendiri.. Amin….
    terus kpn bsa buat mesin sendiri ya? Biar bnar2 produksi sendiri 100% tanpa bergantung pihak luar..

    •  

      mohon pendapat mbah di taati, pesawat yang cocok adalah super tukano, karena terbangnya paling banter

      •  

        Keliatannya mbah bowo gak punya wibawa. buktinya pespur su tambah banyak di beli, and kaselnya juga tambah banyak di beli bahkan dua duanya mau di produksi sendiri…
        itu kata Menhan lo yah, bukan kata saya…
        soal wibawa mbah bowo itu hanya klaimnya mbah bowo. realisasinya 0 besar…
        pekerjaan saya sesuai nama saya PNS. saya pernah ikut latihan setengah militer di rindam VII wirabuana pakkato, jika perang dengan siapapun saya siap ikut wamil…

        KITA BUKAN BANGSA PENAKUT…
        salam damai…
        NKRI HARGA MATI…

      •  

        Mbah bowo ini dulu waktu perang kemerdekaan pasti kagak mau ngikut perang….cuma ngumpet,kelihatan kagak punya rasa nasionalisme sedikitpun….yang dipikir cuma ubi,sejahtera…pencerahannya gak berbobot sama sekali,gitu dibilang berwibawa….sadar mbah…sadar…..

  21.  

    mbah bowo ki ketok e mabok kecubong

  22.  

    Asalkan insinyur harus di perhatikan dan sdm terus dana jangan di korupsi, kapan mau mandiri jangan bermimpi terus.. Semangat nkri, indonesia strong..

    •  

      ya dek, tapi rakyat sejahtera dulu, kasian rakyat dek banyak yang msih makan ubi

      •  

        Lha Standartnya sejahtera itu spt apa sih Mbah?,
        kalau rakyat sudah nggak makan Ubi lagi gitu ya Mbah?,
        Amrik aza rakyatnya masih makan ubi gitu kok mbah..!, tapi dari McD sih πŸ™‚

      •  

        klo terfokus pada kesejahteraan dan mengabaikan pertahanan, maka yang didapat hanyalah kesejahteraan semu ……. saya lbh setuju pembanguna kekuatan pertahanan harus di imbangi dengan peningkatan kesejahteraan rakyat, dan saya yakin pemerintah dpt melaksanakannya dengan baik. Jayalah NKRI.

  23.  

    Jangan cuma memeneruskan program2 sebelumnya dong pak menhan,, perbanyak lagi kerjasama teknologi agar minimal 20 thn lagi indonesia sudah benar2 mandiri,,,

    •  

      betul… betul,,,,,, TAPI ingat dek masyarakat miskin msih jutaan, utamakan rakyat miskin dek , kasian dek rakyat kecil hidup susah,

      •  

        ya mbah , dari dulu kita mah miskin terus. dari pada mati ngenes minum oplosan autan+ethanol kan lebih terhormat matinya gagah dengan bedil di pinggang kanan kiri. Mati tapi gagah gitu lho Mbah.

      •  

        klo terfokus pada kesejahteraan dan mengabaikan pertahanan, maka yang didapat hanyalah kesejahteraan semu ……. saya lbh setuju pembanguna kekuatan pertahanan harus di imbangi dengan peningkatan kesejahteraan rakyat, dan saya yakin pemerintah dpt melaksanakannya dengan baik. Jayalah NKRI

  24.  

    bintangnya malamhari ini mbah bowo

  25.  

    Jangan cuma memeneruskan program2 sebelumnya dong pak menhan,, perbanyak lagi kerjasama teknologi agar minimal 20 thn lagi indonesia sudah benar2 mandiri di bidang teknologi,,,

  26.  

    IFX & KS 209 Mutan versi anak negeri..semangattt

  27.  

    @mbah bowo pripun wartanipun?????
    main sini ke tempatku mbah di cilacap,… ntar aq ajak ke nusa kambangan ntar aq kenalin sama robot gedeg mbah…

  28.  

    bikin mual aja nihh aki bowo..

  29.  

    Beberapa alutisita dan pendukungnya yang kelak bisa memproduksi sendiri:

    Pespur dengan Korsel
    Kapal Selam dengan Korsel
    Tank dengan Turki
    Pesawat kargo dengan Eropa
    Frigat/PKR dengan Belanda
    Bahan peledak dan propelan dengan Perancis
    Satelit dengan Jerman
    Radar dengan Inggris
    Roket dengan Ukraina

    kita tunggu proyek kerja sama dengan Rusia atau USA

    •  

      minimal 2020 :

      pindad :medium tank dan dalam proses heavy tank,panser amfibi,mobil MLRS basic panser
      IFX : risep kelar,2025 tahap produksi
      PT PAL : changbogo mutan,PKR,fregat
      PT dahana : unguided missiles buat sukhoi
      Lapan : MLRS 200km keatas dgn tingkat ledakan yg besar,roket peluncur satelit,guided missiles air to air/land dsb
      PT DI : heli gandiwa,CN235 gunship,heli serbu/serang

      amin

  30.  

    saya percaya NKRI pasti bisa menjadi mercusuar dunia..

