Sep 142014
 
marder-920-11.jpg

IFV Marder

Manager program Rheinmetall Jerman, Michael Kerwin, mengaku tidak yakin apakah penjualan alutsista di masa depan ke Indonesia akan mendapatkan persetujuan ekspor dari Pemerintah Jerman, tetapi ia berharap dapat menjual lebih banyak IFV Marder ke Indonesia.

Pernyataan ini diunngkapkan oleh Aviationweek dalam Tulisan Nicholas Fiorenza, 15 September 2014, yang berjudul: Indonesia Muscles Up Its Military.

Dari ucapannya itu bisa ditafsirkan Indonesia ingin membeli IFV Marder lebih banyak dan jika melihat persyaratan pembelian alutsista, maka harus ada transfer technology untuk pembelian itu. Apakah Indonesia membidik IFV Marder sebagai basis pengembangan IFV atau tank Nasional. Masih tanda tanya.

Rencana pembelian Tank Leopard dan IFV Marder, memang sempat mendapatkan penentangan dari partial kecil di Jerman. Namun pembelian itu, akhirnya berjalan lancer.

Yang menjadi pertanyaaan, mengapa manager produksi Rheinmetall sempat menyangsikan penjualan tambahan IFV Marder ke Indonesia. Di mana persoalannya ?.

Pembelian IFV Marder dilakukan sebelum Indonesia disetujui untuk membeli helikopter Apache oleh AS. Jika AS saja sudah mengijinkan pembelian Apache Guardian, tentu bukanlah barang mewah bagi Jerman untuk menyetujui penjualan IFV Marder lebih banyak. Apalagi IFV Marder mulai dipensiunkan oleh Jerman, untuk diganti dengan IFV Puma.

Wiesel 2

Wiesel 2

Ada pernyataan lain dari Michael Kerwin bahwasannya Indonesia dan Jerman (Rheinmetall) sempat sepakat untuk memproduksi kendaraan lapis baja Wiesel 2 di Indonesia. Namun upaya itu terganjal lisensi ekspor yang keluar terlambat.

“The company plans to bring the Wiesel 2 armored vehicle to the Indodefense trade show in Jakarta this November after a deal to produce it in Indonesia fell through because the export license arrived late”, ujar Michael Kerwin.

Rheinmetall berencana membawa kendaraan lapis baja Wiesel 2 pada pameran Indodefense di Jakarta November ini, setelah kesepakatan untuk memproduksinya di Indonesia gagal karena lisensi ekspor muncul terlambat. Tampaknya Rheinmetall ingin mencoba lagi keberuntungan mereka.

Wiesel 2

Wiesel 2

Wiesel 2 (musang) merupakan kendaraan lapis baja yang bersifat airportable, dan pengembangan lebih lanjut dari Wiesel 1. Wiesel 2 memiliki ukuran yang lebih panjang dan mesin yang lebih kuat dan kini digunakan oleh militer Jerman.

Wiesel 2 strategis bagi pasukan airborne, karena bersifat multi-purpose, untuk digunakan dalam berbagai misi, termasuk pengintaian, komando dan kontrol, pengawasan medan perang, anti-tank dan anti-pesawat tempur.

Kendaraan memberikan perlindungan yang lebih baik untuk kru dan juga dilengkapi dengan sistem proteksi NBC.

Wiesel 2

Wiesel 2

Sebuah varian APC Wiesel 2 dapat membawa 4 tentara lengkap dengan atap yang dipasang kubah senjata 7,62 mm serta senapan mesin terpasang di luar. Pasukan masuk dan meninggalkan kendaraan melalui dua pintu di bagian belakang.

Kendaraan ini didukung oleh mesin diesel Audi TDI, dengan power 109 tenaga kuda. Wiesel 2 dapat dengan mudah dibedakan dari varian sebelumnya dengan melihat roda jalan tambahan dari kedua sisi lambung kendaraan. (Aviationweek).

Bagikan:

  67 Responses to “Indonesia Tertarik dengan Wiesel 2”

  1.  

    pertamax

  2.  

    1

  3.  

    kok rante nya ga pake penutup?
    Apa ga buyar itu kalo di hajar?

  4.  

    bungkusss…..klw ada duitnya itu juga πŸ™‚

  5.  

    no 4

  6.  

    TNI jadi lebih prestisius jika bersedia mengakuisi wiesel 2 ini krna lebih efektif dan multifungsi..

