Agu 172014
 
UAV / Drone Heron

UAV / Drone Heron

Jakarta β€” Kementerian Pertahanan (Kemenhan) meyakini industri pertahanan dalam negeri mampu membuat pesawat tanpa awak (drone) atau unmanned aerial vehicle (UAV) seperti yang disampaikan presiden terpilih Joko Widodo.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Sisriadi mengatakan, saat ini Kemenhan bahkan sudah memiliki program pengadaan pesawat tanpa awak.

“Sebenarnya kita sudah beli juga. Yang disampaikan (Jokowi) itu sudah ada. Juga kita punya program pengadaan pesawat tebang tanpa awak,” kata Sisriadi di Jakarta, Minggu (17/8/2014).

Sisriadi menjelaskan, saat ini Kemenhan sudah memiliki empat unit pesawat tanpa awak yang disebut Wulung. Program pembuatan pesawat itu, kata dia, merupakan kerja sama konsorsium antara Kemenhan, Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), dan PT Dirgantara Indonesia.

Pesawat Tanpa Awak, UAV Wulung BPPT Indonesia

Pesawat Tanpa Awak, UAV Wulung BPPT Indonesia

Selain itu, Sisriadi menjelaskan, pihaknya juga mendatangkan dua pesawat tanpa awak dari Filipina. Rencananya pesawat tanpa awak dari dalam dan luar negeri itu akan digabungkan dalam satu skuadron atau 16 unit dengan komposisi 50:50.

“Jadi bukan kita diintervensi. Wong kita sudah laksanakan,” kata jenderal bintang satu itu.

Sementara itu, Kepala Divisi Perencanaan Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) Said Didu mengatakan, pesawat tanpa awak tidak memerlukan satelit seperti yang dikatakan beberapa pihak.

Dia meyakini bahwa sebenarnya Indonesia cukup mampu membuat pesawat tersebut tanpa perlu membeli dari luar negeri. (Kompas.com).

nb: tolong komentar dan pembahasannya santai saja warjagers? Peace….

Bagikan:

  126 Responses to “Indonesia Punya Drone Dalam dan Luar Negeri”

  1.  

    Siap

  2.  

    luar biasaa

    •  

      Kapal patroli juga penting bung jd klo melanggar ada penindakan .
      Contoh aja patroli pesawat CN235mpa kita klo menemukan pelangaran laut juga minta bantuan kapal patroli. Kapal patroli juga jgn terlalu jauh keberadaannya , krn target bisa kabur duluan .
      Satelit, pesawat mpa/asw, kri, uav/ucav, pasukan marinir adl kesatuan terpadu tni al.
      Itupun butuh bantuan dari tni au dan tni ad

      •  

        Hi bung gatot, seperti yang anda tau bahwa drone adalah pesawat tanpa awak dan tugasnya hanya sebagai pemantau / Pengawas dan tentu harus ada penindak yaitu pasukan yang ditugaskan yaitu apakah AL, AU atau AD. Jika TKP / Target sudah diketahui tentunya agar tidak kabur akan dilakukan penyergapan.

    •  

      setujuh dengan diadakanya drone dan ditambah juga setiap mecusuar yang ada di tengah lautan ditambahkan radar pemantau sehingga untuk mengurangi aktifitas pemantaun drone. Tetapi yang lebih bagus lagi bagaiman INDONESIA bisa memasang Radar dibawah laut dekat dengan ZEE wisss. mantap….

      Khayalan orang pedalaman….

  3.  

    segera di-reverse engineering yang dibeli dari filipina (israel)

  4.  

    lumayan paling nggak kita bisa tahu kalau yang nyolong banyak

  5.  

    wajeger yg baik sll santun walau beda pendapat!

    •  

      Harusnya setiap saat kita komentar diforum ini dgn kata2 yg santun dan Harapanku admin Jakarta Greater bs berlaku adil dan konsisten menerapkan aturan di forum ini. Siapapun mereka….. Bukan karna faktor like & dislike, baik yg biasa dijuluki Sepuh dan bkn sepuh. Selama komentarnya cenderung memunculkan perpecahan mohon jg dgn sangat disensor.

  6.  

    RIP Pespur, RIP MBT….

    Drone……………

  7.  

    Semoga pemimpin yang baru jadi anggota jakartagreater….amin

  8.  

    Filosofi pengadaan alutsista jangan lah seperti ilustrasi tangan kanan dan tangan kiri. Kita berdebat bahwa tangan kanan yang paling hebat atau tepat. Lantas yang kidal mengklaim tangan kiri lah yang paling hebat. Karena sama-sama tidak mau mengalah akhirnya memotong salahsatu tangannya, yang kidal memotong tangan kanannya begitu pula sebaliknya …
    Bijaknya serahkan lah pada user nya (TNI) sesuai dengan doktrin dan strategi yang dianut …
    Peace …

    •  

      Saya setuju hakikatnya tangan kanan dan kiri saling melengkapi….begitu pun alutsista kelas ringan, sedang sampai berat saling mendukung, saya juga setuju apabila industri han dalam negeri diutamakan bila memang kita sudah mampu membuatnya

  9.  

    merdeka

  10.  

