Dec 122014
 

 

Malang – Industri pertahanan dalam negeri terus bergerak memproduksi alat utama sistem persenjataan (alusista) dalam berbagai model. Untuk jenis rudal, Indonesia telah mendisain dan akan memproduksi sendiri rudal yang diberi nama rudal petir.

Rudal Petir itu didisain oleh PT Sari Bahari dan diperkenalkan kepada Menteri Pertahanan Ryamizard Riyacudu di perusahaan yang berlokasi di Jalan Bendungan Sempor, Malang, Jumat (12/12/2014).

PT Sari Bahari akan membuat rudal seperti pesawat dilengkapi bahan peledak seberat 10 Kg yang diisi PT Dahana,” kata  Pendiri PT Sari Bahari, Ir Ricky Hendrik Egam sambil menampilkan gambarnya di layar.

Menurut Ricky, rudal petir mempunyai kecepatan luncur sampai 250 Km/jam. Rudal dapat diluncurkan dari kapal perang maupun menggunakan launcher dari darat. Rudal juga dapat dikendalikan dan diprogram untuk mencapai sasaran tertentu.

“Kami sudah uji terbang, tinggal uji ledak. Kalau jadi program ini di Kemenhan bisa diuji. Daya capainya 40 KM,” paparnya.

Ricky menjelaskan kemampuan rudal petir lainnya. Yaitu? dapat diluncurkan dari kapal perang, sasarannya obyek vital tidak bergerak. Rudal dapat melalui sasaran melewati kontur, dan kerendahan terbang sampai 20 meter sehingga tidak terbaca radar dan frekuensinya berubah2 hindari jumming.

“Rudak petir asli buatan anak bangsa, tidak melibatkan tenaga asing sama sekali,” ujarnya. (detikNews)

———————————————————————————————————————————————————————-

Menhan Blusukan ke Pabrik Bom dan Rudal

Menhan Blusukan ke Pabrik Bom dan Rudal

MALANG – Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu dalam blusukannya meninjau lokasi pabrik pembuat bom dan rudal yang biasa digunakan TNI dalam latihan perang maupun tugas-tugas kenegaraan.

“Langkah seperti ini yang saya katakan tadi kita bisa lakukan 10 tahun mendatang tercapai,” kata Ryamizard di PT Sari Bahari, Malang, Jawa Timur, Jumat (12/12/2014).

Salah satu rudal yang dipresentasikan adalah Rudal Petir. Direktur Utama PT Sari Bahari Riki Egam mengatakan, rudal jenis ini asli buatan anak negeri. “Jangkauan capainya mencapai 40 kilo meter. Diluncurkan dari kapal perang,” ujarnya.

Berbagai jenis bom dan rudal siap pakai dipamerkan dalam pameran dan workshop alat persenjataan tempur TNI. Sejumlah alat persenjataan itu siap pakai (live) dan ada yang digunakan untuk latih tempur.

Sejumlah bom dan rudal yang dipamerkan PT Sari Bahari seperti Bomb P-100 L (Live) digunakan pesawat Sukhoi (for Sukhoi Aircraft) dan Bomb P-100 jenis bom latih.

Berikutnya, Bomb P-25 (for Nato Standard), Smoke Warhead (cal 70 mm (2,75)), dan Folding Fin (for Rocket FFAR Cal 70 mm (2,75) For Nato Standard). (nasional.sindonews.com)

 Posted by on December 12, 2014

  83 Responses to “Ini Rudal Petir, Hasil Karya Anak Bangsa yang Mulai Diproduksi 2015”

  1.  

    baru denger ni rudal
    maaf…

    •  

      Numpang bung Joko, jd kayak rudal tomahawk ya. Bagus nih bisa d program, frekwensi berubah2 utk menghindari jamming, jangkauan lumayan,bs terbang mengikuti kontur bumi, cuma mungkin kecepatannya yang perlu di tingkatkan. Mesin pendorongnya pakai apa ya?

    •  

      Kagak sabar di Uji coba di negeri tetangga..

      Mungkin seperti ini ekspresi percakapan tentara mereka..
      Aktor (A dan B)

      ( …Rudal Petir mampir ke negara tetangga… )
      A : ADA UAV,, ADA UAV,, !!
      B : Dari negara jiran ya hahaha… lambat bener kagak sampek sampek ntar lagi juga jatoh..
      ( …Rudal Petir nyungsep kehilangan tenaga mati mesin… )
      B : Tuh kan saya bilang juga ape.. hahaha nyungsep

      KABOOOMM!!

      •  

        bagus jg untuk kamuflase bung… dilambatin jd kyk pesawat komersial

      •  

        iya bener bung nusantara.majapahit..

        ————————–
        klo jiran yg sebelahnya lagi yg diatasnya..,, begini percakapan tentara mereka

        Aktor A & B

        (… Rudal Petir mampir ke negara tetangga…)
        A : eh apaan tu… siapa yg lagi main pesawat-pesawatan dimari..?
        B : au..
        ( …Rudal Petir nyungsep kehilangan tenaga mati mesin… )
        A : eh jatuh tuh.. gw tangkep gw jadiin layangan
        B : siapa cepat dia dapat.. (lari duluan)

        KABOOOM!!!

