Mar 222015
 
Kapal Selam TNI AL KRI Cakra 401 (photo:Koarmatim)

Kapal Selam TNI AL KRI Cakra 401 (photo:Koarmatim)

Direktur Utama PT PAL Indonesia M Firmansyah Arifin, mengatakan, pembangunan infrastruktur kapal selam di Indonesia direncanakan pada 2016, untuk menindaklanjuti penunjukkan BUMN itu dalam memproduksi kapal selam dari Kementerian Pertahanan.

TNI AL memproyeksikan memiliki enam kapal selam baru, melengkapi dua kapal selam saat ini, KRI Cakra-401 dan KRI Nanggala-402, yang merupakan Tipe-209 dari Jerman.

Korea Selatan menjadi salah satu alternatif penting sumber pengadaan keenam kapal selam baru itu selain kelas Kilo dari Rusia. “Kita bangun dulu infrastrukturnya, sebab kita belum punya dan hanya punya landasannya kapal selam. Sehingga dengan ada infrastruktur, ke depan bisa lebih banyak produksi kapal selam,” ucap Arifin, di Malang, Sabtu.

Ia mengatakan, keperluan Indonesia terhadap kapal selam sangat tinggi karena wilayahnya mayoritas adalah laut, sehingga kekuatan alutsista berupa kapal selam sangat dibutuhkan. “Kalau kita melihat akan kebutuhan kapal selam sebenarnya Indonesia membutuhkan sebanyak 12 kapal selam. Sementara saat ini kita hanya mempunyai sedikit, itu pun produksi lama,” katanya.

Terkait dengan rencana pembuatan kapal selam, Arifin menjelaskan saat ini sedang dalam proses produksi tiga unit, di antaranya satu unit akan dibangun di Indonesia, dua lainnya sedang dalam proses pembuatan di Korea Selatan.

“Sebanyak dua unit kapal selam dalam proses dibuat di Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME), Korea Selatan. Lalu, satu unit dibangun di PT PAL Indonesia,” katanya. Untuk itu, sebelum memulai produksi satu unit kapal selam pihaknya akan membangun sejumlah infrastrukturnya terlebih dahulu, sehingga ke depan bisa dilanjutkan dengan produksi secara mandiri.

Sebelumnya, untuk merealisasi kapal selam PT PAL Indonesia mendapatkan kucuran penyertaan modal negara sebesar Rp 1,5 triliun untuk membangun tiga unit kapal selam dengan nilai Rp 500 miliar per unit. Pembangunan itu, telah mendapat dukungan dari Komisi VI dan Komisi I DPR, dan alokasi biayanya juga menyangkut pengiriman tenaga ahli ke Korea Selatan untuk belajar pembuatan kapal selam.

Arifin berharap, ketika PT PAL Indonesia sudah memulai produksi kapal selam, akan memperkuat persenjataan Indonesia, khususnya di wilayah laut. (Antara).

  52 Responses to “Infrastruktur Kapal Selam Indonesia Disiapkan”

  1.  

    test pertamax

    •  

      bung cetik meranen.
      anda itu,kelitan masih pemerhati jkgr masih baru nongol.
      kalo yang udah lama pasti senyum senyum baca komentar anda.

    •  

      Saya setuju, dg kapal selam TOT namanya belajar harus bertahap sambil mengembangkan utk menutupi kekurangan, mulai sekarang cintailah poduk poduk indonesia…..

      •  

        @bung dwid15 : jgn salah bung, Changbogo yang satu ini jeroannya
        mengerikan..desain TNI AL, sdh pakai AIP dan rudal anti kapal permukaan tp type nya belum bs disebutkan/diketahui..gak kalah garang sama punya tetangga sebelah..teknologinya jg gak kalah hebatnya..kita tunggu saja hasilnya dan selalu optimis sama TNI AL bawah kapal selam Changbogo kita gak kalah garangnya..isunya selanjutnya nanti PT. PAL akan desain vertical (VLS) untuk Rudal Yakont..Salam kenal bung..Hidup NKRI..

