JakartaGreater.com - Forum Militer
Nov 082014
 

http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/762616/big/070714900_1415348181-RCWS.JPG

Indonesia telah mempunyai teknologi yang mampu membuat senjata tempur yang dipakai militer bisa dikendalikan lewat remote control

Liputan6.com, Jakarta – Teknologi otomatisasi dan kontrol jarak jauh semakin berkembang di tengah masyarakat. Di kalangan militer, kendali jarak mulai digunakan untuk mengendalikan berbagai macam senjata tempur ketika berada di medan laga.

Indonesia juga telah mempunyai teknologi yang mampu membuat senjata tempur yang dipakai militer bisa dikendalikan lewat remote control yang disebut sebagai remote control weapon system (RCWS). PT Infoglobal jadi perusahaan asal Tanah Air yang mengaku telh mampu menyediakan alat kontrol jarak jauh bagi senjata tempur yang akan digunakan militer.

Mochammad Syafiruddin, Kepala Riset dan Programming Infoglobal menyebutkan bahwa teknologi kendali jarak jauh buatannya ini bisa membuat resiko jumlah korban dari personil di medan perang berkurang. Teknologi ini juga bisa diterapkan di berbagai model kendaraan taktis milik militer baik tank, panser ataupun helikopter.

“Teknologi ini bisa mengurangi resiko personil militer jadi korban serangan saat berperang. Secara konvensional harus ada personil yang mengendalikan senjata dengan kaliber berukuran besar di bagian atas tank atau panser yang rawan jadi target, teknologi ini bisa membuat mereka tetap mengendalikan senjatanya dari tempat yang lebih aman di dalam kendaraan tempur,” ungkap pria yang disebut Afi tersebut.

Sistem kendali jarak jauh ini diklaim bisa membidik musuh yang telah dikunci sebagai target secara otomatis dengan sensor gerak. Jarak pandang sensor ini hingga sejauh 3 kilometer dengan kecepatan gerak target maksimal berkecepatan di atas 100 km/jam.

“Kalau buatan perusahaan asing, satu unit sistem kendali senjata ini dipasarin sekitar Rp 9 miliar, kalau kita pasarkan dengan relatif lebih murah. TNI sudah berkomitmen akan pasang produk kita di panser dan tank buatan Pindad, tujuannya agar kita bisa mandiri soal alat tempur,”  tambah Afi.

Afi memaparkan untuk mengaplikasi satu sistem kendali senjata jarak jauh buatan Infoglobal pada satu model kendaraan tempur memerlukan waktu sekitar 3-6 bulan. Waktu itu dibutuhkan untuk melakukan riset dan penyesuaian antara tipe senjata, kendaraan maupun antarmuka yang akan dipakaikan sistem kendali militer tersebut.

“Waktu riset sampai aplikasinya 3-6 bulan, itu berikut ujicoba dan produksi perangkat kita. Kalau pembuatan dengan sumber daya yang ada di perusahaan sekarang ini mampu membuat 10-20 unit RCWS dalam sebulan,” papar Afi kepada tim Tekno Liputan6.com.

Rencananya, beberapa RCWS akan mulai diaplikasikan pada tank militer milik TNI pada tahun 2015. “Buat fase awal baru beberapa mungkin yang akan diujicoba langsung di fasilitas TNI. Kita harapkan ke depannya bisa dipakai di 1.000 kendaraan taktis TNI,” tandas Afi. (liputan6.com)

Bagikan :
 Posted by on November 8, 2014

  44 Responses to “Indonesia Sudah Mampu Buat Kontrol Senjata Jarak Jauh”

  1.  

    test

  2.  

    test test

  3.  

    test jg

  4.  

    mantaf…

  5.  

    Muantabh… Indonesia makin mandiri

  6.  

    muantab nich….ayo tang medium, anoa, komodo dan tmn2nya pakai semua….(tetangga gmn yaa…?)

  7.  

    Kalau saya yes

  8.  

    tanamkan terus cintai product tanah air,,smg k dpan kemandirian beralutsista bisa sepenuhnya terlaksana.

  9.  

    ANDA PERCAYA KAMI BISA, sambil menunggu gebrakan kombonasi pak RR dan pak TEDJO.

  10.  

    mimpi kesiangan :
    kalo RCWS lokal di develop terus smp setara dg skyshield oerlikon punya paskhas, maka harganya pasti jauh lebih murah … mantap dah

  11.  

    Bagus ya Bagus , Cuman sy ga’ ngerti katanya kendaLi jarak jauh tapi Cuma 3KM andaikata di sinkronisasikan denga RudaL R-Han yg jaraknya 120 km Bida rempong karna pengendaLinga cuma mampu 3 km , Cocoknya ini untuk ATGM ? Terus harganya Lebih murah , kaLau Luar negri 9 M aLat di bawahnya , yang jeLas dong harganya , Sy aja menjuaL MobiL & Motor jeLas kok , kaLau produk Luar negri jaraknya sampai 9 miLiar dengan kemampuan Lebih dari 3 km katakanLah minimaLnya 70 km ya pasti diambiL yang buatan Luar Negriii ?!

    •  

      Ini sistem optik untuk senapan dan canon bung PCM, bukan untuk rudal. Dengan spek dan harganya ini sudah sangat bagus, tidak kalah dengan buatan luar.

    •  

      Sistem kendali jarak jauh ini diklaim bisa membidik musuh yang telah dikunci sebagai target secara otomatis dengan sensor gerak. Jarak pandang sensor ini hingga sejauh 3 kilometer dengan kecepatan gerak target maksimal berkecepatan di atas 100 km/jam.

      Dibaca baik2 dan dianalisa saya kira di sini bukan untuk lawan rudal.

