JakartaGreater.com - Forum Militer
Jun 242016
 

Buku kuno yang dijuluki “holy grail” ini diklaim ditulis lebih dari 600 tahun silam. Buku kuno tulisan tangan inilah yang jadi jadikan pijakan China sebagai pemilik hampir seluruh kawasan Laut China Selatan yang kini disengketakan banyak negara.

Buku tersebut juga diklaim China sudah jadi warisan turun-temurun nelayan China sejak ditulis. Buku itu merupakan panduan navigasi tradisional yang dikenal sebagai “genglubu”.

Dalam buku tersebut terdapat petunjuk navigasi ke kepulauan Spartly di Laut China Selatan yang diklaim China dengan nama Kepulauan Nansha dan Huangyan. Namun oleh Filipina dan Taiwan juga diklaim dengan nama Scarborough Shoal.

”Buku ini tidak mudah untuk dipahami atau diuraikan, karena menggunakan kata-kata kuno dan ungkapan kuno untuk petunjuk. Tapi begitu ‘kode’ terpecahkan, akurasinya perlu dipertanyakan,” tulis China Daily yang mengulas tentang buku kuno tersebut, Kamis (23/6).

Pemilik buku kuno ini adalah seorang pensiunan kapten kapal nelayan berusia 81 tahun bernama Su Chengfen, yang tinggal di Kota Tanmen, Provinsi Hainan. Kepada media pemerintah China, ia mengaku mewarisi buku kuno itu dari ayahnya ketika dia menjadi kapten kapal pada usia 23 tahun. Su mengatakan ayahnya diberi buku oleh kakeknya.

”Saya mengandalkan itu selama bertahun-tahun sampai saya punya peta modern dari Laut China Selatan pada tahun 1985,” katanya.

Menurut ulasan media China, ada sekitar 1.000 “genglubu” yang beredar, tetapi akademisi memperkirakan hanya sekitar selusin yang masih ada. Dari jumlah itu, buku milik Su dianggap sebagai yang paling rinci dan penting.

Gao Zhiguo, Direktur Institut China untuk Strategi Pembangunan Kelautan, yang jadi ahli di Pengadilan Internasional untuk Hukum Laut, menyebut buku kuno tersebut sebagai ”bukti besi berlapis”.

”Kami dapat menyimpulkan hak bersejarah China untuk memancing dan berlayar di Laut China Selatan, serta (hak) berdaulat. Salah satu buku tentang genglubu mengalahkan seribu kata,” ujarnya.

Menurut Gao yang juga bertugas sebagai hakim di Pengadilan Internasional untuk Hukum Laut tersebut, buku itu memang merupakan sebuah bukti kuat yang bisa memberikan informasi mengenai sejarah nelayan China dan hak-hak berlayar di LCS sekaligus kepemilikannya.

Sementara Zhou Weimin, mantan profesor Hainan University dan penulis buku tentang genglubu berjudul An Arcane Book About The South China Sea mengatakan buku milik Su adalah “bukti tak terbantahkan kedaulatan China atas Kepulauan Huangyan”.

”Tidak seperti versi lain (dari genglubu), itu menggambarkan rute yang tepat menuju Kepulauan Huangyan. Ini jelas membuktikan bahwa generasi nelayan China telah bekerja di pulau itu,” katanya. Zhou mengatakan nelayan China di zaman kuno menyebut ada 136 pulau dan terumbu karang di berbagai genglubu, dan itu masih banyak yang digunakan sampai sekarang.

Saat ini, China yang mengklaim hampir seluruh wilayah di LCS bersengketa dengan lima negara lainnya yaitu Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam yang juga memiliki klaim di perairan penting itu. Sengketa itu menyebabkan ketegangan di lokasi yang banyak dilintasi oleh kapal-kapal dagang dari seluruh dunia. (marksman/ sumber : sindonews.com dan okezone.com)

Berbagi

  58 Responses to “Inilah Buku Kuno yang Jadi Dasar China “Klaim” Laut China Selatan”

  1.  

    dasar yg ngawur

    •  

      mari kita rubah nama LCS menjadi LIS ato LNS ( Laut Natuna Utara )

      •  

        Sekali lg sy ulangi.. Klo mau berbicara ttg bukti kuno, indonesia jg bisa mengklaim sebagian besar pulau di laut cina selatan.. Kita memiliki buku kuno kitab negara “KERTAGAMA” peninggalan majapahit yg isinya tergambar peta kekuasaan nusantara yg meliputi MALAYAIA , THAILAND, AUSTRALIA, FILIPINA & bahkan sampai ke-MADAGASKAR.. Buku ini adalah warisan sejarah yg keasliannya diakui oleh badan budaya PBB yaitu UNESCO.

