Agu 082016
 

Sebuah dokumen rahasia negara akhirnya dibeberkan ke publik oleh Pemerintah Amerika Serikat. Dokumen yang diberi nama the plybook tersebut menjelaskan standar operasional pemerintah saat memilih target yang akan digempur pesawat tanpa awak (drone) di luar zona perang. Dokumen ini juga menjelaskan bagaimana peran seorang Presiden AS dalam operasi drone.

Dokumen 18 halaman ini dirilis oleh Serikat Kebebasan Sipil Amerika (ACLU). Dalam dokumen tersebut tertulis, rencana serangan terhadap target teroris di luar zona perang, yakni meliputi Pakistan, Libya, Somalia dan Yaman, harus melalui persetujuan atau tanda tangan Presiden Barack Obama.

Keputusan untuk melakukan serangan dengan menggunakan drone disetujui juika dipastikan tidak ada warga sipil yang akan terbunuh.

Antara tahun 2009 hingga 2015 tercatat 473 warga sipil tewas akibat serangan drone yang dilancarkan oleh Pemerintahan Obama. Namun, Pemerintah AS mengklaim hanya 64 hingga 116 warga sipil yang tewas dalam serangan tersebut. AS juga mengklaim telah menewasakan 2.581 teroris.

 Posted by on Agustus 8, 2016