    Negara seluas Indonesia ini yang mempunyai wilayah dgn kontur berbeda-beda tetap membutuhkan MBT leopard dan Drone dan segala alutsista yang sesuai dgn kondisi indonesia. Bandingkan dgn singapore yang wilayahnya setitik ga kelihatan di peta aja ga ada komplain soal kepemilikannya atas MBT Leopard SG dan mau tambah Merkava lagi. Hanya orang yang cari sensasi aja mempermasalahkan atas pengadaan MBT Leopard. Kalau takut jalan rusak ya Leopardnya tempatkan saja ke pulau Batam yang infrastruktur jalannya memang sudah bagus sesuai standar dgn singapore yang telah di buat semenjak jaman Otorita Batam dgn masterplaner pak BJ Habibie utk memjadikan Batam sebagai SisterLandnya Singapore. Jika perang dgn SG ya tinggal arahkan aja kanonnya ke seberang…..hehehehe

    •  

      Lebih gila (hebat) lagi negara sak uprit dengan luas laut total tidak seberapa memiliki beberapa buah kapal selam. Kenapa? Karena kapal selam memiliki efek “deterjen”.

      Apapun itu yang memiliki efek tersebut demi menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah layak diakuisisi. Biarkan user (TNI) menentukan yang terbaik sambil kita awasi.

      Politisi dan presiden yang tidak paham soal ini janganlah ngerecoki (sok tahu). Tanyakan dan konsultasikan dulu kepada ahlinya. Ada Watimpres juga. Janganlah mudah melemparkan pernyataan yang kontraproduktif terhadap kemajuan pertahanan dan keamanan Indonesia.

    •  

      kalau infrastruktur jalannya bagus ya pakai ban aja, gak perlu rantai/track.

      kegunaan track justru untuk medan off-road…

      •  

        asli statement calon menhan nih… ujung-ujungnya Anoa kan? Saya yakin Anoa yang sekarang sudah lebih bagus dari Leopard maupun MBT lainnya. Pergerakan Anoa didukung Drone sudah bikin miris musuh ya bung… πŸ˜€

        •  

          Iya, nanti kalau anoa lu jumpa mbt nya malon baru tahu rasa lu bung sanjaya, beda class baru ngicrit tuh anoa, malon aja udah sejak lama stanby mbt di perbatasan kalimantan, kita baru mau berusaha ngimbangi aja tuh udah pada mau di potong ama si jokogendeng,lah jadi tertawaan tuh sama armynya malon.

        •  

          kalau ujung2nya anoa ya salah besar bung sanjaya, setidaknya untuk spec saat ini.
          (tapi karena nyebut anoa 3x sementara pernyataan saya umum, sorry to say, anda ngawur)

          tank destroyer Centauro B1 bisa diadu tembak2an dengan Leo, kaliber meriam sama, (bahkan ada varian 125mm) bobot hanya 24 ton,

          http://www.military-today.com/artillery/centauro_b1.htm

          rusia aja tertarik,

          The Russian Army is testing the B1 Centauro 8Γ—8 wheeled tank, built by Finnmeccanica subsidiary Oto-Melara at a Moscow Region proving ground.
          The spokesman for the company was quoted by RIA Novosti as saying that the first two vehicles, armed with 105mm and 125mm guns, have arrived in Novorossiysk and are currently being evaluated by the army.

    •  

      @gunung jati, ente tingal di batam? Info darimana jalan di batam sesuai standart singaporno?
      Jalan dibatam sama ‘teruk’-nya dengan pantura

      •  

        Kita bukan brisik bung jabone, belum kerha aja udah pada grasak grusuk tuh tim transiijanya jokooei, itu mbt yg di minta tni sejak lama di perjuangkan tni untuk perang kelas berat dan perang yg masif sebagai tembok pertshanan kota dan perbatasan mau di ganti sama anoa, anoa itu untuk angkut personil bukan untuk main battle di medan perang yg hancur hancuran dan masif, ngerti enggak lo…

        •  

          Bro indra, pernah mikir ga pake otak.. kalo yang namanya mbt emang lw kira dewa ga bisa ancur.. lw ga liat merkava ga brani masuk tanah palestine bwat invasi darat.. mau jd bubur apa.. padahal musuhnya hamas cuma pake kornet, belom tambah telor sama mie.. kalau kita punya javelin itu malon ga bakal bnyak bacot..

          Mikir bro.. komen ga pake pikir..

        •  

          Yang ada dipikiran lw.. cuma ads perang masif terstruktur dan sistematis.. hadeh panasbung detected.. bnyak bacot ga ngotak..

