Mar 252017
 

Kendaraan Tempur Infanteri (IFV) BMP-3F Korps Marinir. © Army Recognition

Indonesia saat ini sedang mempelajari opsi untuk memulai lisensi produksi dari amunisi dan komponen untuk tempur infanteri kendaraan (IFV) BMP-3F, menurut keterangan Wakil Kepala Layanan Federal untuk Militer dan Kerjasama Teknis Rusia, Mikhail Petukhov sebagaimana dilansir dari Army Recognition.

Mikhail Petukhov mengungkapak pernyataan tersebut pada pameran LIMA 2017 yang berlangsung di Langkawi, Malaysia. “Indonesia saat ini sedang mempelajari penawaran Rusia mengenai lisensi produksi dari amunisi dan komponen untuk kendaraan tempur infanteri (IFV) BMP-3F yang disampaikan secara terpisah sebelumnya”, kata Petukhov.

Menurut dia, Rusia siap untuk bekerjasama dengan pelanggan asing potensial di bidang produksi berlisensi.

“Kami siap untuk kerjasama semacam ini seperti pemanfaatan, parameter dan prospek yang harus dipertimbangkan dalam setiap kasus tertentu”, kata Mikhail Pethukov. Saat ini, Angkatan Bersenjata Indonesia memiliki armada kendaraan tempur infanteri BMP-3F. Seperti dilaporkan sebelumnya, Indonesia telah menerima 17 unit kendaraan BMP-3F pada tahun 2010.

Pada batch selanjutnya, eksportir senjata Rusia, Rosoboronexport mengirimkan sejumlah 37 unit kendaraan BMP-3F ke Indonesia. BMP-3F IFV adalah sebuah versi dari jajaran kendaraan dirancang untuk Korps Marinir. Kendaraan ini dapat digunakan untuk pertahanan dan penjaga perbatasan, serta juga untuk unit pesisir.

Kendaraan ini dirancang untuk pertempuran di wilayah pesisir, pantai dan selama pendaratan amfibi. Kendaraan ini dipersenjatai dengan persenjataan utama meriam 100 mm, senapan koaksial 30 mm, rudal anti tank dan senapan mesin 7,62 mm. Kendaran tempur infanteri BMP-3F memiliki 3 orang awak dan mampu membawa hingga tujuh marinir bersenjata lengkap.

Bagikan Artikel:

  58 Responses to “Indonesia Pelajari Tawaran Produksi Amunisi dan Komponen untuk BMP-3F Korps Marinir”

  1. ..Mantap…Sudah bakalan mampu buat amunisi…Gak mungkin ketakutan kehabisan amunisi,ibarat HP…Pulsanya unlimited..

  2. Alhamdulillah .. Thanks om putin, TNI makin seteronggggg

  3. Untuk pembelian Su 35 ToTnya apa saja ya..? Mgkin warjager ada yg tahu bocorannya

  4. ini mungkin TOT su35?

    • Kalo dicerna sih kayaknya ToT utk pembelian tambahan bmp, soalnya rencana AKAN beli 50 unit lg krn masih mempelajari ToT nya bung, kalo ToT pembelian SU 35 sudah deal ToT yg lain karena prosesnya sdh tinggal tanda tangan, jd kita spt nya sebentar lg menghilangkan kata AKAN utk pembelian SU 35… mudahan dan berharap, Rakyat makmur TNI kuat

      • amiin… smoga cepat terealisasi ya bung @BP

      • Ini lah arti TOT yg sekarang disiplin di adakan. Sabar karena semua bukan karena ga niat tetapi emang mencoba maximal ikutin UU.
        Nah coba yg punya info a1, dulu TOT utk leopard, tukino, f16, altros, bisa dibabar disini?

