Inggris Jadikan Bangkai P-38 Lightning Sebagai Situs Sejarah

Illustrasi P-38 Lightning (image : Northwest Art Mall)

JakartaGreater.com – Sebuah pesawat tempur era Perang Dunia II AS yang jatuh di lepas pantai Wales Utara, kadang-kadang muncul dari pasir dan kini mendapat status terlindungi, kata para pejabat pada hari Senin, lansir Foxnews.

Pesawat Lockheed P-38 Lightning Fighter jatuh pada bulan September 1942 dan terkubur 2 meter di bawah pasir. Sisa-sisa bangkai pesawat, kadang-kadang muncul dari pasir.

Penampakan pertama terjadi pada tahun 1970-an, menurut Cadw, petugas situs bersejarah pemerintah Welsh. Pesawat itu juga ditemukan pada tahun 2007 dan paling baru pada tahun 2014.

Dengan status menetap atau dilindungi, pesawat tempur kini menjadi situs kecelakaan pesawat militer pertama yang ditunjuk secara sah yang dilindungi karena kepentingan historis dan arkeologisnya di Inggris.

Pesawat tempur, yang diujicobakan oleh Letnan Dua Robert F. Elliott yang berusia 24 tahun, mengalami kecelakaan setelah mengalami kesulitan saat melakukan misi latihan penembakan meriam. Pilot Elliott pergi menjauh dari kecelakaan itu tetapi kemudian dilaporkan hilang hanya beberapa bulan kemudian.

Sejumlah pesawat jatuh dari Perang Dunia II telah ditemukan dalam beberapa tahun terakhir. Awal tahun ini bangkai bomber B-24 A.S. Perang Dunia II yang jatuh ke laut lepas Bermuda pada Februari 1945 ditemukan oleh tim peneliti dari University of Delaware.
Puing-puing bomber Angkatan Udara B-24 AS yang lain ditemukan di Papua Nugini pada tahun 2018, 74 tahun setelah ditembak jatuh dalam pertempuran sengit dengan pasukan Jepang.

Pada 2017, para insinyur yang bekerja pada jaringan listrik bawah laut menemukan apa yang diyakini sebagai puing-puing bomber Angkatan Udara Kerajaan Inggris yang hilang di lepas pantai Norwegia.

Pada tahun 2015, Universitas Hawaii dan NOAA merilis gambar luar biasa dari pesawat amfibi Angkatan Laut AS yang tenggelam pada saat-saat pembukaan serangan di Pearl Harbor.

Tahun lalu, sebuah pesawat tempur Spitfire Perang Dunia II yang sangat langka diterbangkan oleh seorang pilot Angkatan Udara Kerajaan Inggris yang kemudian ikut ambil bagian dalam misi “Great Escape” ditemukan di lereng gunung Norwegia yang terpencil.

Satu pemikiran pada “Inggris Jadikan Bangkai P-38 Lightning Sebagai Situs Sejarah”

Tinggalkan komentar