Sep 252018
 

Jet tempur multiperan Su-35 Angkatan Udara Rusia © Aleksandr Markin via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Jet tempur superior udara Su-35S Angkatan Udara Rusia telah menangkap dan mengidentifikasi secara visual jet tempur generasi kelima F-22 Raptor AS yang terbang di langit Suriah, berdasarkan cuitan dari akun media sosial atas nama @warsmonitoring.

Sebuah foto yang diposting oleh akun militer tak resmi, pada 24 September 2018 telah mengkonfirmasi pencegatan dari jet tempur siluman F-22 Raptor AS oleh jet tempur Su-35S Rusia.

Citra jet tempur siluman F-22 tertangkap sistem OLS + TP milik Su-35S Rusia © monitoring via Twitter

Foto-foto, yang dibuat oleh sistem pencarian, pelacak inframerah serta pengendalian tembakan Su-35S Rusia, menunjukkan spektrum inframerah jet tempur F-22 Raptor yang terbang di atas Suriah.

Sistem pencarian dan pelacak inframerah Su-35S disebut OLS-35 dan termasuk sensor infra-merah, pengintai laser, penunjuk sasaran dan kamera televisi. Sistem itu untuk menentukan posisi pesawat dalam radius 50 kilometer dan berpotensi sangat berguna untuk mendeteksi pesawat siluman seperti F-22, di rentang jarak yang lebih pendek.

Citra jet tempur siluman F-22 tertangkap sistem OLS + TP milik Su-35S Rusia © monitoring via Twitter

Sistem OLS-35 ini memindai ruang udara di depan jet untuk tanda tangan panas yang ditimbulkan oleh mesin pesawat dan atau gesekan permukaan pesawat terbang dengan udara.

Menurut keterangan situs Deagel.com, OLS-35 terdiri dari pencari-panas, pengukur jarak dan penentu laser dengan algoritme baru serta perangkat lunak canggih untuk mengungguli pendahulunya yang terpasang dikeluarga Su-27 / Su-30. IRST yang terpasang pada Su-35 lebih unggul dari OEPS-27 dalam hal jangkauan, akurasi dan kehandalan.

  75 Responses to “Inikah Bukti Su-35S Rusia Cegat F-22 AS di Suriah?”

  1.  

    Test

  2.  

    Mungkin mode silumannya belum diaktifkan.

    •  

      Gak ada gunanya juga broo jika dijarak dekat itu f35 & f22 mengaktifkan ram nya, karna radar konvensional pespur su35 jk mndeteksi dijarak dekat daya gelombang pantulan radarnya lbh kuat kembali, sehingga pespur pengguna ram tdk bisa menyerap pantulan dr radar konvensional su35 & membuangnya,

      apa lg menggunakan irst dijarak dekat? Bukan cuma pespurnya saja yg kelihatan, pilotnya juga tampak dilayar
      😀 😆

  3.  

    buahhahahahaa..raja sluman slumun slimin rahwana kocar kacir dikejar gatotkoco..

    •  

      Gak perlu ngecap kayak kubu sebelah, cukup dibilang gen 4++ dan gak perlu tereak2 unggul bla-bla-bla, langsung praktek di lapangan…

      bandingkan sales kecap sebelah, pake alasan apapun termasuk melarang negara2 lain beli s-400 karena ternyata dagangannnya gak bermutu 😆 😆

  4.  

    .. dan s300 akan dipasok untuk Syria

  5.  

    Bakalan rame ini, nyiapin popcorn dulu..

  6.  

    hoax itu bukan f-22 tpi su-57 yg pernah test flight di suryah…..
    kelihatan banget bo’ongannya, digambar warnanya hitam putih seperti habis di fotokopi…..
    berbeda dengan hasil video olahan irst, yang juga diunggah di video satu lagi.

    video tentang su-30 yg ketangkap flir f-18, diatur warna rgb, kontras, kecerahan, dan gamma nya. sehingga warna gelap dan terang mudah dibaca dan dilihat.

    klo yg digambar kaya kertas yg keluar dari mesin fotokopi……..hahaha

    •  

      Sulit yaa broo, menerima kenyataan
      😀 😆

      •  

        ya sulit lha, emangnya lho bisa nge bo’ongin gw…..hahahaha

      •  

        semua itu hanya klaim rusia mas bro. selama ini f22 selalu wara wiri di langit suriah. dan sudah beberapa kali pesawat rusia tertembak namun mereka hanya mengancam akan membalas dengan s 400nya tapi belum ada bukti menembak jatuh pesawat Usa.. demikian pula degan klaim ini yang katanya radarnya sangat canggih. ingat mas bro semua negara sekutu as tidak ada yang tahu lebih dalam mengenai kelebihan siluman f22 mereka hanya tahu luarnya saja. begitupula dengan para pengamat mereka tidak tahu sangat mendalam mengenai f22.

