Aug 202014
 

Anti Tank Guided Missile (ATGM), jakartagreater.com

Liputan6.com, Madiun – TNI Angkatan Darat akhirnya memiliki peluru kendali penghancur tank dan kendaraan tempur lapis baja yang disebut Anti Tank Guided Missile (ATGM). Keberadaan alat ini untuk melengkapi modernisasi Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) RI.

Salah satu jenis ATGM yang sedang dipesan TNI AD adalah Next Generation Light Antitank Weapon (NLAW) buatan perusahaan Swedia bekerja sama dengan Inggris, SAAB Bofors Dynamics.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com dari Kesatuan Paldam V Brawijaya, Rabu (20/8/2014), ATGM ini dipilih karena praktis dan ringan, cocok untuk postur prajurit Asia khususnya Indonesia. ATGM NLAW cukup dioperasikan seorang prajurit untuk menghancurkan berbagai jenis tank tempur utama modern, dengan sekali tembak.

Dengan bobot 12,5 kg, ATGM NLAW memiliki kemampuan memprediksi garis pandang, menyeleksi mode serangan, serangan atas atau serangan langsung.

Tapi alat ini memiliki kelemahan. Yakni jarak tembaknya pendek, antara 20 hingga 600 meter. Tapi hal ini tak dianggap masalah jika dikaitkan dengan kondisi geografis Indonesia yang relatif banyak menyediakan tempat perlindungan seperti bukit, gunung maupun hutan dan rawa.

ATGM lebih menekankan kepada aspek mobilitas operatornya. ATGM ini juga dianggap cocok untuk perang kota, di mana NLAW bisa diluncurkan dari ruang-ruang tersembunyi dan sempit.

Ukuran ATGM bervariasi. Mulai dari senjata yang ditembakkan dari bahu yang bisa dibawa satu prajurit, senjata yang lebih besar yang harus ditembakkan menggunakan tripod, sampai yang terpasang dan ditembakkan dari kendaraan dan pesawat udara.

Dengan diperkenalkannya ATGM lebih kecil, yang mampu membawa hulu ledak besar pada medan perang modern, membuat infanteri memiliki kemampuan menghancurkan tank tempur utama yang kuat dari jarak sangat jauh, dan biasanya pada tembakan pertama.

Sebelum ada ATGM, senjata-senjata infanteri TNI AD seperti senapan anti-tank, roket anti-tank, dan ranjau darat magnetik, memiliki daya tembus baja yang lemah sehingga mengharuskan seorang prajurit berada di dekat target.(Sunariyah/news.liputan6.com)

  182 Responses to “Rudal Penghancur Tank TNI AD”

  1. Siippp,lanjutkan….!!!

    • Yang ngambil gambar ni paling bung jalo,ada tulisannya jkgr.com….he..he..piss bung…!!!

    • di gelontor Artikel terus ini bung Diego

    • klo ketemu tank PL-01 polandia gmn bung joko..?
      tau kan spesifikasi tank nya…

    • nice sarkas bung..

      • dengan tidak mengurangi kecintaan saya terhadap NKRI,
        kondisi kita aktual saat belum layak utk mengoperasikan drone tempur.
        jika mau mulai dari PT LEN dan LAPAN dari sekarang utk membuat system terintegrasinya termasuk satelit, maka butuh lebih dari 10 tahun.

        jika mau drone terbang aja sih gampang, atau beli jadi ke israel dg system yang terbatas, tapi gak layak utk negara dengan wilayah sebesar kita

    • drone serang usa ga murah bung,, 10jt usd keatas cth : MQ-9 Reaper
      drone yg murah utk saat ini ya drone utk kepentingan surveillance saja.

    • drone ?
      masalah utama dari drone adalah teknologi komunikasi
      dan inilah kelemahan negara kita….

      mau jalan di frekuensi berapa?
      buat apa kita nerbangin drone kalau tahu bahwa data2 yang dikirim dari situ sudah bisa diretas oleh system komunikasi negara lain?
      lihat saja sekelas hizbullah yang bisa ambil data uplink dari drone israel 2011.
      kalau uplink bisa diambil, bukan tidak mungkin downlink dari system kontroller drone itu bisa dihijack, seperti iran yang bisa curi drone us.

      dan yang utama adalah…. kita perlu satelit militer utk mengendalikan drone
      jika tanpa satelit, ya sama aja namanya RC, cuma jangkauan bbrp puluh kilometer saja.

      utk saat ini drone tidak efektif utk indonesia,
      lebih baik mikro satelite utk surveillance seluruh wilayah negara kita tercinta ini, lebih murah
      dan jika ditemukan indikasi yang bermasalah, baru kirim pespur atau kaprang atau satuan AD utk menuju lokasi

  2. wew..NLAW

    • Nah ini siiip disrupuuuut,

      Lha NLAW kan wis teko kaet ndisek ? wah telat beritane…..

      sak iki garek ngentheni FGM-148 Javelin Block I

      beli yang buuuanyaak, minimal 50 rudal saja di perbatasan, saya jamin jauh lebih menakutkan musuh daripada si Leopred yang tugasnya hanya “tidur” saja

      sama dengan Metis-M yang bikin momok Kav Merkava Tentara Israel, padahal hanya si Tosan saja

      • Kalau untuk misi menyerang ke daerah musuh atau melakukan serangan balik untuk mengusir musuh secare efektif apakah bisa pake tim infanteri pembawa ATGM (dimana kl kena artileri mokat semua personilnya)? Apakah tim infanteri pembawa ATGM bisa melakukan taktik blitzkrieg? Apakah tim infanteri pembawa ATGM bisa memberikan banpur? Kalau jawabannnya tidak, maka sampeyan akhirnya tau bahwa antara MBT dan ATGM itu bukan substitutif, melainkan komplementer.