          Bisanya fitnah fathonah..

        •  

          Bung Indra…. Aku ndak paham dgn apa yg jd alur berpikirmu. apalg menghubungkan MBT dgn istilah2 perang kelas berat, perang massif, tembok pertahanan kota dan perbatasan. Jangan maksain diri tampak intelek dan paham dgn strategi pertahanan TNI kl emg tdk memiliki kapabilitas unt itu.

  11.  

    affirmative…

  12.  

    Jokowi memang yahuuut, paten… Top markotop, jos ganjos ngojos ngojossssss…

  13.  

    untung saya bukan sesepuh bisa konyol konyolan. kasiman kasiman
    dari kemarin nanya drone itu apa ngga ada yang jawab. drone itu UAV apa UCAV apa TIN MAN di pelem stealth. kalo semua drone lha aero modeling dikasih kamera jadi drone donk. pokoknya semua pengindraan jarak jauh baik remote model rc ato satelit lewat groung base itu namanya drone, baik darat laut maupun udara. nanti kalo ada radar yang bisa 3D imager dan mobile tampa awak namanya drone…
    pusing dah

    •  

      Pemahaman saya, sebelum kata drone ramai dibicarakan, drone = ucav. Pesawat tanpa awak yang memiliki persenjataan. Kalau yang tidak memiliki persenjataan disebut UAV.

      Dulu biasanya non senjata= UAV. Mengusung senjata = Drone

      Tapi kalau menurut oxforddictionaries:

      Drone: A remote-controlled pilotless aircraft or missile. (berarti UAV juga dikategorikan drone kalau merujuk kamus oxford tersebut).

      •  

        mungkin harus ada penjabaran yang lebih bung dilihat dari kacamata kamus militer misalnya,perbedaan antara drone dengan uav…

      •  

        maaf bung diego@ izin komen..replay!!

        rudal juga di sebut uav atw ucav perbedaannya rudal gak bisa balik karna rudal itu drone itu sendiri dan pemakaiannya juga perbedaaa drone atw rudal bisa ditembakan yg kayak ada kebakaraan api di bawahnya..bisa pake mobil ,pesawat dll,,tapi uav dan ucavs bisa dignakan pake pelontar ,pake tangan tergantung bobot drone ,,klu ucav ada yg pake kembang api dibelakangnya termasuk drone luar aNGKASA itu dan uav dan ucav bisa balik lagi ,,klu rudal gak bisa balik2 lagi jadi target incar sama ..blaaa…maaf pake bahasa deso biar pah… gitu..,asal kata dari inggris

        salam pokee merdeka gitu!!

    •  

      hehe.. bung freax males googling sich πŸ™‚
      smoga bahagia sudah dijelasin ama sespuh yg kagak bisa konyol2an.

      •  

        Jawabannya bukan di gugel bung. Tuh kenapa jawaban bung diego ada 2. Aslinya drone ada di pelem kartun transformer jadul tahun 80 an. Terus di sempurnakan oleh gundam yang ngopi ide dari star war. Makanya yang ada di otak kecil bilang kalo drone bisa nangkep ilegal logging sama illegal fishing. Drone itu bukan uav ato ucav tapi tin man di pelem stealth. Hanya saja teknologi manusia belum sampe ke situ. Bisanya ya uav dan ucav itu. Dari artikel kemarin baik yang pro sama kontra sama aja sok tau. Makanya jangan dran dron mulu. Bialang aja uav apa ucav kalo drone cuman asu yang bisa buat. Tuh f16 nya silahkan cari di gugel. Blagu banget indonesia udah bisa buat drone. Lha wong quantum processor aja belum bisa buat.
        Cepek deh

        •  

          Bung Freaxout…. Drone dalam kontek teknologi maupun militer secara formal dikenal sebagai UAVs ( Unmanned Aerial Vihicles ) atau RPAS ( Remotely Piloted Aerial Systems ). Sesuai dgn apa yg menjadi penjelasan Bung Danu maupun Diego.

        •  

          @ bung freaxout, mama rossy jg bisa koq bikin nyang kyk gitu (qf-16) malah bisa dibilang lbh maknyus lha wong udh gen-5. Gak kyk qf-16 yg settingannya permanen ( no pilot ) tp nyang punya mama rossy bisa disetting seenak duel ( mo pake pilot apa kaga ), & proses nyettingnya cuman dalam hitungan jam ( basicnya emang udah didesain dgn kemampuan tsb, klo istilah ente done ya? ). Damn!!! Ane ngeliat aja ampe ngeces bung, ngarep dot com next project ngejajal layangan mama rossy nyang ini :mrgreen: he,he,he