        •  

          main tembak pesawat orang itu ada kalkulasinya bang, kalau responnya ga terukur pasti bikin perang. kedua belah pihak pasti akan menahan diri

        •  

          masih mending klo AS yg klaim F-22 muter-muter di Suriah, nah ini cuma klaim sepihak dr ente 😆 wkwkwkw…

          dan maksa harus percaya? 😛

          #Tenggelamkan

        •  

          yg saya heran, anda itu gak tau apa-apa koq komen sih? 😛 ingat, anda sendiri yg bilang diatas lho ya… 😆

          “ingat mas bro semua negara sekutu as tidak ada yang tahu lebih dalam mengenai kelebihan siluman f22 mereka hanya tahu luarnya saja. begitupula dengan para pengamat mereka tidak tahu sangat mendalam mengenai f22″…

          mereka aja gak tau, berarti anda ini tukang ngarang yg gagal, bahkan 1 buku pun tak bisa anda susun 😛

        •  

          yang nyebut project 636 russia sebagai black hole itu media barat lho tong…

          yang nyebut su-35s sebagai 4++ super flanker itu juga media barat lho tong…

          yang bilang f-35 bakal kalang kabut itu juga media barat lho tong, bahkan yang membuktikan lewat simulasi di angkasa hawai pada tahun lalu itu juga media barat lho tong…

          dan elu masih bilang klaim sepihak dari The Great Putin’s Empire???

        •  

          F-22 itu mau seperti apapun adalah teknologi tahun 1996… yang paling gres yang dimiliki USA ya F-35…

          Bukanya F-22 pernah kabur waktu disamperin Su-35??? bahkan beraninya ngganggu Su-25 yang notabene sekelas dengan A-10…

    •  

      Itu f16 , masa f22 siluman kok bisa di photo

      😎 huehuehue

      •  

        pilotnya pingsan karena hipoksia, jd F-22 dlm mode autopilot menggunakan GCAS

        😆 wkwkwkwkw

      •  

        karena IRST Su-35s itu gila, bahkan citra inframerah bisa begitu jelas gambarin bentuk pesawat…

        bentar lagi setelah selasai urusan mesin pengganti AL41, Su-57 juga bakal pakai IRST yang jangkauannya hampir 2 kali lipat IRST sekarang, justru karena proyek IRST inilah, membuat desainer Su-57 akhirnya tidak mentargetkan RCS yang lebih kecil lagi karena toh tetap akan dapat dilacak IRST yang super kuat.

    •  

      setau saya, SU-57 itu aja canardnya bang, dan yang difoto siluet pewawatnya ga ada canardnya

      •  

        ngomong apa tho lee……
        nih jawabannya
        su-57 kgk pakai canard.
        su-27sm tanpa canard.
        su-30sm pakai canard.
        su-30m2 tanpa canard.

        digambar pespur tanpa canard.
        di video sang penggungah ,salah, seharusnya itu su-30sm2 krn pakai canard. bukan su-27sm.

        sumbernya aja salah , memang bisa dipercaya, ya ?

  7.  

    Silumannya kan di puncak Merapi. Ketauan deh jadinya. Haha

  8.  

    Mungkin jika jadi di tembak jatuh si F-22 oleh SU-35, pilotnya SU-35 akan bilang “MMMMAAAAASSSSSUUUUUUUKKKKK…….PPPPAAAAAAKKK EEEEEKKKKKOOOOOOOOOOOOOOOO……………..” ?????

  9.  

    Sudah, terima kenyataan….kalaupun sudah ke detek….mau bilang apa….ngeyelpun tak ada guna….

  10.  

    Kalo boleh beropini, keliatan beda banget desain fuselage antara f-22 sama su-57 terutama dibagian atas air intake kedua pesawat, keliatan disitu fuselage air intake pesawat yang di gambar sudutnya lebih kecil dan lebih landai dibanding yang dipunya sama su-57.