        • @ Melektech, sepertinya anda berpikir ngatain orang lain “gobl*k” akan membuat anda keliatan lebih pintar daripada lawan bicara anda. Tapi nyatanya cuma nunjukin akhlak yang buruk, jiwa yang cetek dan mental yang cemen. Ingat, omonganmu mencerminkan akhlakmu. Orang yang mulutnya comberan biasanya akhlaknya juga sekelas comberan.

          Sekarang saya tanya, kalau infanteri pembawa ATGM sak tim khusus pembersih spt SEAL dan Kopassus itu disalvo pake MLRS spt Astros atau artileri mobile dan self propelled yang terproteksi dengan baik spt PzH 2000 gimana? Modyar nggak? Bisa menyerang balik nggak?

        • Pertanyaan berikutnya blm anda jawab, apakah tim infanteri pembawa ATGM bisa melakukan taktik blitzkrieg? Apakah tim infanteri pembawa ATGM bisa memberikan banpur?

        • Masih tetep GOBL*K juga anda ini (nah sedikit sopan bukan ???)

          kalau sampai disalvo pake MLRS spt Astros atau artileri mobile dan self propelled, berarti pasukannya selevel dengan Anda…………….

          Untuk apa dijawab mas………..wong pertanyaanya gob**** gitu???

        • sudah–sudah,, yang sadar ngalah,,,
          biar adem dikit,,, nanti artikel lain lanjut lagi,, yuk…

        • Saya sadar duluan bung Andri…he…..he

          Maaf saya lagi mumet, ngurusin pkr di pal, ternyata ada yang mleset.

          saya hanya cari pelampiasan saja….he…he

        • Apakah anda cukup cerdas buat nangkap maksud pertanyaan saya? Kalau anda belum paham juga, biar saya jelaskan spy anda bisa mencernanya: maksudnya adalah infanteri pembawa ATGM akan mokat kalau disalvo MLRS atau artileri walaupun cuma kena fragmentasi munisinya. Sedangkan MBT selama cuma kena fragmen munisi MLRS atau artileri masih punya kemungkinan untuk survive (asal tidak direct hit) dalam skenario spt itu.

          Artinya, ada peran tertentu yang bisa dijalankan oleh MBT, tapi tidak bisa dijalankan oleh infanteri pembawa ATGM. Terutama dalam misi-misi ofensif. MBT punya keseimbangan yang paling baik dari sisi mobilitas, firepower, dan armor. Infanteri pembawa ATGM mungkin punya firepower yang mumpuni, tapi mobilitas dan armornya memble dan mudah dieliminasi oleh firepower balasan dari musuh.

          Intinya, ATGM dan MBT itu saling melengkapi, bukan saling menggantikan. Bisa nangkap kan pemahaman sederhana ini?

          Orang yang ngakunya “cerdas” tp kok ya nggak bisa menjawab pertanyaan sederhana: apakah tim infanteri pembawa ATGM bisa melakukan taktik blitzkrieg? Apakah tim infanteri pembawa ATGM bisa memberikan banpur?

          Kalau orang cerdas beneran tentu bisa menjawab: TIDAK BISA!

        • Lagi sutress ya om Melekete? Pantesan ngata2in orang terus untuk melampiaskan setressnya. Gpp lah, daripada anda jadi setress beneran trus masuk panti kan repot.

          Tp tetap saja, orang yang mulutnya comberan = akhlaknya comberan.

        • Maaf mas sudah selesai, sudah disuruh berhenti sama bung andri cahyadi

          saya akan niru mbah satrio saja

          cukup ketawa saja, sebelum ketawa itu dilarang….he….he

          kalau mau ngomel terus, silahkan terus…………..

        • pkr? haha..

        • yang komen disana-sini siapa ya?

        • bung andri cahyadi, gimana ini, apa perlu dilanjut ?????

        • yuk,,, selagi masih banyak argument,, tp tidak mencela. kyk nya lebih romanitis..diskusi nya,,

        • maafkan saya bung @andri cahyadi

          ternyata Indo=Roger ini perlu dikasih pelajaran, minimal sampai SD lah

        • lanjut saja bung melektech,, hehehehe
          karena semakin sampean lanjut, semakin kelihatan dangkalnya otak sampean!

        • mas smeleketek orang paling pinter sejagat warjag hehehe…., tapi sayng udah sepuluh kali coba masuk catam gk masuk masuk, cita cita tak sampai kasian…..

      • Salut, sudah pernah mengoperasikan MBT bung Melektech, atau setidaknya apakah Anda sudah pernah mengoperasikan tank kelas medium saja dulu? Sampai-sampai Anda bisa bilang MBT Leopard bisanya hanya tidur? Kalau belum, anak-anak di base camp Garuda Hitam siap menjelaskan kepada anda masing-masing perbedaan dan fungsi setiap alutsista, khususnya untuk kesatuan darat. Dijamin training langsung praktek dah. Tapi kalau Anda sudah masuk ke barak kami, pilihannya hanya 2, pertama Anda lulus dengan baik, atau kedua Anda akan dilenyapkan dan dihapus dari data kependudukan warga NKRI untuk selamanya, bagaimana??

        Saya terkadang kagum dengan sejumlah pemikiran dan analisa Anda, cerdas dan kritis, tetapi jangan terlalu emosi, karena tong kosong, walaupun nyaring, gak enak bunyinya di telinga…

        Salam damai NKRI….

        • Anda yakin bumi itu bulat ???? bagaimana anda yakin kalau ngak melihat sendiri dari angkasa ??? itu tong kosong namanya.

          Anda percaya tuhan bung ??? bagaimana anda percaya padahal belum melihatnya ??? itu tong kosong namanya.

          Anda yakin jarak bumi dan matahari jutaan kilometer ? apakah anda pernah mengukurnya ? itu tong kosong namanya.

          “Garuda Hitam” hanya NICK NAME saja, jadi sama sekali ngak penting, dari pada anda mengomel terus, mending tunjukan data anda disini

          Melektech juga hanya Nick Name saja, juga ngak penting, saya ngak rugi sama sekali

          jadi kenapa anda sewot sekali….he…he……

          • Hahaha, kan saya bilang salam damai NKRI, kok emosi? Benar kan tong kosong walaupun nyaring gak enak bunyinya di telinga. Sudahlah semua Anda benar dah. Tapi masalahnya apa yang Anda debatkan, itu mainan kami setiap hari, makanya saya tanya sudah pernah belum?