        •  

          Waktu bung karno menyatakan kemerdekaan indonesia, semua kebingungan ketika ditanya syarat2 berdirinya suatu negara : 1) ada pemerintahan yg sah, 2) adanya penduduk, 3) adanya wilayah, syarat ke 3 ketika itu diusulkan adalah wilayah bekas pendudukan majapahit ke arah selatan sampai wilayah darwin di ausi, timur hampir seluruh kepulauan pasifik dekat hawai, barat sampai madagaskar, utara sampai menembus seluruh kepulaun philipina, semua negara disekitar wilayah kita langsung protes, akhirnya disepakati indonesia adalah pulau2 yg diakui dibawah pengelolaan pemerintah hindia belanda, bener2 keterlaluan cina cuma gara2 secarik kertas bs ngaku2 laut seluas itu sebagai wilayah mereka.

      •  

        Klo mau berbicara ttg bukti kuno, indonesia jg bisa mengklaim sebagian besar pulau di laut cina selatan.. Kita memiliki buku kuno kitab negara “KERTAGAMA” peninggalan majapahit yg isinya tergambar peta kekuasaan nusantara yg meliputi MALAYAISekali lg sy ulangi.. Klo mau berbicara ttg bukti kuno, indonesia jg bisa mengklaim sebagian besar pulau di laut cina selatan.. Kita memiliki buku kuno kitab negara “KERTAGAMA” peninggalan majapahit yg isinya tergambar peta kekuasaan nusantara yg meliputi MALAYSIA , THAILAND, AUSTRALIA, FILIPINA & bahkan sampai ke-MADAGASKAR.. Buku ini adalah warisan sejarah yg keasliannya diakui oleh badan budaya PBB yaitu UNESCO.. Sedangkan buku kuno cina hanya diakui oleh pemerintah china & MBAH BOWO.

      •  

        Gubrak…#%#$&$&%@%@[email protected]

    •  

      Sekali lg sy ulangi komentar sy yg sdh sy posting berkali-kali.. Klo mau berbicara ttg bukti kuno, indonesia jg bisa mengklaim sebagian besar pulau di laut cina selatan.. Kita memiliki buku kuno kitab negara “KERTAGAMA” peninggalan majapahit yg isinya tergambar peta kekuasaan nusantara yg meliputi MALAYAISekali lg sy ulangi.. Klo mau berbicara ttg bukti kuno, indonesia jg bisa mengklaim sebagian besar pulau di laut cina selatan.. Kita memiliki buku kuno kitab negara “KERTAGAMA” peninggalan majapahit yg isinya tergambar peta kekuasaan nusantara yg meliputi MALAYSIA , THAILAND, AUSTRALIA, FILIPINA & bahkan sampai ke-MADAGASKAR.. Buku ini adalah warisan sejarah yg keasliannya diakui oleh badan budaya PBB yaitu UNESCO.. Sedangkan buku kuno cina hanya diakui oleh pemerintah china & MBAH BOWO.

    •  

      China gila…..selembar kertas sbg petunjuk navigasi semata dijadikan dasar klaim wilayah negara lain. Semua wilayah klaim masa kerajaan masa lalu sdh tak bisa diterapkan lagi semenjak penjajahan yg telah dibagi bagi wilayah dan daerah menurut penjajahnya masing2. Kenapa saat penjajahan, china tdk mengakui klaimnya saat itu??? Dasar china bungul, rakus… Emang selama penjajahan kemana itu china??? Kenapa tak berani klaim LCS sepenuhnya??? Hukum kuno begitu sdh tak bisa diterapkan di masa sekarang, krn semua negara diantara LCS mempunyai sejarah nyata atas pembagian wilayahnya masing2 negara yg didasarkan hukum internasional. Hanya negara rakus seperti china saja yg tak tahu malu pada klaimnya. Otaknya pemerintah china memang rakus utk kuasaisumber daya alam LCS semata.

