Inggris Timbun Rudal ASRAAM Baru Untuk F-35B Lightning II

LONDON – Inggris menghabiskan sejumlah £ 184 juta pounsterling ($ 239 juta dolar AS) untuk menimbun versi baru dari rudal jarak pendek udara-ke-udara ASRAAM guna melengkapi persenjataan jet tempur F-35B Lightning II, Kementerian Pertahanan mengatakan pada hari Selasa (16/08/2016).

Kementerian Pertahanan mengatakan pesanan rudal baru akan mulai dioperasikan bersama dengan jet tempur F-35 milik Royal Air Force dan Royal Navy sekitar tahun 2022.

Pesanan tambahan untuk rudal ASRAAM ini sebagai kelanjutan pengumuman bulan September 2015 lalu dari kesepakatan £ 300 juta pounsterling dengan perusahaan pembuat rudal MBDA untuk merancang dan membangun batch awal senjata yang telah diperbarui.

Jet tempur Typhoon dan Tornado sudah persiapkan untuk mampu membawa ASRAAM versi yang ada saat ini.

Varian terbaru dari rudal ini diharapkan untuk masuk layanan bersama Typhoon pada tahun 2018, Kementerian Pertahanan mengatakan dalam sebuah siaran pers.

Jet tempur F-35 Inggris akan membawa versi terbaru dari ASRAAM pada 2022 di mana pada saat itu akan mulai digunakan. Jet Tempur F-35 gelombang pertama dijadwalkan akan diperkenalkan ke layanan dengan skuadron Angkatan Udara Inggris di tahun 2019. Jet tempur Royal Navy akan ditempatkan di kapal induk baru HMS Ratu Elizabeth yang direncanakan mulai beroperasi pada tahun berikutnya

Integrasi uji coba F-35 dengan dilengkapi ASRAAM sudah mulai dilakukan di Amerika Serikat. Integrasi bom presisi dipandu Raytheon Paveway IV juga berlangsung pada jet tempur tersebut.

Rudal ASRAAM yang baru akan dibangun di fasilitas manufaktur baru yang dibangun dengan menghabiskan sekitar £ 40 juta poundsterling, dan sekarang hampir selesai. Fasilitas tersebut berada Bolton, barat laut Inggris.

Sumber: Defense News