            Iya, Garuda Hitam disini hanya Nick Name, bahkan didunia nyata kesatuan kami dianggap ada atau tidak ada itu juga tidak penting, karena memang seharusnya seperti itu. Tapi dijamin di manapun Anda berada, kami mampu menempelkan bayonet di leher Anda lebih cepat dibandingkan tarikan nafas Anda. Bagaimana??

            Tapi sudahlah, tutup kasus, saya minta maaf kalau sudah menyinggung Anda. Anda benar semua, kalau memang itu yang Anda inginkan. Tidak seharusnya saya menimpali komentar Anda…

            Tapi saran saya untuk semua juga, cintailah negaramu dengan sepatutnya. Hargai ya apa yang sudah pemerintahmu perbuat untuk kebaikan negeri ini. TNI selama ini sudah lama tidak dipakaikan “baju” dengan layak, saat ini dengan segenap kemampuan yang dimiliki, Pemerintah ingin sedikit menghargai kami, kami terima dengan kebanggaan yang tinggi apapun yang diberikan Pemerintah, walaupun itu masih jauh dari kepatutan yang seharusnya kami dapatkan. Terus kenapa harus dipojokkan, Kan tidak patut juga too…

            Salam damai NKRI…

          • Anda benar, Anda tong Kosong….he….he ngak udah sewot

            kalau begitu saya pesen mainannya dong……..saya pesen yang dari kayu mas….. soalnya di surabaya adanya dari Plastik, Made-in China lagi

            Itu yang modelnya ditarik atau yang pakai baterai mas ???

          • dah dong bung2 yg terhormat kita cooling down dulu .ntar warjag ini jadi kaya TO**X …..
            salam damai semua

          • haha..terlihat kan tong kosong beneran, kalo kasih analogi jauh-jauh amat, kaye tukang jual obat yang di pasar2x itu.

          • Lihat bung @DD ada yang mancing-mancing……………..

          • jadi bung melec jadi sampai sekarng anda masih ragu bumi itu bulat? haha..gimana bicara ikut project PKR? wkwkwk saya ga perlu terbang ke angkasa pun yakin dunia itu bulat, ga perlu nyoba pun saya yakin bumi ini bulat dan berputar pada porosnya, pak galilei galileo aja bisa tau dunia ini bulat dan berputar pada porosnya dan berputar mengelilingi matahari, tanya kenapa? karena dia orang yang belajar, haha..yakin deh anda ga tau rumusnya dari mana, karena emang ga tau..hahaha.

            emang sih dari umur pasti pak melect jauh lebih tua dari saya, tapi ya gitu deh..haha..temen2x gw pada ngakak baca2x komen lu pak

          • OK kalau begitu saya lanjutin……………..

            Roger=Indo

            Penjual obat itu berguna bagi orang lain pak, jangan menghina profesi orang

            nah akhirnya anda tahu maksud saya, bahwa segala sesuatu itu bisa tanpa melakukan sendiri, cukup analisa saja, sama seperti yang dilakukan Galileo Galilei

            berarti anda naik kelas dari Gobl*k ke sedikit dibawah rata-rata

          • Maaf .. saya agak ngeri dengarnya ..bang melekteck.. janganlah tuhan di bawa ke perdebatan anda … anda seakan mengataka bahwa siapa yang percaya akan tuhan belum atau tidak melihatnya tong kosong .. artinya sia2.. itu terlalu naif bung …. itu menyinggung keimanan dan kepercyaan salah satu agama…. berdebat boleh tapi tolong di pikirka kalimat yg mau di sampaikan… maaf kalau salah

        • Bagus komandan hajar ini orang yang tidak ada ietiket dan tatakramanya selalu mau menang sendiri dalam diskusi. sok jagoan sama dengan malon.MELEKKETEK hati2 kamu kalau ngomong/nulis dimari. disini tidak sedikit anggota yang ikut diskusi sementara kamu tdk tau siapa yang kamu maki.bikin saja manusia ini sasaran tembak si leo ndan

        • Assalamualaikum wr.wb
          kenapa bung Garuda Hitam sewot?
          imho
          karena bung Garuda Hitam juga merasa bertanggung jawab atas sebuah informasi yang disajikan, jangan sampai informasi itu salah dan menyesatkan. Apalagi kalau sampai informasi tersebut di baca oleh perantara kebijakan tentu keputusan yang di ambil pasti sesat juga :v
          saya malah suka atas sanggahan yang di sajikan oleh pembaca JKGR. masing-masing sanggahan pasti ada argumen yang kuat kenapa begini kenapa begitu :v apaan ni? apaan tu? :v
          ngomong-ngomong kemarin siapa ya yang bilang tank Merkava Mk 4 tidak bisa dihancurkan oleh militan Palestina? :mrgreen:
          sampai ngeyel-ngeyel :mrgreen:

          kalau salah ya maaf 😀
          maaf oot 😀

      • sambil “tiduran” bisa bikin hancur target berkilo kilo meter jauhnya. matabz…

      • ente tau apalagi? haha..sekarang ikut proyek apa lagi pak? haha

        • OK kalau begitu saya lanjutin……………..

          Roger=Indo

          Prioritas pertama :
          proyek membrantas orang Gobl*k seperti anda

        • jangan lup sedian anti dotnya juga… kayanya peluncur roket yang grad m msh kurang tuh.. trus yang pegang jangan mrinir doang.. ksh juga sm angkatan darat… bisa bonyok tuh batalion mekanis kalo roket roket pd salvo gitu,, SAM secanggh appun g ga bakalan mmpu menghalau kalo sebanyak ntu,,,

          bagus tuh buat pertahanan pntay… kalo mereka infasinya lewat laut…

          jangan lup tank nya msh kurang,, jamn skrg tank 1000 bknlah ap2…

          soal drone saya stuju… tp yang kecl2 saja jangan yang besar2… kalo boleh yang mesinya ga bersuara hehehe buat pengintai timsus… 😛

          kayanya yontaifib sm kipam kopssus butuh pesawat pengntay… hehehehe
          jangan lup,, ranjau juga jangan di habiskan semua,,

          yang plg di takuti tank bukan atgm tp ranjau..

