Feb 162016
 
Pesawat Hawk TNI AU (Photo : Fallenpx)

Pesawat Hawk TNI AU (Photo : Fallenpx)

Singapura – Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Udara, atau TNI-AU meningkatkan kemampuan alutsista pesawat tempur serang ringan Hawk 200/209 BAE Systems dengan alat baru, Radar Warning Receiver (RWR) self-protection system.

Tidak disebutkan jumlah pesawat TNI-AU Hawk 200/209 yang harus dilengkapi dengan Finmeccanica SEER RWR. Namun program update ini telah disepakati dalam Singapore Airshow di Singapura, 16 Februari 2016.

Perwakilan perusahaan Finmeccanica yang berbasis di Singapura, yakni Aptronics PTE Ltd akan menyediakan kit SIER RWR ke TNI-AU untuk instalasi pesawat pada batch pertama, dengan opsi menyediakan sistem lebih lanjut di masa mendatang. Setelah terintegrasi, SIER RWR akan menggantikan RWR Hawk 200/2009 TNI AU yang sebelumnya menggunakan Sky Guardian 200.

SIER RWR dikembangkan oleh FFinmeccanica’s Airborne and Space Systems Division, didasarkan pada RWR SG200-D yang digunakan juga oleh Boeing Chinook HC4 / 5/6 dan Helikopter Westland Puma HC2 dari Air Force UK Royal (RAF) Inggris.

TNI AU memilih SIER RWR setelah sebelumnya sukses dipasang di Aero L-159 Advanced Light Combat Aircraft (ALCA), Czech Air Force. Percobaan selama tiga jam ini membuat pesawat Aero L-159 Ceko mampu mengidentifikasi ancaman udara, darat, dan ancaman berbasis laut dalam rentang signifikan dengan tingkat akurasi yang tinggi dan beroperasi dengan keandalan 100% selama latihan dilakukan.

TNI-AU menerima pesanan pertama, 32 pesawat Hawk 200/209 pesawat pada tahun 1996, dimana sekitar setengahnya diduga masih beroperasi. Alutsista TNI AU ini digunakan untuk serangan darat dan peran pertahanan udara oleh Skadron 1 di Supadio dan Skadron 12 di Pekanbaru.

Janes.com

Bagikan:

  62 Responses to “Indonesia Upgrade Pesawat Hawk 200/209”

  1.  

    pesawat jadul

  2.  

    Langkah Yang Tepat Untuk Menyesuaikan Kemajuan Teknologi

    •  

      Betul Bung, ini pesawat bagus tapi sayang tak di lengkapi dengan senjata yang komplit. Padahal bisa bawa bermacam rudal dan bom jidam. Sayang kemampuannya tak di maksimalkan.

    •  

      Secanggih2nya upgrade pesawat hakw ini masih belom bisa terbang tinggi dan tidak bisa cepat lajunya . . shg mudah dirontokin oleh rudal
      Pada saat perang Yon Kipur antara israel dan arab, banyak pesawat ini yang rontok oleh syria dengan rudal SAM murahan bikinan rusia. . bahkan jmlh nya hingga ratusan pesawat. .
      Kalo hanya buat pelengkap alutsista TNI ato untuk melawan separatis OPM tidak apalah. .

  3.  

    Opsi lanjutannya di laksanakan oleh LEN, sebagai bagian dari Riset kita….

    Ngarep banget..

  4.  

    “setengahnya DIDUGA MASIH BEROPERASI”

  5.  

    Tes?

  6.  

    DEK SUMONO MOHON JANGAN NGAWUR KALAU BERKOMENTAR. RAKYAT MISKIN DAN SELURUH RAKYAT INDONESIA MASIH BUTUH PESAWAT HAWK.

  7.  

    MOHON, JANGAN MENGHINA HINA YA !!!!!!!!

    SITU KALAU STRES MOHON JANGAN MASUK FORUM INI. DEK LONDOK MENDING DENGERIN MUSIK KASIDAH, AGAR DIK LONDOK PIKIRANNYA TIDAK STRES, TIDAK MBUNDELI.

  8.  

    HAWK LEBIH HEBAT DARI TYPON DEK, JANGAN RAGUKAN HAWK.

  9.  

    Terimakasih persetujuannya pak Jokowi. Kami, rakyat, janji akan kerja keras dan medoakan smoga bapak senantiasa diridhoi Tuhan Yang Maha Esa. Amin.

