Nov 122018
 

HMS Queen Elizabeth. (Royal Navy – UK Ministry of Defence)

Jakartagreater.com –  Perusahaan pertahanan Inggris akan menyuplai peralatan yang tidak terbatas kepada militer Cina, termasuk teknologi radar udara, ujar informasi orang dalam dari Departemen Perdagangan Internasional Inggris, dirilis Sputniknews.com, Senin 12-11-2018.

Meskipun pemasok pertahanan belum diidentifikasi secara publik, sebuah ‘open individual export license’ (OIEL) telah dibentuk sejak April 2018, dua bulan setelah Perdana Menteri Inggris, Theresa May, mengunjungi Beijing, ujar laporan South Cina Morning Post (SCMP).

Berdasarkan perjanjian baru, pemasok akan “mengekspor barang dalam jumlah tak terbatas,” termasuk peralatan, komponen, perangkat lunak dan teknologi untuk sistem radar militer. Kesepakatan sebelumnya antara negara telah membatasi jumlah dan nilai penjualan senjata Inggris ke Cina.

Peralatan yang dicakup oleh lisensi termasuk “akuisisi target, kontrol senjata dan countermeasure systems” untuk “pesawat, Helikopter dan pesawat tak berawak,” menurut SCMP. “Ini berpotensi lisensi besar, dan itu mengatakan pengguna akhir adalah Angkatan Udara,” Andrew Smith, juru bicara untuk LSM yang berbasis di London, Campaign Against Arms Trade, mengatakan kepada pers.

Umumnya, lisensi ekspor individual terbuka berlaku antara lima dan 10 tahun. Namun, “nilai-nilai tidak pernah dipublikasikan, sehingga angkanya bisa sangat tinggi,” kata Smith. Meskipun Inggris adalah sekutu AS, kesepakatan itu menyiratkan bahwa London akan menjual senjata ke Cina, meskipun perang perdagangan yang sedang berlangsung antara Beijing dan Washington.

Perang perdagangan saat ini antara AS dan Cina meningkat pada bulan Juni 2018 ketika Presiden AS Donald Trump menerapkan tarif 25 persen pada barang-barang Cina senilai $ 50-miliar, dengan tanggapan Beijing dalam bentuk yang sama.

Trump menuduh Cina melakukan “perdagangan yang tidak adil,” termasuk upaya yang dituduh negara untuk mencuri teknologi AS dan kekayaan intelektual serta “praktik lisensi teknologi diskriminatif.” Pada bulan September 2018, Trump mengeluarkan tarif baru sebesar $ 200 miliar dalam barang-barang Cina, mendorong kenaikan tarif pada $ 60 miliar produk Amerika dari Beijing.

Menurut Li Bin, seorang rekan senior yang bekerja di Program Kebijakan Nuklir dan Program Asia di Carnegie Endowment for International Peace di Tsinghua University di Beijing, Cina menggandakan investasi langsungnya di Inggris tahun lalu menjadi lebih dari $ 20 miliar.

Bulan lalu, Hugh Griffiths, salah satu ilmuwan radar terkemuka Inggris dan ketua Komite Ahli Sains Pertahanan di Kemenhan, diakui oleh Beijing untuk kontribusinya pada teknologi radar Cina. Ia dianugerahi “Penghargaan Luar Biasa untuk Pembangunan Radar Internasional Cina” di hadapan lebih dari 700 ilmuwan Tiongkok pada sebuah konferensi di Nanjing, ibukota provinsi Jiangsu Timur Cina.

Selain itu, David Stupples, seorang profesor sistem elektronik dan radio Inggris di Universitas London, mengatakan kepada SCMP bahwa dia diundang untuk memberi ceramah di institut teknik yang berkaitan dengan dinas intelijen di Tiongkok.

“China telah membuat kemajuan luar biasa dalam desain radar selama 10 tahun terakhir dan harus dipertimbangkan dalam 10 besar dunia,” katanya, menambahkan bahwa Cina telah menunjukkan “keahlian dan kecerdikan” dalam sistem radar berbasis ruang angkasa, sedangkan ” Inggris sedikit di depan “dalam aplikasi maritim dan udara.

Menurut Cao Yunhe, seorang ilmuwan radar militer pemenang penghargaan di Universitas Xidian di Xian, ibu kota Provinsi Shaanxi di Cina tengah, lisensi ekspor akan meningkatkan kekuatan militer Cina dan penelitian radar.

“Jika mereka bersedia menjual, kami bersedia membeli,” katanya. “Kami ingin tahu bagaimana sistem mereka beroperasi. Ini akan membantu kami meningkatkan desain kami sendiri,” tambahnya, dikutip oleh SCMP.

