Jul 252014
 
Kunjungan Jenderal fan Changlong, Tiongkok ke Kementerian Pertahanan RI (photo: dmc.kemhan.go.id).

Kunjungan Jenderal Fan Changlong, Tiongkok ke Kementerian Pertahanan RI (photo: dmc.kemhan.go.id).

Jakarta – Dalam rangka memperkuat kerjasama strategis di bidang pertahanan antara RI-Tiongkok, Vice Chairman of The Central Military Commission PLA Tiongkok Jenderal Fan Changlong, berkunjung ke Kementerian Pertahanan Indonesia Kamis (24/7) di Kantor Kemhan RI, Jakarta. Saat tiba di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jenderal Fan Changlong disambut dengan upacara militer di Kemhan. Selanjutnya Menhan Purnomo Yusgiantoro dan Jenderal Fan Changlong melakukan pertemuan bilateral yang membicarakan tindak lanjut peningkatan kerjasama pertahanan kedua negara.

Pertemuan Bilateral membahas macam kerjasama pertahanan yang telah ada.

Pertama, kerjasama dalam forum dialog yang secara periodik dilaksanakan secara bergantian, yaitu forum dialog antar Menteri Pertahanan. Tahun ini kegiatan tersebut akan diadakan di Beijing.

Kedua, forum konsultasi bilateral antar Wakil Menteri Pertahanan yang akan dilaksanakan juga di Beijing.

Ketiga, forum dialog strategis (Defence Engagement Cooperation Talk /DECT) pada level Direktur Jenderal yang telah dilaksanakan pada tahun 2013 di Jakarta.

Keempat, kerjasama pendidikan dan pelatihan. Di bidang pendidikan, setiap tahun TNI menerima tawaran pendidikan dan latihan dari lembaga-lembaga pendidikan di lingkungan PLA (People’s Liberation Army). Banyak Perwira TNI lulusan lembaga pendidikan PLA ini yang saat ini telah menduduki jabatan penting di lingkungan Kemhan dan TNI. Jenderal Fan Changlong menyampaikan kesediaan pemerintahnya untuk memberikan bantuan fasliitas Laboratorium bahasa Mandarin yang ada di Kementerian Pertahanan RI. Laboratorium Bahasa ini diharapkan dapat melatih kemampuan Diplomat-Diplomat Militer Indonesia dalam berbahasa Mandarin. Sedangkan dalam pelatihan, penerbang-penerbang pesawat Sukhoi TNI AU telah melaksanakan simulator training di Tiongkok.

Kelima, pertemuan yang membahas kerjasama bidang industri pertahanan yang dikukuhkan dengan penandatangan nota kesepahaman industri pertahanan kedua negara pada Maret 2011. Kerjasama industri pertahanan ini diwujudkan melalui kegiatan pengadaan alutsista antara Kemhan RI dengan pihak SASTIND (State Administration for Science, Technology and Industry for National Defence). Produk industri pertahanan RRT yang telah digunakan TNI diantaranya Rudal C-802, C-705, Rudal QW-1 dan QW-3. Saat ini Kemhan RI dan SASTIND sedang berkomunikasi intens untuk melakukan produksi bersama dan transfer teknologi.

Keenam, pertemuan mengenai latihan bersama antar Angkatan Darat kedua negara, khususnya untuk pasukan khusus. Latihan bersama antara Kopassus TNI AD dengan Pasukan Khusus People’s Liberation Army (PLA) dengan sandi “Sharp Knife” dilaksanakan tahun 2011 di Batujajar Bandung, dan pada tahun 2012 di Beijing. Pada tahun 2013, latihan tersebut melibatkan Satuan Lintas Udara (Airborne) dari unsur Korpaskhas TNI AU dan PLA yang dilaksanakan di Indonesia.

Ketujuh, forum dialog antar Angkatan, yaitu Navy to Navy Talks yang banyak membicarakan Maritime Security dan telah dilaksanakan di Beijing tahun 2013. Kedepannya, forum-forum dialog ini akan diadakan tidak hanya pada level high official, tetapi juga pada level Perwira Menegah.

Pertemuan bilateral tersebut merupakan implementasi dari kemitraan strategis (Strategic Partnership) yang ditandatangani oleh Presiden kedua negara pada tahun 2005, dan diperkuat dengan perjanjian kerjasama di bidang pertahanan pada tahun 2007 yang ditandatangani oleh menteri pertahanan kedua negara.(dmc.kemhan.go.id).

  57 Responses to “Indonesia Tiongkok Perkokoh Kerjasama Militer”

  1.  

    China ternyata ngebet banget ama kita..!

  2.  

    Test

  3.  