          •  

            Yes ….
            Akhirnya pancingan ane kena. Soalnye ane rada was2 bang. Nyang bisa buat satunye bang sabeni. Lha klu dari bung yayan f5nye mau di buat drone. Terus ngambil teknologi dari mane. Si asu ya ngga mungkin, sabeni ya sekelas gundam merah. Berarti beneran nih. Dananya duit lanang nggeh hehehe, soalnye kalo bukan bisa gagal maning. Ngarep sangat mode on

          •  

            wow …. aku mbayangin kita kan punya simulator sukhoi, dari situ kita punya data keahlian dan formasi pertempuran para pilot kita……. kita aplikasikan itu di layangan sukhoi kita… jadilah kagebunshin nya Naruto made in Indonesia …. moga aja ini bisa terealisasi
            nb: buat yang masih berafiliansi jokowi atau prabowo
            hoiiiii waktunya bangun bangsa Indonesia
            Salam Bhinneka tunggal ika

        •  

          Untuk menghindari kesalahan atau terjebak dalam terminologi yang kurang kita mengerti benar, ada baiknya kita gunakan istilah yang lebih mudah dipahami yang berakar dari bahasa nasional kita sendiri… bukankah kita bisa menggunakan istilah PUNA (pesawat udara nir awak) untuk menggambarkan maksud kita terhadap bahasan tentang drone tersebut… Mungkin ke depan akan lebih baik klo kita menggunakan istilah ini untuk setiap model pembahasan tentang pesawat udara tanpa awak..

    •  

      Kalau ACTUV (ASW Continuous Trail Unmanned Vessel ) termasuk drone kah om??

  14.  

    Drone lg nihh bahasannya..

    Pengen tau nih nilai ( ) = positif & (-) = negatifnya bagi NKRI..??

    ( ) apa..??
    (-) apa..??

    Maaf cm pertanyaan dr tukang rujak cingur hehe..

    •  

      IMHO,
      Plusnya
      1. Lebih murah dari pesawat tempur maupun pesawat intai berawak.
      2. Mengurangi resiko kehilangan personil dalam tugas.
      3. Mudah diduplikasi, cepat diproduksi.
      4. Jika gugur dalam tugas, bisa segera digantikan karena awak tidak turut menjadi korban.

  15.  

    Tak seneng sakaleh mon presidenah jokowi,lembek bin letoy..

  16.  

    pembalap akan lebih tahu kekurangan dan kelebihan motornya, begitu juga TNI lebih tahu alutsista yg diperlukan, apabila seorang pembalap merasa cocok dgn motornya maka kesempatan meraih juara semakin terbuka, saya rasa TNI pasti juga demikian dngn alutsistanya kalau cocok dan pas kemungkinan kepercayaan diri untuk memenangkan sebuah peperangan jg akan semakin terbuka…

    •  

      Benar banget! Ferrari yang ngikutin maunya Michael Schumacher biar bisa juara dunia 7 Kali…masukan semua dr schumi sebagai driver utama. Kalau schumi yang ngikutin maunya Ferrari kalah melulu Baru tahu drone aja norak banget!! Biasa habis jor2an, buat cari pengganti uang bensin…

  17.  

    “nb: tolong komentar dan pembahasannya santai saja warjagers? Peace….”

    Siap bung Diego!

    Siapapun presidennya, kita klepon! Eh, kita dukung. (siapa tahu nanti dibikinin drone yang bisa tiba2 terbang statis dan keluarin jaring, lantas ngangkat kapal pencuri ikan di bawa ke pangkalan)

  18.  

    ” meyakini industri pertahanan dalam negeri mampu membuat pesawat tanpa awak (drone) atau unmanned aerial vehicle (UAV) seperti yang disampaikan presiden terpilih Joko Widodo.”

    Ini masih masa kampanye ya?. Pak SBY, sepertinya prestasi dan program kerja bapak harus dipatenkan nih. Nanti ada yang sok gagah menepuk dada atas prestasi yang sudah bapak raih dan program kerja yang bapak rintis. Terima kasih atas kerja keras bapak selama 10 tahun membangun Indonesia.

  19.  

    Coba sisa f5 yg ga kepake dioprek biar jadi drone mematikan,kasih senjata, kamera, bisa dikendalikan sampe 1000km tanpa bisa dihack, punya kemampuan menghindar dari rudal dan pespur asing, baru saya percaya jokowi, bahwa drone bs menjadi tulang punggung pertahanan

    •  

      us sudah menggunakan teknologi tersebut untuk surplus f-16 bung.

