Jun 182016
 

Pemerintah Indonesia menolak keras adanya kelompok gerakan separatis bernama Gerakan Pembebasan Papua Barat atau United Liberation Movement for West Papua (UMLWP) yang bergabung dalam Kelompok Negara-Negara Melanesia atau Melanesian Spearhead Group (MSG).

Indonesia-Menolak-Dengan-Tegas-Gerakan-Separatis-Di-MSG-300x163

Kelompok yang digawangi oleh Beny Wenda itu saat ini tengah berusaha untuk menaikan statusnya, dari kelompok peninjau menjadi anggota penuh. Pemerintah Indonesia menilai bahwa upaya tersebut jelas bertentangan dengan perjanjian pendirian MSG pada 2007, yang secara tegas menghormati prinsip kedaulatan dan tidak mencampuri urusan dalam negeri.

Ketua Delegasi Indonesia dalam pertemuan MSG, Desra Percaya menuturkan Pemerintah Indonesia menolak keras ULMWP sebagai bagian dari MSG. (Istimewa)

Ketua Delegasi Indonesia dalam pertemuan MSG, Desra Percaya menuturkan Pemerintah Indonesia menolak keras ULMWP sebagai bagian dari MSG. (Istimewa)

“Suatu kelompok yang menamakan dirinya UMLWP tidak lain dan tidak bukan merupakan gerakan separatis di dalam suatu negara berdaulat. Gerakan tersebut tidak memiliki legitimasi dan bukan wakil masyarakat Papua,” kata Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Desra Percaya dalam keterangan pers di Jakarta, Sabtu (18/6).

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Desra saat menjadi Ketua Delegasi RI pada pertemuan tingkat menteri luar negeri Melanesian Spearhead Group (MSG) yang berlangsung di Lautoka, Fiji pada Kamis (16/6). Dia menyampaikan pernyataan itu terkait dengan upaya UMLWP untuk menaikkan statusnya dari kelompok peninjau menjadi anggota penuh dalam MSG. Namun setelah melalui pembahasan internal diantara anggota dan lobi intensif delegasi Indonesia, upaya tersebut berhasil digagalkan.

Munculnya Kelompok gerakan Gerakan Pembebasan Papua Barat (UMLWP) bergabung dalam Kelompok Negara-Negara Melanesia (MSG) ditolak Pemerintah RI. (Istimewa)

Munculnya Kelompok Gerakan Pembebasan Papua Barat (UMLWP) bergabung dalam Kelompok Negara-Negara Melanesia (MSG) ditolak Pemerintah RI. (Istimewa)

Terkait hal itu, MSG hanya mencatat aplikasi tersebut dan membentuk Komite untuk membahas kriteria keanggotaan. Pembahasan kriteria keanggotaan itu juga berhubungan dengan adanya keinginan dari negara-negara anggota MSG agar Indonesia menjadi anggota penuh MSG.

Dalam pernyataannya, Desra juga menyampaikan komitmen Indonesia untuk memajukan kemitraan serta langkah praktis dalam merealisasikan kerja sama antarnegara Melanesia, khususnya untuk mendorong pencapaian tujuan MSG, yaitu pertumbuhan ekonomi, pembangunan berkelanjutan, tata kelola pemerintahan yang baik dan keamanan di sub-kawasan Melanesia.

Para pemimpin Melanesian Spearhead Group menandatangani komunike bersama di Honiara. (foto : abcnews.com)

Para pemimpin Melanesian Spearhead Group menandatangani komunike bersama di Honiara. (foto : abcnews.com)

Pada akhir pernyataan, Ketua Delegasi RI itu juga mengundang negara anggota MSG untuk hadir pada Bali Democracy Forum yang akan membahas penguatan kapasitas demokrasi antarnegara, pada 8-9 Desember 2016.

