Inilah “Adik Kandung” AK-47

AK-12

Izhmas sebagai salah satu pabrik senjata ternama di Rusia terus mengembangkan senapan AK-12 yang bisa dibilang sebagai turunan dari senapan serbu AK-47. Nantinya, AK-12 akan digunakan sebagai senapan standar tentara Rusia.

Desain dari senapan ini sangat mirip dengan senapan AK-47. Seperti, receiver, bolt carrier, rel monolitik yang memiliki desain baru, dan beberapa fitur-fitur baru lainnya.

AK-12

Sementara, kaliber yang dipakai adalah 5,45x39mm, ini merupakan kaliber standar AK-47. Bedanya, dapat dirubah menjadi kaliber 7,62×39mm dan 5,56×45mm. Untuk versi yang lebih beratnya menggunakan kaliber 7,62×51mm NATO.

Pada tahun 2012 lalu Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan jika AK-12 tidak akan digunakan sebagai senapan standar tentara Rusia dengan alasan, stok senapan AK-47 yang mencapai jutaan dan belum dipakai. Akibatnya, kondisi keuangan perusahaan senjata Izhmas sempat mengalami kerugian dan nyaris tutup.

Namun, pemerintah Rusia berbaik hati dengan tetap membiayai uji coba senapan AK-12. Sayangnya, setelah dilakukan serangkaian uji coba, masih banyak sekali cacat yang ditemukan pada senapan ini. HIngga saat ini Izmash masih terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan senjata yang katanya ergonomis ini.