Apr 242018
 

S-300 Rusia. (photo: piligrims74 (Anton) via commons.wikimedia.org)

Jakartagreater.com – Awal pekan ini, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menyatakan bahwa Moskow belum memutuskan apakah akan memasok sistem Rudal permukaan-ke-udara jarak jauh S-300 ke Suriah, dirilis Sputniknews.com, 24-4-2018.

“Yang penting bagi kami adalah senjata pertahanan yang diberikan Rusia kepada Suriah tidak akan digunakan untuk melawan kami. Jika mereka digunakan untuk melawan kami, kami akan bertindak melawan mereka”, ujar Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman kepada media Ynet, yang merefleksikan kemungkinan akuisisi S-300 sistem pertahanan Rudal Suriah.

Menteri Pertahanan menjelaskan bahwa Israel “tidak ikut campur dalam urusan internal Suriah, tetapi di sisi lain kami tidak akan mengizinkan Iran membanjiri negara dengan sistem persenjataan canggih yang akan ditujukan terhadap Israel.”

“Jika ada yang menyerang kami, kami akan membalas, terlepas dari S-300, S-700 [sic] atau kehadiran apa pun di sana,” kata Lieberman.

‘Garis merah’

Dalam wawancara dengan Radio Angkatan Darat, Menteri Intelijen Israel Yisrael Katz meragukan potensi pasokan Rusia dari sistem pertahanan Rudal S-300 ke Suriah, menunjukkan bahwa langkah itu akan merusak hubungan Moskow dengan Tel Aviv.

“Saya ragu bahwa mereka akan memasok sistem pertahanan Rudal ini – pada saat mereka akan melewati batas tertentu dalam hubungan kami,” kata Radio Angkatan Udara mengutip Katz. Pejabat senior Israel lainnya juga menyatakan keprihatinannya atas potensi pasokan sistem S-300 Rusia ke Suriah.

“Setiap jenis senjata yang mengancam keamanan Israel selalu menjadi masalah,” kata Wakil Direktur Jenderal dan Direktur Departemen Luar Negeri Eurasia, Alexander Ben-Zvi.

Pada saat yang sama, Ben-Zvi tidak mengklarifikasi jika Tel Aviv akan mengangkat masalah pasokan S-300 selama pembicaraan dengan para pejabat Rusia. Dia, bagaimanapun, mencatat bahwa “hal-hal mengenai konflik Suriah terus-menerus dibahas selama pertemuan antara politisi dan diplomat Israel di Kementerian Luar Negeri dan Dewan Keamanan Rusia.”

Pernyataan itu muncul hanya sehari setelah IDF meluncurkan serangan terhadap Artileri Suriah setelah sebuah Mortir jatuh di samping pagar keamanan di Dataran Tinggi Golan Utara, daerah yang disengketakan, yang telah menjadi titik fokus dalam hubungan antara Tel Aviv dan Damaskus sejak itu. tahun 1967 Perang 6 Hari.

Belum Diputuskan

Pada 23 Maret 2018, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menyatakan bahwa Presiden Vladimir Putin telah membahas masalah pasokan S-300 ke Suriah dengan Kementerian Pertahanan; Namun, keputusan “belum ditentukan.”

Pekan lalu, Mark Heller, peneliti utama di Institute for National Security Studies di Tel Aviv University, mengatakan kepada Sputnik bahwa “Israel khawatir bahwa pertahanan udara Suriah yang lebih efektif yang dibangun di sekitar peralatan Rusia akan membatasi kemampuan Israel untuk beroperasi melawan pasukan Iran dan Hezbollah di Suriah. ”

Pada tanggal 14 April 2018, Kepala Direktorat Operasional Utama Staf Umum Rusia Kol. Jenderal Sergei Rudskoy mengumumkan bahwa Moskow mungkin mempertimbangkan kembali menjual sistem S-300 ke Damaskus pasca serangan udara AS dan sekutunya terhadap Suriah sebagai tanggapan atas dugaan penggunaan senjata kimia oleh pasukan pemerintah di kota Douma. (Sputniknews.com).

Bagikan :

  29 Responses to “Ini Tindakan Israel Jika Suriah Gunakan Sistem S-300 Rusia”

  1.  

    Lah kalau pesawat lo masuk wilayah Suriah,terus melakukan serangan di wilayah Suriah,memangnya harus dibiarkan saja?Enak aja.Hak Suriah dong punya senjata untuk melindungi wilayahnya.Biar Lo “ISROHELL” gak maen selonong aja masuk wilayah negara orang.

    •  

      Nah… ini yg jadi masalah bang…..

      Israel menganggap (secara sepihak) pasokan S300 kepada Suriah sebagai ancaman terhadap eksistensi negara Israel tersebut. Dan menurut Israel pasokan sistem pertahanan udara baru ini sebagai pelanggaran terhadap perjanjian Camp David pasal 3.

