Mar 092019
 

HMS Defender (foto:Royal Navy)

JakartaGreater.com – Perusak rudal Inggris HMS Defender memantau iring-iringan fregat Admiral Gorshkov Rusia dan tiga kapal tambahan yang menyertai di dekat perairan teritorial Inggris – kata Kementerian Pertahanan Inggris, Rabu.

Kapal destroyer Angkatan Laut Inggris yang berpangkalan di Portsmouth dikirim untuk mengawal pergerakan armada kapal perang Rusia yang berlayar mendekati Inggris.

Menurut Kementerian Pertahanan, Inggris akan terus bekerja sama dengan sekutunya untuk memantau kapal-kapal perang Rusia yang melewati perairan internasional di dekat pantai Inggris.

Inggris melepas destroyer siluman HMS Defender pada Sabtu dari Newcastle ke timur laut Skotlandia untuk mengikuti armada kapal perang Rusia sebelum mendekati pantai Inggris pada hari Selasa.

Armada kapal perang Rusia yang dipimpin kapal perang termodernnya fregat Admiral Gorshkov yang diikuti dengan kapal tunda Nikolay Chiker, kapal logistik Elbrus dan kapal tanker Kama.

HMS Defender adalah salah satu kapal perusak rudal siluman Type 45 dan termasuk kapal perang paling modern yang dimiliki oleh Angkatan Laut Inggris. Berbobot sekitar 8.000 ton dan ditenagai dua turbin gas 25 MW dengan kecepatan maksimal 29 knot.

Dipersenjatai meriam utama kaliber 4.5 inci, sistem perlindungan Phalanx dan sistem pertahanan rudal Sea Viper dengan rudal Aster 15 dan rudal Aster 30.

Sedangkan fregat Admiral Gorszkow berbobot 5.000, ditenagai dua mesin diesel dan dua mesin turbin gas memberikan total kekuatan 48 MW dan kecepatan 29.5 knot.

Dipersenjatai meriam utama Amethyst kaliber 130 mm, selain itu fregat dilengkapi dengan rudal pertahanan udara SS-N-27, rudal jelajah Kalibr dan sistem anti-pesawat Redut, serta torpedo kaliber 330 mm. Admiral Gorszkov juga dilengkapi landasan pendaratan untuk helikopter (AW-159 dan Ka-27).

Defence24

 Posted by on March 9, 2019