Di sela-sela pertemuan, Desra juga melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Fiji, Menteri Luar Negeri Kepulauan Solomon, Ketua Delegasi Papua Nugini dan Dirjen Sekretariat MSG. Semuanya menyampaikan apresiasi terhadap kehadiran dan komitmen Indonesia untuk berkontribusi dalam mencapai tujuan MSG, serta dukungan tegas atas prinsip kedaulatan Indonesia. (marksman/ sumber : kemenlu.go.id dan antaranews.com)

Bagikan :

  70 Responses to “Indonesia Tolak Keras Gerakan Pembebasan Papua Barat”

  1.  

    berangus saja

    •  

      Klo ada wajager yg pernah ke Irian Jaya , akan tau Klo kumpulan org Ini hanya sebagian kecil pengacau pembangunan dan kesejahteraan bumi Irian
      Sudah saatnya manusia pengacau ini ,.yg di kompori Aus di bina ( sakan )

      •  

        BETUL.. SETUJU .. OPM ITU BINAAN SI DOGOL AUSTRALIA DAN AMERIKA PREETT..

      •  

        United Liberation Movement for West Papua (UMLWP) bentukan beny wenda itu sdh lama…

        Pemerintah kemane aja slma ini…

        UMLWP Aktiv di MSG juga sdh lama. .. Sebelum indonesia aktiv juga di MSG

        Itu group2 provokasi di fb dan twitter yg mengagung2 kan benny wenda(aset papua katenye..hha)si kriminal dan opm di block dlu lah…

      •  

        LOGIKA MUDAH UNTUK DAERAH YG MAU MERDEKA…

        Timoer leste…yg sdh lama merdeka…ada gk mata uangnya?
        Dia kira gampang mengelola n membangun negara

        Blm lagi BBM…

        Wong pertamina aja milik indonesia…

        Mereka berharap bnyak minyak hasil bor perusahaan asing krn mereka tdk mampu.

        _______________________________________
        Ini YG LEBIH MUDAH LAGI LOGIKANYA…untuk yg pro papua merdeka…

        Yaitu papua nugini…yg di ibaratkan saudara provinsi papua…
        Sama2 SDA MELIMPAH…sda ya begitu deh..sama…
        Cuman bedanya mereka, “negara”dimana di asuh dan di kontrol australia.

        BEBASNYA DIMANA SEBGAI NEGARA…

        Bagi yg suka militer..

        BAYANGKAN…PAPUA NUGINI YG DI DUKUNG PENUH AUSTRALIA…
        YANG SUDAH SANGAT LAMA MERDEKA…
        Punya pesawat tempur apa tidak? Angkatan udara papua nugini gk jelas…
        AL nya pun begitu…

        AD pun ya begitu…tank tdk punya…

        Imigran yg ke australia…malah dikirim k papua nugini…

        OPM DIKASI LOGIKA GINI PASTI NGELES…n bawa HAM.pdhl papua nugini sebagai contoh bila papua merdeka…jelas2 tidak berkembang…wkwkw

        Akan menjadi 2 papua tidak berkkembang

      •  

        Perlu sekali kali liburan ke bumi cenderawasih,,

      •  

        @kuasa malay. bener bung, mereka itu udah kek duri dalam daging, haru segera di cabut/musnahkan.

        1.kasi mereka peringatan.
        2.tangkap dan penjarakan.

        primitif mau aja di jadiin pion asutralia, mereka gak pernah lihat posisinya timor leste sekarang. teluk timor sekarang udah mau dibabat abis SDA nya sma asutralia.

