Apr 082017
 

Pada tahun 2012 dua pesawat tempur Su-27SK Angkatan Udara Indonesia dikirimkan ke pabrik KnAAPO (Komsomolsk-on-Amur Aircraft Production Association) untuk menjalani peremajaan dan upgrade. Upgrade pada Su-27SK menjadikan varian Su-27SK TNI AU meningkat kelas menjadi standar Su-27SKM.

Pada tahun 2017 ini kembali tiga pesawat tempur Su-27SKM dan satu Su-30MK2 Indonesia juga menjalani peremajaan dan upgrade serupa yang kali ini ke negara Belarusia.

Su-27SKM atau berarti Su-27 – Seriyniy Kommercheskiy Modernizirovanniy (Varian Ekspor Modern), dan upgrade yang dijalani, menjadikan Su-27SKM berkemampuan menjadi standar Su-27SKM2.

Su-27SKM2 atau NATO memberinya kode Flanker B Modern 2 sebenarnya sudah memiliki kemampuan yang mumpuni sebagai air superiority dan air-to-ground.

Selain sudah dilengkapi sistem air refuelling, glass cockpit dengan tiga layar besar HUD (Multifunction Liquid-crystal Displays) , sistem navigasi yang terintegrasi dengan satelit GLONASS dan NAVSTAR, dan penggunaan radar warning system untuk kemampuan memburu pesawat peringatan dini musuh (Airborne Early Warning). Su-27SKM juga mendapatkan tambahan hardpoint dibawah sayap yang mampu membawa beban senjata seberat 8000 kg dan perangkat ECM (Electronic Countermeasures ).

Namun yang mengagetkan….dari hasil penelusuran penulis, ternyata upgrade varian Su-27SKM2 menjadikannya mendekati standar kemampuan Su-35! Ternyata salah satu perangkat canggih yang dicangkokkan ke sistem avionic Su-27SKM2 adalah radar Irbis-E, radar yang sama dengan yang dimiliki Su-35.

Radar NIIP Irbis-E memlki jangkauan sejauh 350 km pada target udara yang memiliki RCS sebesar 3 m2, dan target permukaan dengan janggkauan sejauh 200 km. Irbis-E adalah salah satu radar terkuat di dunia, dan menjadi jantung utama kelebihan dari Su-35. Su-27SKM2 juga kemungkinan akan menggunakan mesin AL-31F, atau mesin generasi pertama yang digunakan pesawat tempur Su-35.

Dengan upgrade menjadi Su-27SKM2, kini menjadikan Su-27 Flanker B Modern milik Angkatan Udara Indonesia menjadi setara dengan pesawat tempur generasi 4++ seperti Su-27SM2 dan Su-35 Rusia.

Source: Deagel, Defence, Global security, Nationstates

Author : Muhidin

Bagikan Artikel:

  145 Responses to “Indonesia Upgrade 3 Su-27SKM Menjadi “Mirip” dengan Su-35”

  1. SU-30 dijadikan SM juga donk

    • Sudah kuduga.. Muhidin..

      • Apa mungkin Bung Muhidin itu Bung Pecinta Wanita…?

        • Inilah strategi Indonesiaku tercinta, beli produk yang bisa di upgrade, jadi gak pernah ketinggalan teknologi, berapa banyak tu?????? 😛 Indonesia itu pintar cuma pura2 bodoh aja, ingat khan tu buyut kita bilang dari dulu, ilmu padi???? kalo udah berisi ya gak mau nunjukkin tegak lurus ke atas, nunduk2 aja. Kalo dari laut indonesia bukan cuma punya koarmabar dan koarmatim aja, itu arah mata angin semua sebenarnya ada, cuma ………….. di ghoib kan ajalah.

          • Setuju , indonesia negeri sulap yg korupsi aja uang hilang entah kemana apalagi mesin atau strategi perang . Indonesia number one

          • udah bisa ditebak, su-27 bukan operhol but upgrade.