  31.  

    Mbah bowo sbnrnya IQ nya tinggi bung.

    Dia jg gk pernah menghujat sesama warga scr sarkastis. Kalo ada kata kasar misalnya kepruk, potong kepala, meremukkan tulang, dsb hanya biar otak kita sampai kpd pemikiran dia.
    Komennya lugu sederhana tp bs membuai bg yg tdk terbiasa.
    Biarpun dia menyanjung utara tp tanpa merendahkan negaranya sendiri. Dia tdk pernah mengomentari alutsista pindad, PAL dll jelek, model jadul dsb

    Tujuannya? Merubah mindset kita dgn mengulang ulang terus komen yg itu2 terus agar makin masuk ke alam bwh sdr kita shg makin lama makin mjd sebuah kebenaran.
    Sesuatu yg belum terbukti benar makin lama akan diproses otak kita mjd benar klo diulang terus biarpun dgn bahasa verbal berbeda beda. Krn bahasa verbal mengantarkan pesan2 tersembunyi yg diproses otak tanpa kita menyadarinya.
    Tahu tahu perilaku dan cara pikir kita sdh berubah.

    •  

      Tambahan, proses cuci otak yg disengaja hanya berhasil bila suasana mendukung. Contohnya di sini sdh mulai bnyk fans mbah bowo krn tdk ada komen atau artikel yg mengcounter mbah bowo.
      Suasana pendukung lain adalah kapasitas IQ dan kepandaian dr pencuci otak hrs melebihi pasiennya.

      Dan msh bnyk lagi tp sdh terlupa.

      •  

        bner bung petruk… sjauh yg sy amati,,,mbah bowo gk pernah berkomentar dgn kata2 kasar…kotor…merendahkan ataupun menghina pendapat personal…wlwpn dbilg omonganny ngawur…mabok kcubung dsb…ju2r sy lbh respect dgn si mbah…ktimbang mmbca komen yg cm bs mrendahkan komentr org lain,,,tnpa sopan santun…
        akhirny…sy mmilih mbah bowo sbgai “man of the match” pd artikel ini.. πŸ˜€ salam hangat..

  32.  

    Itu SU27 original ya? Roda depannya kok cuma satu, beda ama punya kita, roda depannya double, kenapa ya?

  33.  

    Amin smga terwujud

  34.  

    Salam utk pAra sesepuh dan rekan 2 di jkgr. Sy senang perkembangan alutsista dan strategi pertahanan. Dimarii sy suka baca komen jkgr.tapi sy mhn maaf, kurang suka komen mbah bowo. Yg hanya itu sj dr dulu. Dimari bnyk yunior yg msh perlu bimbingan .

  35.  

    Insya ALLAH sesuai perencanaan , muLai jet fighter , kaPaL seLam , radar , UAV , heLikopter , Tank segaLa jenis , LHD , sateLit miLiter , ICBM, CIWS , RCIWS , RudaL2 & Roket2 miLiter dari jarak sedang sampai jauh (ribuan kiLometer) , roket pembawa sateLit, yang terpenting MESINNYA dan BEGITU JUGA MEKANIS Persenjataannya πŸ™‚ :mrgreen:

  36.  

    Kalau dulu ada slogan awas bahaya laten ko…….. klo sekarang di jkgr ada slogan baru awas bahaya laten brainwashing..

  37.  

    ayo diskusi tentang konten artikel , bukan ngurusin mbah bowo , jadi nggak ada isinya dan semakin dijauhi pembaca nich warjag

  38.  

    Duiit negara ini kalu dikelola dengan baik & tepat pastinya rakyat lbh aman & sejahtera,,bsyangkan sj RP.200 T hanya utk subsidi BBM yg mayoritas disedot oleh mobil pribadi,,kita jg lihat pemotor bnyk skl pakai pertamax,,tentu Subsidi BBM ini keliru,,ngajari &memfasilitasi rakyat menjadi pemboros,,ini hrs diakhiri,,duit 200T td msh blm trmsk duit yg nocor atau tdk efisien ,,spt perjalanan dinas, rapat2 dll,,tentu duit itu lbh bermanfaat utk kebutuhan lainnya utk tunjangan sosial, peningkatan infrastruktur jln, jembatan, aringan lstrik, data, telp, ,gak lupa ,utk peningkatan alutsidta, pendidikan dll

  39.  