    •  

      Gak tau isi otaknya para mahasiswa papua yg katanya terpelajar, tapi nyatanya mudah dihasut dan dimanfaatkan oleh beberapa kelompok dan tokoh yg hanya ingin berkuasa dan kepentingan sendiri. Pdhl diantara tokoh dan kelompok tersebut nyata nyata tak ada kontribusinya buat papua baik dlm sejarah penjajahan papua oleh belanda maupun pembangunan papua hingga saat ini. Para tokoh papua tersebut sebenarnyalah punya ambisi pribadi utk berkuasa di papua plus dukungan beberapa kelompok internasional yg punya kepentingan sumberdaya alam papua utk dikuras dan dibawa ke negaranya sbg bukti kesalahan pemerintah masa lalu membebaskan freeport dgn leluasa. Dan kini mereka itu menjelma bagaikan pahlawan yg memberi harapan setinggi langit pada penduduk papua demi dukungan utk mencapai ambisi mereka itu. Tapi siasat licik para ambisius tersebut tak pernah dipahami oleh penduduk dan mahasiswa papua meski sbg golongan terpelajar tersebut. Bahkan mereka dianggap para mahasiswa papua sbg pahlawan pembebasan papua dari indonesia. Disadari ato tidak, papua bukanlah wilayah jajahan indonesia yg dibuktikan keselamatan dan kebebasan dgn wilayah propinsi lain indonesia. Hanya karena lambatnya pembangunan papua dijustifikasikan oleh beberapa penduduk papua sbg wilayah jajahan indonesia. Andai saja indonesia menganggap papua sbg wilayah jajahannya taklah sulit indonesia utk menguasai papua sepenuhnya dengan mengadudomba antar suku papua yg memang saling berseberangan serta memberangus penduduk papua dgn mudah krn diantara mereka sbg penduduk tradisional yg belum menguasai iptek hingga saat ini??? Jd sangat tak masuk akal ada pemikiran penduduk papua bahwa indonesia sbg penjajah wilayahnya. Krn baik penduduk papua dan luar papua telah bebas kemanapun di lingkup wilayah NKRI secara bebas dan belajar tanpa bedakan asal usulnya. Jadi seyogyanya sbg mahasiswa papua menyadari papua sbg wilayah RI setara dengan wilayah indonesia lainnya.

      •  

        Kasihan mamak mereka di papua bung,, kuliah jauh2 cuma bikin onar.. cuma dicuci otaknya sama si beni wenda yg sedang asik bak raja di belakang layar untuk ambisinya memiliki papua.. mereka tidak berpikir efek dari pemerintahan yg prematur paska merdeka,, ujung2nya pun bergantung sama indonesia utk masalah ekonomi.. atas nama pbb australia dan amerika bakal invasi besar2an di papua seperti timur leste utk pembagian jatah SDA di papua.. mereka teroris papua lebih senang dijajah barat tanpa ada pembangunan yg berarti,, rakyat papua yg sudah di cuci otaknya tidak sadar bahwa mereka cuma sekedar alat untuk melampiaskan nafsu kekuasaan para teroris papua yg mencoba menduduki papua utk digadaikan ke asing..

        kerusuhan yg dibuat oleh teroris papua sengaja mereka lakukan utk memperlambat ekonomi papua, yg kemudian disebarkan isu seolah2 tidak di perhatikan.. papua yg sekarang bahkan lebih maju di banding PNG.. lantas mereka mau jauh lebih trbelakang lg dibanding negara2 MSG?? Kasihan mereka rakyat papua yg teriak2 dan udah trpedaya sama “teroris ingin papua merdeka”,,

      •  

        sanggahan TOP. mari kawan kita bangun indonesia. khususnya papua. untuk menjadi lebih baik lagi.. kita bisa selagi bersama. salam untuk semua kawan2 di papua. jaya nkri

      •  

        KELAMAAN NEGOSIASI DENGAN PARA MAHASISWA JADI JADIAN …. CIDUK SAJA .. MASUKKAN PENJARA, JIKA BISA DIBINA, JIKA TIDAK BISA DIBINASAKAN SAJA..

      •  

        bung @pandova & @bowo namanya beasiswa universitas keluar negri terutama G20 ada di doktrin tergantung potensi tersebut tidak mandang RAS atw SUKU,,baiknya pemerintah mendanai penuh bagi intelek keluar negri itulah hemaglobin….

        yang ditakutkan dari Agency central pendanaan & profesional.

    •  

      BERANGUS SAJA.. TANGKAP SEMUA OTAK PENGGERAK OPM, TERMASUK WARGA ASING YANG MENDUKUNG HARUS DIGELITIK GELI HINGGA MATI …. NKRI HARGA MATI

      HARUS DIWASPADAI .!!!!!! ….. SI DUNGU AUSTRALIA DAN AMERIKA ….

      MBAH BENCI DENGAN NEGARA NEGARA ITU YANG DARI DULU NIATNYA JELEK BUAT INDONESIA.

