Inggris-Australia Kerja Sama Bangun Fregat Pemburu Kapal Selam

Kapal Perang Fregat Type 26 Inggris. (Commons wikimedia)

London, Jakartagreater.com  – Badan pertahanan Inggris dan Australia telah menandatangani nota kesepahaman untuk bekerja sama pembuatan kapal fregat angkatan laut, kata pemerintah Inggris pada hari Selasa 20-10-2020, dirilis Sputniknews.com.

Menurut pernyataan yang diterbitkan atas nama Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace, sekutu persemakmuran setuju untuk berbagi praktik terbaik dalam pembangunan kelas fregat anti-kapal selam mereka, yang disebut Tipe 26 oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris dan Pemburu oleh Angkatan Laut Australia.

“Saat kami melihat masa depan Angkatan Laut kami masing-masing, kerja sama berkelanjutan kami akan menguntungkan aliansi dekat kami dan mendukung rantai pasokan industri untuk menumbuhkan sektor pembuatan kapal masing-masing negara,” kata Wallace.

Menteri Pertahanan Australia Linda Reynolds menggarisbawahi bahwa kerja sama antara kedua belah pihak sudah berjalan.

“Saat ini ada 7 perusahaan Australia yang dikontrak untuk mengerjakan program Tipe 26 Inggris dan perjanjian ini mendukung kerja sama erat antara industri Inggris dan Australia,” kata Reynolds.

Program Type 26 Inggris adalah proyek jangka panjang bernilai miliaran pound untuk menggantikan fregat Type 23 milik Angkatan Laut Inggris, yang telah beroperasi sejak akhir 1980-an. Rencananya fregat pertama akan diluncurkan ke laut pada tahun 2025.

Angkatan Laut Australia memilih desain Type 26 untuk perombakan fregatnya sendiri pada tahun 2018 dan kapalnya diharapkan siap lebih cepat dari tahun 2027.

Kemitraan terpisah juga dilakukan dengan Departemen Pertahanan Kanada untuk merancang dan membangun armada berdasarkan desain Tipe 26.

Satu pemikiran pada “Inggris-Australia Kerja Sama Bangun Fregat Pemburu Kapal Selam”

Tinggalkan komentar