Nov 182013
 
Peta penyadapan yang dilakukan oleh Australia.

Peta penyadapan yang dilakukan oleh Australia.

Pemerintah Indonesia akhirnya memutuskan memanggil pulang Duta Besar Indonesia Primo Alui Joelianto di Canberra, Australia. “Ini tidak bisa dianggap langkah yang ringan dan menunjukkan sikap kita yang tegas dan terukur,” ujar Menteri Luar Negeri Indonesia Marty di kantornya, Jakarta, Senin (18/11/2013). Marty Natalegawa menegaskan pemulangan Dubes Indonesia untuk Australia merupakan instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Menurut Marty, penyadapan ini otomatis mempengaruhi hubungan diplomatik Indonesia dengan Australia.

Indonesia juga memanggil kembali Duta Besar Australia di Jakarta untuk meminta penjelasan tentang penyadapan kepada Presiden SBY dan beberapa pejabat pemerintah Indonesia. Ini pemanggilan kedua setelah pemanggilan 1 November 2013. Pihak Kementerian Luar negeri juga tengah menghubungi Menlu Australia Julie Bishop untuk meminta penjelasan.

Sementara Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan Menko Polhukam, Djoko Suyanto mendesak Australia untuk menjelaskan kepada publik terkait isu penyadapan yang dilakukan intelijen negeri kangguru tersebut. “Memanggil Dubes RI di Canberra ke Jakarta untuk ‘konsultasi’, ” ujar Menko Polhukam Djoko Suyanto dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Senin (18/11/2013).

Seperti dilansir AFP, Senin (18/11/2013), Presiden SBY dan sembilan orang yang masuk dalam lingkaran dalamnya menjadi target penyadapan Australia. Badan intelijen elektronik Australia, atau yang juga disebut Direktorat Sandi Pertahanan telah menyadap aktivitas telepon genggam presiden SBY selama 15 hari pada Agustus 2009. Saat itu, Australia masih dipimpin oleh Perdana Menteri Kevin Rudd.

Mantan karyawan Badan Keamanan Nasional AS, Edward Snowden bocorkan penyadapan yang dilakukan AS dan Australia

Mantan karyawan Badan Keamanan Nasional AS, Edward Snowden bocorkan penyadapan yang dilakukan AS dan Australia

Berdasarkan data yang dibocorkan mantan karyawan Badan Keamanan Nasional AS, Edward Snowden, kegiatan mata-mata Australia terhadap Indonesia tidak hanya menyadap telepon Presiden Susilo Bambang Yodhono (SBY). Sembilan orang di lingkaran dalam SBY, termasuk istrinya Kristiani Herawati, juga ikut disadap teleponnya.

Dalam salah satu dokumen itu berjudul “3G Impact and Update” tercantum 10 nama pejabat Indonesia lengkap dengan jenis ponsel yang mereka gunakan. Aksi penyadapan tersebut dilakukan tahun 2009.

Berikut adalah daftar nama-nama pejabat itu yang telah diperoleh ABC dari Snowden.

1. Susilo Bambang Yudhoyono, jenis ponsel Nokia E90-1

2. Kristiani Herawati (Ani Yudhoyono), jenis ponsel Nokia E90-1

3. Boediono (Wakil Presiden), jenis ponsel Blacberry Bold (9000)

4. Jusuf Kalla (mantan Wakil Presiden), jenis ponsel Samsung SGH-Z370

5. Dino Pati Djalal (juru bicara presiden urusan luar negeri), jenis ponsel Blackberry Bold (9000)

6. Andi Mallarangeng (juru bicara presiden urusan dalam negeri), jenis ponsel Nokia E71-1

7. Hatta Rajasa (Menteri Sekretaris Negara), jenis ponsel Nokia E90-1

8. Sri Mulyani Indrawati (Menko Ekonomi), jenis ponsel Nokia E90-1

9. Widodo Adi Sucipto (Menko Polkam), jenis ponsel Nokia E66-1

10. Sofyan Djalil (Menteri Komunikasi dan Informatika), jenis ponsel Nokia E90-1

  172 Responses to “Indonesia Tarik Duta Besar dari Australia”

  1.  

    Amerika termasuk pasar ekspor terbesar Indonesia, Amerika merupakan salah satu raksasa yg di pegang Indonesia buat menyeimbakan kawasan ASEAN selain China n Russia, hampir semua tetangga kita temennya Amerika. Kenapa China yg udh kuat ngga mau ribut ama Amerika, krn Amerika jg pasar Ekspor besar China, kenapa Amerika ngga berani hajar China biar udh nakal.. karena China ATM-nya Amerika, alias tempat ngutang. Politik antar negara ngga sama seperti hubungan temen biasa.

