May 182017
 

ilustrasi : Satelit

Jakarta – PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) dan PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) melalui perusahaan patungan PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera (PSNS) menandatangani kontrak pembelian satelit dengan produsen satelit asal China, China Great Wall Industry Corporation (CGWIC) di Jakarta, Rabu, 17/5/2017.

Penandatanganan kontrak pembelian senilai sekitar 220 juta dolar AS itu disaksikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di sela “Asia Pacific Satellite Communications System International Conference (APSAT) 2017”.

President Director & CEO Indosat Ooredoo Alexander Rusli mengatakan satelit baru yang diberi nama Palapa Nusantara 1 atau Palapa-N1 itu akan diposisikan sebagai generasi penerus dari satelit Palapa-D pada slot orbit 113 derajat Bujur Timur.

“Ini satelit keempat yang pernah diluncurkan slot tersebut. Sudah ‘financial close’, jadi 2020 sudah ada satu pengganti sehingga layanan yang diberikan kepada pelanggan berjalan lancar,” tuturnya.

Alex menuturkan satelt Palapa-N1 akan mengoptimalkan sumber daya spektrum yang ada untuk menyediakan layanan penyiaran (broadcast) dan pita lebar (broadband) di seluruh wilayah Indonesia dengan menggunakan teknologi baru yakni “High Throughput Satellite” (HTS).

Ia menambahkan pembelian satelit baru itu juga menegaskan sebagai penyedia layanan satelit sekaligus komitmen perusahaan untuk mempercepat proses penetrasi “broadband” di Indonesia.

“Target kami adalah untuk memastikam semua pelanggan eksisting mendapatkan layanan yang lancar. Kami harap dengan teknologi HTS, kami bisa menjadi bagian dari solusi ‘broadband’ di Indonesia,” ujarnya.

Alex menuturkan, dengan nilai pembelian mencapai ssekitar 220 juta dolar AS, biaya tersebit mencakup pembangunan, asuransi dan peluncuran satelit yang ditargetkan sebelum Juli 2020.

Ada pun pemilihan produsen satelit asal China dilakukan berdasarkan proses lelang dengan tiga kriteria, yakni teknis, waktu dan harga.

PSNS nantinya akan melakukan pengadaan dan pengoperasian satelit Palapa-N1 sebagai pengganti Palapa-D.

CEO Pasifik Satelit Nusantara Adi Rahman Adiwoso dalam kesempatan yang sama, berharap kerja sama tersebut mampu memecahkan masalah kesenjangan digital yang ada di masyarakat.

“Sekaligus mempercepat penetrasi akses internet ke seluruh wilayah Indonesia,” ucapnya.

Menkominfo Rudiantara menyambut positif penandatanganan kontrak pembelian satelit Palapa-N1 karena menjadi salah satu cara untuk membangun infrastruktur telekomunikasi di Indonesia.

“Dengan ditandatangani ini, ada ‘security’. Bisnis satelit itu bukan bisnis yang kita ngomong sekarang, besok keluar. Kalau ingin satelit ada di atas Indonesia butuh waktu 7-8 tahun. Tapi bangun satu satelit sendiri butuh 30-36 bulan (3 tahun). Maka sekarang guyur dulu Indonesia dengan infrastruktur, nanti permintaan akan tumbuh sendiri,” imbuhnya.

Antara

  39 Responses to “Indosat – PSN Beli Satelit dari China”

  1. 1

  2. disisipi keylogger ngga ya….?

  3. Nah kalo beginian dari Chino masih berani bilang KW

  4. Indosat coba2 dengan barang yg belum terbukti…. silahkan buktikan…

  5. Gileee. duit 220juta dolar dipertaruhkan.. silahkan coba

  6. Indosat sekarang milik nya siapa ya? Masih milik Singapura kah?

  7. Dari china lgi…sales ny jago bgt..bosen denger barang2 kw..

    • Ada harga ada kualitas, di China ada barang KW kualitas Jelek, ada KW kualitas Super dan ada Ori Kualitas bagus, ya tergantung ama kantong kalian lah. Contohnya hampir semua barang elektronik pabriknya ada di China, Arab Saudi aja Infestasinya di China, Ekonomi terbesar juga dari China. Apple aja pabriknya di China mau apa lo pada.

      • Perbandingan yg konyol dan tanpa bukti.

