Des 082018
 

Model skala tank ringan Type-15 buatan China © Liu Xuanzun via Global Times

JakartaGreater.com – Baru-baru ini China meluncurkan tank ringan berbobot 30 ton, Type-15, dimana para ahli mengatakan bahwa itu dapat mengungguli tank China lainnya dalam operasi tempur di dataran tinggi seperti Tibet dan tetap unggul dalam misi pendaratan di pulau, seperti dilansir dari laman Global Times.

Dua model skala Type-15 itu ditampilkan di Museum Nasional China sebagai bagian dari pameran besar untuk menandai 40 tahun reformasi dan keterbukaan negara itu di Beijing.

Wei Dongxu, seorang analis militer yang berbasis di Beijing, mengatakan bahwa Type-15 dilengkapi dengan senjata utama 105 mm yang mampu menembakkan peluru penembus perisai dan juga meluncurkan rudal, membuat daya tembaknya tidak kalah dengan tank tempur utama yang berbobot lebih berat.

Dibandingkan dengan Type-99 dan Type-96, dua tank tempur utama yang ada dalam pelayanan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), Type-15 secara signifikan lebih ringan, dengan berat sekitar 32-35 ton, mesinnya dapat menyediakan daya penggerak 1.000 tenaga kuda.

Karena ringan, tank jadi lebih mudah untuk beroperasi di dataran tinggi, hutan dan daerah-daerah berair, katanya.

Ahli militer lainnya, yang minta tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa tank itu adalah pilihan yang bagus untuk daerah selatan China, mengingat disana adalah daerah pegunungan.

Type-15 juga dapat dengan cepat digunakan di Daerah Otonomi Tibet, di Barat Daya jika sengketa perbatasan terjadi lagi. Dia menyebut bobot Type-15 sebagai keunggulan jika dibandingkan dengan yang lebih berat di masa lalu.

Meskipun Type-15 terlihat beberapa kali oleh warga Tiongkok di masa lalu, ini adalah pertama kalinya China secara resmi memperkenalkan tank ringan terbaru.

Pada bulan Juli, sebuah tank yang dicurigai sebagai Type-15, yang dicat dengan kamuflase angkatan laut difoto di Tiongkok pada sebuah lokasi yang tidak diketahui. Foto itu akhirnya memicu diskusi di kalangan pengamat militer, dengan beberapa orang mengatakan bahwa China dapat mengerahkan tank itu ketika ada kebutuhan untuk merebut sebuah pulau.

Wei mengatakan bahwa Type-15 ringan dan dapat diangkut ke sebuah pulau melalui kapal pendarat, karena tank tersebut dapat memberikan dukungan tembak yang kuat dan perlindungan untuk infanteri.

Setelah mendara di pantai, tank ringan seperti Type-15 ini dapat bekerja lebih baik daripada tank amfibi saat bergerak ke area yang lebih dalam karena mobilitasnya lebih tinggi, menurut catatan Wei.

Ahli militer anonim menekankan bahwa tank dapat digunakan dalam operasi pendaratan potensial dalam hal kekuatan harus digunakan untuk menjaga integrasi wilayah China.

Wei menyoroti fakta bahwa tank itu sangat ringan, adalah mungkin bagi pesawat angkut untuk mengangkutnya hingga ke garis depan.

Meskipun pendaratan udara secara tradisional mungkin sulit, pesawat angkut bisa terbang rendah dan perlahan menjatuhkan tank-tank yang dilengkapi oleh parasut besar, kata Wei.

Menawarkan senjata utama 105 mm yang sama, tank kelas VT-5 30 ton yang dibuat oleh China North Industries Group Corporation (NORINCO) adalah tank ringan yang dibuat untuk pasar ekspor dan juga kompatibel dengan berbagai jenis medan.

Bagikan:

  18 Responses to “Ini Kelebihan Tank Ringan 30 Ton China, Type-15”

  1.  

    wuih airborne tank iki…..
    mirip seperti sheridan dan tetrach yg nasibnya dichap sebagai tank gagal……

    •  

      lebih dari 30 ton kyaknya masih impossible bung

      •  

        Kalau lawan tank harimau hitam bakalan menang mana ya.

        •  

          ya klo head to head mcam game warthunder ato Wot no komen dah

          hanya saja Harimau punya kemampuan sudut elevasi kubah kanon 42 derajat dan jika punya amunisi Heat 105mm berpandu fase terminal dgn integrasi Uav maka dia
          bisa membantai dgn akurasi yg cukup tanpa perlu sudut pandang langsung head to head dgn tank ringan ini.