    Masalah terbongkarnya intelengance justru secara politik menguntungkan Indonesia, kita jadi ada power yg jauh yg lebih besar buat menekan Aussy n USA sesuai kepentingan kita, n ngga ada tetangga2 yg nyalahkan kita bahkan rakyat pun malah mendukung. singkatnya salah sendiri Intelnya kebongkar, intel kok masuk media massaa.. apes lah di bully abis2an ama negara lain (apalagi targetnya) emang udh resikonya. Terima nasib aja Ostrali n nurut ama Indonesia pasti tenang ntar..

  2.  

    itulah kelebihan mereka(us/aus),dan inilah kekurangan kita..secara tdk langsung mereka sdh memberi tahu kelemahan kita,mari kita perbaiki semua lini terutama intelijen..BIN terlalu byk statementnya yg ngawur,mulai dr insiden2 di papua,tewasnya beberapa anggota polri(polri blm bcr apa2,BIN sdh blg kelompok teroris a,b,c),terakhir dgn lantangnya dia blg indonesia aman,bersih dr aksi penyadapan..BIN benar2 buat malu dunia intelijen indonesia!
    nowyoudont@mungkin mmg benar indonesia harus merapat ke moskow atau beijing

    •  

      Potensi Indonesia merapat ke China atau Russia sebaiknya tetap digunakan sebagai kartu Truff Indonesia dalam pusaran politik ada pengaruh Old/New super power. Mudah2an pemerintah bisa main cantik dalam urusan ini.

      Saya agak optimis, beda dengan kementrian lain, Kementrian Luar Negeri Indonesia dari dulu selalu ditempati orang2 kawakan dalam bidangnya. Menlu Marty juga sudah berkarier di Kemenlu sejak jaman baheula dan bukan copotan mantan pejabat pensiun seperti banyak Dubes

  3.  

    saya sependapat,cuma pak marty kesannya lebih lugas dan tegas,justru statement pak menlu lebih “berisi” ketimbang presiden..presiden org yg keliwat hati2,tp aura militernya msh melekat koq..mdh2an beliau bs lbh tegas dan keras kpd negara manapun yg telah melecehkan bangsa ini!

  4.  

    Ini awal kebangkitan RI.
    Diembargo hasilnya anoa 6×6
    Disadap hasilnya apa ya ????

    NKRI HARGA MATI..

    Saya Cinta Indonesia.

    •  

      Mudah2an hasilnya adalah ketahanan pangan yang lebih baik. terutama dalam hal daging sapi, produk dairy, gandum dan garam yang masih tergantung pada Australia dan NZ yg keduanya termasuk negara 5 eyes yang sharing hasil penyadapan

  5.  

    Kita juga jangan terlalu naif jika mengira cuma OSY dan AS yang menyadap komunikasi kita.
    Neh jelas2 di depan kita, pemilik Telkomsel, Indosat, XL Axiata…
    Ya orangnya mereka2 juga.
    Kalo untuk Perusahaan Telkomunikasi sebaiknya tidak dijual sahamnya ke luar negeri..
    Beli kembali saham2 itu seperti pemerintah membeli Inalum.
    Lalu diteliti seakurat mungkin, Trojan2 yang mungkin tertinggal…

    •  

      Yupz… Setuju dan Sepakat

      Semut di seberang lautan tampak,
      Gajah dipelupuk mata tidak tampak…

      Perlu revolusi dan restorasi besar2an nih di Menkominfo dan BIN
      (hehe meminjam istilah bung bewok)

  6.  

    Betul, namun BIN melakukan penyadapan pada saat SIAGA PERANG, pada waktu itu masalah Timor-Timur yang dengan jelas ditunggangi Australia, kasusnya sama dengan perang dingin AS – Uni Soviet.

    Hal itu jauh berbeda ketika Th. 2009 ketika Indonesia – Australia lagi berjuang MEMPERERAT PERSAHABATAN, namun pihak Australia (lagi Sial) ketahuan menyadap.

    Hal itu juga diperberat dengan tidak adanya MINTA MAAF dari si Abbot….

    Hal itu diperparah lagi adanya PERBANDINGAN dengan yang dilakukan BARRACK OBAMA yang dengan legowo minta maaf dengan para negara sahabatnya….

    Pertanyaanya adalah Australia menganggap Indonesia itu Apa ?
    SAHABAT atau MUSUH ????????????

  7.  