  7.  

    apapun demi kebaikanmu negriku…aku akan DUKUNG!!!

  8.  

    premiun πŸ™‚

  9.  

    10

  10.  

    Kayak tank stuart jaman perang kemerdekaan dulu…platform yg rentan granat..

  11.  

    mantap kalo jadi nih. mmm… 10 besar ya

  12.  

    tank banteng buat presiden yang baru,buat blusukan lumanyan lah daripada naik esemka atau innova,ada daya deterjen dan gregetnya,daripada leoprad dijual wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkw :mrgreen:

  13.  

    Semuanya tergantung ketua gank nye si asu..!! Klo ada tekanan dari asu pasti akan sulit..asu & jerman pasti ingin liat dulu kebijakan politik indonesia kedepanye,& itu juga jadi perhatian bahwa barang dari barat rawan embargo..bisa juga karena tot yg diminta indonesia dlm pembelian alutsista sebagai syaratnya..yg jelas mari kita mulai dgn produk buatan dalam negeri, yakin..!! Bahwa bangsa ini mampu karena di dukung oleh ahli-ahli yg genius.. Tinggal dukungan saja serta dana yg besar dari pemerintah maka liat nanti 20-30 thn yg akan datang bangsa ini akan sejajar dg bangsa” maju di dunia..!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

  14.  

    Indonesia Muscles Up Its Military..asyik :mrgreen: sayang lum punya helo kaya wehrmacht punya yg bisa angkut nih musang..moga aja chinook jadi πŸ™‚

  15.  

    rawan embargo..jermanpun ekspor dagangan musti tunggu asu..jerman ternyata negara boneka asu..
    jadi weisel 2 yg mau di akusisi tp karna intervesi asu ..leo usang dulu dikasih..
    saya harap kedpan pemimpin indonesia lebih menjaga marwahnya, martabat dn wibawa bangsa..jgnlah mengemis alutsista apalagi negara yg jual agak malas menjual dagangannya kemari..saya harap pemimpin kami kedepan lebih bisa sejajar dgn bangsa lain..
    imho!

  16.  

    untuk digunakan dalam berbagai misi, termasuk pengintaian, komando dan kontrol, pengawasan medan perang, anti-tank dan anti-pesawat tempur.

    Kendaraan memberikan perlindungan yang lebih baik untuk kru dan juga dilengkapi dengan sistem proteksi NBC.
    walah gendongan apa ya.??

  17.  

    menurut saya selama masih ada bpak habibie hubungan jerman dan indonesia akan lebih mudah mencari solusinya.(walaupun secara senyap)

  18.  

    di taro perbatasan kalimantan, sambil bakar kemenyan biar keluar aura mistisnya
    lapis baja tetangga bakalan lari, dikira hantu pd 2

  19.  

    Q: Nice coffe you’ve made?.
    A:Yes, it’s special one..
    Q: What kind of it?
    A: Wiesel Coffe, i supposed..?..

  20.  

    Nyimak

  21.  

    klh ma bikinan rusia bmd -4m dgn meriam 100mm dan bisa diterjunkan dri pswt angkut dan mantapnya diterjunkan dgn awak didalamnya

  22.  

    14 juli 2014
    mendag , m luffi menginginkan rusia jadi tempat menyalurkan CPO dr indonesia , dn indonesia mengimpor gandum ,tepung dn pembelian serta penyewaan sukro jet 100,.
    7 september 2014,
    indonesia melaporkan rusia ke WTO karna mencekal CPO indonesia.. oh putin !/

    kapan sukro 35, pakfa,s 400 ,ks amur dll ..bisa diakusisi klu masalah cpo aja kayak ngono..

    kapan indonesia jaya..jk masih di anggap sebelah mata.
    ayo para elit politik..bersatulah dlm bangsa , jgn ribut terus..saatnya memikirkan kedudukan bangsa ini di mata dunia ,bukan sibuk memikirkan kedudukan partai dn golongan..

  23.  

    wiesel termasuk tank medium tak?
    apakah sebuah PINDAD bisa membuat spt wiesel ini?
    menurut ane..pabila sekelas wiesel ini pindad bisa bikin dn supply ke tni
    pas parade pasteh bangga baik user-sources-producer-fans boy…:mrgreen:
    hehehe
    nuhun

  24.  

    tank ringan yg mematikan

  25.  

    tuk komodo dan anoa cocoknya ditambahin armament apa aja ndan ?