  10.  

    Hwahaha……
    masih moncerkah ini barang?
    Smoga saja

  11.  

    Bung, bangsa Indonesia itu adalah bangsa yang berfikiran RASIONAL, komen bung sangat mengada-ada dan bisa memancing pembaca dri negara sebelah menertawakan bangsa kita.

  12.  

    Pesawat tempur dgn umur plg muda ke tiga setelah super tucano dan sukhoi. Sayang, kurang optimal krn tipe yg di downgrade.

  13.  

    Sepuh…ne, di mohon untuk segera di ganti takut jatoh lagi

  14.  

    GILLAAA ..!!! ,MBAH BOWO ternyata nongkrong di mari.

    Mmbah pulang dulu mbah,kasian anak mbah nyariin dari tadi mbah,….mbah pulang dulu ya mbah.

  15.  

    Jiaah Pesawat Jadul… Tapi masih ada taring nya lahh dikit-dikit mah.daripada ngga ada sama selaki 😀

  16.  

    Semoga lekas diganti dengan Gripen ato ngga Typhoon lahh minimal.

  17.  

    mbah bowo sudah minum obat wereng?

  18.  

    INI MBAH BOWO LEBAYYYYY SUPER LEBAYYYY, DARI BAHASANYA ITU LHO GAK NAHANNN KWKWKWK

  19.  

    wkwkwkwkwkwk……
    bisa kocak juga mbah……??!!
    wkwkwkwkwkwk…..

  20.  

    Mbah bowo kurang menyan..marah2 trs..munkin umur.y sama..sama mbah…xi..xi….pis..

  21.  

    TARMOKE bukan termos-Es@

    Siaap ndan , jika saya jadi presiden akan beli saab Grifen sebanyak 800 biji ( tapi pesawat remote control )..800 biji duit dari Alam Ghaib ?
    Mending 2skuadron shukoi ( 1 sudah ready di makasar 1 sedang dalam proses pemesanan ) , dan mempercepat projek KFX – IFX , untuk kemudian di produksi secara masal di dalam negeri sesuai dengan kebutuhan dan anggaran pemerintah…

    Salam

  22.  

    Lha belom minum obag mbah. . kemalen mau kontlol ke klinik penyakit jiwa doktelnya lagi kumat ayannya. . tlus paciennya yang mau kontlol pada kabul cemua mbah. .
    Ngeli dech ngliatnya. .

  23.  

    Moso sih ? Bukannya kita suka diketawain lawan ? Baru sekaramg kita merapatkan dan meluruskan diri dari kesalahan. fundamental terdahulu…..

  24.  

    @MBAH BOWO ujud aslinya kyak apa ya?? Jadi penasaran.. Datang gk di undang pulang gk diantar.. Hihihhi.. Ngapunten mbah guyonan

  25.  

    Yg sabar … denger info 2023 PT.DI akan membuka cabang produksi ifx di setiap pulau besar indonesia… untuk mengejar trget terpenuhinya skdrn yg tk berpnghuni alias kosong… wasalam

  26.  

    Mending pilih mana. main Pesawat2an yg banyak. SU, F16, Ifx dkk.
    Pa main mercon (s400, s500, barak 8, Aster, Thaad dkk) yg banyak…??????

  27.  

    Sok lah kita mulai berhitung biaya upgrade Hawk …
    Bung PhD mana neh ?
    Musti open² skrg biar jelas sekalian

  28.  

    2 skuadron… Klo dgantikan pasti dgn 1 skuad F16 viper, dan 8 biji thypoon dan 8 biji grifen…

  29.  

    Mbah Bowo is back! Welcome Mbah… petuahmu dinanti… 😀

  30.  

    LEBIH BAIK DEK SOTOT SANTUN DALAM BERBICARA
    JANGAN MENGHINA PESAWAT HAWK,DEK
    ATAU DEK SOTOT PINDAH KEWARGANEGARAAN SAJA

  31.  

    Yg lbh kesian negeri malingsial, sewa tak mampu nak beli lebih tak mampu lagi. Rakyatnya? Bengak tapi banyak cakap, takde quality

  32.  

    Sebenarnya yang seperti ini saya kurang setuju dipublikasikan,,

  33.  

    Hawk ini memang pesawat handal dan sudah teruji, jadi klo mau ganti sama versi terbaru hawk jg gk mslh selain T-50 TX varian tercanggihmya.

 Leave a Reply