    Sapa mau ambil nomer?

  4.  

    liat

  5.  

    Bung yayan jadi yg pertama selamat !

  6.  

    hehehehe oleh² nya mantab bingit :mrgreen:

  7.  

    wolu kah??? eightsss

  8.  

    Koko panda lagi kesemsem 🙂

  9.  

    Kesempatan terbuka buat kita untuk lebih maju

  10.  

    Hahaha ane nyang nyulut,bung NR nyang pegang…btw targetnya paling jauh harus ditaro brapa km ?

  11.  

    Philippine bisa tambah frustasi nich sama Indonesia (Vietnam juga)

  12.  

    gadis molek jadi rebutan banyak pria (hidung belang) hehehe

  13.  

    Petasan gaban,,klu ga salah dong feng ya bung ngurah rai

  14.  

    mohon diba2r lah biar muntah2,,bung.salam kenal all

  15.  

    Hemmm … Kita liat aja nanti …
    Kayanya alot banget deal ama tiongkok … TOT rudal 705 aja begubed …

  16.  

    biasalah tiongkok tuh blm yakin dg INDONESIA, apalagi kita nonblok & netral kesono iya kesini iya juga.mangkanya tuh tiongkok trs melobi dimari untuk memastikan INDONESIA jgn sampe berpaling ke lain hati,walaupun dah ada penegasan bahwa indonesia netral dlm konflik lcs ini..cuman ada 1 syarat buat tiongkok jgn coba” main api dg wilayah indonesia…pasti bakal rame walaupun sejengkal tanah indonesia yg diserobot,nkri harga mati istilah bangsa ini…nanti semua negara akan belajar dimari bagaimana menciptakan tatanan dunia yg damai tanpa harus dg perang tapi dg SOFT POWER, itu sudah dilakukan bangsa ini di pentas dunia saat ini. …. NKRI HARGA MATI….

  17.  

    ni dongfeng terbaru ..sekali jalan bisa ancur leburin tanah…
    http://www.diytrade.com/china/pd/5772224/DongFeng_15HP_Walking_Tractor.html

  18.  

    tutup pintu rapet2 utk teknologi militer china..klo kita membel alutsista china,sm saja kita mendukung produk bajakan..mending klo kwalitasnya mantep,lah apa2 produk yg berbau china identik dgn produk kwalitas apa adanya..justru produk taiwan jauh lbh baik ketimbang china

    •  

      Ah kamu kok paranoid sih, kita bisa ambil sisi positif dari Tiongkok yaitu sisi ekonomi dan teknologi rudal, lha yang ngebantu pertahankan rupiah tempo hari dari serangan singawur kuwi siapa hayo..? belum lagi TEOTE rudal yang kita harapkan.

    •  

      Kita butuh mandiri, ingat nasehat Nabi Muhammad “Belajarlah walau ke negeri Joching”

    •  

      Banyak loh produk produk barat mensubkan pekerjaaannya pd pabrik di china. Dan bbrp merk lokal china spt peralatan kedokteran yg hitech, kualitasnya sdh menyamai produk barat dng harga yg lbh murah. Walau tdk dipungkiri, produk KW-nya jg bejibun. Jd spt petuah bijak pd era TVRI jaya, teliti sebelum membeli. Imho

    •  

      Iped sama ipun made in china, kualitasnya apa adanya ya? Kacian dong yang beli iped sama ipun yang kualitasnya apa adanya hehe

  19.  

    kasih di perbatasan senjata ini untuk menghajar OPM…
    http://www.youtube.com/watch?v=1f8DYUcqPOk

  20.  

    Apa agaknya oleh oleh dari koko panda selain dong feng ya?

  21.  

    Menurut sy intelejen kokopanda sering mantengin JKGR, sehingga dia tau indonesia deket ma siapa. Jadi dia buru2 deketin Indonesia buat kasih tot. biar tambah harmonis dari segi militer maupun ekonomi.

  22.  

    Itu…kri banjarmasin yg dari cina…monggo dilihat apa isinya?

  23.  

    dong fengb. dong feng lalala….. semoga cepat terealisasi…

  24.  

    si frans ini ternyata tukang ngetroll ya? hadew gua dah serius nanggepin, ngakak saja ngomongin militer, dia bilang taiwan barang taiwan lebih maju dari rrc? barang macam hp sama notebook kali dipakai buat perang? taiwan tu dah frustasi ngadepin rrc, gap tehnologi militer dan ekonomi semakin jauh. as sendiri
    ogah ogahan transfer tehnologi tercanggih, takut taiwan akhirnya reunifikasi macam hongkong. bisa jatuh semua rahasia militernya.