    •  

      Salam kenal bung Cetik,tidak ada satupun negara yang dengan jelas mempublikasikan jumlah kekuatan militer nya apalagi tentang kapal selam,termasuk Indonesia,apa anda tahu jumlah sebenarnya kapal selam kita.Anda tidur yang nyenyak saja tidak usah bingung,untuk keamanan kita percayakan saja kepada TNI mereka lebih paham

    •  

      Kalo ga ada org2 kaya bung cetik ini wrg ga ramai bung..hrs ada unsur antagonis..mgkn bsa saran ke.bung cetik utk memainkan peran antagonisnya dg coment ttg alutsista dr perspektif lain(bkn kekanakan) dg.link yg akurat.shg trjdi diskusi dan.debat yg kondusif..trmksh bung salm kenal

    •  

      Baca di judul “Habibie Poros JAB dan TNI”…anda akan tau jumlah kapal selam TNI yg parkir di Brunei…ya pendatang baru…

    •  

      @Cetik Meranen lu kira bwt kasel itu gampang teknologinya rumit desainnya g’ sembarang klo g’ bs ngapung ya tenggelem selamanya,gini z dehhh dimulai dri yg paling mudah gua nantangi lu perbaiki radio yg habis diobok-obok tikus bs g’ ??.. 😀

  2.  

    Berharap Pak Menhan ambil Amur 950/1650, beli/lisensi Brahmos, pasang d Amur :mrgreen: makJoz

    CBG kita nanti boleh masang Harpoon apa g y bung? Apa Modul AIP nya kita jg garap ya?

    •  

      kali ini saya akan kritik pak menhan..terus terang kurang greget di banding pak pur. smoga pak menhan mendengar..he..

    •  

      @bung Hehe : Changbogo pastinya akan dipasangi rudal anti kapal permukaan tp kurang jelas typenya mau pakai timur atau barat..,untuk modul AIP nya sekalian bung kita garap sdh 1 paket..
      intinya Changbogo kita beda sama Changbogo korsel..percaya saja sama desain TNI AL..kalo Kilo Class kita sdh pesan dan 2 sdh datang tp tdk dipublikasikan, Salam NKRI..

  3.  

    pertamax

  4.  

    gagal pertamax

  5.  

    di laman sebelah ada foto ks Kilo di teluk palu,mohon penjelasanya admin…..

  6.  

    Mantap

  7.  

    Strategis dan mematikan. Changbogo cepatlah gede..segeralah berenang..disini sdh disiapkan rumah bagimu changbogo..

  8.  

    mantab. teruskan utk kejayaan NKRI

  9.  

    Semoga lancar amiiinn

  10.  

    Hantam, beli kapal selam nya… Buat hantam kapal induk singaporno

  11.  

    Bungggkkuussssss kasel jgn lupa adaan sm lenjer nya..kuah yg banyakkk

  12.  

    Rindu dengan komentar dan diskusi berbobot berisi pengetahuan dan wawasan yang dulu selalu ada di warjag ini.
    Sangat disayangkan sekarang sering terbaca tulisan yang menuding, menyalahkan, menghasut, menjelek-jelekkan, menghina tanpa adanya solusi sebagai pembandingnya.
    Saya pikir, kita boleh saja tidak sependapat dengan orang lain tapi jika kita berani menyalahkan maka harus berani mengajukan pendapat kita dengan alasan-alasannya. Namun harus dikedepankan etika berbahasa dalam budaya kita adalah bahasa yang santun, sopan dan bermartabat.
    Mari kita mulai nasionalisme kita dengan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dari budaya kita yang kaya dengan kebijaksanaan, kesopanan, kejujuran, ksatria dan kelembutan.
    Andai kita tidak bisa menahan diri dari berkata dengan kasar sudah tentu kita juga tidak akan bisa menahan diri dari sifat negatif lainnya.
    Semoga kita yang ada dimari adalah putra-putra terbaik Indonesia yang bisa merubah tumpah darah kita menjadi lebih baik dimasa yang akan datang. Aamiiin..