    •  

      SEBAIKNYA NAMA PAPUA HARUS DIGANTI LAGI DENGAN IRIAN JAYA .. MBAH MELIHAT GELAGAT SI AMERIKA DAN PARA AGEN AGEN MINYAK DAN EMAS MEREKA SUDAH BERGERILYA DAN MENGHASUT….JIKA KETEMU LANGSUNG SAJA DIGELITIKI SAMPAI MATI ….. MBAH SUDAH SANGAT GEMES..

  2.  

    Pertamx

  3.  

    agen asing berkeliaran dipapua

  4.  

    Harus tegaskan kedaulatan nkri

  5.  

    Tindakan nyata dan tegas harus d tunjukan oleh pemerintah…

    Jng kecolongan lg…

  6.  

    Kalo TNI memiliki kekuatan minimal 3kali dari yg ada sekarang,siapa yg berani coba2 memecah belah bahkan kalo untuk bergaining politik dg negara2 pengganggu RI pun pasti kita menang,paling tidak ditakuti. Tergantung dari pemerintah aja berani gak kita menggertak negara2 kelas kacangan kelompok melanisia tsb yg jelas2 mendukung kemerdekaan papua. Korut,cina,rusia,israel,dll yg memiliki kekuatan milter besar,sekali kedaulatannya diganggu bener2 taring singa yg keluar.

  7.  

    politik 2 mukanya MSG, ada apa dgn Indonesia di Asean dibuat tameng LCS di MSG diporotin mulu, di G20 dipingpong hadeeeh

  8.  

    kalau cara baik2 tak d dngar, terbngkan beberapa sukoi putar2 d sn agar jngan macam2 dgn kita!

  9.  

    Mantep satu lagi usaha para kunyuk sialan itu bs di gagalkan,pst sekarang majikan si para kunyuk lg puyeng tuju turunan sebab bnyk proxy”nya sdh mandul……

  10.  

    berburu belibis lageh….

    •  

      AYO PAK JOKOWI..DIBIKIN RAME SAJA.. TERUS PAK SUTIYOSO SEGERA BERTINDAK … OTAK OPM INI BESERTA PARTISIPAN ASING HARUS SEGERA DILEDAKKAN SAJA, BERSAMA KAPAL PENCURI IKAN ..

  11.  

    tagas..tegas..tegas..

  12.  

    Kalau pengen lepasin papua.. melanesia udah siap perang belum?? Amerika sama australia memang perlu dan harus (wajib) dikasih pelajaran biar kapok.. kalau perlu 2 negara ini dihapus dari peta dunia.. ga ada kapoknya ganggu NKRI

    •  

      NKRI KAYA SDA DEK.. AMERIKA BUTUH BAHAN BAKU UNTUK MENOPANG INDUSTRINYA .. KARENA BAHAN BAKU TEKNOLOGI TINGGI DINEGARA MEREKA SUDAH TIDAK ADA ……..

    •  

      syaratnya militer kita harus kuat dan disegani mereka, cari negara teman untuk mendukung kekuatan kita. negara2 nonblok masih takut sama amerika, satu2nya yang berani adalah negara blok timur. dengan begitu kita bisa bebas membabat habis model pion-pion separatis kek mereka bung. bisa2 timor leste balik ke nagara kita dan papua new guinea juga pengen gabung ke negara kita…

  13.  

    iya kalau papua sampai merdeka yang ada perang antar suku merebut kekuasaan dan wilayah.

  14.  

    Aneh warjeger ini….kayaknya tersusupi agen asing thdp papua. Perasaan td komentarku ada dan terbaca, tiba tiba hilang bgt saja. Gak hebat sdh forum warjeger ini, pdhl komentarku memberi penahaman pd mahasiswa dan penduduk papua yg mudah dihasut pihak lain. Mending tutup saja forum ini, sdh seringkali begitu sensor yg buruk…

  15.  

    Ini komentarku diatas sampai setahunpun pasti gk akan hilang bgt saja tdk seperti komentarku yg pertama.

  16.  