      • Setuju mas melek..AD beli leo kan karena “pengen” punya MBT. Cuma itu dan tak ada urgensinya. Makanya dipilihlah yang second jumlahnya juga tidak signifikan yang penting sudah punya. Kami dari tim strategi dulu paling keras menolak pembelian MBT karena keberadaanya akan merusak atau merubah dasar strategi tempur yang sudah disusun lama, tp apa daya Pak Bos yang dulu ngebet harus ada MBT masuk ke dalam peta strategi tempur..yasudah lembur lg deh…hehehehehe

      • Leopard tetap perlu meski cuman 100 biji. Masak kavaleri kagak boleh minta yg bagusan dikit napa.

    • Ralat itu gambarnya JAVELIN, bukan ATGM NLAW

    • Buat bung A dan bung yang gi ribut, saya yakin argumen dan analisa2 yg anda sampaikan itu baik dan benar semua …karena saya yakin itu semua hasil (mungkin) dari pengalaman ataupun juga dari disiplin ilmu anda…. dan itu karena kecintaan anda semua kepada NKRI tercinta. Tapi …..seingat saya sesiatu yg baik tapi disampaikan dengan cara yg salah hasilnya akan salah/negatif.

      Nah menurut saya dibalik semua rencana, strategi dan senjata perang yg bagus, brilian dan mumpuni tetap kembali kepada personil dilapangan …. kalo orang Sunda bilang “man behind the guns !”…. NKRI Harga Mati bung !!!…. piss…

  3. setunggal…….salam kenal saudaraku semua.

  4. Tambah kualitas … tingkatkan lg kuantitas nya

  5. SR dulu lah….

  6. hehehe..baru ngeh..kerwn juga JKGR

  7. Indonesia dapat TOT nya gk ya sesepuh?..

    • Yang Next Generation Light Antitank Weapon ini kayaknya nggak dapet tot deh…, udah dapat alhamdulillah krn memang sudah sesuai kebutuhan mendesak TNI AD.
      Next Generation Light Antitank Weapon dipilih TNI karena praktis dan ringan, cocok untuk postur prajurit Asia/ Indonesia krn hanya berbobot 12,5 Kg.

      • Hla ini serupa yang digunakan seal, yaitu AT 4 ya bung Gue?..kalau ndak salah ini rudal apa ya? Disposal mode ya? Jadi sekali pake karena peluncurnya tidak diiisi ulang ? Cmiiw?…

    • kite njiplak aja … diem”, cape kalo nunggu ToT trus …

  8. Wah ini Milan Dan Javelin ( apalagi javelin) bener2 mengerikan buat pilot septic tank pendekar malon..asymmetric war Dan guerrilla war conventional war harus pakai…apapun yang pakai mesin dan ada rodanya armoured atau tidak ini antidote nya…tanya us army dan Hezbollah deh gue juga pakai Di game ghost recon. Alhamdullillah kita punya..corps marinir kita harus punya juga

  9. mantap

  10. gambarnya tentara PLA lagi latihan kog

  11. Mantep dah… Apalagi kalo udah ada javelin.
    Btw NLAW ini tipenya disposable alias sekali pake buang apa bisa direload ya?
    Maap masih belajar hhe

  12. Alamaaak….Astaghfirullah…
    Jarak tembaknya cuma 20 meter hingga 600 meter….???
    Ga salah senjata gituan dibeli…???
    Klo alasannya, “kondisi geografis Indonesia yg relatif menyediakan tmlt perlindungan sprti bukit, gunung maupun hutan & rawa”, mending sekalian aja pakai bambu runcing, pak….!!! Klo senjata kayak ginian dibilang modernisasi Alutsista, dari sisi mana “modernisasinya”? Toh ga jauh2 amat keunggulannya dgn bambu runcing kan… Lbh mending bambu runcing deh. Sudah terbukti negeri ini MERDEKA krn senjata legendaris itu. Nah skrg dgn bangga bilang modernisasi, tp senjata anti tank yg dibeli cuma memiliki jarak tembak seupil gt. Klo memang perang bener2 terjadi, saya kok ga bisa bayangin gimana nasib prajurit negeri kita.
    Rudal HAMAS yg “sejatinya” GAHAR gitu aja mental, pak. Duh duh duuuh… Ga habis pikir kok bisa dibeli yaaaaaaaaaa….

    • Kok disamain sama rudal hamas, lah fungsinya aja beda…….

    • benar bung payah ini rudal jangkauanya terlalu pendek.sangat berisiko bagi pasukan mengoperasikannya kasihan prajurut om.jarak jangkaun 20 sampai 600 meter?butuh prajurit berani mati mengoperasikanya untuk menghadapi MBT.ia kalau gak ketaun kalau ketahuan posisinya oleh lawan habis itu prajurit.apalagi kalau menghadapi lawan yang punya prinsip:frist sight,frist shoot,frist kill.bung arul apa iya untuk mengantisipasi perang gerilya butuh rudal anti tank? lazimya geriyawan tidak ada yang pakai tank apa lagii MBT.siapa yang gerilya RI atau lawan?maaf SAYA orang OOT

      • yang beginian mah seharusnya sudah jatah PINDAD bikinya buka produk impor.

      • Jangan liat 20 meternya aja…liat juga 600 meternya. Sekali lagi : senjata ini efektif di jarak 20-600 meter. Anda pikir 600 meter itu dekat? Dengan taktik HIT and RUN atau gerilya senjata ini cocok karena cukup ringan. Berbeda dgn javelin yg berat dan jauh lebih mahal. Nah, kalo tank/lapis baja lawan sudah dilumpuhkan sisanya tinggal dibedil.

