Dec 292014
 
AirAsia QZ 8501 Jurusan Surabaya-Singapura hilang di antara Tanjung Pandan dan Pontinak

AirAsia QZ 8501 Jurusan Surabaya-Singapura hilang di antara Tanjung Pandan dan Pontinak

Dunia penerbangan kembali berduka. Tahun 2014 adalah tahun dengan kejadian accident maupun incident penerbangan terbanyak dalam sejarah. Setelah hilangnya pesawat Malaysia Air MH-370 yang hingga kini belum jelas lokasi jatuhnya, disusul kasus salah tembak pesawat dari airlines yang sama MH-17 di Ukraina. Kini pesawat dari maskapai pionir penerbangan murah Air Asia QZ-8501 mengalami ganasnya cuaca di atas perairan antara Belitong-Pontianak dalam perjalanannya dari Surabaya menuju Singapura. Ini berarti, dalam 1 tahun sudah 3 kecelakaan pesawat komersial reguler dengan jumlah kemalangan di atas 100 penumpang. Semoga keluarga para penumpang diberikan ketabahan dan kesabaran, dan semoga Pemerintah serta petugas terkait dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya dalam menangani tragedi kemanusiaan ini.

Dugaan sementara memang faktor cuaca yang menjadi biang keladi hilangnya pesawat. Namun seperti biasanya, JakartaGreater selalu ingin mengupas hal-hal yang terjadi di balik atau sekitar kejadian dari sisi militer-intelijen.

Masih ingat dengan Ban/Pelarangan Maskapai Penerbangan Indonesia ke seluruh angkasa Eropa di pertengahan tahun 2007-an ?. Komisi Keselamatan Penerbangan Uni Eropa mengeluarkan ultimatum larangan bagi 51 maskapai penerbangan di Indonesia untuk melayani rute-rute di Eropa. Hal itu menyusul terjadinya 2 kecelakaan besar yaitu hilangnya pesawat Adam Air di sekitar perairan selat Makassar pada awal tahun 2007 dan gagal take off pesawat Mandala di Bandara Polonia Medan pada 5 september 2005, serta 2 kecelakaan sekunder yaitu peristiwa tergelincirnya Lion Air di Bandara Adi Sumarmo Solo pada 30 November 2004 disusul Garuda di tempat yang sama pada 7 Maret 2007.

Badan Keselamatan Penerbangan Eropa memperpanjang larangan terbang tersebut karena menganggap bahwa, masalah mendasar ada pada Pengawas Regulasi Penerbangan di Indonesia. Meskipun Pemerintah Indonesia waktu itu telah memperbaiki sekitar 60 % dari 69 temuan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO), namun mereka tidak langsung merekomendasikan untuk mencabut larangan terbang tersebut.

Saat itu ramai publik percaya bahwa Komisi UE sengaja memperpanjang larangan terbang tersebut karena adanya persaingan bisnis semata. Asumsi publik ini menyeruak setelah pemesanan 10 Boeing 787 Dreamliner dan 18 Boeing 737 NG senilai US$ 2 milyar mendapat jaminan pemerintah. Sebaliknya, pemesanan 9 pesawat Airbus (3 unit kemudian ditangguhkan) harus diselesaikan Garuda dan ECA (kreditur/leasing pesawat) tanpa jaminan pemerintah.

mh370

Menarik untuk melihat beberapa waktu ke depan, apa yang akan dilakukan oleh Komisi Keselamatan Terbang Uni Eropa atas 3 kecelakaan total dalam 1 tahun ini yang dialami maskapai penerbangan jiran kita. Silakan dibandingkan, 2 kecelakaan total plus 2 kecelakaan sekunder di Indonesia dalam 3 tahun, dengan 3 kecelakaan total dalam setahun oleh maskapai penerbangan Malaysia. Jika tidak ada semacam ban atau bahkan sekedar travel warning, maka patut dipertanyakan kredibilitas Komisi UE ini. Atau sebaliknya, kita harus angkat topi atas hebatnya upaya penutupan fakta oleh Pemerintah Jiran kita sehingga hanya pucuk gunung es dari ketidakberesan birokrasi penerbangan mereka saja yang terlihat di permukaan.

