Apr 052019
 

Kapal Induk HMS Queen Elizabeth (foto:Wikipedia)

JakartaGreater.com – Produsen BAE System melalui perwakilannya di pameran Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) 2019 pekan lalu menyatakan bahwa perusahaannya menawarkan desain kapal induk Queen Elizabeth Class (QEC) kepada Angkatan Laut India.

India saat ini memiliki satu kapal induk bekas 45.000 ton INS Vikramaditya dan sedang membangun kapal induk kedua Vikrant INS 40.000 ton, di galangan kapal lokal dan diperkirakan akan memulai uji coba laut pada tahun 2020.

Namun pada kapal induk ketiga, Pemerintah India menginginkan kapal induk yang lebih besar, berbobot 65.000 ton yang dikenal sebagai INS Vishal dan akan dibangun secara lokal di galangan kapal Cochin.

BAE Systems telah mengadakan pembicaraan dengan Angkatan Laut India tentang potensi turunan Militer Off the Shelf (MOTS) dari desain Queen Elizabeth 65.000 ton mlik Angkatan Laut Kerajaan Inggris yang dapat dibangun sesuai dengan keinginan India.

BAE Systems dapat membantu India membangun kapal induk Project Indigenous Aircraft Carrie-2 (IAC-2) dengan menggunakan desain dari kapal induk Queen Elizabeth. Desain tersebut dapat disesuaikan seperti adaptasi pada landasan ski jump atau peluncuran ketapel dan dapat dimodifikasi untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Laut India dan kemampuan industri India.

Perusahaan BAE Systems baru-baru ini berhasil mengekspor desain fregat anti-kapal selam Global Combat (Royal Navy Type 26) ke Australia dan Kanada, yang dibangun di galangan kapal lokal.

“Desain kapal induk Inggris kini telah terbukti di laut dan hampir sesuai dengan persyaratan Angkatan Laut India untuk kapal induk berbobot 65.000 ton dengan Integrated Full Electric Propulsion (IFEP), yang dapat dibangun di bawah program ‘Make in India’ di India, “Kata perwakilan BAE Systems.

BAE Systems mengklaim bahwa risiko, biaya, dan jadwal untuk program IAC-2 India akan berkurang secara signifikan bila bekerjasama dengan Inggris.

Pejabat Angkatan Laut India baru-baru ini mengunjungi galangan kapal BAE Systems di Rosyth, dekat Edinburgh, tempat HMS Queen Elizabeth dan HMS Prince of Wales, dibangun dan diselesaikan.

AustraliaDefence

 Posted by on April 5, 2019