        Siapa yang gerilya? ya kitalah…anda sudah menjawab sendiri pertanyaan anda dgn mengatakan gak ada gerilyawan yg pake tank apalagi MBT 🙂

        • lha dimari di katakan kita mau melangkah sistem pertahanan preventive strike serangan pencegahan .negara sebesar ini,penduduk no4 dunia sumber daya alam melimpah mau perang gerilya lawan siapa om?kalau dengan kondisi begini mengandalkan perang gerilya seperti tahun 45 baru merdeka ya pantas aja kita dikawasan ini dipandang sebelah mata.pantas saja daerah terluar terncam dicaplok.seperti pembangunan suar pak cik baru baru ini.singo mini aja sudah numpuk ALUTSISTA yang gahar dan mumpuni,sedangkan kita masih berfikir perang gerilya.yang kecil dan seupil penduduknya sudah siap2 perang besar.sedangkan kita masih terdoktrin perang gerilya.udah kebalik ini dunia.ha ha ha

          • Mas, perang gerilya adalah pertahanan terakhir. Jika musuh sudah masuk TNI terdesak kota sudah dikuasai musuh baru doktrin gerilya dipakai. maaf kalau salah.

          • Walaupun doktrinTNI skrg preemtive strike, tapi bisa saja doktrin itu gagal om kalo ternyata musuh kita lebih kuat. TNI harus siap menghadapi situasi terburuk dimana musuh berhasil mendarat di wilayah kita. Gerilya itu tidak cuma di hutan…di kota pun bisa.

            Menghadapi musuh yg kita tahu lebih kuat secara frontal adalah konyol, apalagi menghadapi lapis baja lawan sementara lapis baja kita tidak berada di tempat. Disinilah senjata anti tank berperan.

            Hehehe…jangan bandingkan TNI dengan pasukan upil/sonora yang kolokan itu om, jauuuh. Mereka cuma koar2 dan sok jago karena dibekingi sama tuan mereka. Padahal nyalinya sih keciiil. Mereka menumpuk alutsista baru…tapi apakah mereka mahir menggunakannya? Tidak semua pemilik super car itu jago nyetir.. kebanyakan malah cuma buat pamer

            Sampai kapan pun gerilya masih kepake om, jika situasi dan kondisi memang memaksa demikian.

            salam kenal

          • betul sampe kapanpun gerilya akan terpakai.untuk R1 siapa yang bikin RI gerilya?RUSSIA,CHINA.US hanya itu (imho) sedangkan mereka saat ini sahabat iya to? dgn US sering latihan bersama (logika kalau sering larihan bersama tentu kalau kita di serang kita juga di bantu jika tidak kenapa latihan bersama)maksudnya dengan anggaran terbatas utamakan lengkapi alutsista yang gahar dan punya efek penggentar yang mumpuni supaya asing berfikir ulang untuk macam macam apalagi sampai membuat kita gerilya.yang kayak bigini tidak perlu impor cukup dalam negri lebih hemat dan efisien cintailah karya anak bangsa sendiri menuju kemandirian alutsista harus di mulai dari yang keci2 dulu kayak yang gini. anak bangsa harus dipercaya bisa bikin ini barang. hargai mereka hargai PINDAD.kalau yang beginian kita pasti bisa anda percaya dengan slogan “anda percaya kami bisa” bung?Salam kenal, salam NKRI,salam sejahtera kalau ketemu mari kita salam salaman.

          • kita tidak anti dengan gerilya kita tidak anti ini barang.tapi beri kepercayaan anak bangsa. anak bangsa kalau dipercaya pasti bisa.semoga berawal dari kepercayaan ini mereka bisa bisa berkembang dan berinovasi menghasilkan produk produk yang lebih baik.kalau tidak kita siapa lagi yang mempercayai dan menghargai karya anak bangsa kita sendiri bung?cintailah ploduk ploduk indonesia.maaf saya anak bangsa yang OOT

    • Bung wedus…., sebenarnya bambu runcing sudah mau di ganti oleh TNI dgn meriam bambu bung, tapi sebagai negara ekonomi terbesar ke 10 di dunia, nanti apa kata Duniaaa ? makanya biar malaysia ga rese ngece(kata orang sunda) makanya kita beli NLAW, Javelin, Igla dll. Akhirnya bambu runcing di hibahkan TNI utk pawai 17 an dan meriam bambu di hibahkan juga utk warga setelah sahur ramadhan utk di mainkan. Maaf oot….

    • TNI mempunyai :
      1. roket anti tank, ragamnya seperti Carl Gustav, Armbrust, C90-CR, LRAC (Lance Roquette Antichar/Peluncur Roket Anti Tank) 89 dan RPG di Marinir TNI AL
      2. ATGM (Anti Tank Guided Missile) yang dirancang sanggup membungkam MBT, yakni FGM-148 Javelin ( blm datang) dan NLAW (Next Generation Light Anti Tank Weapon).

    • yah,ini kan anti tank panggul, jadi cukup dioperasikan satu personel, karena ringan bisa ditenteng masuk hutan.

    • Betul sekali

    • Hehehe..! Maaf bung Wedus..! Ini senjata pikul/panggul. Jadi jarak tembaknya juga disesuaikan dengan daya pandang si pemikulnya. Yang perlu di apresiasi adalah daya hancurnya. Terima kasih bung..!

      • betol sangak kau jerr,, kah kah kah.

        makan bubur jangan pakai sumpit, makan mie ayam jangan pake sekop, mulutnya gak muat, jadi semua buanglah pada tempatnya… kih kih kih
        aplikasikan sesuai sikon

      • trus gmn dgn rudal Javelin bung yayan, jangkauan nya 5 km , berat 22,7kg, apa cocok utk di panggul pasukan kita? atau di instal ke anoa? beli nya lumayan lebih dari 100 unit

        • lebih pas nya jarak tembak maksimum 4.500 meter dan jarak tembak efektif 2.500 meter ,
          dan akan mngakuisisi sekitar 180 tabung rudal Javelin Block I, varian tercanggih.

