Inggris Bangun Frigat Modern Type 26

https://youtu.be/nK0GGTyoWPc

Inggris mulai fokus mengembangkan kapal yang lebih kecil bobotnya dari destroyer Type 45, Daring class, namun mampu menampung semua fungsi yang dibutuhkan  Angkatan Laut Inggris, untuk peperangan masa mendatang. Dengan kapal yang lebih kecil, biaya operasional bisa dihemat dan sebagian pekerjaan para awak kapal diambil alih oleh komputer.

Melalui BAE Systems Maritime – Naval Ships, Pemerintah Inggris merancang dan membangun frigat baru masa depan. Delapan frigat type 26 akan menggantikan armada frigat anti kapal selam Type 23.

Pertama dan terpenting, frigat Type 26 ini dirancang untuk mempertahankan efek deteren, melindungi kapal induk Queen Elizabeth class yang baru dari kapal selam musuh.

Kapal ini diharapkan mampu menjalankan semua misi spektrum penuh dari operasi Royal Navy – skenario peperangan kompleks, anti pembajakan, serta bantuan kemanusiaan dan bencana. Kapal Type 26 akan mampu beroperasi sendiri untuk periode yang signifikan, atau sebagai bagian dari kelompok tugas Inggris atau koalisi.

Dimensi kapal frigat ini memiliki panjang sekitar 150 meter dan lebar 20 meter, dengan bobot 6900 ton. Seluruh kapal Type 26 akan dilengkapi  berbagai sistem senjata paling modern dan efektif yang tersedia, termasuk silo peluncuran rudal vertikal dan meriam utama 5in -keduanya menawarkan peningkatan kemampuan dan potensi pengembangan lebih lanjut dari kapal.

Beberapa peralatan saat ini di frigat Type 23 – terutama sistem rudal anti-udara Sea Ceptor yang menggantikan Seawolf dan radar Artisan 997 -juga akan dipasang pada kapal Type 26.

Kapal ini akan dilengkapi tempat penyimpanan (bay) yang fleksibel, tergantung misi yang dijalankan, antara lain untuk : kapal tambahan, kendaraan tak berawak (udara, permukaan atau air), kontainer, yang memungkinkan kapal untuk beradaptasi dengan perubahan misi, mulai dari operasi bantuan bencana dan bantuan kemanusiaan untuk menurunkan pasukan militer atau mendukung operasi menyelaman.

Dek penerbangan mampu menampung helikopter hingga ukuran RAF Chinooks. Saat ini tiga kapal itu sedang dibangun dalam perkembangan berbagai tingkatan dan kapal pertama akan diserahkan ke AL Inggris pada tahun 2017.

Frigat Type 26 ini akan menggunakan Mk 41 Vertical Launch System (VLS) untuk memberikan ruang yang fleksibel bagi kapal perang masa depan, Global Combat Ship (GCS), AL Inggris. Setiap kapal akan mampu memuat silo 3 x 8 cell (VLS) di depan bridge kapal.

Instalasi Strike Silo 24 cell dengan launcher Mk 41, agar infrastruktur VLS ini mampu juga mengakomodasi rudal jarak jauh seperti jenis Tomahawk, juga anti-ship missiles dan anti-submarine rockets, yang bobot senjata akan dikonfigurasi sesuai jenis ancaman dan misi yang dijalankan.

Inggris mulai merampingkan armada perang lautnya, untuk menekan biaya operasional, namun bisa menjalankan berbagai peran yang dibutuhkan Angkatan Laut Inggris.

Sumber : Royalnavy.mod.uk

Sharing

Tinggalkan Balasan