      By Robert Sterling
      A Boeing-modified F-16 flies without a pilot in the cockpit from Tyndall Air Force Base in Florida
      BOEING
      For the first time ever, a Boeing-modified F-16 flies without a pilot in the cockpit from Tyndall Air Force Base in Florida. Called the QF-16, the plane will serve as a full-scale aerial target for pilots and other military units to greatly enhance training.
      As a pilotless F-16 roared into the sky Sept. 19 at Tyndall Air Force Base, Fla., members of Boeing’s QF-16 team and the U.S. Air Force celebrated.
      The flight represented the first unmanned QF-16 Full Scale Aerial Target flight. Put another way, fighter pilots now have an adversary for which to train against that prepares them like never before.
      Two U.S. Air Force test pilots in a ground control station at Tydall remotely flew the QF-16, which is a retired F-16 jet modified to be an aerial target. While in the air, the QF-16 mission included a series of simulated maneuvers, reaching supersonic speeds, returning to base and landing, all without a pilot in the cockpit.
      β€œIt was a little different to see it without anyone in it, but it was a great flight all the way around,” said U.S. Air Force Lt. Col. Ryan Inman, Commander, 82nd Aerial Targets Squadron. β€œIt’s a replication of current, real world situations and aircraft platforms they can shoot as a target. Now we have a 9G capable, highly sustainable aerial target.”
      Prior to the QF-16, the military used a QF-4 aircraft, which was a modification of the F-4 Phantom, a Vietnam-era fighter The modified QF-16 provides pilots a target that performs closer to many jets flying today.
      The QF-16s were all retired aircraft. Boeing retrieved them from Davis Monthan Air Force Base in Arizona and restored them for flight.
      Next up, live fire testing moves to Holloman Air Force Base, N.M. The military will ultimately use QF-16s for weapons testing and other aerial training.
      So far, Boeing has modified six F-16s into the QF-16 configuration.
      To see the QF-16 make its first flight, watch the video. To see highlights from the cockpit video, click the link (pilotless F-16) in the written story.

      http://www.boeing.com/boeing/Features/2013/09/bds_qf16_09_23_13.page

      •  

        Yup betul bung,makanya saya tantang jokowi dan tni bikin drone pake f5 yg ga kepake,kalo bisa baru proyek sista dg drone berfungsi,klo cuman buat motret ilegal fishing dan pembalakan doang yo jangan disebut alutsista,yg dibicarakan jokowi kan alat pertahanan yg katanya cukup pake drone aja,kalo cuman setingkat heron yo blum cukup,musti ada su 35, rafale ato hornet dan leopard di darat,kecuali kt bs bikin drone darat sekelas optimus prime,baru leopard bs pensiun dini..

  20.  

    Salam hangat buat warjager..merdekaa
    Kualitas drone wulung BNPPT perlu di tingkatkan lagi..dan yg terpentinf desain hardwarenya perlu di buat lbh gahar.
    ..

  21.  

    daripada sibuk dengan pengadaan drone murah dalam negeri kenapa gak sekalian menerbangkan layangan ditambah kamera, kan lebih murah lagi tuh….

    •  

      kopassus kalau dipersenjatai bambu runcing juga lebih murah…

    •  

      bukan masalah mahal murahnya bung, tetapi fungsi dan peruntukannya, kemarin dibilang oleh tim transisi untuk pengawasan illegal fishing illegal logging dan detecting hot spot, lah kalo untuk itu ngapain pake “drone” seharga 7-10 jt usd (100 milyar rupiah) satu unitnya, pakai PUNA bikinan sendiri jg sudah bisa, murah meriah lagi dibanding “drone” yg dicanangkan oleh tim transisi.

  22.  

    copy drone israel yg dibeli stelah itu d terapkan pd uav wulung agr gahar

    •  

      Lah kan memang itu rencana pemerintah sebelumnya. Makanya skuadron UAV yg sekarang gabungan Wulung dan Heron. Silahkan timses pak JKW lanjutkan dengan mempelajari Heron yg ada shg Wulung Next Gen bisa sekelas Reaper or Predator. Tpi inget ya anggarannya diupload ke web (e-procurement)

  23.  

    alhamdulillah,, saya suka berita di atas

  24.  

    GiLee Looo DRONE…….

  25.  

    Affirmative 😈

  26.  

    See and wait

  27.  

    Pertamax kah??
    Hmm.. drone lagi drone lagi alamat di borong jkw neh drone isroil dan ASU
    Bwt ane minta satu donk buat ngintipin org pacaran di alun” dekat rmh saya kalo malming banyak org pacaran..

  28.  

    yg jadi pasukan musuh lawannya Iron Man d pelm yang ke 2,,, tu baru namanya deeeeronnnn…. Robot mabur nggendong pulpen πŸ˜€

  29.  

    “Kementerian Pertahanan (Kemenhan) meyakini industri pertahanan dalam negeri mampu membuat pesawat tanpa awak (drone) atau unmanned aerial vehicle (UAV) seperti yang disampaikan presiden terpilih Joko Widodo. ”

    Apa lagi yang perlu diyakini. Faktanya Indonesia sudah mampu membuat drone. SBY memang luar biasa. Terima kasih Pak SBY atas prestasinya selama 10 tahun memimpin bangsa ini.

  30.  