          • ia ilmu padi makin mateng makin nunduk abis itu diuber tikus abis rontok semua

      • sudah terbukti ….. info A1 terbuka dikit-dikit… jadi sbenarny kmnren salah satunya yg dipakai pitch black 2012,
        kl benar pantes aja duel hornet mah lewat ….

        cocoknya duel f35 sedikit dibawah f22 raptor ,

        sepertinyacocok info sebelah juga su 27 airframe-nya tidak beda jauh dengan su35 ….

        artinya kl benar , sdh 2012 RI punya su35, hanya saja casingnya su 27 , istilahnya su27 mutan

        dan heran juga si deagel bisa juga mengendus trik RI mengubah su27 menjadi su35

        dan bila benar , juga menjawab pertanyaan …. Duite sopo

        demikian sekedar analisa

        • Sepertinya cocoklogi..

        • Waktu lawan Hornet di Pitch Black, Su-27 kita kalah lho dalam skenario BVR. Kl beneran udah diupgrade radar dan avioniknya setara Su-35 mosok masih kalah juga padahal radar Irbis-E bisa menjangkau sampai jarak 350-400 km..?

          • Kreatif

          • Benar bung roger,bvr mah lewat ri,waktu itu skenario bvr,posisi kita sbg intruder/boggie….,dgn jaringan networking dibantu awacs p3 orion ausie berhasil menginderifikasi dini dan disabled bogie.
            Dlam skenario dogfight kita menang,pelajaran dri picth black 2012 adalah
            TNI AU:”merengek” minta dibelikan mainan baru yaitu peswat Awacs sekelas P3 orion, kandidatnya Erieye platform jet….(entahlah masih mandeg d dephan sama dpr)
            RAAF: merengek agar segra dihadirkan F35 dgn percepatan produksi…..
            Harap di ingat selain networking mereka mempunyai radar Jindalle arah sapuannya hampir meliputi seluruh will RI juga

        • terbuka apanya pesen desember 2014 datengnya yg ada gak dateng2 smp skrg su35, yg ada cuma,akan,direncanakan,akan datang ujung2nya gak jadi2, percaya kok hayalan org kl mmg uda ada pasti nongol di tv, bkn masalah siluman ato nggak tp tanggung jawab sm kita2 ini pembayar pajak.

          • kamu bayar pajak juga toh..??
            pajak apa..?? bukanya pajak taunan motor kamu telat 3 taun .. hahahahahha…

      • Sumpe loh??

    • nohh biar pada nyaho, cuma upgradetan aja bisa sampe mesin diganti, jangan dikira beli f.16 bekas gak diganti semuanya kecuali body pesawat. pasti ada kecebong yg sok tau bilang: body kijang dikasih ferarri pasti rontokk.. eh lu kira bidy oesawat bahannya kayak body mobil?? gak nyambung cuyyy.. capcay dehh.. tolong deh kalo komen juga jangan disambung2in penguasa baru ama penguasa lama. makin gak maju otak2 kalian.. hadeuhh..

      • Tapi ko upgrade F16 baru datang udah terbakar. Malahan yang terbaru dalam perjalanan mengalami gangguan teknis. Akan lebih enak lagi kalau pespur tuh buatan sendiri dengan teknologi sendiri pula. Semoga saja cepat terwujud

      • sukhoi indonesia belum pernah kecelakaan fatal kan??

        • Krna perawatannya rutin,dan tdk pk kesulitan dr spare part pengadaanya,kedua si produksi jg jmput bola bila mau di servis,ketiga peswat lapis ketiga/skuadron berat jadi jarang pemakaiannya dibanding lapis 1dan kwedua (dirunut dari tingkat ancaman luar)

    • ahirnya muncul juga beritanya…. bang muhidin ternyata mencarinya juga… hehhehhee, next Su30 yang lainnya akan nyusul juga di upgrade naik kelas 4++ setara SU35 ( 1 strip di bawah SU35 ) … hehhehee

  2. Kerenn

  3. jadi mutant juga shukoi 27 ini… su 35 jadi barang yg samar…apa ada yg tahu black arrow itu sistwm ato pswt tempur…?