    Berita berkembang mengidikasikan keadaan semakin keruh. Dubes Aus sudah berada di Papua dan USA baru saja mengabarkan akan menambah pasukan di utara Australia. Narcissistic toad Textor, penasehat Abbot juga malah berulah menghina Presiden dan Menlu

    Namun di saat bersamaan Indonesia mendapat dukungan dari parlemen Russia, sementara China jelas akan dengan senang hati berpihak kepada Indonesia dalam urusan ini.

  8.  

    AUSTRALIA TIDAK AKAN PERNAH MENJADI SAHABAT YANG TULUS…

  9.  

    Malam bung-bung . .
    Mw nanya aja . .
    Dipemberitaan katnya presiden telah memberhentikan kerjasama militer dgn ausie . . Itu berarti perjanjian hibah + upgrade hercu dari ausie juga kena ya . . ?
    klo kena,,uang yg dikeluarkan pmerintah utk upgrade otmis hangusss ?

    •  

      Hubungan militer Indonesia dan Australia sudah terlalu panjang. Puluhan tahun tentara kita melakukan latihan militer di Australia di berbagai Pangkalan Militer. Ngambek-ngambek Indonesia seperti ini sudah dipahami Australia. Sudah hapal mereka 😀

      Lagian lihat saja langkah yg diambil pemerintah saat ini, semua masih terukur, tidak destruktif: Menarik/membatalkan latihan militer (jangka pendek). Menarik Duta Besar……terukur. Kalau yang destruktif tuh ya..mengusir duta besar Australia atau menghentikan import daging sapi…..tapi kan tidak dilakukan Indonesia

      Tentu Australia paham dan bisa menerima lanngkah diplomasi Indonesia ini, agar pemerintah Indonesia tidak kehilangan muka di mata rakyatnya.

      Kalau Australia membatalkan hibah…itu namanya baru langkah destruktif dan hal itu tidak akan dilakukan Australia karena Indonesia pun hanya melakukan basa-basi diplomasi agar tidak losing face. Lagian rakyat Australia juga tidak mendukung penyadapan yang dilakukan pemerintahnya ke Indonesia. Klop sudah. Kita lihatlah

      •  

        masalahnya bung Diego, pemerintahan Australia yang sekarang masih sangat hijau dalam urusan diplomasi internasional. Tony Abbot itu secara umum dipandang sebagai redneck oleh sebagian masyarakat Australia, dia kasar dan agak racist. Mungkin bisa cocok untuk urusan dalam negeri, tapi urusan luar negeri dia jelas terlihat ceroboh. kebijakan pertamanya dalam masalah pengungsi langsung memuat Indonesia tersinggung

        Mengingat karakter negara2 Asia yang rata2 memandang penting “muka”, kualitas Abbot sebagai pemimpin Australia membuat khawatir banyak orang. Baru 2 bulan dia mampu menghancurkan upaya peningkatan hubungan 2 negara selama belasan tahun, dan kualitas penasehat politiknya si Textor juga tidak membesarkan hati, dalam satu kali Tweet dia mampu menghina Indonesia dan Pilipina sekaligus 😀 luar biasa

  10.  

    selamanya australi tak akan pernah akan bershabat tulus dg indonesia, jadi percuma saja kedepanya kalao indonessia mmasih mengharap emmbel” dr oztrali,,karena ostrali malay singo smuanya sama setali uang,,sebelas sebelas,,jd lbh baik carilah kawan yg bner” kawan meskipun jauh di rantauan…

    •  

      Setuju bro… tetangga2 kita, utara maupun selatan, kayaknya iri becampur ketakutan melihat dahsyatnya perkembangan indonesia di berbagai bidang..
      Memang kuncinya adalah kemandirian…..

  11.  

    Kalau Ausie menganggap hangus uang pemerintah kita yg utk merefurbish hercules yg dihibahkannya ke kita, yah ada jalan lain utk mendapatkannya kembali, wlw sdkt ekstrem.. ntah berani atw kagak petinggi dan wakil rakyat kita, yakni dgn jalan menasionalisasi seluruh perusahaan ausie yg dibiayai pemerintahnya yg beroperasi di indonesia. dalam hitungan materi pasti ausiet yg paling rugi.. nangis darah tuh pasti si abbot.. wkwkwk.. tp apa iya..?? petinggi kita punya nyali ????

  12.  


    😀 😀 😀 😀 😀

  13.  

    mantap….

    kemarin cuma 2 itupun nggak jadi lw besok 10 – 15 beneran tiba gmana ya ???
    😀 😀 😀

  14.  