    Tapi ya kita liat nanti konfirmasi dari pihak yang berwajib hehehe

  11.  

    Russia punya fighter generasi kelima, mereka punya teknologi siluman (versi mereka sendiri), disatu sisi russia adem ayem saja berpetualang di suriah, padahal disekitar situ ada F-22 dan F-35. Ane yakin russia punya kartu truf teknologi anti stealth barat, masalah russia cuma uang, sehingga development, mass production dan deploymentnya agak lambat.

    Tapi belum saatnya juga fansboy russia bereuforia hanya karena Su-35 bisa mendetek F-22 dari jarak dekat. Bisa saja F-22 dengan sensor2nya justu sudah mendeteksi Su-35 jauh sebelumnya. Tapi semua bisa saja terjadi, teknologi russia tidak terlalu jauh dibelakang Barat, dibeberapa bidang justru lebih maju. Masalah mereka cuma uang.

    Di suriah adu teknologi cukup seru, tapi faktor kuncinya adalah kecerdikan dan sejauh ini israel adalah juaranya. Tapi mereka juga bisa salah langkah dan salah perhitungan. Kasus Il 20 kemarin sebetulnya israel tidak berharap Il 20 tertembak sehingga memicu kemarahan militer Russia. Perkiraan mereka Suriah tdk akan berani menembak karena ada Il 20 russia, tapi ternyata S 200 dan orang2 suriah tidak secerdas yang mereka perkirakan..

    •  

      Dan bisa jadi itu pilot F-22 lagi pingsan kekurangan oksigen, sehingga sistem Auto GCAS yg mengambil alih kemudi 😆 tapi koq bisa pingsan naik siluman ya? apa gak kuat iman? 😛 wkwkwkw 😆

    •  

      Kok tahu israel tidak menginginkan? Anda orang israel atau pilot israel itukah? Dengan terdeteksi f22 sama su35 aja itu sudah menghapus propaganda sebagai pespur siluman yg terjaguh, itu artinya lebih mudah dilacak dgn radar lebih canggih lagi dan mudah jadi sasaran empuk rudal … 😀

      •  

        Tidak harus jadi orang israel atau pilot israel untuk bisa tahu. Data2, pernyataan resmi dari israel dan russia, analisis para ahli maupun diskusi militer di berbagai forum mengarah kesitu.
        tidak ada yang benar2 siluman, tidak ada yang benar2 tak terkalahkan, propaganda produsen dan para sales itu biasa..

        •  

          Ayo di share disini aja data2nya jangan berasumsi karena mengatakan tidak berkeinginan itu perlu ada data nya, beda dgn komentar makai kata “mungkin”

          •  

            Silahkan baca di artikel tentang pernyataan Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov yang menyatakan bahwa F 16 sengaja bersembunyi di belakang Il 20, menjadikan F 16 sebagai tameng agar S-200 tidak menembak mereka karena ada Il 20 didekatnya. Simak juga data release dari radar S-400 yang berbasis di Pangkalan Udara Hmeymim.

            Kalau anda beranggapan Israel memang sengaja menginginkan agar Il-20 ditembak S-200 suriah, dengan mempertaruhkan resiko kemarahan Rusia seperti saat ini, silahkan sampaikan analisa anda dengan didukung data..

        •  

          Bisa saja F-22 dengan sensor2nya justu sudah mendeteksi Su-35 jauh sebelumnya.

          Komen itu benar, tapi tidak masuk akal bila AS cuek aja dan membiarkan Su-35 memiliki data-data tentang F-22 karena AS paling takut teknologinya diketahui oleh Rusia.

          Ingat salah satu alasan kenapa AS tak ingin Turki membeli S-400 kan? 😀

      •  

        Pakai analisa logika tentang kalimat “israel tidak berkeinginan” itu mudah terbantahkan, ini logikanya jika israel tidak menginginkan perlu ada ini :

        1. Israel tidak ke Suriah
        2. Tidak dekati pesawat Russia.
        3. Menjauhi pesawat Russia
        4. F16 balik ke israel
        5. F16 keluar dari Suriah

        •  

          Kalau anda beranggapan Israel memang sengaja menginginkan agar Il-20 ditembak S-200 suriah, dengan mempertaruhkan resiko kemarahan Rusia seperti saat ini, silahkan sampaikan analisa anda.