  4. mau komen aja susah banget, jadi gagal pertamax

  5. pertama

  6. Wow mantap

  7. ga jd dng su 35 nya xixi

    #mshbrharp wkwk

  8. Wooowww ,,, infonya akurat kah? Benar SU 27 TNI AU setara dg SU 35 standard? ? Berarti cerita di forum sebelah ternyata menjadi kenyataan dong. Tinggal kita lihat selanjutnya apakah terbyata mmg yang akan dibeli Indonesia bukan SU 35 tetapi lbh hebat dari itu. Wait and see ,,, semoga menjadi kenyataan.

  9. Bagus dehh klo udah diupgrade…
    Jangan lupa radar su-27 skm yang lama di kemanain???
    Di buangkah atau di jual ke negara lain..???
    Wahh apalagi mesin yg lama??
    Di kemanain ya @Diego@Carin@Lingkar@Tkg itung..??
    Penasaran saya..

  10. Yg penting adalah radarnya, kalau gk pake ibris-E, berarti belum sangar seperti Su35

  11. Pake jamming pod? Knirti? Semoga

  12. Pake jammer KNIRTI seperti MKM punya malaysia gak yah?…

  13. Nggak ada laser warning system ? Nggak ada missile warning system ? Hmmm

  14. aku rasa memang sdemikian rupa,.
    (upgread bkn memperbaiki sebagaimana telah telah di isukan bahwa farian su kita mengalami kerusakan).
    apa lagi tetangga, mengklaim klu su kita rusak.
    skg tetangga lg ada yg baca ga ya..?

  15. Berarti SU 35 tidak jadi dibeli melainkan pesawat Rusia yg lbh canggih lagi. Bisa juga Pakfa ,,, dan berarti pula Indonesia siap mengakuisisi Gripen last version. Jga sebagai langkah awal yang bermanfaat utk membangun pesawat tempur IFX. Kalo ini benar2 terjadi maka link antar matra di TNI akan terwujud dan IFX akan semakin lancar ,,, Dan dg demikian 6 buah MIG 35 ID akan wara wiri di angkasa pertiwi Indonesia. Benarkah? Semoga ,,,

  16. Nyimak..

  17. Sumber dari mana yg menyatakan Su-27 kita bakal dipasangi radar Irbis? Nggak ada tuh. Lagipula airframe dan sistem kelistrikan Su-27 kita nggak sanggup menangani berat radar Irbis dan kebutuhan daya radar dengan peak output sebesar Irbis. Kesimpulannya, bung Muhidin lg ngehoax.

    • Informasi dr mana su 27 kita airframe dan kelistrikannya ngga sanggup menangani radar Irbis ?
      Silahkan dibabar biar ngga sama2 lagi ngehoax

    • sudah saya tuliskan sumbernya

      • Oooo…nama aslinya muhidin toh???

      • Sumber atau link yg bung Muhidin berikan hanya menyebutkan bahwa Su-27 bisa dipasang mesin AL-31F, tapi TIDAK SATUPUN yg menyatakan bahwa Su-27 kita dipasangi mesin AL-31F atau radar Irbis-E.

        Selain itu pemasangan radar Irbis-E yg cukup berat tidak bisa diakali dgn penguatan struktur airframe krn beratnya membuat aspek aerodinamis pesawat terganggu karena merubah center of gravity pesawat. Su-30MKI India bahkan harus dipasangi canard utk mengimbangi pemasangan radar Bars yg lebih berat daripada radar Su-27 pada umumnya yaitu seri N001, yg tujuannya utk mengkompensasi aspek aerodinamis yg berubah akibat pemasangan radar yg berat. Su-35 tidak butuh canard karena airframenya sudah dirombak dibandingkan airframe Su-27 atau Su-30, dan ditambah Su-35 bahkan menggunakan landing gear (roda depan) ganda di bagian depan utk mengkompensasi penambahan beban akibat pemasangan radar Irbis-E (Su-27 dan Su-30 menggunakan landing gear tunggal di bagian depan).