      Konsekuensinya Israel harus menetralisir ancaman tersebut dgn cara apapun, termasuk melakukan diplomasi tethadap si empu-nya S300,, dalam hal ini Russia.

      Saya secara pribadi, meyakini diplomasi Israel ini akan berhasil menekan Russia untuk tidak memasok sistem pertahanan udara S300 kepada Suriah….. minimal penurunan spek yg jauh dati standar eksport.

      •  

        Bisa jadi Bung@Colibri,si ISROHELL berusaha mati matian meloby Russia untuk membatalkan pengiriman tersebut.yang jadi masalahkan,pesawat Baj***an ISROHELL suka seenaknya masuk wilayah negara lain dan melakukan serangan.Kalo Suriah punya SAM sebagai alat pertahanan udaranya,paling tidak si BAJ***AN ISROHELL jadi tidak leluasa lagi pesawatnya nyelonong masuk wilayah udara Suriah.

  2.  

    tetangga jauh di utara melakukan fleet review…cuyyy……

    tapi tetangga yg namanya paman sam kgk mau kalah,,,melakukan air fleet review….b-2 bomber….cuyy berjejer…..

    nih link nya ………. https://mega.nz/#!vJgTQCqQ!LY6CfeZvXuVAxhSfue3NVWGp__uB1qfKxjc0iDBXs1g

    •  

      kesatria bh@anda tahu israel itu kan lucu, nyerang negaranya orang seenak udele dewe, gantian negara yg di serang bukan menyerang tp mempertahankan diri israel ngambek iki piye.

      •  

        israel dan sur yah itu tidak ada hubungan diplomatik bung,,,jadi klo israel nyerang sur yah,,,ya tidak ada konsekuensi nya…..
        ya saya bukannya mendukung israel lho…..tpi krn assad terus melakukan kebohongan dan pembunuhan rakyat nya sendiri,,,,dan di tambah meminta pihak luar (rusky dan iransky) utk campur tangan urusan dlm negerinya, ya bisa panjang masalahnya bung….

        mungkin assad masih berdiri krn meneriakkan nasionalisme yg tinggi…..tpi klo warganya aja pada lari ke luar negerinya sendiri.
        terus yg lari ke luar negeri itu dinamain apa bung ?
        telolis ?
        pembelontak ?
        justru negara2 diseberangnya berbaik hati utk menampung pelarian dr suryah…….

        •  

          Ga ada konsekwensi piyee… ,, israel dan syiria boleh dikata masih dalam keadaan perang , karna ga ada perjanjian perdamaian, yg ada cuma gencatan senjata,, bisa… Jd justru.. Israel memanfaatkn kesempatan syiria yg lagi kacau balau… ,, alasan israel jelas… Ingin menghentikan pasokan senjata dr iran yg dikirim ke hisbulloh/lebanon , tp pertanyaanya… Knpa israel main slonong bombardir syiria ga dr dulu pas waktu… Israel perang dan hisbulloh beberepa thn lalu… ,, kan nyata2 senjata yg dipake hisbullah… Banyak yg dipasok dr iran dan jg sebagian dr pabrikan syiria,, bisa jd waktu.. Itu.. Syiria masih kondusif… Dan bila israel… Nekat nyelonong bombardir syiria… Malah membuka pertempuran 2 fron sekaligus…. ,, dan saat ini kesempatan israel… Karna syiria lg kacau balau…. ,,

          •  

            ya itu anda sudah paham,,,,,,jadi tidak perlu dijelaskan lagi ya…
            lagi pula pasokan senjata dari iran itu yg di khawatirkan…..

            btw saudi juga sering memberikan bantuan kepada palestina dan membujuk, menasehati utk pergi dari sana setelah diberi santunan. nyawa lebih berharga drpd harga diri.

            tapi ya apa macam mereka tidak mau dengar,,,lalu masuk iran yg memberikan senjata,,,kenapa manusia bodho mau saja ya,, sudah diberi kesempatan yg baik tapi malah memilih yg buruk,,,bahkan cina juga sering pasok senjata ke sana, biar senjatanya dpt cap battle proven.

          •  

            ralat : cina pasok ke lebanon

          •  

            tapi yg masih tetap berada di palestina, juga harus dihargai.
            maupun yg sudah keluar dari palestina juga harus dihargai.

            lagi pula nyawa,,,nyawa mereka kok……..kenapa malah gw yg sewot ya…..

            suka2 mereka lha,,,,mau modhar atau gimana itu urusan mereka….

        •  

          Hukum International mana yang menyatakan jika tidak ada hubungan diplomatik maka boleh menyerang semaunya ?