    Penggunaan drone ini menurut saya sangat efektif tentunya harus diimbangi dengan penguatan pendukungnya. Contohnya diangkatan saya AD akan ditambah beberapa alutsista untuk mendukung “aksi” para drone itu dan ini sudah dibahas sampai level tertinggi di AD.

    Untuk 3 tahun pertama pemerintahan Jokowi (Kalau ditelah ada penetapan MK) akan difokuskan pada sektor laut (maritim). Selamat untuk rekan2 di AL yang akan banyak nambah kapal permukaan (kemungkikan 2 unit distroyer akan masuk list belanja) dan beberapa unit kapal selam (info terakhir 5 unit) sudah siap diajukan ke Presiden terpilih nanti.

    Trus dikesatuan saya gimana apa? Ya tinggal nunggu yang udah dipesan Pak SBY dan nambah puluhan javelin, dll. Yang seru sih pindad harus siap2 kerja keras menciptakan Tank Madium join dengan turki karena Pak JK kabarnya akan “mecut” pindad lg, sama halnya kasus anoa diawal2 dulu.

    Biacara drone, kemungkinan tetap akan membeli dari “filipina” guna melengkapi beberapa unit uav searcher dan wulung yang telah beroperasi di lanud Supadio.

    Peringatan:
    Semua tulisan saya di atas hanya rekayasa belaka karena semua itu hanya obrolan perwira rendahan antar kesatuan via Whatsapp

  31.  

    Drone jg bisa dipakai sama dinas kesehatan, tinggal dikasih pengeras suara. Jadi kalau lg musim demam berdarah atau musim diare si drone nya tinggal diterbangin ke kampung kampung buat penyuluhan. Hal ini menurut ahli perdronenan setelah di kalkulasi detik ke detik menit ke menit bisa menghemat duit milyaran rupiah.

  32.  

    bisa juga dimanfaatkan untuk dropping logistik. Kapasitasnya ya tergantung payload-nya.Seperti di film Bourne Legacy

  33.  

    menurut saya pk Jokowi kan ngasih clue..spt sesepuh disini jg. Poros Maritim, tol laut dan drone…artinya Posisi wilayah kita yg strategis memerlukan kekuatan laut sipil dan militer yang kuat,,karena laut dan wilayah kita luas pengawasannya di bantu drone..penindakannya ya oleh TNI AL. utk itu diperlukan Angkatan Laut yg kuat..Sampai disitu gak ada yg salah kan?..sesuai jg dengan program UAV Dephan..kalau soal Leo kan baru wacana seorang Capres?..seorang Presiden itu jika membuat keputusan { apalagi bersifat Strategis } tidak mungkin mendengar satu pihak saja..selain pasti mendengar DepHan dan TNI AD, penasihat Militer Presiden juga berperan penting ..coba nanti kita lihat siapa sosok yg menjadi penasihat militer Presiden..kemungkinan2 masih banyak dan terbuka..jadi jangan apriori dulu..Lagian kan pk Jokowi kan blm jadi Presiden..blm berbuat apa2?..tp sudah disalahkan?..semua baru wacana dan rencana..keadaan masih bisa berubah..Keputusan kan tergantung Keadaan?..kita lihat nanti. Kecuali memang sudah dasarnya gak suka..ya berbuat apa saja pasti disalahkan..belum berbuat saja sudah disalah-slahkan…IMHO..

    •  

      Sebenarnya drone ini bukan mainan baru sebab sdh masuk dlm perencanaan tni, yg bikin ngetop si drone ini karena dibicarakan oleh capres sekaligus bintang media, padahal pak capres ini cuma copy copy aja tapi seolah olah ide tenteng drone itu berasal dari beliau, hal inilah yg bikin lucu dan gemes, hohoho

    •  

      komen yg bagus bung,, mencerahkan gtu lho,,

    •  

      Setuju dengan opini anda bung @Tom.., ini yg perlu kita reminder bagi yg lain2 agar dalam menyatakan opini hendaknya tidak apriori dahulu atau menuduh apa yg belum terjadi, Semestinya terlepas dari faktor like atau dislike sebaiknya opini yg bertendensi membangun lebih bagus dan ada nilai respect-nya dari pada opini yg cenderung negatif atau menghujat.
      Berpikir dewasa dan tata tulis yg santun adalah cermin dari Bangsa Indonesia yg sejati.

      Mari kita budayakan menghargai perbedaan tanpa mencela dan opini saya lebih suka kalo warjag disini tidak membahas masalah politik.