        Intinya: bung Muhidin belum memberikan sumber atau link yg menyatakan bahwa Su-27 dan Su-30 kita akan dipasangi radar Irbis-E atau mesin AL-31F.

    • kalo dianggap airframe gak sanggup,, kan dilakukan penguatan,, sudah biasa dalam upgrade pespur.

      kalo dianggap sistem kelistrikannya gak sanggup untuk Irbis.. kalo maksudnya pasokan energi,, diartikel dicantumkan penggantian ke mesin AL-31F,, ingat lhoo mesin bukan hanya sebagai penggerak tapi juga penyedia power bagi sistem yg ada di pesawat.

    • Indon kuat berangan.

  18. kalo menurut sy itu mutan yg kesekian kalinya, …hehehehe, SU 35 kita yang akan dibeli jelas beda dengan China dan mungkin kita minta lebih diatasi kelas dikit..mungkin SU 35 akan disamarkan kan kedatangannya dengan hasil Upgrade SU 27 ini…opini sotoy, salam.

  19. Sssttttt……Jgn berisik……Ada yg lg ngintip.

  20. Pasti ada spek tertentu yg dirahasiakan. Klu gosip tetangga SU-35 dan Mig-35 dah dimari! Bgt jg pespur dr Eropa. Mboh mana yg benar atau tdk yg penting TNI AU harus Kuat!

  21. ini bagian dari strategi militer kita untuk penyamaran kedatangan Alutsista dari Rusia … Bravo TNI AU … !

  22. sumber ny donk sebutin….yg kredibel….

    • @kalisari boi

      Ini nih yang kere-dibel :

      “Warjag tidak usah berharap lagi untuk memiliki sukhoi-35….karena kita sudah. dibelikan yang mirip aka setara”

  23. hahahahahahahaha. kaget sekali fantasi ini

  24. Irbis nya SU 35 khan sampai 400 km, sedangkan yg ini 350 km. Atau mungkin karena Irbis versi Ekspor ya . . ?

  25. kita tunggu saja kebenarannya,kalo cuma katanya2,akan,akan dan akan sih udah dari dlu kali.

  26. Mesin SU 35 itu AL-41 FS, bukan AL 31F

  27. Jangan beralusinasi bung… itu sumbernya kagak jelas mengakibatkan serangan jantung hoaxers.

    Kalau memang iya cantumkan link nya bos biar kredibel.

    Bisa ajakan dua pesawat tempur SUPER TUCANO Angkatan Udara Indonesia dikirimkan ke pabrik brazil untuk menjalani peremajaan dan upgrade.

    Upgrade pada TUCANO menjadikan varian TUCANO meningkat kelas menjadi standar SUPER PAKFA…… wkwkwkwkwkwkwk

  28. Ada TVC nya gk

  29. Hehehe yang namanya di uapgred berarti di perbarui…. Sama kyk punya su27 rusia… Kemampuan mendekati su 35…dan indonesia tetep jadi beli thu pesawat 32 biji…….
    Tambah gaharrr sukoi tni au…

  30. Upgrade taun 2002? Aneh…bukannya bu mega belinya taun 2003?

  31. mungkin bukan di upgrade tapi di tukar tambah dengan su-35 :v hahahaha

  32. Ah, berita dimana mana bilangnya su-27sk dan su-30mk batch pertama yg diupgrade… logisnya ya biar setara semua kemampuannya. Soalnyakan yg batch 1 yg dibeli itu dah ketinggalan teknologinya. Dan udh ngejogrok lama. Makanya wkt sby ngamuk minta semua pengadaan sukhoi di usut ketakutan gengnya si mami.