    •  

      nih link yang sudah ditunjukan oleh russia..

      https://youtu.be/KiNTT7wJS-s

      monggo dishare jika ada conter data dari israel..bukan statement ngeles dan ngepot ya..xixixix

    •  

      mas bro rusia selama ini gak bisa berbuat apa apa di suriah terutama ketika beberapa pesawat mereka tertembak jatuh dan hanya mengancam akan menggunakan s 400nya selalu mengancam tidak ada bukti menembak. f22 wara wiri di suriah tapi gak tertembak.

      •  

        gak usah banyak cerita, mana buktinya F-22 wara wiri di Suriah? jangan pake katanya, konon dan sebagainya 😆 wkwkwkw

      •  

        Katanya-katanya melulu KOPLAK loh

      •  

        Pesawat yang mana dan oleh siapa???
        1. Su-24 oleh F-16 Turki… setelah itu dipasang S-400 dan S-300, Putin bahkan bilang sama Turki, silahkan kalau mau menjajal kemampuan S-300/400 mereka dengan melintasi perbatasan Suriah… kenyataanya Turki langsung ngedrop dan akirnya ujung2nya berbaikan dengan Russia dan malah berantem sama USA…
        2. Su-25 oleh Manpads… lalu apa yang harus dilakukan oleh S-300/S-400??? itu diluar domain dan diluar fusngsinya…
        3. Tidak ada pesawat tempur lain, entah itu USA atau Israel yang pernah menembak jatuh pesawat tempur Russia di Suriah, kalau pespur Suriah pernah ditembak sekali oleh F-18 USA, dan pespur Israel di dekat Golan…
        4. Insiden Il-20 berbeda… ini justru di umpan oleh F-16 Israel yang sudah dijabarkan oleh pihak Russia secara detail…
        5. Serangan drone yang mengarah kepangkalan militer Russia berhasil ditangkal dan sumber serangan selalu terlacak itu berkat kemampuan sistem pelacakan S-400
        6. Serangan dari Israel maupun dari USA dan koalisinya selalu bisa di lacak oleh pesawat apa dan posisi dimana karena sistem S-400 itu…
        7. F-22 tidak pernah mengancam pespur Russia, pernah sekali mengganggu Su-25 dan kabur ketika didatengin Su-35…

    •  

      Saya sedari awal sudah memprediksi hal yang sama dengan yang anda sampaikan… terutama faktor bahwa Suriah tidak akan membalas atau menembak dengan sistem pertahanan karena ada pesawat militer Russia disana… dan Israel pasti sangat paham itu… sehingga mereka memang sebenarnya benar2 menggunakan IL-20 untuk bersembunyi…
      Tetapi Israel terlalu berjudi dengan pemikiran kalau Suriah akan memperhitungkan keberadaan pesawat militer Russia… jika dikatakan tidak cerdas, jelas saja itu sistem S-200 yang merupakan sistem era soviet, dan belum lama ini Suriah juga baru memiliki kemampuan melakukan perlawanan dengan sistem pertahanan anti rudal mereka, sebelumnya Suriah tidak pernah bisa melakukan apalagi menangkis rudal yang di tujukan kepada Suriah… jadi kesembronoan perjudian Israel benar2 memakan korban, dan justru yang menjadi korban militer Russia yang memiliki perjanjian kerjasama militer dengan Israel dalam operasi militer Israel di Suriah…

  12.  

    Banyak analis yg mengatakan bahwa f22 full siluman cuma propaganda belaka, karena belum pernah pihak lain menguji kebenaran nya dan f35 adalah sarana ujicoba jika teknologi nya berhasil maka akan diterapkan di f22 terbaru dgn merubah sedikit aplikasi.

  13.  

    Klo di sindonews malah lebih mengkompori beritanya 😆

    Sebuah laporan dari pensiunan pilot tempur Moskow mengklaim pesawat jet tempur Su-35 Rusia mengalahkan jet tempur siluman F-22 Raptor Amerika Serikat (AS) dalam dogfight di wilayah udara Suriah. Pentagon mengaku tak bisa memverifikasi laporan tersebut.

    pake bawa-bawa adu asu 😛 wkwkwkwk 😆

  14.  

    Tapi katanya taliban, hizbullah, palestina akan dipersenjatai russia
    😀 😆

  15.  

    Pertanyaannya: Apakah Su35 pesanan Indonesia menggunakan radar penjejak F22 di atas?

  16.  

    F 22 RAPTOR ituh…gak salah lg

 Leave a Reply