        • Kita beli Tucano sama Astros 2MK6 dapet ToT apa ya bung Senopati?…

          • Kagak tahu bung jimmy, dulu kayaknya beli beli ajah ga ada beban telolet. Kali ada yg tahu warjager yg lain para senior senior formil

          • Katanya kalau Astros Kita dapet ToT buat Peluncur Roketnya….. Peluncurnya doang loh bukan sama Mobilnya.
            .

    • mungkin tidak

  5. Tambah lagi BMP 3 nya sampe 400 unit..Cicil ajah

  6. Tinggal buat nuklir!

  7. Tambah lagi BMP-3Fnya untuk di tampung di III divisi marinir pasti mantap tuh..

  8. borong yang banyak plus bmp-t

  9. satan nama natonya lebih baik nama aslinya
    toh ukuran dan panjang tetap sama

  10. ???????????

  11. gak ada tot era kah

    • bikin era bukan hal yg sulit bung, tinggal pakai granat bekas, lalu dilakban hitam.
      cantelin di rantis dan ranpur, nanti klo ada peluru meriam T-90 mau nyasar di ranpur, otomatis pelurunya akan terpental dgn sendirinya krn ledakan granat bekas dilakban hitam tsb 😆

  12. TNI mau ganti PT–76 dgn BMP-3

  13. Kan mau tambah 30 unit bmp3f di tahun ini.. salam…

  14. Bungkus baaaaang mumpung Russia masih cinta sekonyong konyong koder ma Indonesia

  15. Tambah yg banyak dan minta ToT untuk penggerak amfibinya juga, agar bisa diimplementasikan di anoa dan mid tank buatan pindad yg baru.

  16. negara tetangga rame bikin rudal, indonesia cuma baru akan belajar bikin amunisi.

  17. #$@$?,,???

  18. Senjata biologi sekelas antrak pasti saya yakin inokulan bakterinya pasti sudah ada di laboratorium cuman tinggal aplikasinya saja biar bisa muat di Rhan bung yg mungkin butuh proses. Nanti begitu udah bisa tinggal dibawa deh sama tejas ahahahaha

  19. @Jimmy Suroso

    Halah…ternyata yang ini juga masih BARU-MAU-AKAN to bung jim?

    Kirain udah kemana-mana ceritanya…piye iki borot-borot????

  20. Kalau cuma amunisi untuk apa TOT kan Pindad sudah bs membuat berbagai macam amunisi, TOT mesin, sistem senjata dan sistem penggerak beserta metalurginya mungkin lbh tepat!

  21. apa lapisan baja tank bmp 3f ini mampu menahan gempuran minimal nya RPG??

    Cos biasanya yg di gunakan pemberontak atau milisi paling RPG, kecuali milisi yg bnyk duit beli ATGM,,

    • Klau cuma RPG sih keknya bisa kan tebal bajanya lebih dari 35mm dan di tambah beberapa lapisan lagi…

      • klo tank /panser yg bisa berenang kayaknya bajanya ga ada yg tebal2 amat pengaruh sma bobotnya di air….bisa nahan rpg rambo standar tipe lama udh bagus… tp ttp jebol pake rpg-7 yg pake HEAT atau tandem HEAT..naikinnya ya pake reactif armor…

    • Hull BMP 3 F hanya menggunakan aluminium di perkeras, sprt alloy. agar BMP tsb dpt mengapung dan jg agar tahan terhadap korosi air laut. Jd BMP 3F hny tahan terhadap berondongan peluru 14,5 mm kebawah. diatas itu ya, jebol apalagi jk di hit oleh RPG yah wassalam. penggunaan lapisan tambahan sprt reactif armour jg tdk dpt dilakukan krn berakibat dgn penambahan berat yg berdampak kpd kemampuan dr daya apung dan ke gesitan melewati medan berlumpur dan berawa yg menjadi tipikal dia. Solusi terbaik mengeliminir dari hantaman RPG adlh dgn menggunakan jerajak kisi2 di setiap sisi2 hull BMP.

  22. Aduuuuuhhhh…. pake d pelajari segala lagi… ambil aja kali….

 Leave a Reply