    Asumsi, jika laju populasi Indonesia dan negara2 maju kurun 100 th kedepan, sama spt saat ini. Saya yakin kita akan memenangkan pertempuran tanpa harus berperang.

    •  

      asimilasi dengan imigran tidak bisa dihindari gan. Eropa barat akan berwajah Afrika utara dan Timur tengah sementara Amerika utara makin berimbang antara bule, kulit hitam dengan latin sebagai mayoritasnya.

      Yang dekat rumah adalah Singapura. fertility rate mereka sangat rendah. dan melihat kecenderungan lebih memilih imigran bule (dengan keahlian atau uang) maka 100 tahun lagi Singapura akan menjadi another Australia

      fertility Indonesia masih di atas 2.0 , dengan wilayah cukup luas yang hampir semuanya produktif daripada transmigrasi lebih baik pemerataan pembangunan. nanti nyebar sendiri. Yang menarik China (dgn kebijakan 1 anak) fertility rate-nya sangat rendah, ancaman perang demi ‘living space’ di masa depan (50-100 tahun) lebih mungkin datang dari India yang program KB-nya amburadul 😀

    •  

      sampai kelupaan, fertility rate (tingkat kelahiran) Australia di bawah 2.0. Itu sebabnya mereka sangat khawatir dengan masuknya pencari suaka dari negara2 dunia ketiga yang bukan bangsa bule. seperti kita tau di masa lalu mereka juga pernah melakukan politik White policy alias Australia hanya untuk bangsa kulit putih dalam kebijakan imigrasinya.

      btw, untuk suatu ras/bangsa agar bisa bertahan maka fertility rate harus di atas angka 2.0 di bawah itu maka ras/bangsa tersebut akan hilang dalam beberapa generasi

      Jika kapal pengungsi tidak dapat dihentikan, maka dalam 50-100 tahun wajah penduduk Australia akan berubah jauh. Itu yang mereka takuti dalam jangka panjang

      •  

        Maunya penduduk indonesia yang jadi imigran gelapnya.
        jadi dalam 100 tahun, kita satukan aja dengan indonesia…
        hehehee… 🙂

        •  

          Yah.. jadi proyek jangka panjang BIN lah itu gan, menganeksasi australia secara alamiah dan naturalis.
          proyek terlama, memakan waktu 100 tahun.
          Perlahan2 warna eropa akan meredup di Osy, dan akan berganti dengan wajah Timur tengah.
          Ini adalah peluang bagi indonesia…
          Mungkin Sabah dan Serawak bisa juga kita terapkan demikian.

          (Impian ane… kalo duduk jadi kepala BIN) hehehe….. 🙂

          •  

            Kalo Sabah Serawak sih ga usah BIN, kerajaan Malaysia sendiri yang melegalkan ribuan bahkan ratusan ribu pendatang haram dari Indonesia dan PH untuk menjadi warga negara dengan perjanjian harus mendukung pemerintah berkuasa 🙂 tanpa itu negara bagian Sabah dan Serawak akan dikuasai oposisi atau bahkan bisa memisahkan diri dari Malaysia

          •  

            infiltrasi dunkz.. hehehee…

  15.  

    Zero enemy, million friends adalah doktrin utopis, hanya cocok untuk masa depan yang jauh, alias surga. Jelas tidak cocok untuk kehidupan di bumi, kecuali kita ingin menggondol gelar world’s certified fool.

    Sudah waktunya bangun dan menghadapi kenyataan…

  16.  

    Harus adil donk, jangan cuma OSY yang kena getahnya…

    •  

      ini langkah politik yang terukur gan, ada itung2an untung ruginya mengapa Australia yang dijadikan sasaran tembak. kita tidak mampu tebang rata karena urusan penyadapan ini ternyata menyangkut banyak pihak.

      di luar itu ada alasan yang diperkirakan akan bisa diterima pandangan internasional. Yaitu upaya SBY selama 10 tahun kekuasaannya dalam mempererat hub dgn Australia walau mendapat hambatan dari dalam negeri sendiri. Kemudian ternyata tlp pribadi SBY, bahkan istrinya disadap.

      Itu masih bisa diperbaiki jika saja PM Aus bisa “bawanya”, walau bagaimana urusan sadap menyadap antar negara adalah rahasia umum. sayang PM Abbot kurang berpengalaman dengan hubungan luar negeri dan “salah” bereaksi dgn lebih memilih citra bagi pemilihnya di Australia. Di sisi SBY, pemilu tahun depan juga mungkin saja menjadi salah satu pendorong meruncingnya hubungan dua negara

  17.  

