Agu 102019
 

Kapal selam Kilo Project 636.3 (foto:Varshavyanka twitter)

Meski merupakan kapal selam dari generasi lama, tetapi kapal selam Kilo upgrade terbaru yang bernama Varshavyanka class tetap menjadi kapal selam yang ditakuti oleh Negara lain.

Salah satu Negara yang risau dengan kemampuan Varshavyanka class adalah Inggris. Menurut media ternama Telegraph melaporkan kekhawatiran itu, menurutnya kapal selam Kilo class baru — lebih tepatnya disebut sebagai Varshavyanka class — dilengkapi dengan teknologi siluman yang mengintai kapal perang Inggris tanpa terdeteksi di perairan teritorial Inggris, lansir Observer.

Dan setidaknya satu kapal selam Rusia telah berhasil menunjukkan kemampuannya dengan berlayar hampir tidak terdeteksi di sepanjang garis pantai negara-anggota NATO, lapor surat kabar Telegraph.

Kapal selam Kilo baru, pertama kali dikirim ke Angkatan Laut Rusia pada tahun 2013, dan telah menjadi perhatian pengamat militer Barat selama beberapa tahun.

Varshavyanka relatif kecil, dengan panjang 72.5 meter dan lebar 9.7 meter dan diawaki oleh 53 pelaut. Meskipun relatih tidak terlalu cepat, dan terkadang harus muncul ke permukaan atau melakukan snorkeling untuk melakukan pengisian tenaga baterai, namun Kilo dilengkapi dengan teknologi siluman canggih dan mesin diesel yang tenang.

Apalagi dengan harga yang relatif murah, sekitar US$ 2 miliar, dimana setidaknya enam kapal selam Kilo Varshavyanka telah dijual ke Vietnam untuk mengimbangi pengaruh Cina di Laut Cina Selatan.

Armada Baltik Rusia dikatakan memiliki enam kapal selam Varshavyanka. Pembangunan enam kapal selam lainnya untuk Armada Pasifik Rusia dimulai pada 2016, dengan yang pertama dikirim pada bulan Maret lalu.

Kapal selam Kilo dirancang sebagai kapal selam pemburu, mencari dan menghancurkan kapal selam dan kapal perang permukaan yang lebih besar, baik diperairan dalam maupun perairan dangkal.

Lalu apa yang membuat kapal selam Kilo menjadi sulit dideteksi? Menggunakan desain lambung yang terlihat seperti setetes air, yang menciptakan resistensi yang sangat sedikit dengan air. Baling-baling juga dibuat setengah terpisah dari lambung — terpasang pada dasar yang terbuat dari karet — yang mengurangi getaran pada kapal selam. Dan dengan tetap terendam, bergerak sangat lambat, setidaknya selama dua minggu membuat musuh sangat kesulitan mencari posisi kapal selam Kilo.

Ancaman dari kapal selam Rusia bukanlah hal baru bagi Inggris — tetapi jika beroperasi di dekat perairan Inggris dan menyadap informasi dari kabel internet bawah air, itu akan menjadi ancaman penggunaan yang relatif baru dan agresif bagi Inggris.

 Posted by on Agustus 10, 2019

  13 Responses to “Inggris Risau dengan Kapal Selam Varshavyanka Class”

  1.  

    Xicixicixicixicixi…..dia mulai risau. Tidak lama lagi naik level menjadi kakaknya risau alias stress, selanjutnya sdh bisa ditebak……xicixicixicixi

    Kapal selam Astute classnya terancam dikejar2 siluman kilo Rusia…..xicixicixicixicixi

  2.  

    Selamat hr raya idul adha, bagi yg muslim, salam?????

  3.  

    Menarik dilihat lebih kuat dan lebih bagus mana Kilo 636.7 vs U-209. Kalo soal kesenyapan, U-209 Cakra TNI AL bahkan pernah membuktikan kemampuannya langsung dihadapkan armada anti kapal selam NATO, sesuatu yg bahkan Kilo belum pernah mencobanya. Hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh

    •  

      Ahhh…mbah banyak mbual aja. Tahun kapan peristiwa muncul dihadapkan armada anti kapal selam NATO mbah.? Sekarang sdh tahun brp dan kemajuan teknologi sdh pesat mbah….ngimpi aja nih mbah……xicixicixi

  4.  

    Ciye2 abah agato nongol nyambangin bang rusky xiii xiii

    •  

      Kalau TNI AL pesan ni kapal COOTSAja nya Amerika gak ngaruh soalnya gak kelihatan juga kirimnya ke sini apalagi kalau no publish, tapi Amerika memang sangat menakutkan bagi kita, sudah beruntung kita tidak dihukumnya karena setiap kali mereka ada mau dan kita minta imbalan Amerika cukup bentak kita dengan berkata “i give you live” tu sudah imbalan dan ketakutanlah kita untuk segera nurut walau kita gak dapat apa2 juga, yah namanya juga….preman dunia kita wajib hormati

      •  

        U-209 udah lebih dari cukup buat ngadepin Kilo improve kok.

        •  

          Emang nye udah pernah mbah U -209 head to head sm kilo.. TNi AL kapan mba berhadapan dengan armada anti kasel nato.

          •  

            Itu si mbah lg berhalu dek.
            Maklum si mbah itu lg stress berat dek setiap hari dicekokin berita kehebatan alutsista Rusia.
            Sementara alat perang andalan dr negara idolanya kalah melulu dek…..xicixicixicixi.

            Saking frustasinya si mbah itu dek, sampe mau menggunakan 20 unit MQ-9 Reaper bersenjatakan rudal Amraan dan Sidewinder sbg loyal wingman F-35 yg jg menenteng rudal Amraam banyak hanya utk merontokkan 1 unit SU-35 dek.
            Itu artinya sungguh luar biasa strong SU-35 itu dek, sehingga utk menjatuhkan satu unit saja perlu mengerahkan puluhan aset pesawat tempur negara junjungan si mbah itu dek….xicixicixicixi

            Betul2 sdh stress akut kan dek si mbah itu.?…..xicixicixicixi

      •  

        Katanya Amerika itu Polisi Dunia alias Poldun Kok sekarang malah jadi Preman ??? Yg bener yg mana sich ???

  5.  

    Polisi iya preman juga bisa dibilang status janda eh maksudnya ganda