    • @wedus,setuju bung; mending pakai sumpit atau ketapel aja klo jaraknya segitu. Apa dikira klo perang itu harus milih2 tempat yg banyak pohon/hutannya? Saya ini asli orang Kalimantan juragan; hutan disini jg sdh banyak yg gundul… Hmm….

    • Tenang bung. Semua ada fungsi sesuai medannya. Kalau mau dari jarak jauh kan disiapin Mi 35 dan Apache Guardian.

    • Maaf Bung wedus
      Nlaw cocok buat medan kota dan hutan
      walaupun hanya dalam Game komputer Wargame Red Dragon
      justru jarak pendek lebih mematikan dari jarak yang jauh tebukti tank-tank musuh porak poranda setelah masuk kota

  13. Fitur ATGM NLAW

    *.Dioperasikan oleh seorang prajurit (non-expert)
    .*.Rudal anti tank terintegrasi dengan peluncurreloadable
    *.Fire & forget
    *.Modus tembak OTA (Overflying Top Attack) dan DA (Direct Attack)
    *.Un-jammable proximity fuze
    *.SSKP (Single Shot Kill Probability) tinggi
    .*.Kemampuan Night vision
    *.Bisa dioperasikan di ruangan terbatas/sempit.
    *.Bebas perawatan
    *.Di desain untuk digunakan di semua lingkungan dan iklim.Karakteristik ATGM NLAW
    *.Berat 12.5 kg (termasuk atgm berbobot ringan)
    *.Panjang 1016 mm
    *.Jangkauan 20-600m
    *.Hulu ledak Single shape charge
    *.Persiapan tembak 5 detik
    *.Insensitive munition
    *.Kaliber 115/150 mm
    *.Kecepatan awal 40m/dtk dan kecepatan maksimum subsonik
    *.Optical sight 2.5x magnification Sighting System
    *.Red dot sight
    *.NVG- compatible
    *.Usia pakai (simpan) 20 tahun.
    *.Temperatur operasional -38 hingga 63 ºC
    *.PLOS (Predicted Line Of Sight) Guidance

    tahan banting awet serbaguna buat gerilya nih…..

  14. Denger2 ni buat kopassus ya?

  15. ATGM NLAW nya beli brp kt..?? persiapan tunggu Javelin y..:)

  16. Rudal ini cocok untuk kopassus dan marinir sebagai pembuka jalan serangan.justru rudal jenis NLAW hrs diperbanyak untuk perang berlarut juga dibutuhkan untuk meneror musuh secara gerilya.

  17. Mo tanya ma kawan-kawan neh.. bisa enggak ini senjata di instal ke rantis komodo? Biar komodo bisa menjadi lawan yang mematikan untuk sebuah MBT… trim untuk babarannya..

    • Bisa aja sih…tapi menurut saya lebih efektif kalo tetap portable (panggul) biar bisa di ajak sembunyi di ruang2 sempit saat operator membidik tank. Persiapan tembak 5 detik menjadi kelemahan kalo senjata ini dipasang fixed dikendaraan. Bisa2 sebelum nembak tapi udah ketembak duluan sama si tank.

      Maaf analisa ngawur

    • drone supersonik, emang udah ada bung???
      ada yang hyper sonic, tp masih prototype, dan itu lebih cocok digunakan utk kamikaze menggunakan nuklir.. dgn motor nya RAMJET. itu pun udah beberapakali percobaan tp gagal trus,,

      tp yang supersonik, utk serangan darat kyk nya blm ada, soalnya driver akan kesulitan melacat/mencari titik sasaran klo kecepatan nya tinggi, kecuali, sasaran sudah di kunci, dari darat.

      • betul bung syaiful, memang kecepatan nya masih sub sonic, bahkan yang masih dibawah 500km/jam, perkiraan 300 – 500km perjam, ga jauh beda ma heli,

        hanya saja drone lebih kecil, dan sanggup terbang lebih tinggi, sehingga susah di deteksi dgn mata telanjang, dan kebanyakan drone menggunakan bahan komposit, agar tidak banyak memantulkan kembal sinyal radar,

        rudal hellfire udah bisa mencapai jangkauan 7-8km bung,

        drone kebanyakan menggunakan kamera thermal utk mencari sasaran dgn suhu panas yang di timbulkan oleh sasaran..

        soo klo sasaran bisa mengurangi suhu nya, kemungkinan lolos nya ada,, tergantung dari logika driver drone itu sendiri..

      • bung andry@argumen anda mencerminkan pribadi anda bung,terima kasih atas tambahan wawasannya bung!

    • bung joko@ini sebagai gambaran,mungkin bisa di pelajari!

    • Berdoalah mas..semoga gak ada yg nenteng SAM di rombongan tsb 🙂

  18. vnd.youtube:YlISYOVgx80?vndapp=youtube_mobile&vndclient=mv-google&vndel=watch

  19. Beli yang banyak. Pindad belum bisa bikin ya.mungkin terkendala masalah guide misilenya.

  20. Cara kerja bisa di liat disini :

    • Cara kerjanya bukan menghantam langsung target bung ya? Tapi meledak tepat diatas target.
      Kira2 apa keuntungan dari cara kerja seperti ini bung? Bukannya menghantam langsung target lebih efektif daya hancurnya dibandingkan dengan meledak diatas target?

      • Bung BRICI, selamat utk kelaniran putra keduanya, semoga jd anak yg soleh dan bs jd generasi penerus yg hebat utk kejayaan NKRI dankebanggaan bung BRICI sekeluarga, aamiin!

        • Bung Ekki, maaf ya telat respon comment nya, lagi ngurus bayi. hehe
          Amin,, terimakasih bung ya atas ucapan Anda…
          Semoga Anda dan keluarga diberi kesehatan selalu.