    •  

      Begitu ya?..seinget saya pk Jokowi tidak pernah mengklaim hanya menyampaikan mempunyai rencana/progam pengawasan utk laut{ ilegal Fishing } darat { ilegal loging, kebakaran hutan } dengan memanfaatkan 3 Drone..{konteksnya kan memang Program Capres dlm Debat Capres} tapi yang mendengarkan yang heboh sendiri..lalu berkembang pk Jokowi sok ngertilah, memang kita punya satelit lah, satelitnya sdh dijual ibu Megalah..dst..kan sdh saya tulis di atas orang Yang tidak Fair kalau memang sdh dasarnya gk suka ya pasti selalu nyalahin..coba di balik..ide itu dari pk Prabowo…Saya bilang tidak Fair krn ini kan udh lewat masa kampanye, sudah Pemilu buat apa masih meributkan bgitu?..lagian hanya baru wacana..lebih positif jika energi Nyinyir itu dipakai utk membangun negara

    •  

      Sebenrnya jokowi itu bukan pembawa ide, dia itu tinggal catut aja yg sudah ada,
      Esemka…….= kerjaan dinas pendidikan, untuk praktek.
      Kartu sehat…….= bpjs udah ada, di catut lagi.
      Drone…………=tni udah sejak 2005an udah frmiliar pakai drone, eh di catut lagi. Nah mau tahu yg jdi ide murni jokowi antara lain, macet jakarta yg mau di tuntaskan,monorel,transja,banjir jakta.
      Pokoke pusinglah.

  34.  

    Kenapa masalah Drone ini kok baru rame sekarang… padahal masalah UAV maupun UCAV dah lama di bahas di mari jauh sebelum Presiden terpilih mencalonkan diri. dan jauh sebelum itu presiden terpilih sekarang belum pernah sama sekalih menyinggung maslah Drone. dan kalo pun disinggung sekarang ini sebenarnya juga sudah program lama dari pemerintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. saya berharap kedepan yg dibahas adalah pengembangan teknologi UAV/UCAV yang telah dikembangkan. karena ini bukan barang baru.

  35.  

    ga kepingin apa y pny SU 35, Rudal Yakhont, KS Kilo dan Kapal Perang kelas Destroy..padahal kt dah di kelilingi pangkalan asing dan kemungkinan bergolaknya LCS..ga salah sich pny Drone..tapi kan hanya untk melihat dan serangan yg terbatas..

  36.  

    saya nyoblos xxxx tpi tidak lebay

  37.  

    gile lu dron…

  38.  

    he..he kena deh. guyon ya bung bapak

  39.  

    Sebenernya drone itu seberpa penting she apakah sudah dilakukan study kelayakan oleh team pak jokowi? Apakah hanya pencitraaan saja. Cape otak mikirin drone. Padahal masih banyak yg lebih penting yaitu pembrantasan korupsi kelas kakap kaya transjakarta dll. Apakah indonesia akan mati kalau ga punya drone.

  40.  

    maaf bukan saya yg ngambil, kalau saya pribadi ogah

  41.  

    satelitenya numpang sama tetangga sebelah…

  42.  

    Sementara itu, Kepala Divisi Perencanaan Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) Said Didu mengatakan, pesawat tanpa awak tidak memerlukan satelit seperti yang dikatakan beberapa pihak. ..

    tuh..tuh…gak perlu pake satelit kata pak jenderal suriken 1,,,

    Bantingan ,, ko dironde 1

    lanjutkan aja pak jenderal..udah jelas dan cocok ama pak presiden joko widodo

    lanjutkan bung jalo@ aku suka indonesia udah bisa bikin ini dan itu…bangggaa sekalii

  43.  

    jangan sewott mass.. sabarr percuma aja marah2 disini ( pendapat atw apalah nanmanya )

    balikan aja kepada yg MAHA BESAR ALLAH SWT,, masss sabarr
    tidak ada tempat berlindung seaman lindunganNya..
    klu perang ma ,,kalau ngak kalah ya menang dan kalau mati ya hidup ,,mau musuh pake senjata apapun kalau takdirnya kalah ya kalah dan klu ditakdirkan menang ya menang…yg penting harus berani melawan ,,gak ada leo, tiger pun jadii…ehehehe

    kenapa leo jadi polemik ya???- mungkin karna namanya leo wakaakaka ,,coba parang pattimura insya ALLAH gak tahu juga ..hihihi…merdeka masss

  44.  

    salah satu manfaatnya ya memantau hutan indonesia bung

    salam

  45.  

    Jangan lupa kita sedang kembangkan LSU-05 dan kangan lupa ada teknologi HALE yg dikembangkan lembaga antariksa kita. Banyak keuntungan yg bisa didapat dari pengembangan ini, masalah ini pernah dibahas di artikel sebelumnya…

  46.  

    Mulai sekarang itu kpk harus sring sring tuh, intip intip jendral jendral di sekeliling jokoei, kayaknya mulai cari cari proyek pengadaan alat alat dan persenjataan untuk tni kita nih,biasa ulah broker, fee lumayan mbt diganti droneeeee.