Apapun juga, kini operasi pencarian dan penyelamatan terus digalakkan. Pemerintah bergerak cepat. Dinas perhubungan, TNI, Polri, Basarnas dan institusi lain berlomba memberikan bantuan terbaiknya sesuai arahan Presiden. Namun semua bergerak selaras dan harmonis. Tidak atau belum ada 1 pejabatpun yang mengeluarkan pernyataan yang saling bertolak-belakang. Keluarga para korban juga merasa sangat terbantu dengan informasi yang sangat mudah didapat dari posko bantuan. Bahkan pusat informasi tanggap-darurat di Bandara Juanda Surabaya dan Pangkal Pinang dibentuk lebih cepat dari posko serupa di Singapura dan Kuala Lumpur. Hanya dalam hitungan beberapa jam sejak pesawat dinyatakan hilang, Basarnas dan Dishub serta Deplu sudah membuat posko sementara sebagai pusat informasi di Juanda, dan langsung mengundang CEO AirAsia, Tony Fernandes untuk datang dan memberikan keterangan langsung. Kecepatan dan Kerjasama antar lini dan antar departemen mendapat pujian dan apresiasi dari banyak pihak. Bukan hanya dari keluarga penumpang, pemerhati penerbangan domestik dan internasional pun menyoroti hal tersebut.

Analis Penerbangan dari Inggris, Julian Brey sangat mengapresiasi tanggap darurat yang sudah dilakukan oleh Pemerintah RI. Ia membandingkan hal tersebut dengan kejadian serupa pada kasus hilangnya pesawat maskapai Malaysia sebelumnya. Brey bahkan menyatakan bahwa tanggap darurat pemerintah Indonesia, masih jauh lebih baik daripada apa yang dilakukan pemerintah Inggris atas kejadian serangan terorisme pada layanan kereta api London beberapa tahun berselang.

Oleh:  Maling Jemuran (MJ)

Dikutip dari Wikipedia dan berbagai sumber.

  23 Responses to “INDONESIA SIAP LEPAS LANDAS DALAM KEGIATAN TANGGAP DARURAT”

  1.  

    selamat malam

  2.  

    ?????? no comnment

  3.  

    sudah seharusnya negara kita negara yg besar ini, mampu menjalankan fungsi tanggap darurat dengan efektif. Semoga semuannya diberi kemudahan dan kekuatan

  4.  

    Masih nunggu berita selanjutnya

  5.  

    mantab… semangat persatuan bagi bangsa Indonesia

  6.  

    Yang penting pesawatnya ketemu dulu baru komentar…

  7.  

    Moga aja tidak ada pejabat yg asbun sampai pesawat di ketemukan

  8.  

    sindiran yg menggugah pemerhati penerbangan. nice bung mj.

  9.  

    Ini pesawat milik makapai swasta malaysia,menglami kecelakaan di halaman rumah kita.trus reaksi
    tanggap/darurat pemerintah&rakyat kompak.
    pihak negara tetangga pada menawarkan bantuan.
    kira2 efeknya nanti gimana ya?.
    1.tdk ketemu/ lama baru ketemu
    2.partisipasi negara tetangga menggunakan alat pengindraan canggih(terhadap kerahasiaan pertahanan kita)
    3.kerugian sosial/politik kita( di luar koban jiwa )
    mngkin ada yg tahu? bisa sdkt menjelaskan.trims sebelunya…

  10.  

    Salut, memang kalo diseriusin bangsa Indonesia adalah bangsa yang unggul, suatu langkah awal yang sangat baik, semoga berkelanjutan sampai ditemukannya para Survivors secepatnya.

  11.  

    Masalah larangan terbang UE syarat kepentingan..!!! Liat aje coba dg si malingsia dapet hal yg sama ngga dg yg dialami indonesia..klo kaga kredibilitasnye sangat diragukan,cuman kedok doank,..akal-akalan gank si barat…

    ….NKRI HARGA MATI…

    •  

      bung ismed , moga nanti dijawab sama Indonesia dengan Agenda perebutan FIR secepatnya
      mari kita berdoa …..

      sesuai dengan clue-clue para “pelaku” di edisi JKGR sebelumnnya …

      ( nanti saya naikkan artikel , kumpulan clue– )

  12.  

    “Analis Penerbangan dari Inggris, Julian Brey sangat mengapresiasi tanggap darurat yang sudah dilakukan oleh Pemerintah RI. Ia membandingkan hal tersebut dengan kejadian serupa pada kasus hilangnya pesawat maskapai Malaysia sebelumnya. Brey bahkan menyatakan bahwa tanggap darurat pemerintah Indonesia, masih jauh lebih baik daripada apa yang dilakukan pemerintah Inggris atas kejadian serangan terorisme pada layanan kereta api London beberapa tahun berselang.”
    Syukurlah pemerintah cepat tanggap.. kalau tidak bisa di hina lagi sama bangsa2 lain. Salam hormat dan selamat bekerja buat abang2ku yang tergabung di Basarnas, TNI-Polri, dan unsur masyarakat lainnya…

  13.  