          Salam Hangat,

    • NLAW mempunyai dua macam cara peledakan :

      OTA (overflight top attack) ==> Paling Favorit, Melintas diatas Tank, dan meledak yang dipicu oleh sensor Magnetic, karena lapisan paling tipis dan paling rawan adalah bagian atas Tank, hasilnya Tank mungkin masih utuh tapi Kru didalam Tank bisa Almarhum semuanya.

      Direct attack ==> bukan Favorit, hantam langsung, sama seperti RPG

      NLAW memang ngak se-dahsyat Javelin
      Sesuai namanya NLAW ==>Ringan (Hanya 12.5 kg) bisa dibawa oleh 1-Orang saja, cocok untuk pasukan Tugas Khusus

    • metode ledak nya seperti itu ya…ada yang bisa membabar?

  21. Saya pilih buatan dalam negri FFAR 70 mm guided rockect. Bung jalo mana nih hehehe bisa ajah

    • Nah ayo bung belajar yg banyak ya. Belajarnya jgn cuman drone dan anti MBT melulu bung. Biar bung joko tambah kaya wawasan. Jd klo komen di sini gk bahas drone dan anti MBT melulu hehe

      Salam damai untuk semua

  22. sr aja

  23. Beratnya 12,5 Kg wahh bisa bikin prajurit-nya AMBLESH tuh, udah batalin aja beli tu ATGM ganti sm SENAPAN ANGIN aja lebih ringan n efisien pas n sesuai dgn kondisi tanah Indonesia

  24. Ama pake ketapel aja jauh lebih murah. Bisa bikin sendiri nanti samnya pake panah..Dijamin tidak AMBLES.

  25. Mantap ni udah dateng ATGM kelas ringan…tinggal nunggu javelin yg kelas berat..btw mohon infonya kalo NLAW guidenya missile berupa apa ni laser Ato yg lain? Apalagi kapabilitasnya adalah fire and forget maaf oot

  26. Wah ane sewot nie klo dibilang MBT Leo cma bsa molor alias tidur. Udh tau blm jarak maksimal kanon leo?sma sispernika nya? Anak yonkav tank aj berebut mau jd awaknya. Jgn suka remehin negri sendiri,sblm cina bikin rudal ini negara ud pny rudal nama nya Kartika 1. Cina msh operator Mig kta udh oprek2 Mig 21 & Tu 16ks. Drone, udh ada dr thn 90an dsni. Apalg midget, human terpedo aj udh d tes thn 60an jaman trikora. Klo mau liat pespur asli indonesia silahkn dtg ke PT DI asal pnya clearence level 1..hehehe

  27. Keren nih kalo komodo juga nenteng beginian
    http://media.militaryphotos.net/photos/albums/album52/aam.jpg

  28. ada yg sadar gak kemarin ada berita 25 marder dah di tempatkan di jatim,padahal seharusnya leo datangnya sama2 dengan marder itu.
    silakan di kira2

  29. pastinya, ada hitam, ada putih,
    ada pesawat tempur, ada SAM,
    ada perawan ada jejaka,
    ada janda ada duda,, hehehe,, just kidding bro,,

    walaupun ada penangkalnya,, tp tetap bergantung dari strategi yang digunakan.. penangkal akan bekerja , bila musuh menyerang sesuai pemikiran kita, tp klo musuh punya strategi lain , karena sudah membaca kekuatan penangkal kita, mungkin lain lagi cerita nya..

  30. sehebat apapun senjatanya, tanpa strategi yang cerdik, akan mengalami kesusahan menaklukan musuh,, bahkan mungkin bisa dikalahkan musuh..

  31. sudah berkali kali diingatkan.diskusi yang santun biar semua warjager tambah wawasan,gimana mau berjiwa patriotisme n bela negara,di dumay aja msh ribut,apa lg di real life…

    berdebat dan berargument boleh saja asal jgn merendahkan,pada dasarnya alutista dibuat bdasarkan kondisi,dan smua jg punya kelebihan dan kekurangan,tinggal user nya saja cocok dgn tupoksi dan kondisinya tidak.

    maaf cucu lancang

  32. 0www. .

  33. Wis mas melektech, gak usah ngoyo. Sing penting saiki yok opo carane nggawe ATGM kanggo mateni MBT. Iku sing tepak mbahase. Iso gak awak dw nggawe. Ok boss.. Siap cuk…

  34. wow NLAW nya mantep tuh bwt spesial force

  35. siip bung @cucu atas komennya…salam !
    terlepas dari siapa..dgn niat apa dan bicara apa ttng artikel di atas
    ataupun lainnya….ane ga mau ambil pusing.
    yg mesen dan usernya ya TNI…kalo perang ya TNI duluan di garda terdepan dgn segala alutsista dan hasil latihan selama ini serta nyawa
    sebagai taruhan…..gitu aja repot, …terserahlah mao pada ngebacot apa….yg ane pegang adalah TNI sebagai prajurit profesional maka merekalah yg paling mengerti dan siap bila perang terjadi….salam untuk para prajurit !

  36. Bung Melektech, saya akui anda ini pintar. Tapi sayang, kepintaran anda dikalahkan oleh sifat sombong dan egois anda. Otak anda sangat tidak cocok dengan sifat anda sendiri.
    Entah commend anda cuma sekedar cari sensasi, mau nunjukin kepintaran anda, atau memang anda sdikit kurang waras….
    Ini forum berbagi informasi dengan damai bung…

  37. bung gue, maaf saya punya usul gmn kalo ada artikel..lain kali jg ditambahkan komentar dari personil tni sbg usernya,,jadi kita bs tahu jelas kondisi yg sebenarnya dihadapi oleh para pengawal negeri ini..
    maaf merepotkan..trims
    jkgr mmg keren
    salam nkri

  38. bung melektech kamu ini manusia dungu. Otak kamu gk mencerminkan jiwa seorang ksatria.. Hanya berani koar2 di belakang layar saja. Kamu ini intelejen asing kan yg tugasnya mencuci otak masyarakat

  39. Bung Diego dan admin lain…gambar di atas itu Javelin bukan ATGM

  40. Kelewat hebat yaa streees

  41. Pernah nyoba memanggul Peluncurnya Nlaw terasa enteng banget mungkin beratnya hanya sekitar 1 KG an saja ,, baru kalau diisi oleh rudalnya baru terasa berat untuk memanggulnya,,,
    Balyon mekanis akan dilengkapi ATGM Nilaw selain kostrad..
    Kabarnya distribusi Nilaw banyak disebar didaerah perbatasan

  42. la kowe kuwi dibayar piro kog gembar gembor drone wae ??