    Mangkin konyol Saja nih ,sebagian kecil doang suara masyarakat papua yg minta didengar oleh dunia untuk merdeka,mirip TIMLES sebelum referendum..RI HARUS TEGAS..!!! JGN TAKUT,BABAT HABIS PENYOKONG PAPUA MERDEKA, jgn klemar- klemer, santun & diplomasi boleh” saja. Tapi
    Kalo sdh menyangkut KEDAULATAN harus dipertahankan sampai titik darah yg penghabisan..walaupun dibelakangnya negara besar & kuat babat habis..satu kata ” PERAAANG ” demi NKRI HARGA MATI..!!!”

  17.  

    MBAH SETUJU DEK ..

  18.  

    gak perlu bilang tolak, langsung aja basmi… yang namanya benalu jangan nunggu besar makin susah nanti membasmi nya

  19.  

    saudaraku warga Papua. ..lihatlah Timles kini..yg ada cuma nol besar

  20.  

    Transmigrasi di di galakkan lagi, di jamin aman papua di bawah rezim jawa………

  21.  

    Semakin dibangun seluruh aspek kehidupan Di papua barat…maka semakin berdemo dn takut mreka para pemimpi yg ingin papua merdeka…. Krn alasan apalagi yg akan mreka pakai untuk demo?

  22.  

    Comment:test

  23.  

    Percepat trs pemb infrastruktur jalan dan pelabuhan agar roda ekonomi bs lebih cepat berjalan, yg pada akhirnya dpt meningkatkan taraf hidup rakyat. Tunjukan pd rakyat Papua & Int bhw Pemerintah RI serius memperhatikan masalah Pembangunan & HAM.

  24.  

    itu mahasisw asal papau itu ada yang menggerak kan dengan berkedok paguyuban padahal di otaki dan di danai dari tokoh2 opm…dan di jakarta juga demikian, jadi wahasiswa2 dari papua kebanyakan di tunggangi oleh opm jadi negara membiyayai dan menyekolahkan para calon2 intelek tual opm….kunci dari semua ini adalah mahasiswa asal papua di perantauan dan kampus2 sudah di cekoki paham2 kebencian terhadap NKRI dan didik untuk membelot membuat negara baru….itu yang selama ini lolos dari pengatan intelijen dan sayang nya tidak diantisipasi intelujen….

  25.  

    intinya mahasiswa2 dari papua harus bisa di pegang pemerintah….jangan nanti pemerintah membiayai para calon2 intelek tual opm bukan intelektual bangsa….

    100000 orang suku papua tak bisa merdekakan papua 1 orang terpelajar papua bisa merubah papua….

  26.  

    Bukan pembangunan fisik yg diperlukan papua sekarang,tp pembangunan mental berbangsa yg jd prioritas utama

  27.  

    Hmmmmm

  28.  

    Bukan cuma retorika yg diperlukan buat mempertahankan Papua, tapi segera tindakan nyata/kerja, serta benahi semua hal yg belum benar. Perlakukan mrk sama spt daerah2 lainnya. Rebut simpati masyarakat Papua, tunjukan bahwa kita perduli bukan menjajah mereka.

  29.  

    penuhi kebutuhan primer, sekunder rakyat IRIAN JAYA dulu. fasilitas pendidikan, bahan baku pembangunan, konsumsi yang lkayak, medis, dsb, sangat mutlak harus ada di sana.

    jangan lupa tingkatkan kekuatan militer kita juga disana..bangun basis militer yang gede. kasi sukhoi beberapa biji aja kalo bisa..

  30.  

    Total keras gmn…???
    kalo yg bekengi pro kemerdekaan Amrik + Aussie + negara” Barat/persemakmuran kyk peristiwa Timor”….???

    dr skrg Indonesia Kita harus slalu ber’sikap Tegas & ber’tindak kalo ada negara” lain yg ikut” ngomong apalg ikut campur….

    Merdekaaaaa…..!!!

  31.  

    kok MSG ini kaya anggota yg ingin meres Indonesia ya, mereka cari perhatian dengan berbagai cara agar indonesia mau membantu ekonomi mereka..

    trus itu aussie, inggris pade kemane?

  32.  

    Ramein fpnya yuk,isinya orang2 aushitaushit munafuk melulu https://mobile.facebook.com/freewestpapua

 Leave a Reply