  33. Test…

  34. Infonya mana?

  35. SU35 Bm,, pantas dan tepat dibeli Indonesia..
    untuk workhorse jika pilihan jatuh pada Mig 35 bagi saya gak masalah,,
    hanya saja life cycle F16 yg sudah mencapai Viper, memberikan produk grade A..
    peralatan, alat, perlengkapan, teknisi dan skill pilot untuk F16 varian akan sia2 dari yg sudah kita miliki.
    memang nantinya IF (sekarang masih IFX) akan menggantikan peran F16 dan hawk Indonesia sebagai tulang punggung pertahanan AU… tapi IF butuh waktu untuk mencapai tahap produksi massal atau bahkan untuk siap operasi tempur ( penyesuaian kebutuhan dan pembelian rudal, jam terbang pilot siap temur tuk jenis IF, jam latih kru).
    waktu itu sayangnya membuat gap sangat lama yg bahkan pesawat baru yg kita beli hari inipun akan relatif uzur saat itu.

    soo,,, beli SU35 BM dan F16 viper,,, ha ha ha

  36. Sayang suku cadang gak mampu beli kah kah kah

  37. Malaysia’s hopes of obtaining stealth aircraft from the U.S. are next to zero. The Korean stealth program is heavily dependent on American technology and security clearances

    kasiaaan malon kasiaaaaan kena embargo oleh asu , itulah kan suka sok jaguh ,,diupgrade pala lu peyang wakakakakakakkaaka

  38. Bahasa Indonesia : UPGRADE = NAIKKASTA

    kalau bahasa malon : UPGRADE = NAIKTARAF

    … kikikikikih …

  39. Ealaaah gitu aja kok mbulet……akhirnya beli sukro-35 dibatalkan…wkwkwkwk…..diganti dengan upgrade sukro-27skm supaya mirip sukro-35….?

  40. Inilah jawaban TNI untuk rakyatny,saya yakin kedepan bkn tdk mkin kita bangsa indonesia akan kembali jd Macan Asia..planing uda nampak seperti:buat kasel,buat pespur,buat tank,bom dsb.insya allah bangsa ini menuju masa keemasan…amin

  41. Perampingan skuadron sukoi kah ? Jadi skuadron mini dengan 12 pespur ?
    Su-30 di buat 12 dan su-27 di upgrate setara su-35,di tambah su-35 yg AKAN di beli. Jadi 12 su-30 dan su-27 upgrate setara su-35 plus su-35 baru di buat 12 unit ..
    Jadi total 2Skuadron sukoi family dengan jumlah 12 unit per skuadron …S

  42. Nah gitulah seharusnya selera ..selagi masih muda terus diupgrade,..jgn yg sdh sepuh minta juga.

  43. Jadi begini, sebelum SU-35 BM datang, kita latihan dulu pake upgrade ini. Membiasakan senjata dan performanya. Nah ketika SU 35 udah datang.. maka pesawat ini akan jadi teman bagi su 35.
    Walau body su 27 but jeroan su 35 :v

  44. Forumer indon mudah diperbodohi..

  45. Upgrade…..
    Jd inget masa kuliah milih beli komputer yg rakitan biar bisa diapgred

  46. Merdeka!!
    Paling itu memang su35 tapi dikasih alasan pesawat su27 sdh upgrade wkwk

  47. Ok….penyamaran pengiriman su35…upgrade su 27 mantap..

  48. No way.. Berlebihan itu.. Yakin radar Irbis E? Saya gak yakin.. Hidung SKM dan 35 itu beda.. Besaran 35..radar SU 35 juga besar jadi gak masuk ke Radome SU 27skm..

    Pake logika saja, jika bisa dipasang radar IRBIS E, pasti semua SU 27sm3 yg setingkat dibawah SU 35 juga bisa pake radar itu.. Tp faktanya engga..cuma pake radar NIIP apa gitu..

    Kalo pun bisa dipasang, jangan langsung main klasifikasikan generasi 4++ sob.. SU 27sm3 yg benar benar setingkat dibawah SU 35 aja cuma generasi 4+..sorry, optimis boleh, tp tetap dalam batas nalar jgn terlalu tinggi harapannya..