  13.  

    nyimak sambil minum es teh

  14.  

    betul bung vladimir !!! saya sendiri pernah kebetulan lihat di armatim yg parkir ada 4 yg baru datang di kejauhan terlihat 1 itupun jenisnya macam2 ada yg besar ada yg tanggung ada juga yg agak kecil . saya melihatnya waktu mengantar anak2 sekolah study tour ke KRI !!! percaya ato tidak terserah !! yg jelas saya merasa bangga !!!

  15.  

    Mantap lanjutkan PT.PAL agar kapal selam ke-3 bisa dibangun dan sesuai jadwal
    Btw kok murah banget ya produksi 1 kapal selam cuman Rp 500 miliar itu bener kah?

  16.  

    @Diego.. maaf ni mas, mo nanya itu yg di bolt d jelaskan klo kita akan mengadakan 6 kasel. Smentara yg aktif cm 2. Yg di order 3 cbg dari korsel, lhaa.. yg 1 lg buatan mana om??? Lontong kiloan ato yg semur nihh?? Salam kenal mas. Sy ijin gabung

  17.  

    Perasaan foto kapal selam indonesia tiangnnya berbeda” semua.. ??? tadi lihat google 401 tiangnnya banyak disini cuman 1… Berarti ??? Hehehehehe 😀

    •  

      Ada yg pernah bilang, itu “tiang-tiang” yang ada di kasel memang naik turun, tergantung situasi. Jd gk heran kalo suatu ketika muncul full, tetapi di lain waktu cuma 1-2 tiang yg muncul. entah apa nama dan fungsinya, ane blum tau

  18.  

    Korea Selatan menjadi salah satu alternatif penting sumber pengadaan keenam kapal selam baru itu selain kelas Kilo dari Rusia.

  19.  

    mantap…udah nambah infrastruktur, “nambah infrastruktur” ini kalimat multi tasking….hehehe…nambah dari yang udah ada, nambah satu, nambah dua …nambah banyak…..hehehhe…

    selama datang para hiu…..rumahmu sudah siap dan sedang disiapkan….silahkan istirohat…dengan tenang, sambil nunggu dinas.

  20.  

    ” PT PAL Indonesia mendapatkan kucuran penyertaan modal negara sebesar Rp 1,5 triliun untuk membangun tiga unit kapal selam dengan nilai Rp 500 miliar per unit ” . ……..2 di buat di Korea dan 3 di PT PAL

  21.  

    Ganti aja menhanya dah loyo udzur n ga teges malu punya menhan bebal kayak gitu mending pak poer meski dari sipil tapi ruarrbiasa topp..

  22.  

    yg comens menghujat menhan coba tunjukin batang hidung lo. Konstribusi kamu apa pada negara, pls aja masih ngutang comens angger mangab. Nyepet – nyepeti moto ae cung-cung.

  23.  

    Nyimak sambil berharap…

  24.  

    Rindu bung PS komen dimari 🙁

  25.  

    Perhatikan kalimat yg dipertebal..”Korea Selatan menjadi salah satu alternatif penting sumber pengadaan keenam kapal selam baru itu selain kelas Kilo dari Rusia”..berarti ada KASEL BARU, 2 changbogo produksi korea, 1produksi PT.PAL..nah yg 3 lagi dan sudah beredar adalah kelas kilo…
    imho

  26.  

    musuh akan berpikir keras/tidak gegabah bila ingin menginvasi NKRI. Contoh publikasi kapal selam yang diberitakan secara resmi untuk konsumsi publik bahkan non publik adalah 5 kapal selam (kasel Cakra,Nanggala dan 3 changbogo class) khusus kasel changbogo class sedang tahap produksi,artinya sampai saat ini NKRI hanya punya 2buah kapal selam.Pertanyaannya apa benar Indonesia saat ini hanya memiliki 2buah kapal selam….??? hanya “mereka” yang sudah menjajalnya yang tau kebenarannya,begitupun dengan jumlah alutsista NKRI yang lainnya ^_^

  27.  

    Maju terusssssssssssssssssss,,NKRI

 Leave a Reply