Apr 282017
 

Peluncuran kapal induk kedua China, buatan dalam negeri (Xinhua)

Shanghai – China perlu meningkatkan kemampuan militer untuk melindungi perkembangan kepentingan luar negerinya, ujar Menteri Luar Negeri China setelah peluncuran kapal induk pertama buatan dalam negeri, namun ia berjanji tidak melakukan perluasan wilayah.

China meluncurkan kapal induk kedua pada Rabu di tengah peningkatan ketegangan terhadap Korea Utara dan kekhawatiran kawasan tentang ketegasan Beijing di Laut China Selatan serta modernisasi lebih luas ketentaraannya.

Ketika berbicara saat berkunjung ke Jerman, Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan perniagaan dan warga China menyebar ke seluruh dunia, dengan jutaan orang tinggal di luar negeri dan hampir 30.000 usaha didanai China terdaftar di negara lain.

“Di bawah lingkungan baru itu, China memiliki banyak alasan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan negaranya untuk melindungi hak keadilan secara efektif, yang semakin luas, ke luar negeri,” ujar Wang dalam menanggapi pertanyaan mengenai kapal induk baru tersebut pada Kamis.

Wang mengatakan bahwa postur militer China yang meningkat akan membantu “melindungi perdamaian internasional dan regional”.

China akan mempertahankan kebijakan militer bertahan dan tidak berniat melakukan ekspansi apapun, katanya menambahkan.

Angkatan Laut China telah mengambil peran yang semakin menonjol dalam beberapa bulan terakhir, termasuk kapal induk pertamanya yang sudah berlayar mengelilingi Taiwan dan kapal-kapal perang barunya berada di lokasi perairan yang lebih jauh.

Sedikit yang diketahui tentang program kapal induk domestik China yang menjadi rahasia negara. China juga tidak memberikan rincian pengeluaran untuk anggaran pertahanannya.

Kapal induk pertama China, Liaoning (IndianDailyDefence?)

Namun, pemerintah telah mengatakan bahwa rancangan kapal induk baru tersebut mengacu pada pengalaman dari kapal induk pertamanya, Liaoning, kapal induk bekas buatan Rusia yang dibeli dari Ukraina pada tahun 1998 dan kemudian diperbaiki di China.

Media pemerintah telah mengutip para ahli yang menyampaikan bahwa China membutuhkan setidaknya enam kapal induk, dan sejumlah markas maritim luar negeri untuk mendukung operasi mereka.

Namun, pakar mengatakan China masih jauh untuk menandingi Amerika Serikat, yang menggelar 10 kapal induk dan berencana membangun dua lagi, selain AS memiliki pengalaman puluhan tahun menggerakkan kapal induk, tepatnya sejak pra-Perang Dunia II.

Kapal induk kedua milik China tersebut berbeda dengan yang bertenaga nuklir dan masih menggunakan landasan pacu lompatan bergaya rancangan kapal induk Soviet, termasuk Inggris, untuk memberikan daya dorong cukup bagi jet tempur untuk lepas landas dari anjungan lebih pendek.

Rancangan landasan berbeda dengan yang digunakan pada kapal induk AS, alih-alih menggunakan landasan lompat kapal induk AS menggunakan perangkat ketapel bertenaga uap yang dipasangkan pada roda pesawat, sehingga jet tempur atau pesawat patroli lepas lendas akan dilontarkan menggunakan perangkat tersebut pada landasan pacu datar, tidak seperti landasan pacu rancangan Uni Soviet atau Inggris, yang memiliki ujung landasan melengkung.

Lebih lanjut, China pun masih kekurangan teknologi pendorong yang kuat untuk meluncurkan pesawat seperti yang digunakan pada sistem ketapel kapal induk AS.

Kapal induk baru China tersebut diperkirakan tidak akan memasuki masa tugas penuh hingga 2020.

