Indonesia Terima 8 Dari 61 Tank Leopard RI

66
558

Indonesia menerima pengiriman pertama, delapan dari 61 tank tempur utama (MBT) Leopard 2 RI (Republik Indonesia) yang dipesan pada Desember 2012, kata eksekutif Pertahanan Rheinmetall baru-baru ini, dalam cara Land Forces Symposium 2016.

Tank-tank itu merupakan bagian dari kontrak 280 juta USD yang meliputi pembelian : 61 Leopard 2 RI, 42 MBT Leopard 2+, 42 kendaraan tempur infanteri Marder 1A3 upgrade, dan 11 armoured recovery and engineering vehicles diambil dari surplus stock Tentara Jerman.

42 MBT Leopard 2 + -MBT Leopard 2A4 dengan penambahan sistem pendingin udara- kini telah disampaikan, begitu pula dengan Marders dan kendaraan pendukung, kata eksekutif tersebut.

Leopard 2 RI (photo : ARC)
Leopard 2 RI (photo : ARC)

Saat ini Rheinmetall sedang dalam proses upgrade 61 MBT Leopard 2 untuk menjadi standar revolusi. Paket upgrade tersebut membutuhkan sejumlah modifikasi yang diminta oleh militer Indonesia agar tank lebih cocok dalam pertempuran di perkotaan.

TNI-AD telah memesan 103 Leopard 2A4 bekas pakai, termasuk yang dilengkapi sistem pendingin udara sesuai iklim tropis di Indonesia.

Pengiriman baru-baru ini adalah bagian kesepakatan pertahanan Indonesia dan Jerman. Menurut IHS Jane Defence Weekly, “kesepakatan ini termasuk alih teknologi yang dirahasiakan dari Jerman untuk PT Pindad Indonesia dan TNI-AD”.

Rheinmetall dalam sebuah pernyataan November 2013, menyatakan sebagai pemasok penting, kontraktor pertahanan Jerman akan memasok dukungan logistik, dan amunisi senilai kira-kira 216 juta Euro atau sekitar USD 290 juta berdasarkan kontrak yang ditandatangani pada Desember 2012.

Kemudian, pada bulan Mei 2014, Rheinmetall juga menerima kontrak untuk memasok meriam simulator, Leopard Gunnery Skills Trainer (LGST) dan Driver Training Simulator (DTS) untuk militer Indonesia dalam rangka melatih awak tank baru MBT TNI-AD.

Sumber : Janes.com / SindonewsJanes.com

tank leopard ri

Batalyon Kavaleri 1 Kostrad, Cijantung (total 41); (garasinya 40, 1 mungkin dipindah ke sentul atau baturaja)
* 13 Leopard 2A4.
* 28 Leopard 2 RI.

– Batalyon Kavaleri 8 Kostrad, Pasuruan (total 41): (garasinya 40, 1 mungkin dipindah ke sentul atau baturaja)
* 28 Leopard 2A4.
* 13 Leopard 2 RI.

– Pusat Pendidikan Kavaleri, Padalarang (total 4):
* 3 Leopard 2 RI.
* 1 Leopard 2A4.

– Kompi Kavaleri CAMB, Sentul (total 13) :
* 13 Leopard 2 RI.

– Kompi Kavaleri Pusat Latihan Pertempuran, Baturaja (total 4) :
* 4 Leopard 2 RI.

source: @awi87 formil kaskus

Defence.pk

66 COMMENTS

    • ditaruh di jawa dulu biar dipasangi persenjataan lengkap sama pindad, sdh lengkap baru nanti di sebar,..barang baru datang sdh mau langsung taruh di luar jawa..emang ada fasilitas perawatannya??? Komen ya komen,..tp mbok mikirr… punya otak nggaaakkk…

  1. Kasihan orng kalimantan…. dri dulu tdk pernah diperhatikan dgn SERIUS. Padahal hampir semua sumber energi dri kalimantan (gas, minyak, batubara). Mungkin: kecuali di jawa sdh penuh, bru alutsista diparkir dikalimantan. So… smntra menunggu itu terjadi, klo kalimantan diserang tetangga malingsial?????? relakan aja brooooo

  2. bung,,,, menurut saya penempatan alutsista itu tergantung tingkat ancaman bung,,,, mungkin pemerintah sekarang melihat ancaman yg di darat itu terletak di pulau Jawa,,,, sementara di laut itu di Natuna,,,, itu saja,,,,,

  3. Gebleg yg pameran di indodefence dulu itu leopard revolution punya rheinmetall. Indonesia pesan bukan revolution, tapi yang RI, itu artinya Republik Indonesia. Bukan revolution. Sama kaya punya Polandia penamaannya yaitu Leopard 2PL. Foto di atas itu mbt technologieträger.