          “israel dan sur yah itu tidak ada hubungan diplomatik bung,,,jadi klo israel nyerang sur yah,,,ya tidak ada konsekuensi nya…..”

          “tpi krn assad terus melakukan kebohongan dan pembunuhan rakyat nya sendiri,,,,dan di tambah meminta pihak luar (rusky dan iransky) utk campur tangan urusan dlm negerinya, ya bisa panjang masalahnya bung….”

          Terus urusannya Israel apa bisa mempunyai “HAK” offensive ke wilayah Suriah ??
          Apakah meminta negara Lain menempatkan Pasukan ke negaranya sendiri (Suriah) adalah melanggar hukum international atau melanggar hukum Israel ?
          Bagaimana dengan Pangkalan Militer USA di Korsel, Jepang, Nato ? apakah ini melanggar hukum Israel dan bisa diserang oleh Israel ?

          •  

            saya kan hanya menjawab komen bung zain,,,,,
            tpi saya paham akan ada pihak yg tidak setuju…….
            krn itu saya tulis,,,ya saya bukannya mendukung israel lho…..

            anda yg gagal paham atau tulisan saya yg kurang rapi….

            orang yg kurang jiwa nasionalismenya ya jangan dibully,,,
            orang yg over proud malah lebih bahaya krn lebih mendekat kepada fanatisme yg cenderung mempengaruhi psikologisnya…

            seperti bermain kartu,,,harus paham kartu apa yg kita pegang ,,, dan juga kartu apa yg orang lain pegang….

            selama ini fanasboy timur yg over proud tidak pernah memahami kartu yg dipegang oleh lawannya…

            tapi untung petinggi dan perwira militer di indonesia menggunakan pola berpikir rasional, memahami kalau over proud justru tidak baik.
            seperti panglima tni pak hadi mengucapkan sesuatu yg penting di acara ini :
            https://nasional.tempo.co/read/1053764/panglima-tni-hadi-tjahjanto-sebut-tak-ada-embargo-militer-amerika

          •  

            Tulisan anda itu aneh…

            “israel dan sur yah itu tidak ada hubungan diplomatik bung,,,jadi klo israel nyerang sur yah,,,ya tidak ada konsekuensi nya…..”

            Dasarnya apa??? apa hubunganya tidak ada hubungan diplomatik dan tidak ada konsekuensinya??? Indonesia tidak ada hubungan diplomatik dengan Israel berarti kalau Israel menyerang Indonesia juga tidak ada konsekuensinya???

        •  

          Bung Ksatria, Assad kejam, bantai rakyat Suriah, rakyat suriah banyak ngungsi dll etc… Kita nggak pernah tahu apa yang sebenarnya terjadi disana. Rakyat Suriah jadi korban itu pasti tapi pelakunya juga banyak nggak cuma tentara suriah kan, ada ISIS, FSA, Kurdi bahkan negara yang anda kagumi ( US ) juga punya peran dalam menyengsarakan rakyat suriah.

        •  

          Masalahnya… Lebih pada Tulisan kata ga ada konsekwesinya…. Itu.. Loh…!!! Itu sprt hukum rimba aja, yg kuat yg menang ,, terus buat apa pasukan pbb nongkrong didataran golan…!!!

        •  

          Konsekwensinya…

  3.  

    Amerika yg takut tp Yg maju kok isrohel

    😎 kwokwokwok

  4.  

    menganggap keberadaan negaranya seperti penting ajah
    bahkan keberadaan manusianya seperti tidak ada tandingannya ajah
    negara itu hilang dari peta dan manusianya musnah dari muka bumi pun tidak akan ada bangsa lain yang meratap tangisi
    negara dan isinya tidak layak hidup karena perilakunya hanya merusak negara dan bangsa lain di sekitarnya

  5.  

    Ka Ringinilang… Negara Israel dan isinya tidak layak hidup?? Kka nih penuh dgn kebencian terhadap Israel ya. wkwkkwkw

    (Tidak layak hidup) wkwkwkkwkw…
    klo Israel bilang gini, Emang lo siapa yg bisa ngatain gue ga layak hidup. Emang lu Tuhan. wkwkkwkw

    Nah loh… Penuh kebencian nih yee. wkwkkwkw

  6.  

    hala…israel bisa mangap spt itu karena ada ortu usa- inggris, coba klu tak ada mereka tdk berwujud itu israel.

  7.  

    S-300 Long Range Surface to Air Defence Missile System

    https://www.youtube.com/watch?v=Nrtm1dKjrAo&t=58s

  8.  

    Kirimkan segudang s300 disuriah

    Hahhaahaaaa

  9.  

    Sama S300 aja sudah kalang kabut apalagi dgn S400, ini menandakan produk yg luar biasa

 Leave a Reply