Antara/Reuters

Bagikan Artikel:

  45 Responses to “Ini Tujuan Operasi Kapal Induk Kedua China”

  1. Selamat pagi Bung Ubed dan Bung Colibri

  2. “meningkatkan kemampuan militer untuk melindungi perkembangan kepentingan luar negerinya, ujar Menteri Luar Negeri China setelah peluncuran kapal induk pertama buatan dalam negeri, namun ia berjanji tidak melakukan perluasan wilayah”

    Omongan China ga bisa dipegang, realitanya jauh langit bumi…….. Tibet, LCS emang bukan bukti ??…… dasar maling….

  3. “Di bawah lingkungan baru itu, China memiliki banyak alasan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan negaranya untuk melindungi hak keadilan secara efektif, yang semakin luas, ke luar negeri,” ujar Wang–ini bangsa licik lagi mabok ya..kok pejabatnya ngomongin “KEADILAN”…bangsa licik n garong kok bicara keadilan kaya ASU aja..

  4. negara yg satu ini sangat berbahaya kalau dibiarkan berkembang, masih mending amerika masih punya agama, lah yg ini ideologinya komunis marxisme gak percaya Tuhan, dunia harus bersatu untuk menghadapinya, asean gak cukup.

  5. ingat cina ingat licik, CINA = LICIK

  6. Buat melindungi pulau reklamasi negara KePulauan (ha negara kepulauan bikin pulau buatan!!!!) yg konon sudah di pasarkan di beijing shanghai dan hongkong. Developer dr Naga, pembelinya rakyat naga juga (ngga mampu disubsidi). Nih pulau dpt nampung 20 juta olang. Nanti dpt kah teh peh elektlonik juga. Biar bisa ikut election day utk pilih gubenul. Lokasi strategis chooyyy

  7. konon2… sumbernya dr siapa ini.

    sebenarnya g pntng cina mau bikin apa kapal induknya, tdk akan atau blm mampu untuk menandingi kpl induk us, yg punya 10+2, plus kehadiran militernya d seluruh dunia ditambah lg dgn kekuatan sekutunya…

  8. china beli kapal induk bekas terus diperbaharui sekalian reverse engineering. akhirnya bisa mewujudkan kapal induk kedua dengan sukses. seharusnya kita juga menggunakan cara yang sama beli lhd bekas inggris untuk diperbaharui sekalian direverse engineering oleh ahli2 naval architecture guna mewujudkan lhd yang kedua.

    dibandingkan harus mengharap tot dengan membeli lhd baru paling tidak 4 unit sekelas mistral. harus berapa banyak dana yang terkuras. lebih baik dananya buat biaya reverse engineering.

  9. Bener bener nih cina bisa bikin kpl segede itu..

  10. Tujuannya sudah jelas, fungsi utama kapal induk adalah untuk menginvasi negara lain.

  11. kapal induk buat pengangkut pespur

  12. Kapal induk kedua dari yang pertama dibuat sendiri “dasar perhitungan kimia : fisika = zero alias KW3 hahahaaaaaa

  13. Memang cina itu chipeng, alias cina pengganggu, coba aja liat laki-laki yang digoda sama amoy padahal bininya cantik… begitu juga tuh nenek monyong nya chipeng di cengkok sana…

  14. botak chinpeng hehehehe

  15. kita harus waspada mulai saat ini.bisa jadi kita sasaran tembak chingkok selanjutnya.yg pegang jabatan jangan anggap santai.perkuat alutsista kita sejak saat ini juga

  16. Dsn warga keturunan byk dapat dana bantuan usaha makanya mereka indentik jd pedagang dan opengusaha, Percuma kita waspada klu pejabat aparatur negara masih bs disuap, ini terbukti klu terjadi konflik lahan dll tetap meraka dimenangkan dan terjadi bentrok antara aparat dgn sesama anak bangsa.

  17. toh kita tetap berani sama mereka..knp???

 Leave a Reply