Dia mencatat, bagaimanapun, bahwa teknologi dan peralatan yang dijual oleh Inggris tidak akan menjadi yang paling maju. “Akan selalu ada beberapa pembatasan. Jika tidak pada kuantitas, maka pada kualitas,” katanya mengamati. Wang Tong, dari Universitas Xidian yang mengkhususkan diri dalam sistem radar.

Bagikan:

  38 Responses to “Inggris Akan Jual Teknologi Radar dan Hardware ke Cina”

  1.  

    Kayaknya bukan hanya Gordon yg harus diturunkan tapi juga Queen Elizabeth juga. Orang orang di Partai buruh memang payah semua.

    •  

      xaxaxa
      ketika kaum kiri otaknya semakin ke dengkul sebelah kiri tak peduli keseimbangan kiri-kanan dan menjadi ladang subur bagi pemerintahan asing yg suka kekiri-kirian

      padahal Partai Buruh dulu juga yg ngotot mendukung kemerdekaan Indonesia

      •  

        Sebenarnya bukan partai buruh yang mendukung kemerdekaan RI…tapi lebih pada persatuan buruh plabuhan,yang didominasi orang asia baik cina dan india.
        Mungkin karna mereka merasakan ketidak adilan maka mereka menentang diskriminasi ras.jadi faktor ras menjadi sentimen positif dari pekerja asia pada umumnya.

        •  

          yg kamu maksud buruh pelabuhan di australia

          udah gak perlu sentimen kulit putih vs orang asia
          yg ada malah rasis sendiri

          •  

            Naa kamu tau juga masalah tersebut.
            Jadi mereka yang sebenarnya berperan dalam dukungan dan partai buruh hanya dalam perwakilan dengan suara minoritas.

          •  

            buruh pelabuhan australia adalh orang2 kulit putih juga

            klo minoritas tidak mau mentaati hukum,etika sosial dan budaya sebgai kewajiban dimana tempat dimana mereka tinggal dgn mayoritas
            kenapa mereka harus punya hak?

            when in rome do what romans do atau dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung

            ethnosentrisme di masyarakat majemuk yg egalitarian akn kontra produktif mengakibatkan kemunculan politik populis

      •  

        Saya tidak bertujuan berlari kewilayah tersebut,tapi lebih menjelaskan pada kenyataan yang ada,bahwa persatuan buruh lah yang mendorong dan mendukung indonesia merdeka,ketimbang partai buruh nya.
        Kalou masalah sebab dan akibat nya rasis saya kurang tertarik.

  2.  

    Satu persatu sekutu AS tdk menuruti kebijakan AS yg hy menguntungkan AS semata. Tetap China jg yg menang dgn finansial yg sgt dibutuhkan Eropa jg.

  3.  

    xaxaxa
    ketika kaum kiri otaknya semakin ke dengkul sebelah kiri tak peduli keseimbangan kiri-kanan dan menjadi ladang subur bagi pemerintahan asing yg suka kekiri-kirian

    padahal Partai Buruh dulu juga yg ngotot mendukung kemerdekaan Indonesia

  4.  

    wkwkwkwkwk, semua karena uang mungkin eropa sudah capek jadi sekutu as. Mau militer maju ya uang harus banyak.

  5.  

    Kunci untuk menghancurkan China adalah biarkan mereka berkembang hingga taraf tertentu, nanti mereka akan jatuh sendiri atau dijatuhkan oleh negara² lainnya. China takkan pernah ditakdirkan untuk menguasai dunia.

    •  


      😮
      😀

    •  

      klo terjadi goro2 perubahan dinasti di China kita juga kesulitan bung

      migrasi2 ilegal akan terjadi seperti migrasi2 akibat konflik perubahan dinasti

      ah pengen ngetembok laut

      •  

        Saya pikir orang yang terlalu mendiskriditkan sesuatu adalah propaganda yang kurang pintar,bisa jadi kebanyakan orang tidak melihat hal tersebut,ibarat kata “lempar batu sembunyi tangan”
        Atau bisa jadi peran antagonis sengaja dilakukan untuk mencitrakan hal semu pada lawan yang membuat pencitraan negatif pada kebalikan nya,.jadi mereka pikir pintar tapi itu hanya dalam pikiran mereka sendiri.

        •  

          empiris sejarah dikata lempar batu sembunyi tangan

          setiap konflik akibat perubahan dinasti dari zaman dinasti han sampai qing di china akan diiringi migrasi besar-besaran orang2 china ke wilayah2 sekitarnya.

          wajar sja ada kekhawatiran kembal karena jumlah poulasi merekamencapai milyaran

          •  

            Kalimat saya coba ditafsir kebalikan nya,mungkin lebih menarik.

          •  

            akan lebih menarik lagi klau kamu menyediakan kontra argumen komentar saya daripada malah bermonolog

            komen bahas yg ini malah lari kesana kemari
            apa harus setiap mengkritisi sesuatu harus dicap bahwa dia ikut golongan lain?

