Indonesia Targetkan Produksi 412 Unit Medium Tank

Tank Harimau Pindad-FNSS, di Indo Defence 2018

Cilegon, Banten,  Jakartagreater.com  –  Indonesia menargetkan akan memproduksi 412 medium tank hasil kerja sama dengan Turki dalam kurun waktu satu periode rencana strategis (Renstra), dirilis situs Anadolu Agency, 16-4-2019.

Sekjen Kementerian Pertahanan RI Agus Setiadji mengatakan target produksi tersebut sesuai dengan kebutuhan pertahanan dalam negeri.

Meski demikian, dia mengatakan produksi tersebut akan tercapai jika anggaran yang dimiliki pemerintah mencukupi. Sebab katanya, untuk satu unit medium tank tersebut memakan biaya sekitar USD 5,6 juta dolar.

“Kebutuhan kita 412 unit tapi sekarang ini melalui proses yang ada yang ada kita prioritaskan 18-21 unit medium tank,” jelas Agus Setiadji di Jakarta.

Tank Harimau Pindad-FNSS, di Indo Defence 2018

Dia juga mengatakan medium tank tersebut rencananya akan ditawarkan ke sejumlah negara lain.

Sebelumnya, Pindad Indonesia dan FNSS Turki sepakat menandatangani kerja sama pembuatan purwarupa medium tank pada 2015 lalu. Perancangan tank ini dimulai Februari 2016.

Rampung diproduksi di Turki, medium tank ini diberi nama Kaplan MT. Kaplan MT sempat dikirim ke Indonesia dan dipamerkan pada hari ulang tahun TNI 5 Oktober 2017 lalu di Cilegon, Banten. Di Indonesia prototype tank ini diberi nama Harimau.

Tinggalkan komentar