  2.  

    kita juga punya peta kuno..dasar kuno

  3.  

    Ada ada saja patokannya

  4.  

    Harus kita keluarkan tandingan peta kuno dari kerajaan sriwijaya dan majapahit, biar cina tau daerah kekuasaan kerajaan tsb.

    Selamat siang.

    Salam sambalado

  5.  

    Waktuny mengeluarkan peta majapahit dan sriwijaya…sampe mana pelayaran pelaut2 kita…

  6.  

    Inilah kehebatan china kok nga dari dulu aja claimnya..takut yaa dijajah.kok sekarang menjajah..
    Indonesia dulu batavia diclaim belanda ama jepang..
    Apa sekarang indonesia punyanya belanda ama jepang.
    Aduhhh jaman sudah berubah mass koko..
    Timor timor bagian dari NKRI ya dulu???sekarang dijarah ama ausie…
    Lain bulu lain belalang lain dulu lain sekarang..

  7.  

    Coment wowo sll ngawur:|

  8.  

    Jangan lagi pernah nyebut laut cina selatan,, pakai aja laut Natuna Utara, jangan pernah lagi nyebut Tiongkok,, pakai aja China…. NKRI HARGA MATI…

  9.  

    Cina gilaaa

  10.  

    genhis khan bisa ketawa sam china kalo dia masih hidup

  11.  

    ayo deklarasikan orang indonesia keturunan nabi adam as.bumi dan seisinya diamanahkan kepada kita oleh Allah swt al qur an adalah buktinya yg otentik.!sebagai khalifah Nya!!

  12.  

    kamu orang kok ga konsisten to WO…BOWO…!

  13.  

    kamu orang kok ga konsisten to WO BOWOOOOO

  14.  

    orang kok ga konsisten kamu woo..bowooo

  15.  

    masalah kalo dipublikasi buku jaman dulu dengan sekarang harus penguatan alussita dan kekuatan diplomasi kekuatan baik itu darat,udara dan laut(nah ligitan dan sipadan dan timles sudah lepas)ntar negara2 tetangga ketawa semuanya.

    kekuatan angkatan laut harus mumpumin baik dr alussita dan sdm(biarpun cukup tanpa alussita emang kita jaman bambu runcing?????)sedangkan kekuatan udara saja kita masih kalah jauh dengan tetangga asean tidak berkonflik????istilah preman dipasar pententeng bawah golok,tapi org preman satu bawah senapan mesin kira2 siapa menang kalo duel.

    inggris sebelum perang dunia 2 hampir menguasain 70 persen laut didunia ini beratus2 tahun,sedangkan jaman perang dingin amrik melanlang buana hampir semua samudera cm diimbangin oleh uni soviet(akhir bubar dan tahtanya kembali ke rusia hampir tidak mempunya kekuatan laut seperti uni soviet)

    china mengklaim soal lcs sudah menghitung kekuatan baik diplomasi dan militernya,sedangkan
    indonesia belum menghitung kalkulasi misal konflik terjadi???

    kalo kekuatan laut dan udara kita kuat minimal ri juga klaim seperti negara2 kuat lain,bedanya karena kita belum mencapai kesana,kalo tidak negara 2 kecil mengklaim dulunnya(tidak saya sebutkan negara2 lain karena sudah masa lalu)

    kalo kekuatan laut sudah kuat terjadi masalah/konflik,presiden kita misalnya mana kapal induk dan gugus tempur kita paling dekat dengan konflik???nah enak tidak kire2nya kalo indonesia sudah kuat heheheehe(biarpun sementara ini dalam mimpi)

    salam damai selalu met siang

    •  

      @bukek siansu…kata pak RR modalnya cuma semangat doang ko bang…

      •  

        @ bung corporal semangat itu perlu,tanpa semangat tidak akan memenangkan perperangan ehehehehe(nazi,japan bushido memulai pd2 dengan semangat pantang menyerah,vietnam utara melawan prancis dan amrik waktu dulu)tapi tanpa akusisi alusista,semangat sehebat apapun akan mengendorkan semangat dan mental tempur pasukan dilapangan kalo dalam militer dunia modern sekarang(istilah dilecehkan,diremehkan)

        salam semangat bro sekalian damai selalu:)

  16.  