          •  

            Tapi anda tidak menangkap apa yang saya maksudkan.
            Jadi nanti beda lagi bahasan nya,karna tidak sesuai apa yang saya kemukakan pertama dalam komentar saya.

        •  

          “Saya pikir orang yang terlalu mendiskriditkan sesuatu adalah propaganda yang kurang pintar,bisa jadi kebanyakan orang tidak melihat hal tersebut,ibarat kata “lempar batu sembunyi tangan”

          ini yg kamu kemukakan sebgai respon apa yg terlebih dahulu saya kemukakan sbgai respon atas komentar bung agato.

          “klo terjadi goro2 perubahan dinasti di China kita juga kesulitan bung
          migrasi2 ilegal akan terjadi seperti migrasi2 akibat konflik perubahan dinasti”

          •  

            Kalimat majemuk saling terkait jadi bisa anda lihat dalam kalimat berikutnya.

          •  

            lalu apa hubungannya dgn komentar sya?

            apa kamu sendiri yg mengait2kan komentar sya dgn politik dlm negeri? ato saya antek AS gitu?

          •  

            Xixizixi…nampaknya anda cukup penasaran dengan makna kalimat diatas,apa begitu meranik komentar saya diatas.

          •  

            jelas menarik karena memang ada yg tertarik lebih dulu ketika sya berpendapat kritis ttg As atau China ada perbedaan yg kentara dimana ketika sya mengkritisi China ada kecenderungan yg diserang mlah bukan pendapatnya mlah pribadi sya.

          •  

            Ooow mungkin itu perasaan anda saja,sedang saya tidak melakukan dengan tujuan menyerang pribadi seseorang atau individu tertentu.
            Tapi sebelum berkembang lebih jauh menuju perang dingin atau perang panas sebaik nya saja jelaskan makna komen saya diatas.
            Tapi sepertinya sudah banyak orang yang paham jadi saya rasa tidak perlu dijelaskan lagi.

          •  

            lha kalau begitu sekarang jelaskan dong komen kamu krena saya cuma bisa menduga2 akibat tidak nyambungnya komentar kamu dgn komentar sya sebelumnya

          •  

            Komen saya lebih mengacu pada watak profokatip seseorang dengan memainkan peran antagonis yang buat anti pati pada setiap tindakan dan prilaku seseorang,tapi memang sengaja dilakukan karna dia memang bertujuan untuk menghancurkan citra yang dia buat dan apa yang dia yakini.
            Jadi lebih mengacu pada seseorang merusak dari dalam,suatu kelompok atau negara dengan membuat citra buruk pada diri sendiri,karna dia berharap akan berimplikasi pada apa yang dia bela dan dia yakini.

  6.  

    lah… cina kan sudah mampu bikin radar sendiri, bahkan katanya sekelas radar kwantum …

    emange kebutuhannya sudah terlalu banyak hingga perlu beli radar dari luar ya?

  7.  

    Wah, ada yg lagi debat diatas tuh.. Coba kalo ada si tukang bakso pasti tambah seru tuh. Hhhhhhhhhhh

    •  

      Komen saya diatas sebenarnya lebih mengena pada anda sebagai aktor watak dalam memerankan peran antagonis.
      Tapi mas anu malah keballikan dalam menafsirkan kalimat diatas.seolah olah komentar saya khusus untuknya.
      Padahal kalimat majemuk tidak bertujuan pada individu, .dan itu tidak perlu bukti empiris.

  8.  

    BRITISH AKAN MENJULA PLODUK KE CHINA
    Berdasarkan perjanjian baru, pemasok akan “mengekspor barang dalam jumlah tak terbatas,” termasuk peralatan, komponen, perangkat lunak dan teknologi untuk sistem radar militer. Kesepakatan sebelumnya antara negara telah membatasi jumlah dan nilai penjualan senjata Inggris ke Cina…………..hemmm SUDAH KU DUGA

  9.  

    setiap ada perjanjian pasti ada perjanjian lainnya yg menyangkut perjanjian pertama.
    yang mana jika perjanjian sebelumnya sudah usang atau butuh tambahan maka perjanjian tersebut akan diupgrade menjadi perjanjian terbaru.

  10.  

    Komen loe Some 1 baiknya ke aming lee saja, yg msh merahasiakn pria tersebut, klu tdk dirahasiakn bisa rusak cita² aming lee, oleh karna itu msh dirahasiaknnya sambil menunggu istri sipria & keluarganya tdk ada lg
    😆 😆

  11.  

    sistem elektronik dan radio Inggris berkaitan dengan dinas intelijen di Tiongkok memberikan semua cara dan tekhnology yg di butuhkan tiongkok…… Hemmm SUDAH KU DUGA

 Leave a Reply