        A & B : asem tangan gw putus…

  2.  

    hmmmm

  3.  

    one..!

  4.  

    Wow keren bangun terus alutsista dalam negeri. Jayalah indonesia

  5.  

    bangga dg hasil karya anak bangsa

  6.  

    Kecepatan luncur 250 km/jam…
    Mohon pencerahan, apa nggak terlalu lambat.

  7.  

    Mantyaap
    Perlu alokasi dana lagi untuk membuat dg kecepatan supersonic , bukan hanya sasaran diam, tapi juga sasaran bergerak,,
    Berharap rudal petir dr pt sari bahari tidak dijegal lagi oleh asing atau Lsm,, yg molor seperti rudal kartika, de el el

  8.  

    wah keren MKRI harga mati

  9.  

    Patut di apresiasi, tanpa d mnta pun mereka sdh melakukan inovasi yg kdpan ny bisa mnjdi sumbangsih bagi prthanan negara, seprti inilah hrpn bngsa, berfikir, bekerja dan kerja…semoga kemajuan bisa tercapai lebih cepat….Jayalah bangsa ku, Jayalah negri ku…..salam hangat.

  10.  

    semua hasil karya anak bangsa patut diapresiasi

  11.  

    Kenapa jakarta greater skrng sunyi ia. Tdk sprti dulu.

  12.  

    Kalo Di darat Cocoknya buat ngancurin perkubuan GPK yang gak punya SAM….. Kalo buat ditaruh kapal perang, cocoknya buat ngancurin kapal sipil / nelayan….. Nggak cocok buat ngelawan kapal patroli tetangga yang punya SMB, coz bisa ditembak jatuh karena kecepatannya cuma 250 kph…..
    Tapi patut dipuji kemampuannya

  13.  

    Setelah beberapa minggu lalu melihat foto-foto uji coba nih rudal sekarang sudah nasuk berita resmi. Mantab dah

  14.  

    Apa beda NATO Standard dan Non NATO Standard? Centelannya sajakah?

    Terima kasih Infonya. Salam…

  15.  

    klu namanya petir kecepatannya harus sama dengan kecepatan cahaya dong….jupiter mx 250 km/jam.wusss…..yamaha dilawan.

  16.  

    …sasarannya obyek vital tidak bergerak…

    berarti dikendalikan gps, belum bisa dijadikan rudal anti kapal -yang penting akurat dulu.

    rancangan semoga cepat dikembangkan seperti rudal2 masa kini dengan sirip2 dapat dilipat (folding fins) sehingga praktis untuk diusung multiple launcher.

    ini masih seperti desain rudal silkworm,
    http://snappedshot.com/turbo/sites/default/files/styles/large/public/1799694850d1e96497a165e9a2827ed3.jpg

  17.  

    Cuma bisa menghantam sasaran yang tidak bergerak, sepertinya ini cuma uav yang dikasih hulu ledak ujungnya. Awal yang sangat bagus sih mudah-mudahan 3 tahun sudah sempurna apalagi 10 tahun harusnya kita sudah bikin rudal SAM.

  18.  

    ada nama pak ryamizard ryacudu..mantep juga rupanya

  19.  

    Akibat salah urus menizinkan misionaris nasibmya mbalelo
    Lupa sejarah yg bawa misionaris adalah kaum inlander

  20.  

    bagaimana kita tahu apa sebenarnya yg di inginkan rakyat papua..opm mengatakan rakyat papua ingin merdeka,jakarta pasti mengatakan sebaliknya..

  21.  

    Nanti pasti ada yang bilang, ini salahnya jokowi….

  22.  

    Nanti kalau rudal ini sudah sempurna pasti bakal di klaim sama barisan sakit hati kalau ini semua prestasinya si beye bukan jokowi.

  23.  

    Jgn pake GPS dunk klo di jamming radionya buta dah… pake inertial navigasi sendiri dunk…

  24.  

    Dalam Pemberitaan lain, kelompok HAM Free west papua menekan Jakarta untuk membuat Istana di irian barat,
    ————————–
    mungkin sebagai persiapan jika memisahkan diri ..sudah memiliki Istana sendiri, lumayanlah
    😀

  25.  

    Bagus nih buat ngetes LEOPARD sama TUKANO.

    •  

      Leo dan tukino baru pas digunakan jika usmc dan australia membuka battlefield secara frontal, diluar itu lebih baik menggunakan operasi senyap, gue sendiri heran kenapa hal ini masih tidak kunjung tutup buku. 😀

  26.  

    orang indonesia sebenarnya pinter2 , bisa bikin sama kaya yg negara maju bikin , tinggal perhatian lebih dari pemerintah aja.

  27.  

    orang2 papua disini aja pda mabuk2an
    tp itu gk smuanya
    malah mreka sudah sadar yg bikin papua sperti itu adalah pejabat2 pemerintahannya
    otonomi daerah sdah dtrapkan lbh dari 10th
    tp hasilnya sama saja

  28.  

