Des 122018
 

Jet tempur ringan Tejas buatan HAL India © Venkat Mangudi via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Perusahaan Dirgantara India, Hindustan Aeronautics Limited (HAL) telah menandatangani perjanjian dengan Israel Aerospace Industries (IAI) / Elta Systems untuk menyediakan 83 radar AESA dan perlengkapan perang elektronik (EW) untuk dipasang ke varian Light Combat Aircraft (LCA) Tejas Mk-1A, seperti di lansir dari laman IHS Jane.

Sumber-sumber industri mengatakan bahwa kesepakatan untuk radar kendali tembak ELM-2052 dan pod jamming perlindungan diri ELL-8222WB (wide-band) ternyata “diam-diam” ditandatangani pada akhir Oktober setelah IAI/Elta muncul sebagai penawar terendah untuk kedua sistem yang kompatibel.

Produk IAI/Elta dipilih mengalahkan sistem yang usulkan oleh pesaingnya Thales dan Saab, yang juga menanggapi permintaan HAL pada bulan Desember 2016 untuk bisa mengajukan penawaran radar AESA dan perlengkapan EW.

Radar kendali tembak (FCR) ELM-2052 buatan Israel © Elta Systems

ELM-2052 adalah Fire Control Radar (FCR) mutakhir yang dirancang mendapatkan superioritas udara dan misi serangan, berdasarkan teknologi Active Ellectronically Scanning Array (AESA) yang sepenuhnya solid-state, ini memungkinkan radar bisa mencapai jangkauan deteksi jarak jauh, kehandalan misi dan kemampuan pelacakan multi-target yang tinggi.

Radar ELM-2052 menyediakan mode operasi simultan dan mendukung kemampuan multi-misi untuk mode operasi udara-ke-udara, udara-ke-darat serta udara-ke-laut, termasuk penyebaran senjata.

Pod perlindungan diri ELL-8222WB memili tugas meningkatkan daya tahan pejuang dan pesawat militer lainnya dengan menekan beberapa ancaman di lingkungan penuh sistem senjata yang dipandu radar dan meindungi pesawat dari semua jenis ancaman rudal udara-ke-udara dan permukaan-ke-udara tradisional dan modern.

Bagikan