    Setuju ama bung itto

  40.  

    mbah bowo mmang pintar mmainkan peran dan sifat yg unik di warjag ini.,tp satu yang kurang bhw dia mngiginkn kedamaian dgn mgorbankan harkat n martabat bangsa bhkan dirinya dgn cara mnjadi pnjilat bangsa lain.dmanakah sifat patriotmu pd bangsa ini? dmanakah rasa nasionalismemu?: dmanakah rasa hormatmu pd pahlawan2 bangsa yg rela untuk mngorbankan jiwa n raganya demi harkat n martabat serta demi harga diri it sendiri.marilah kita mmbangun rasa prcaya diri akan kmampuan dan potensi bngsa kita sendiri dan sy yakin kita mampu koq mnghadapi segala ancaman yang datang dari manapun asalkan kita ttap bersatu dan harga diri bangsa tetap dinomor satukan..,,maaf jika ada kata2 yg salah cuma pandangan pribadi sja.

  41.  

    aya aya wae, aki aki kajajaden tehh.
    nih ki bowo sya kasih tau org disebut berwibawa biasanya bukan dirinya yg ngomong tpi org di sekitarnya lahh yg mengakui wibawanya.
    org bsa menilai seseorg itu berwibawa biasanya setelah melihat dari tingkah laku, tutur katanya.
    bukannya ngaku ngaku dirinya berwibawa kaya koe, ngerti ora ki bowo..

  42.  

    klo terfokus pada kesejahteraan dan mengabaikan pertahanan, maka yang didapat hanyalah kesejahteraan semu ……. saya lbh setuju pembanguna kekuatan pertahanan harus di imbangi dengan peningkatan kesejahteraan rakyat, dan saya yakin pemerintah dpt melaksanakannya dengan baik. Jayalah NKRI

  43.  

    Menta tempe mbah bowo jangan di turutin, bagaimana bisa sejahtera rakyat kalo alutsista aja beli terus, gag ada gaharnya , dengan enaknya bangsa seperti amerika dan sekutu merongrong ekonomi, sebab kekuatan TNI bs di baca, cb kalo buat sendiri, pasti bikin keder, dan itu berdampak baik dengann ekonomi , sepertinya mbah bowo perlu di ruwat neh

  44.  

    Realisasi program alutsista primer AU 2014-2017
    1. Pespur: Su-34 (36), Su-35 (72), Rafale (54), EF Typhoon (48), F-16C Block 52 (40)
    2. Pesawat latih tempur: Yak-130 (24)
    3. Pesawat tanker: A330 MRTT (12)
    4. Pesawat AEW&C: C-295 + EMB-145 (8+8)
    5. Pesawat angkut berat: C-17 Globemaster III (5)
    6. Pesawat angkut sedang: A400M + C-130J Super Hercules (16 + 16)
    7. Radar taktis Nebo SVU (provisi 12 situs)
    8. Sistem hanud berbasis darat S-400 (14 baterai)
    9. Sistem hanud berbasis darat HQ-16 (22 baterai)
    10. Dst..dst…

    – Realisasi program alutsista primer AL 2014-2017 (external source):
    1. Kapal Perusak Kawal Rudal: CGN Petr Veliky (provisi 2017), CG Slava (2), DDG Sovremenny (2), DDG Udaloy (2), DDG De Zeven Provincien (6), FFG Talwar (4), FFG Krivak II (5), FFG Sigma II (4),
    2. Kapal selam: SSGN Akula (2), SSB Typhoon re-powered (1), SSG Amur 950 (3), SSG Kilo 636 (2), SSG Changbogo (2), U214+ (3), U212 (2)
    3. Sistem pertahanan pantai Klub K

    – Realisasi program alutsista primer AD 2014-2017 (external source):
    1. Tank Tempur Utama: Leopard 2A4 + RI + Pz87 (120+180+64)
    2. Sistem artileri medan gerak sendiri berbasis meriam: Caesar (206)
    3. Sistem artileri medan berbasis roket multilaras: Astross II (110)
    4. Sistem artileri medan berbasis meriam 155 mm: Kh-79 (430)
    5. Sistem artileri pertahanan udara ringan Pantsyr S1 (120)
    6. Helikopter serang: AH-64D/E Apache Longbow/Guardian (14/36)
    7. Helikopter angkut/serbu: UH-60/MH-60 Blackhawk (60)
    8. Helikopter angkut berat: CH-47 Chinook (24)

 Leave a Reply