    F16 hibah aja katanya bayar 700jt US untuk hibah upgrade, hitungannya gak hanya untuk yg 24buah hasil hibah itu, tp juga untuk yg 10 buah seri A/B OCU kita.. Tp mana buktinya? Skrg malah mau MLU tp minta dana lagi.. Berarti kemarin bohong dong? Atau apa dong?

  49. Kalo ternyata…ini adalah kloter terakhir yg diupgrade setara SU 35,karena yang laen sudah setara SU 35…bisa geger lagi…xiixixixii…semoga soalnya istilah “mutant”untuk sukhoi sudah ada sejak tahun 2011-2012…

  50. Klo Sukhoi Indonesia dan Vietnam itu yg paling setandar, sementara punya Malaysia dan India itu Full Upgrade Avionik Barat dan sudah tdk bisa d upgride lagi setandar Sukhoi tercanggih Rusia,klo punya Kita dan Vietnam bisa mengikuti pembaruan teknologi yang ada pd pespur Rusia dgn sistem yg tercanggih milik Rusia d msa yg akan datang dan biaya perawatan , perbaikan dll tdk akan semahal punya India dan Malaysia..Ibarat HP ,Sukhoi Indonesia itu Full Android sementara punya Malaysia itu Windows dan Android ,klo punya kita bisa d update OSnya punya Malaysia harus korbankan salah satu OSnya untuk bisa d Update ????

  51. Opo iyo jadi mirip su 35 kalau ceritanya cuma tuker su 35 siapa yang tau

  52. mungkin panglima TNI ikut taktik zaman dulu waktu beli pesawat
    tempur dari Israel kan disamarkan juga, semua ini kan setrategi pertahanan negara. demi tidak bocornya info pada publik yang selalu ingin tahu rahasia negara.

  53. Saya setuju bung Oktaviano,
    su35 udah di depan mata,su27 udah setara dengan su 35
    Sekarang tinggal S-300/S-400
    Kalau bisa jangan dari AS kalau beli alutsista,meskipun f16 TNI udah di upgrad percuma ,masih di bawah f16 tetangga walaupun milik tetangga gak di upgrad.

  54. SU 27 SKM2 TNI AU setara dengan SU 35,,cek dulu ahh..jangan cuma lihat dari RADAR IRBIS nya…apa iya ,mesinya sama dg SU 35, megningat mengganti mesin itu hrg nya mahal, lagian dg mesin lama pun sebetulnya tdk ada keluhan,,namun utk mengejar setara SU35 atau SU 30 MKI/MKM yg penting adalah adalah avionik & ECM nya…punya RADAR kuat tp gak bisa ngacak gelombang radar lawan percuma, krn kita bs diacak oleh musuh..pastikan dulu apakah SU 27SKM2 kita skrg puna ECM KNIRTI yg dipasang diujung2 sayap??..

  55. spare partnya beda sama sukhoi kita, kan pesanan malay aneh2 sendiri bung

  56. Hal yang wajar…upgrade itu mendekati yang dituju..misal mendekati kemampuan su35…
    Makanya upgrade nya ke rusia sono..Kalo ga mah..cukup di lokal an…hehe

  57. pesawat su 27 diupgrade seperti su 35…pertanyaannya apa betul seperti su 35.. dicoba dulu….negeri kita telalu banyak politisi dari pada ilmuan

  58. Dikirim 3 balik 5 yang 2 su 35 tapi tail numbernya sama dengan su 27 sisanya dikirim pake antonov, dirakit di pt DI (mungkin akan seperti itu ceritanya)

  59. gimana kalau radar f16 dimutan jadi su35,

  60. SU 35 Berbaju SU 27 SKM

    Bagus dah…..

  61. hebat pespur TNI bisa naik kelas. mudah-mudahan kapalnya pun naik kelas dan buatan dalam negeri tdak perlu dikirim ke Negara pembuat

 Leave a Reply