    Ada hikmah yg sangat signifikan positif dari peristiwa ini.. Semoga yg terbaik yg terjadi..

  14.  

    Blessings in disguise. Banyaknya kecelakaan, bencana, dan musibah yang dialami bangsa ini memberikan berkah berupa manajemen tanggap darurat terbaik.
    Blessings in disguise. Larangan maskapai nasional melayani penerbangan di Eropa, menggiatkan penerbangan di nusantara, sehingga Soekarno Hatta menjadi bandara hub nasional tersibuk.
    Semoga dengan kecelakaan ini, FIR Singapura bisa direbut.

  15.  

    Air asia banyak ya.. kalau di lihat ada
    – indonesia air asia
    – thailand air asia
    – philipine air asia
    – malaysia air asia
    – singapore air asia
    – india air asia
    – japan air asia
    – air asia x.
    Kalau nda salah saham indonesia air asia itu 51% d miliki indonesia dan 49% milik malaysia.

  16.  

    Kalo untuk urusan Tanggap Musibah dan Bencana, memang sudah diakui dunia, ini tidak terlepas dari kultur budaya gotong royong kita…urusan non teknis no komen dulu lah

  17.  

    @artikel padat meski singkat ,
    mudah dicerna .

    Kita kesampingkan dahulu ego masing-2 , karena ini biangnya sumber kehancuran
    Pernyataan diatas semua birokrasi melakukan kerja dahulu stop koment dan bahkan tanggap secepat ini

    ini membuktikan Jiwa rakyat Indonesia tergabung NKRI tetap menjadi adalan , gotong royong

    Kembali , turut berduka cita , semoga keluarga yang ditinggalkannya diberi kekuatan dan ketabahan

    Tambahan :

    -ayo Indonesia , rakyat mendukungmu dengan doa , selesaikan masalah Meng- Internasional ini
    -kerahkan seluruh jajaran , rakyat, TNI, dan KNKT, Bakorkamla, serta Polri
    -kita buktikan Indonesia mampu dengan kemampuan 200-juta rakyat / people power
    -schedule rebut FIR tetap menjadi agenda utama negeri Ini
    -Jangan sampai P-30 Orion mengobok-obok topografi, kontur daratan , pemetaan wilayah Indonesia

    Berharap Mode On

  18.  

    Para Dukun di Manggar pun telah menggelar ritual untuk membantu pencarian pesawat…

  19.  

    Pray for Air Asia …
    Alhamdulillah titik terang pesawat yang jatuh ‘telah ditemukan’ … Base camp ada di pangkalan bun …
    Semoga keluarga yang ditinggalkan tabah menghadapi musibah ini …

  20.  

    KITA MASYARAKAT SEJUJURNYA HARUS MEMBERI APRESIASI PADA KERJA PEMERINTAH, SEKARANG PEMERINTAH CEPAT MERESPONS KEJADIAN2 BENCANA SPT INI, SAYA PRIBADI JUGA SUPRISE KETIKA KELUARGA PENUMPANG AIR ASIA QZ 8501 MENGATAKAN CUKUP PUAS DGN PENJELASAN PEMERINTAH & TIDAK UTK PERUSAHAAN AIR ASIA, ARTINYA PEMERINTAH DI SEMUA LINI SERENTAK BEKERJA, TERPADU & TAHU BAGAIMANAN MEMPERLAKUKAN KELUARGA PENUMPANG YG DLM KONDISI SHOK, CEMAS & TDK TAHU MAU BERBUAT APA.. SEMOGA INI PERTANDA BAIK BUAT BANGSA INDONESIA DI WAKTU2 KE DEPAN.I

  21.  

    PERLU DINGET JUGA, SEMUA INI DIKARENAKAN GENCARNYA MEDIA TV KITA MEMBERITAKAN INI SECARA TERUS MENERUS , BAHKAN SIARAN LANGSUNG .. GIMANA GAK KEDER PEJABAT OTORITAS KITA YANG MENGURUSI PERHUBUNGAN DAN KESELAMATAN // KALAU MEREKA GAK BERTINDAK . BAKAL KENA HUJAT HABIS HABISAN DI MEDIA .. ( SELEPAS SEMUA ITU SALUT UNTUK KERJASAMANYA )

 Leave a Reply