    Alhamdulillah, akhirnya jadi jg rudal hasil inovasi anak negeri.
    Membanggakan!
    Masih terlalu lambat sih, tp gpp lah, yg penting kan bisa smp tujuan dgn selamat. Alon2 asal kelakon.
    Gelegaaar! Tahu2 musuh hancur. Rudal petir gitu loh. Hehehe!
    Ane yakin klu diperbesar jangkauannya bs ribuan km. Tomahawk bs mencapai ribuan km jg krn diameternya besar.
    Selamat utkmu Sari Bahari!

  29.  

    Kagak sabar di Uji coba di negeri tetangga..

    Mungkin seperti ini ekspresi percakapan tentara mereka..
    Aktor (A dan B)

    ( …Rudal Petir mampir ke negara tetangga… )
    A : ADA UAV,, ADA UAV,, !!
    B : Dari negara jiran ya hahaha… lambat bener… kagak sampek sampek… ntar lagi juga jatoh..
    ( …Rudal Petir nyungsep kehilangan tenaga mati mesin… )
    B : Tuh kan saya bilang juga ape.. hahaha nyungsep

    KABOOOMM!!

    A & B : Asem gigi guwa Rontok

  30.  

    Rudal Petir!! Alon-alon asal klakon… 🙂

  31.  

    Rudal petir Sistem Kendalinya & akurasi nya bagaimana ???
    untuk meningkatkan kecepatan dan daya jangkaunya, apa bisa dilengkapi dengan booster, seperti rudal C-705 ???

  32.  

    Dimana? ane mau dah main ke rumah prof (harus ada kopi ama pisang goreng ya!.)

  33.  

    Prof ade nda’? kacamata bisa tembus tembok beton (hi.hi.hi ane pesan atu ya?)

  34.  

    Wajib kita dukung hasil kreasi anak bangsa demi memajukan industri pertahanan Nasional untuk menuju kemandirian swasembada alutista Nasional, hal ini harus disertai komitment yang tinggi dan dukungan dari pemerintah dan rakyat Indonesia. Tahap awal yang sudah tepat, tinggal diupgrade untuk ke level yang lebih tinggi lagi. Kita tunggu inovasi selanjutnya…., “Salam dan Hidup NKRI”

  35.  

    Kaliber 5,56 dah cukup kalo itu mah

  36.  

    Inget tjipetir..

    •  

      Sebuah aset negara yang sudah melegenda di dunia terutama eropa, seharusnya pemerintah memanfaatkan moment ini agar menggerakan lagi pabrik Tjipetir. Karena saat ini pabrik tersebut sangat memprihatinkan hanya di kelola oleh PTPN VIII dan mengerjakan berdasarkan pesanan saja tanpa ada niat untuk membesarkan, hasil olahan Gutta percha yg dibuat Tjipetir adalah isolasi kabel bawah laut (telegraf), bola golf, keperluan medis pengganti organ tubuh, perawatan gigi dan pembuatan gigi palsu, serta untuk bahan ban.

  37.  

    Rudal petir yg didesain dan cara kerjanya mirip sebuah pesawat drone namun ia bermuatan hulu ledak, merupakan ide cemerlang yg patut diapresiasi! .. selanjutnya Kita tunggu polesan terbaik seluruh karya anak bangsa ini menjadi sebuah kebanggaan nasional maupun internasional!

  38.  

    saya kok jadi yakin ada yang diahasiakan tentang kecepatan dan hulu ledaknya,……

  39.  

    Pejuang tanah air@cm ada dua opsi,jk pemerintah bnr2 ingin mendengar suara rakyat papua ya apa blh buat harus referendum,agar tahu apa yg di inginkan rakyat papua sebenarnya,tp itu resiko tinggi..
    namun jk mau dipertahankan sbg bagian dr nkri,pemerintah harus serius dlm penindakan utk mengerahkan pasukan dgn kekuatan militer penuh..tangkap perusuh opm dan sempalannya sampe habis,libatkan masyarakat asli papua utk memberantas opm dan antek2nya..tangkap pejabat2 papua yg korup tanpa pandang bulu,krn saya curiga ada bbrp pejabat2 di papua yg menjadi bagian dr opm..

  40.  

    Awal yg bagus, semoga prosentase local contentnya tinggi. Semoga diberi kemudahan dan dukungan untuk pengembangan versi2 berikutnya

  41.  

  42.  
  43.  

    wew

  44.  

    ingat !!
    “Rudak petir asli buatan anak bangsa, tidak melibatkan tenaga asing sama sekali,”
    tahun 2015 sudah mulai di produksi dengan kecepatan 250km/jam dan daya jangkau 40km.

    TUNGGU 4 / 5 TAHUN LAGI, SAYA YAKIN KECEPATAN DAN DAYA JANGKAU AKAN LEBIH TINGGI LAGI
    PUTRA PUTRI INDONESIA PINTAR PINTAR, YAKINI ITU !!

 Leave a Reply