  43. Ane mo koment jadi males, komenye pade pake emosi,bukanye disini yg pinter sama yg blm alias baru belajar saling menghargai satu sama lain.?? Gimana nih negara mo maju rakyatnye az gontok”an ga jelas..ane mohon yg udah ngerasa pinter tolonglah yg santun & berbagi ilmu sama yg baru belajar…klo masalah alutsista ane nurut az sama usernye yg lebih tau yaitu TNI.. Tapi klo masalah perang demi NKRI ane siap jiwa & raga demi negara ini..walaupun tuh musuh pake nuklir sekalipun..hidup NKRI..hidup TNI…!!! toh yg pinter juga blm tentu berani ikut perang, cuman bisanye komentar doank paling..!! Tolong dijaga adat,sopan santun dlm bertutur kata..!! Tolong untuk bung admin klo ada kata2 yg ga pantas di delete az ga usah di publish..trim’s..

    ….NKRI HARGA MATI…

  44. Bingung mau komen apa?
    Komen salah dibilang G****k lagi … Prihatin banget …
    Bagaimana menumbuhkan jiwa patriotisme buat bela bangsa negara kalau kita yang awam ingin belajar tentang militer negeri sendiri ketika beradu argumen di bilang G****k?
    Apakah yang merasa pintar akan berdiri paling depan sendirian membela NKRI dan tidak butuh bantuan kami yang awam ini?

    • Gini aja deh bung prinsipnya,ambil yg bgus buang yg jelek. Mari bung jgn kapok belajar/berdiskusi dimari,disini lbh bnyak yg cerdas otak dan hati kok di bndingan dgn yg memposisikan dirinya cerdas tp…………hehe

  45. Siap komandan,,maafkan kami bila lancang.Allah menciptakan makhluknya termasuk manusia dgn berbagai rupa dan pemikiran,jangankan 1-negara,1-keluarga aja pasti memiliki perbedaan pendapat.tpi alangkah indahnya bila perbedaan ini d gunakan utk saling melengkapi bukan utk saling menjatuhkan.ingat kualitas seseorang d nilai dri ucapannya.ilmu d sertai iman akan menjadikan manusia cerdas nan bijaksana,tpi ilmu tanpa iman akan menjadikan manusia cerdas nan licik.sekali lagi maaf lancang,mungkin d karenakan pendidikan sya yg rendah.tpi 1-hal positif adu argumen d atas ialah : mereka sama2 mengharapkan yg terbaik untuk negri ini, I like that ,, wasallam ,,jayalah negri q Indonesia ,,

  46. Kalian hanya jd bahan tertawaan sj yg konon org hebat di formil.Ape pulak budak indon begaduh kat sini tak de keje pe,cuci longkang tu jgn begaduh je

  47. Setiap alutsista pasti punya fungsi yang berbeda-beda, saling dukung dan saling melengkapi. Tidak ada alutsista yang percuma, semua tergantung strategi yang dimainkan. Mohon dicermati oleh warjager bahwa jumlah yang sebenarnya tidak selalu sama dengan rilis resmi. Kalau saya sih rilis resminya saya tambahi 0 (10=100). Jadi kalau rilis leopard 124 maka saya anggap 1240 😀 maaf numpang oot.

  48. iyo, kandani ngotot wae , dran dron. nek wes kadong di hek iso nembak irongmu dewe,gelem!!! wes ra sah dran drone wae.

  49. Bung setia NKRI@ mohon maaf argument sya bukan brmakmsud utk mendikte anda,tpi sya tujukan utk warga yg coment panas d atas.smoga sbagai warga negara yg baik kita bisa bertukar pikiran,berbagi ilmu namun ttp sling menghargai,mohon maaf to all warjager bila sya lancang.wasallam ..

  50. Bung setia NKRI…mantap I like it
    Lanjutkan
    dan salam pada para ksatria ibu pertiwi

  51. Selamat untuk anda Bung Melektech, umpan anda banyak disambar oleh user dan anda membikin gerah mereka terlepas entah apa motif anda sebenarnya?????

    • saya bukan user kok tenang aja .
      Usernya malah banyak yang Bijaksana

    • ha…..ha….geli saya baca komen anda, anda mau gerah kek, bergairah kek, ejakulasi kek……………..sama sekali tidak pengaruh. Melektech itu hanya nick name, sama sekali tidak mempengaruhi saya.

      silahkan hina saya semampu sampeyan.

      saya juga ngak butuh pujian, buat apa, ngak ada hasilnya dan reward nya

      itulah forum ini, satu orang bisa 1.000 nick name, konsepnya sama dengan TOPIX, makanya saya sangat santai

      JakartaGreater sudah sangat berubah, jauh dibanding dulu yang bisa dinikmati, sekarang……………….

      “Ultimate Fighting Championship”

      tenang saja bung, nanti kalau ada komen/artikel yang “menyedihkan”, saya janji habisi secepat cepatnya dan sesingkat singkatnya.

      Surabaya, 21 Agustus 2014
      Atas nick name sendiri

      TTD
      —————————–
      Melektech

      Salam lepet bung Satroloyo

  52. Ya Kali Om, dicantolin Rudal Yakhont.. Ngga sekalian DF-5/5A – ICBM yang kedepannya bisa diluncurkan via Drone, ehehehehe.

 Leave a Reply