Apr 182019
 

Helikopter AH-64D Apache Longbow Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Angkatan Darat Inggris akan mengirimkan helikopter serang AH-1 Apache ke Estonia. Helikopter akan bergabung dengan Skuadron 663 Korps Penerbangan Angkatan Darat Inggris.

Dalam tiga bulan ke depan helikopter AH-1 Apache akan ikut ambil bagian dalam latihan dengan sekutu dan memperkuat kelompok tempur NATO di Estonia.

Helikopter AH-1 Apache meninggalkan pangkalannya di Wattisham dekat Suffolk pada 15 April. Di markas barunya, Apache akan ikut berpartisipasi dalam latihan Badai Musim Semi dan bekerja sama denan helikopter AW159 Wildcat.

Kombinasi dari kemampuan Wildcat yang mampu melakukan misi pengintaian dan pengamatan dalam waktu lama, dengan kemampuan mendeteksi dan menghancurkan target oleh AH1 Apache, diperkirakan akan meningkatkan kemampuan militer Inggris secara signifikan di Estonia.

Menurut pernyataan menteri pertahanan Inggris Gavin Williamson, di samping melakukan misi pelatihan, tujuan helikopter Apache adalah untuk memperkuat kepercayaan sekutu pada “sayap timur” dan untuk mencegah lawan potensial.

“Penyebaran Apache pertama di Estonia menggarisbawahi kehadiran kami di perbatasan NATO. Helikopter kelas dunia ini dikemudikan oleh pilot Angkatan Darat kelas dunia, dan penyebaran ini menunjukkan komitmen kami yang teguh terhadap pertahanan kolektif Aliansi (NATO), “kata Gavin Williamson.

Inggris adalah negara yang memimpin kelompok tempur multinasional yang ditempatkan di Estonia. Selain Inggris,personel militer lainnya terdiri dari Denmark, Islandia, Prancis, dan Belgia. Pemindahan pasukan bersama dengan personel darat sementara akan meningkatkan kehadiran Inggris di Estonia dari 800 menjadi sekitar 1.000 tentara. Ini akan membawa Inggris ke posisi sekutu yang paling loyal peningkatan kehadirannya di NATO.

Defence24

 Posted by on April 18, 2019