  26.  

    semua armamen yg di wisel bisa dipasang di anoa pa komodo..

    pungsinya juga sama, jadi ngapain dibeli..kalo ngejar tot ntu tot yg mana n apa secara pindad dah kerjasama bikin tenk medium n amunisi..

    mending mardernya pake bingits..

  27.  

    Suekk beneeer nih tank bentuknya jadul n low protected. Mending bikin sendiri tank medium pindad dgn kerja sama sama ukraina. Untuk apa beli klw bisa buat sendiri dan mandiri. Setuju gw kali ini sm dan cangkem. Eh sarkem maksdnya.

  28.  

    sori bang data, lantenya licin :mrgreen:

    •  

      Hahahaha.. saya tadi juga meleset. Semoga saja [ pistol robocop – spr3 – mortir – pelontar granat – machine gun – gatling gun – remote weapon system ] bikinan pindad ma TNI AD juga ikutan dipasang semua :mrgreen: [ gahar bin ngeri ]

  29.  

    Soree..

  30.  

    @lare sarkem

    kalau user udah bersabda sc,ane no comment dah a.k.a manut aja,

    kecuali mgkn bung lare bakal brubah kalau tc jd dibeli asal cewek2 nya jerman diinclude totet nya

    hehe

    bener juga mending anoa dan komodo diriset varian lg n kasih armamentnya
    toh tetot midle tank bukanya dah da tetotnya tinggal gedein ja dana RnD

    cuma canda n saran
    maaf cucu lancang

  31.  

    Hehehe

  32.  

    ada baiknya kalau Pindad terus berinovasi dengan mengimprove tank marder, menjadi marder berbagai versi, contohnya marder versi canon, atau marder multi-purpose.

  33.  

    sekalian aja odong2 di pasang Armament trus dilapis ERA bung..hehe.. biar tambah gahar.. πŸ™‚

  34.  

    bung LS, mo tanya dulu klo nggak salah th 94/95, apa bener pada th 94 / 95 Litbang TNI AD selain merekomendasikan Scorpion, juga merekomendasikan tank standar NATO lainnya, yaitu tank STEYR SK 105 dari Austria dan tank Wiesel dari Jerman. Nah hasil uji Litbang, Scorpion yang terpilih untuk memperkuat Batalyon Kavaleri AD .

  35.  

    maapin bang gue..
    taon segeto ane mangsih sekolah smp plus kagak tau sejarah kavaleri tni ad, jadi ane kagak tau..sori kecewa..

    tapi ntu kan beda jenis bang, secara wisel buat angkut personel sedang scorpi buat pemukul..kalo styer ma scorpi seh iya sama..mungkin pertimbangannya ma kebutuhan pada waktu ntu yg lebih butuh tenk utama daripada angkut personel yg mangsih bisa dikaver pake fuso..imho..
    kabar burungnya seh malah pengen tenk chelleng tapi dapetnya si imut..

    @bang cucu..
    ane kagak greng ma bule, bang..kayak ngelonin babi hahag πŸ˜€

    •  

      Jiakakak.. Bule yg mana dlu nie Ndan Pak.?
      Ente blm liat bule yg pecahan Sovyet..muluuuss..tmn ane yg org Ukraine ntuh mulus Om..dia org Odessa, ane pnrh mmpir dlo dsno. Sayang skrg miss contact 1 minggu sblm aneksasi Krimea.. πŸ™
      Btw.. Bnyk lho org2 bule yg pngen gnti KTP jd WNI..

  36.  

    Barang kuno penginggalan WW II. Kagak bakalan moncer, cuma nambahin alutsista bekas Indonesia.

  37.  

    Tanknya brt brp tuh? klo buat dalam kota ketemu truk 6×4 lari 60km/jam ditabrak dari samping atau dpn kuat mana ya? jangan2 diloncati ama truk 6×4? Numpang lewat doang sih maklum di timur tengah klo diadopsi di perang kota truk nabrak tank ukuran gini apa g ketawa? truk brt 16ton tank ligt hampir sama tinggi truk bs 3,2m dan klo truk dipasang tanduk trus nabrak samping tank rubuh tdk? mode perang teroris
    Numpang lewat aja

  38.  

    Xixixixixixixi……

    Selamat datang bung LS……lama bgtbg liat komen2 nya……

 Leave a Reply