        •  

          ya klo head to head mcam game w4rthunder ato Wot no komen dah

          hanya saja Harimau punya kemampuan sudut elevasi kubah kanon 42 derajat dan jika punya amunisi Heat 105mm berpandu fase terminal dgn integrasi Uav maka dia
          bisa memb4nta1 dgn akurasi yg cukup tanpa perlu sudut pandang langsung head to head dgn tank ringan ini.

          •  

            betul…. apalagi yang diarah adalah lapis baja bagian atas. lapisan yang paling lemah apapun jenis tanknya. apalagi yang menggasak kaliber 105 mm. sedangkan ketahanan terhadap hantaman peluru kaliber 30 mm dari pesawat warthog (tank killer) atau heli AH64 apache sangat rendah.

        •  

          lgipula menurut pribadi sya yg ditakutkan dari tank ringan Type-15 adlah kemampuan dukungan industri di belakangnya.

        •  

          Yaa jelas menang armata mu lah…tapi sayang itu tank layu sebelum berkembang…entah apa penyebabnya …apa karna tak da wang atau gara gara ramalan analisator ….what do you think…grils

          •  

            armata memang hebat penuh denmgan teknoloi revolusioner… tetapi tidak bisa dibandingkan dengan dg tank medium. Armata kan udah kelas MBT.

        •  

          sekarang ganti harimau putih…. gak hitam lagi.

          Kalau dilihat bentuknya tank medium cina type 15 hampir mirip2 tank mbt cina lainya…silhoute masih rendah. bukan ideal untuk tank pendaratan amphibi kepulauan. tank pindad lebih tinggi bodynya….itu yang ideal.

          lihat tank tank amphibi USA masa lalu…. tinggi 2 tuh. juga design tank amphibi buatan perancis AMX10 PAC. tapi sayang tank ini katanya sering guling…alias design nya kurang bagus terutama dalam hal keseimbangan.

          Kalau tank harimau hitam/putih saya yakin gak akan ada kejadian seperti itu.

          keunggulan lainnya dibandingkan tank cina type 5 ini adalah kemampuan meriamnya yang mampu memberikan tembakan artileri bantuan ke marinir yang melakukan penyerbuan darat dari pantai jadi mirip howitzer.

          serta racikan logam body tank pindad yang diklaim setara dengan baja cobham atau malah lebih. Serta kecanggihan eletroniknya.

        •  

          nunggu di tes dulu 😀

    •  

      akalau untuk airborne bobot idealnya 15-18 ton dalam hal ini contoh yang bagus tank punya rusia 2S25 Sprut-SD.

      jadi berat segitu gak ideal… pesawat udaranya bisa bis gak mampu terbang

  2.  

    KW.3 nanti belum kena ATGM roda dan pararel nya copot dewek………. hahahahaaaa

  3.  

    Sepertinya sudah direncanakan, perang selanjutnya bakal terjadi di daerah Indonesia. Petinggi Amerika bilang perang akan bergeser ke Asia Pasifik, dan alutsista laut terbaru AS banyak yang dirancang untuk perang laut litoral. Lautan di Indonesia bisa dibilang 70% laut litoral. Dan adanya perlombaan untuk membuat alutsista penyerang amfibi, baik oleh Barat maupun Timur. Alutsista baru sengaja dibuat lebih ringan, supaya dapat dipindahkan dengan cepat. Contohnya perlombaan membuat light/medium tank yang dilakukan Eropa, AS, China, bahkan Israel pun sedang membuat light/medium tank.

    •  

      Kapal perang litoral …. 🙁
      kaya LCS Freedom cuma punya
      2 lusin rudal hellfire
      1-2 lusin rudal rim/ram
      1 ciws dan 1 meriam dan 1 bushmaster 30mm

      no rudal anti kapal 🙁
      no torpedo anti kapal selam 🙁
      masak iya kapal kaya gini bisa disebut sebagai threat/ancaman 😆

    •  

      klo perang lawan RI sepertinya belum, mungkin lebih ke yang terdekat dengan wilayah Tiongkok di bagian selatan… seperti tertulis diatas

  4.  

    Saingan Tank Harimau, cuma Type-15 masuk kelas light tank, sementara Harimau masuk kelas medium tank… cuma beda beberapa ton aja

  5.  

    Semoga tank Harimau hitam pengembangan selanjutnya lbh canggih di kawasan.

 Leave a Reply