  4. ditaruh di jawa dulu biar dipasangi persenjataan lengkap sama pindad, sdh lengkap baru nanti di sebar,..barang baru datang sdh mau langsung taruh di luar jawa..emang ada fasilitas perawatannya??? Komen ya komen,..tp mbok mikirr

  5. kenapa tidak di taruh di daerah perbatasan? itu daerah bisa ga pakai mbt yg khusus di buat dalam perang kota? anda pernah ke daerah perbatasan blm naik sepeda motor yg beratnya tidak ada 1 ton saja langsung masuk ban ke lumpur bagaimana mbt yg beratnya 70 ton mau lewat pikir lah jgn cuma ngiri saja

    • rasio beban tekan leopard lbh rendah bung, msh bisa bergerak di medan perbatasan
      alat berat tambang yg lbh berat dari leo saja msh aman beroperasi bung

      itu bisa dijelaskan dengan hukum fisika, dulu para sesepuh udah bahas hal ini di forum
      ach… jd kangen para sesepuh yg dulu senang berdebat dgn landasan ilmu yg jelas
      mungkin bung tukang hitung bisa kasih pelajaran cara ngitungnya

      • Sepuh yg mana bung ..
        sepuh kurang waras
        Secara keseluruhan beratnya tetap 70 ton termasuk jika bawa senjata dll
        jika bebannya terbagi 13 ton ya IYALAH DIBAGI
        klu gak di bagi mana bisa jalan

        suruh pulang saja ke jerman si le
        atau suruh yg mesan yg bayar
        yg mesan mantan ksad menhan presiden
        TNI KITA SUKANYA BRG BARU DAN LENGKAP SIAP TEMPUR OPERASIONAL

  6. Anda pernah k perbatasan bung?? Daerah mana?? Daerah skitar perbatasan di sanggau ledo, sambas, jagoi babang masih layak kok. Pernah masuk k malaysia via darat?? Lihat bgaimana mrk menaruh aset mrk..

  7. Isu ttg aset pertahanan yang berpusat di jawa. Ini sisa doktrin orde baru yang masih belum hilang. Alasan ya bermacam macam belum siap infrastruktur dan kesiapan lain lain. Sehingga ada kesenjangan ketrampilan oleh prajurit ataupun sdm dalam mengoperasi alutsista dan ini sangat bahaya.. Akan beda tentara di pulau jawa dan diluar pulau jawa

  8. bung@Malindo..sekarang kan sudah di rubah doktrin nya dari javasentris ke nusantarasentris..semua perlu proses,ga mungkin kan masih kosong langsung di sebar..dan kenapa alutsista harus mampir ke jawa dulu tidak lain melengkapi ini itu,inspeksi,pengujian agar dalam penyebaranya perfoma sudah siap tempur…

  9. Masalah lampunya kotak / bulet mata kepiting ga masalah tapi liat design front hull nya Leopard RI sama Leopard Revo lebih slope Leopard RI design runcing.

    Yg penting Battle Management System Revo ada didalem Leo RI apa nggak? dan katanya Leo RI kan turretnya udh menggunakan electric bukan hydrolic kaya A4 std…

    Benarkah itu?

  10. Penempatan alutsista bukan karena hanya masalah teknis tapi utamanya doktrin militer orde baru masih sangat terasa contoh saja posisi penting setingkat panglima banyak diisi oleh angkatan mana..

  11. leo oh leo, nasib ente..

    dari 2012 ampe sekarang tetep jadi polemik, dari mantan pejabat ampe formiler n blogmiler..

    kagak punya salah, punya jg salah..baru sehari nginjek tanah nusantara aja dah dijadiin polemik, palagi kalo kapal yg angkut leo terbalik..

    leo oh leo, nasib ente ngenes..

  12. Kok… banyak koment mirip anak saya yg TK ya…. tiap anakku yg kelas 6 sd tak belikan sesuatu pasti yg kecil ngrengek… padahal belum bisa menggunakan… saya sih nyarankan… belajar dulu biar cepat pinter kayak kakak… ntar adik tak belikan kalo dah bisa pake…. intinya belajar operasikan dulu di pulau Jawa karena simulator kita juga terbatas jumlahnya… ntar kalo operator tank nya udah terlatih baru disebar di tempat2 yg membutuhkan… ini tank bro… bukan sepeda onthel yg hampir semua orang bisa menggunakan….

LEAVE A REPLY