Ini yang Terjadi Jika Kapal Masuk Jangkauan Sistem Rudal Pesisir “Bal”

sistem rudal pesisir bal rusia

JakartaGreater – Seperti apa sih sistem Rudal pesisir “Bal” yang dimiliki militer Rusia. Semua kapal perang di dunia bisa jadi takut menabrak garis bidik kompleks sistem Rudal pertahanan pesisir ini.

Masing-masing misilnya akan menghantam kapal musuh, dan salvo dengan 8 Rudal sudah cukup untuk menenggelamkan seluruh kekuatan serang kapal musuh. Kekuatan itulah yang dimiliki sistem misil pesisir Bal, ungkap Laman Kementerian Pertahanan Rusia, 6-3-2021.

Sasis mobile membuatnya tidak mengenal rintangan, elektronik terbaru, stasiun radar dan, tentu saja, Rudal pintar Kh-35U yang diperbarui membuat Bal menjadi musuh yang menakutkan bagi kapal apa pun.

Situasi inilah yang disaksikan jurnalis TV Zvezda Rusia, Voennaya, selama pembuatan film jika saja terjadi pertempuran nyata sebagai tanggapan atas kemunculan kapal perusak Amerika di Laut Hitam.

Sistem Rudal Pesisir Bal 1

Sistem Rudal Pesisir “Bal”. (@Rosoboronexport)

Sistem Rudal pesisir “Bal”

Sistem Rudal pertahanan pesisir Bal Rusia menggunakan Rudal jelajah anti-kapal Kh-35 dengan Kendaraan peluncur didasarkan pada sasis mobilitas tinggi berat MZKT-7930 dengan konfigurasi 8×8 dan membawa 8 kontainer silinder dengan Rudal jelajah anti-kapal Kh-35.

Kh-35 adalah Rudal skimming laut yang memiliki kinerja yang sangat mirip dengan Rudal anti-kapal Exocet Prancis dan Prancis-Italia OTOMAT.

Rudal membawa hulu ledak High Explosive Fragmentation (HE-FRAG) 145 kg dan dirancang untuk menembus secara horizontal melalui sekat dan kompartemen sebelum meledak di dalam kapal. Rudal ini dirancang untuk mengalahkan kapal dengan bobot hingga 5.000 ton.

Kh-35 memiliki sistem navigasi inersia dengan radar aktif pada tahap terminal penerbangannya. Rudal ini bergerak 10-15 meter di atas permukaan dengan kecepatan subsonik.

Pada tahap terminal penerbangan, rudal turun hingga 3-5 meter di atas permukaan untuk mengatasi sistem pertahanan musuh. Rudal ini bergerak dengan kecepatan subsonik 950-1 010 km / jam.

Namun diperkirakan karena kecepatan subsoniknya, Rudal anti-kapal ini dapat dicegat dengan lebih mudah, terutama oleh sistem pertahanan angkatan laut yang canggih.

Sistem Rudal Pesisir Bal 3

Sistem Rudal Pesisir “Bal”. (@Rosoboronexport)

Pada tahun 2015 militer Rusia mengadopsi Rudal Kh-35U yang ditingkatkan dilengkapi dengan mesin yang lebih bertenaga dan membawa lebih banyak bahan bakar. Hasilnya, jarak tempuh hingga 260 km, dirilis Military Today.com.

Baterai Bal dapat meluncurkan hingga 32 Rudal jelajah anti-kapal dan ini cukup untuk mengganggu operasi dari kelompok pertempuran besar yang bermusuhan. Kendaraan reload dilengkapi dengan crane dan membawa 1 set lengkap atau peluru kendali. Kendaraan peluncur diisi ulang dalam 30-40 menit.

Sistem Rudal Pesisir Bal

Sistem Rudal Pesisir “Bal”. (@Rosoboronexport)

Salvo Rudal

Pengendalian tembakan dilakukan secara terpusat dari salvo besar-besaran dari misil untuk menghantam 6 target (ketika dikendalikan dari satu pos komando), pada 12 target (ketika dikendalikan dari dua pos komando), pada 24 target (ketika dikontrol dari setiap unit peluncur).

Ketersediaan saluran deteksi radar aktif dan pasif memastikan strategi fleksibel untuk pembuatan data penunjukan. Kemampuan manuver yang tinggi dan perubahan posisi tembakan yang tersembunyi dipastikan oleh platform dengan kemampuan lintasan yang hebat.

Muatan amunisi diangkut oleh kendaraan pemuatan transportasi, sehingga salvo Rudal lain dapat diluncurkan dalam interval minimum. BAL-E memberikan pertahanan yang andal untuk garis pantai dan platform maritim Negara dari serangan laut.

1 thought on “Ini yang Terjadi Jika Kapal Masuk Jangkauan Sistem Rudal Pesisir “Bal””

  1. Rudal pertahanan udara S400, rudal pertahanan pesisir bal, pesawat tempur SU57 lengkap armamen, kapal fregat Admiral Gorshkov class lengkap armamen, kapal selam lada class lengkap armamen. Kira² tetangga mana yang bakalan berani usil masuk tanpa ijin.

Leave a Reply