  47.  

    wah..nulis panjang2 tapi gak Jelas…Sabar mas..saya cuma mau tanya .. itu yang ngomong siapa?..Jokowi langsung ?… tim transisi?..ataw juru bicaranya?……kan yang ngomong orang lain tapi koq sampeyan marah2 sama Jokowi…marahnya sama yang ngomong dong….ataw sampeyan dengar/ melihat Langsung kalau Jokowi ngomong begitu?…Judulnya saja “…JIKA resmi jadi Presiden”…JIKA…memang sekarang Jokowi sudah Jadi Presiden?…atau mas begin sudah nganggep Jokowi sekarang sudah jadi Presiden?..Kalau mau marah2 sekarang kecepatan mas…mau ngejar Pertamax ya mas?…peace mas begin…

    •  

      Maaf Bung tom, ada 1 pertanyaan sih apakah tim transisi ini tidak berkoordinasi dengan pak Jokowi untuk hal2 yang disampaikan ke media massa? Jika itu yang terjadi dan pak Jokowi tidak berkenan maka seharusnya tim transisi diganti saja orang2nya karena sudah overlap. Di blog ini saya pernah berbicara tentang perlunya pak Jokowi mengkontrol orang2 dibelakangnya agar tidak mengeluarkan pernyataan2 yang terlalu dini supaya tidak jadi bumerang untuk pak Jokowi sendiri.
      Maaf ini pendapat personal saja..

      •  

        Salam kenal mas EA..maaf baru baca…Setahu saya tugas tim transisi itu sederhananya mengimplementasikan ide2 kampanye pk Jokowi ke dalam suatu program kerja Presiden baru dan berSinergi dengan program kerja yg Sudah Ada [program kerja pk SBY}. sehingga nanti tidak ada jarak/ gap program kerja pk SBY dengan program kerja pk Jokowi { pembangunan berkesinambungan, tidak putus} tapi yang saya maksud kan keputusan seorang Presiden itu tidak hanya mendengar dari sisi dia { tim Presiden }..tapi banyak pendapat pihak lain yg hrs didengar dan di kaji sebelum keputusan itu keluar { koment saya no 37 },..makanya hal ini baru wacana tim transisi..bukan keputusan seorang Presiden RI ..terkadang kita yg berlebihan menanggapinya..wacana tim transisisi tapi kita anggap sudah menjadi keputusan resmi Presiden RI ..wong pk Jokowi saja belum jadi Presiden..kecuali yang menyampaikan itu Juru Bicara Presiden..baru bisa kita anggap Presidenlah yg berbicara.. sekarang kan Presidennya masih pk SBY ?…IMHO..

  48.  

    Beware JKGR compromised, klo mau main politik praktis jgn disini, kok formil ini makin hari makin jadi arena debat kusir dan saling menjelekan para pendukung capres, sayang sekali formil sebagus JKGR jd gk mutu krn jd ajang cela celaan , yg penting gimana caranya kita kawal bersama pembangunan kekuatan pertahanan yang kuat, TNI pasti akan mengawal cita citanya menjadi pelindung kedaulatan yang kuat modern & disegani, sipil yg menjadi mata & telinga sehingga menjadi kontrol sosial jika terjadi hal hal yg tidak sesuai. Klo pembisik2 ada yg ngawur ya di sikat saja persempit ruang geraknya apalagi klo motif pribadi/segolongan org yg ingin memperkaya diri. Apapun bahasannya jgn di tarik tarik lagi jadi debat kusir antar pendukung

  49.  

    Drone mnrt saya hy sbg support tools. Kami pun saat operasi jg gunakan drone mini yg bsa di kontrol dg alat sebesar telapak tangan. Penggebukny tetap personel. Jk smua pk drone sbg main tools ny tdk ada efek apa2. Tetangga jg pk drone utk awasi kmi diperbatasan, inti ny jk anda tdk tahu & paham tlg mnta pencerahan pd yg paham. Mau coba blusukan dirimba kalimantan, rajawali siap jd Guideny

  50.  

    Amin bung EH
    kl bisa minta fotonya bung

  51.  

    Panasbung detected…

  52.  

    “Selain itu, Sisriadi menjelaskan, pihaknya juga mendatangkan dua pesawat tanpa awak dari Filipina.”
    Drone ini menggunakan teknologi dari Israel. Lho katanya kita membantu Palestina/ Gaza dan mengutuk Israel! kenapa mesti dari Israel yg kontroversial, tidak dari negara lain?

    Dua dekade yl Pindad produksi peluru mortir dengan lisensi dari Israel. Apa sekarang masih?

  53.  

    emang drone sama dengan UAV ???

  54.  

    yang nyata kita harus lihat drone yang anti dibajak. coba klo musuk kita punya alat mendan magnet yang mampu menghilangka kendali remote pesawat tersebut maka kehilangan lah kita aset negara kita.

  55.  

    keren mas, kapan-kapan kepengen naik

 Leave a Reply