    Makanya jangan lebay, kalau tiap dubes di negara yang terlibat penyadapan ditarik, lama2 seluruh dubes RI numpuk di Jakarta…

  18.  

    Petikan surat Dewi Sukarno kepada presiden Ford, 1975.

    His Excellency President Gerald Ford
    The White House
    Washington, D.C.
    Dear Mr. President,

    Both in 1958 and in 1965, the CIA directly interfered in the internal affairs of Indonesia. In 1958, this monstrous action led to civil war. In 1965, it led to the ultimate takeover by a pro-Amencan military regime, while hundreds of thousands of innocent peasants and loyal citizens were massacred in the name of this insane crusade against international communism. Still today, ten years later, many tens of thousands of true patriots and Sukarnoists are locked up in jails and concentration camps being denied the simplest and most elementary human rights. American companies and aggressive foreign interests are indiscriminately plundering the natural riches of Indonesia to the advantage of the few and the disadvantage of the millions of unemployed and impoverished masses.

    It will be the painful duty for America now to reveal the CIA involvement in Indonesia and release all information and documents relevant to who really initiated the terrifying bloodbath that led to the overthrow of the legal Government and to the inhuman treatment in house arrest lasting three years until my husband’s death.

    Respectfully,
    R. S. Dewi Sukarno
    July 24, 1975

    sumber:
    Indonesia 1958: Nixon, the CIA, and the Secret War
    By L. Fletcher Prouty

    Blood ran in the streets. Villages were wiped out and a million people massacred in a battle for the riches and political control of Indonesia. Nixon and the CIA wanted Sukarno overthrown. But the creator of Indonesia knew how to fight…

    lengkapnya:
    http://www.ratical.org/ratville/JFK/Indo58.html

  19.  

    beri tawaran menarik kpd rusia dan china utk latihan perang skala besar diwilayah timur indonesia,saya optimis jk rusia dan china tdk akan men sia2kan tawaran tsb,adalah kesempatan bagi rusia dan china utk menguji kemampuan teknologi alutsista mutakhir mereka dlm simulasi perang yg di rancang memdekati pertempuran sebenarnya,sekaligus sbg warning buat australia,amerika dan sekutu2nya utk tdk mencoba bermain api dgn mengganggu stabilitas asia tenggara khususnya indonesia!
    Itulah cara kita merangkul rusia dan china agar mereka merasa keberadaannya sangat dibutuhkan utk menjaga stabilitas dan keamanan asia tenggara dan ikut bertanggung jwb utk menjaga kedaulatan kawannya,indonesia!
    Saya yakin,obama dan abbot tdk bs tidur nyenyak,pentagon panik dan indonesia menjadi headline dimedia internasional,woww!

    •  

      itu bisa saja terjadi.
      2014 Russia-China mengadakan latihan perang gabungan di Pasifk yang semua juga tau show of force yg ditujukan bagi USA (dan Jepang), jika dilakukan bersama TNI dengan Russia-China di perairan timur Indonesia maka jelas juga yang disapa adalah Australia dan US

  20.  

    wooww……… @BUNG FRANS ide yang sangat cemerlang saya sangat setuju latihan bersama dengan skala besar INDONESIA RUSSIA CHINA kalau perlu ajak juga IRAN biar RUSIA, CHINA, juga IRAN merasa sangat terhormat dan sekaligus kita juga akan mendapat keuntungan [………..] dengan mesra nya 3 negara di atas de tubuh NKRI maka PENTAGON tak akan tidur nyenyak

  21.  

    Tadi pagi dalam talkshow TV, anggota komisi I DPR ketika ditanya presenter apa yang akan ditanyakan kepada Snowden seandainya bisa bertemu, menjawab ‘why did you that?’

    Pertanyaan sia2 yang akan memakan biaya milyaran Rp, apalagi jika yang pergi rombongan…

  22.  

    tapi logikanya tepat, ‘…dalam kasus Presiden SBY, karena telah sampai ke publik, ya sebaiknya secara garis besar disampaikan ke publik meski secara rinci tidak disampaikan dan tetap rahasia’ katanya.
    Ini yang pernah saya sebut pola/”flowchart” komunikasi (Twittter) yang aneh, jika A ada masalah dengan tetangganya X, sebaiknya mendatangi langsung X untuk mencari solusi, atau minta jasa RT untuk menengahi. Jangan halo2 ke warga kampung ‘tetanggaku si X payah’ baru mengetuk pintu rumah X…

 Leave a Reply