    •  

      maaf sebelumnya, ini bukan untuk rudal bung coto

      •  

        benar sekali blor…ini hanya alat remote kontrol utk melihat mengatur dari jarak rudal yg akan ditembakkan memakai alat ini sekitar 3 Km, begitu blor…

    •  

      ini kan mirip skyshield gitu lho.

      lihat aja bentuk miniaturnya…. mirip dg milenia yg ada di PKR10514 nanti.

      dulu kalau nggak ada tuh malah yang dipakai S60 dg system optik elektro…plus display monitor….kalau S60 kan malah lebih dari 10km.

    •  

      klo sampe di jam sama musuh gimana yah? apa ga malah nyerang temen sendiri?

      •  

        tahu artinya jamm nggak sih…? di jammim itu menurutku dibikin macet. udah macet kok malah nyerang temen sendiri…? lha piye….

        lain kalau di hack…terus di ambil alih kontrolnya. emange macam system yang online secara umum gitu?

        menurutku bule2 barat ilmunya belum sampai segitu hebatnya. itu hanya sampai pada difilm2 aja. kalau Iran malah menurutku lebih bagus/hebat daripada nule2 barat dalam hacking system radion kontrol pesawat lawan…karena bukti dari UAV2 ASU yang bertumbangan di ambil alih secara paksa.

    •  

      liat2 senjatanya dulu dong bung pcm.. Lha emang pelor segede laras itu mampu nembak jarak sejauh 70km? Paling banter ya paling 4km. Tidak ada salahnya berinovasi & ini sudah awal yang baik, dripada tidak sama sekali?

      •  

        Bagaimanapun, ini adl karya anak bangsa. Kita tetap harus bersyukur dan bangga. Selanjutnya, kita tetap doakan dan dukung pengembangannya. Mudah2 akan muncul karya lbh hebar dan gahar. Untuk rudal lbh gede dgn jarak lbh jauh, tentunya. Teruslah berkarya anak2 bangsa. Bagaimanapun dan sprti apapun hasilnya (skrg), kalian tetap layak mendapat pujian dan penghargaan. Krn dari karya “kecil” kalianlah skrg, akan muncul karya2 BESAR anak negeri, kelak di masa datang.

        Kami mendukungmu…!!!
        Dari karyamu, jayalah negeriku…!!!
        Semoga…!!!!

    •  

      Maaf bung pcm izin komentar menurut penalaran saya RCWS ini bukan untuk mengontrol peluru atau bomb dan sejenisnya tapi fungsinya sebagai remote control alat pelontar atau penembaknya .jadi walaupun alat itu sejauh 2km bisa di kendalikan dari tempat kontrol misal di bungker dll.

  12.  

    Lebih gede lagi rcws seperti oerlikon skyshield jangan kecil kecil ntar di ketawain

  13.  

    may indonesian dream come true

  14.  

    Bisa dikombinasikan dg Eli gun ato gatling litbang TNI AD, tinggal kualitas ditingkatkan.

  15.  

    Asik Bagus tuh Kalo punya.. Nanti buat kapal jet tempur Terus dikontrolnya dari jarak jauh Nah keren tuh kayaknya

  16.  

    moga2 kedepan bisa lebih jauhn jangkauan remot, supaya bisa untuk mengendalikan pespur….kapur….tank….syukur2 buat ngeremot rudal….agar rudal bisa menghindar bila di intercept

    😀 bisa gak ya???????:@

  17.  

    Nah ini di combine dengan gatling gun pasti joss…

  18.  

    Sip lanjutkan…suatu saat akan seperti oerlikon sheild ya…
    Semoga terus di tingkatkan…dan untuk sementara bisa di gunakan tuk pertahanan pangkalan dari serangan sabotase karena di lengkapi sensor gerak dan penglihatan malam…cmiiw

  19.  

    Asal tidak gampang dijammingsudah.

    •  

      ini yang ditunggu, RCWS berjarak 3km dengan sensor gerak, semoga juga dengan thermal imager…rantis dan light tank TNI bisa dengan bergerak tapi tetap menguci sasaran.

      dor..dor..dor..MBT pun akan lumpuh dan jadi rongsokan kena hajar light tank TNI..bravoo

      •  

        Sejak kapan MBT bisa hancur ditembak RCWS? RCWS paling kaliber brp sih? 5,56? 7,62? 12,7? MBT cuma geli2 doang ditembak sm small arms gt. RCWS itu buat menyikat pasukan infanteri yang berniat mengendap2 utk menyerang tank atau ranpur kita.

        •  

          RCWS atau RWS bisa diaplikasikan untuk senjata ringan sampai menengah bahkan kombinasi..

          Contoh RCWS : SAMSON 30mm MKII, 40mm peluncur granat kombinasi dengan anti tank missile,

          klo MBT cuma bisa sekali tembak, light tank atau panser yang dilengkapi senjata 20-30mm dengan RCWS bisa berjalan menghindar sambil menembak berkali-kali bisa melumpuhkan MBT juga..kira-kira begitulah

          Baca link dibawah atau cari yg lain juga banyak
          http://www.rafael.co.il/Marketing/402-994-en/Marketing.aspx

  20.  

    Menunggu artikel SU 35

  21.  

    tinggal ditingkatkan lagi.. Ini sudah awal yang baik.. Seharusnya pemerintah lebih melihat potensi industri swasta juga.. Siapa tau ada yang lebih maxnyuss dari ini?

  22.  

    Problem alih teknologi alusista di Metro tv

  23.  

    Wah kalo ini mantap nih…buatan negri ,,,keereeen kyak di film film

  24.  

    Good job anak negeri …

  25.  

    maju terus bangsaku…

 Leave a Reply