Indonesia Tetap Menerima Batch Terakhir Super Tucano

Produsen pesawat Embraer Brasil tetap akan mengirimkan empat pesawat Super Tucano pada 29 Februari nanti. Kedatangan pesawat tempur latih Super Tucano batch terakhir ini hanya berselang satu bulan setelah insiden maut yang menewaskan empat orang di Malang, Indonesia.

Kepala Staf Angkatan Udara Agus Supriatna, mengatakan TNI AU melarang penerbangan Super Tucano mulai Kamis sampai keluarnya hasil investigasi kecelakaan pesawat.

Namun, TNI AU tetap menerima kedatangan empat pesawat super Tucano dari Brazil yang dijadwalkan datang pada 29 Februari ke pangkalan udara Abul Rachman Saleh di Malang. Pada tahun 2012, Indonesia memesan 16 unit pesawat serang ringan Super Tucano buatan Brazil.

Super Tucano adalah pesawat berkemampuan khusus dalam operasi kontra pemberontakan dan gerilya (Counter Insurgency Operation-COIN) dan dukungan serangan udara jarak dekat.

Pesawat seharga US$ 14 juta ini dapat memuat beragam persenjatan, mulai dari dua senapan mesin 12.7 mm, roket 70 mm, bom presisi, rudal AGM -65 Maverick dan rudal udara ke udara Sidewinder atau Python 3.

Sharing

Tinggalkan Balasan