      • Betul sekali kakek,, emang kenyataanya begitu.
        Unyu-unyu > yang konyol tu loe, ga pernah tau berita,,, hany berdasarkan “kata orang” dan opini aja

        • Kok kata orang?
          Coba buktikan layanan Indosat mana yg bisa menyamakan tlkmsl? Setau saya saat beli kartu internet Indosat tawarkan satu produk, gk ada yg murah & mahal. Gak ada pilihan.
          Ini soal Layanan Provider, kalau dibilang sesuai kantong ya buktikan layanan sinyal minimal sama sprti tlkmsl.
          Ngpain lari ke Apple, China Arab.

      • kemudahan investasi tanpa birokrasi yg njelimet
        situasi politik yg berujung pada kondisi sosial yg kondusif
        kedekatan dgn sumber daya alam baik jadi maupun setengah jadi
        tenaga kerja murah meriah didukung takde demo naik gaji

        itu kenapa perusahaan 2 global berinvestasi dan menyanjung2 sistem pemerintahan RRC lebih baik daripada demokrasi liberalnya As

  8. Rudal Delayed, Meriam mleduk ada korban lagi…gak kapok beli barang low quality apah…

  9. @kakek… emangnya 220 jt bkn hrga? tp knpa kualitas ga ada

  10. Udahlah,,,terima aja, emang china udah maju tegnologinya mau di apain, barangan made in china udah mendunia mas bhro, ngak usah kwatir, di jamin kwalitas 100% klo Indonesia yg beli…..

  11. Sebenarnya sales norinco siapa atau jangan2 bung jimmy pagi jadi sales raisoborongrepot malemnya jadi norinco… Kabuuur….

  12. Apakah datanya nanti bisa di pantau cina ?

  13. tetep aja sinyalnya jelek, apa lgi di kampung saya yg trpencil ini harus naik turun gunung demi mendapatkan sinyal satu titik saja, pantesan sudah puluhan tahun saya di jkrtgrtr ga pernah ngerasain yg nama nya pertamax,komen saya pasti jdi juru kunci mulu,pngen dapat pertamax mungkin cuma impian

  14. Cina sm India mending mana ya barangnya??
    Jangan coba-coba dah..

  15. Biasanya kwalitas nya memuaskan beberapa waktu aja.

  16. Saya sarankan warjager tidak memakai layanan Indosat (Singapura).

  17. lagi lagi barang cina…

    gak kapok apa…???

    udah makan korban lagi….

  18. china dan india dalam bidang satelit sudah diakui oleh dunia,kemampuan mereka cukup menceganggkan,di Asia hanya China dan India yang punya proyek Misi Mars dan proyek luar angkasa lainya,bahkan China mau bangun stasiun luar angkasa nya sendiri,sebab di ISS tidak dibolehin masuk sama AS takut data Rahasianya ke curi.China itu keras kedalam ,halus keluar buktinya sekarang mereka jadi kekuatan ekonomi no 2 di dunia dan modernisasi militernya salah satu tercepat didunia bersama india#china gitu loe.

  19. Buat Para Alien Di Sana Di Harap Berhati-hati Dan Jaga Jarak Dari Itu Satelit.Yg Di Takutkan Nanti Bapak,Anak Atau Ibu Alien Yg Lewat Di Dekat Itu Satelit Tewas Gara2 Terkena Ledakan Dari Itu Satelit Yg AKAN Meledak Dgn Sendirinya…

  20. Produk China bs dibilang canggih tai kualitas materialnya blm bs menyamai Kore dan Jepang ditingkat Asia aja blm kualitas Eropa! Walau perusahaan Eropa investasi ke China tetap ada perbedaan kualitas antar Eropa dan China dgn merek yg sama! Ingat kasus ZTE yg dieropa dan AS dicuriagai didalamnya ada program untuk menghack data2 perusahaan dan negara pemakai peralatan software dan hardware komunikasi tsb!

  21. iTULAH YANG DIDINGINKAN CINA, KUASAI LCS MASKA INI ITU SUPAYA ADA KERJASAMA ASEAN CINA DAN PADA AKHIRNYA ASEAN MENGALAMI KETERGANTUNGAN DENGAN CINA DAN DAGANGANYA LAKU TITIK

  22. Apapun yg berbau cina, harus dicurigai itu adalah upaya penggembosan NKRI, karena cina mau merebut wilayah laut kita (sudah terbukti), baunya saja nampak, apalagi tindakannya!
    Sudah nampak jelas, kita punya potensi perang dengan cina, lihat otot2 cina sudah menegang di LCS.
    Kita jangan dungu ! Realitanya sudah ada.
    Kita Jangan sekali-kali menggadaikan NKRI dengan alasan ekonomi demi nafsu pribadi !
    Jangka pendek oke,
    Jangka panjang NKRI hancur.

 Leave a Reply