    Sino gendeng.
    Orang lain jg punya peta dunia, tp bukan berarti dunia itu miliknya seorang.

    Dasar saraf!

  17.  

    Ahh tulisan di buku kuno mrk itu isinya cmn cerita cabul.. spt kamasutra, gangbang, membesarkan alat pital mrk yg kecil dsb.

    Lha kok di anggap peta.. jgn jgn peta lokalisasi jmn kaisar..

    Sebenarnya, Indonesia jg pny peta masa lampau
    Portugis jg punya
    Spanyol jg punya
    Kok Indonesia, Portugis dan Spanyol tdk mengklaim teritori negara lain scr ngotot?

    Yaa.. karena tidak serakah. Keserakahan itulah yg menjadikan cina seakan harus mewujudkan cita cita masa lalu..

  18.  

    TERANG AJA WONG AHLINYA DARI CINA JELAS MEMBELA NEGARANYA….

  19.  

    Isu lcs hanya bagian dari strategi oprasi agar membendung kekuatan usa xixixi
    Klo tdk jeli menganalisa anda terkecoh,,, china indonesia itu teman yg membendung kekuatan di asia qt ini terkepung pangkalan usa krn ada skenario besar usa untuk mlakukn agresi ke indonesia,, mkax knp russia di sibukan dperbtsan dgn nato, agar russia terpecah konsentrasi di asia,,, pak luhut dtg kechina itu apa,, xixiixi,, yg lebih berbhya itu usa, tp china sm2 ingin incar indonesia..
    Inteljen russia sdh tau skenario usa n china tuk kuasai indonesia
    Bila ingin damai bersiaplah untuk perang whai nkri. 2 negara siap menguasai indonesia. Russialah penolong bangsa ini.

  20.  

    agan2 kalo ada kata2 mbah bowo yg bertolak belakang, jgn heran krna nick name mbah bowo ada 2, yg asli sama yg palsu(yg asli ngeselin)yg palsu agak lempeng jalan pikiran nya, jdi dukung aja mbah bowo(palsu), tp klo yg asli sambittt aja rame2……

  21.  

    MBAH BOWO AKAN SENANG HATI UNTUK DIJADIKAN PATOK BATAS ANTARA LAUT NATUNA UTARA DAN LCS DEK…MBAH RELA MATI DEMI NKRI…

  22.  

    mati akal klw lihat kelakuan cina …

  23.  

    Dasar china gobl*g, klo berdasarkan buku kuno justru wilayah indonesia lah yg paling luas, meliputi hampir seluruh asean….
    ikuti dan patuhi peraturan international…klo gak patuh sampeyan bisa dikeroyok polisi2 dunia macam nato and amerika….plus seluruh negara asia kecuali korut…

  24.  

    Mana lebih tua Buku Kerajaan Majapahit atau Buku Kuno China?

  25.  

    Penyataan Bupati Natuna soal China Cukup Mengejutkan!
    Kamis, 23 Juni 2016 , 21:08:00

    Kapal Coast Guard China yang selalu menjaga nelayan mereka saat beraktivitas, termasuk saat masuk ke ZEE Natuna. Foto: Twitter.com/Ditjen PSDKP-KKP RI

    NATUNA – Sebuah pernyataan mengejutkan datang dari Bupati Natuna Hamid Rizal, terkait China. Ia mengungkapkan, China sudah lama mengincar Pulau Natuna. Bahkan, sejak 10 tahun lalu, China diduga sudah menyusup ke daerah ini.
    Hamid menceritakan, saat ia menjabat Bupati Natuna 10 tahun lalu, kecurigaan sudah terlihat, dengan adanya gerak gerik nelayan China di laut Natuna. Dengan modus menangkap penyu menggunakan speed boat.

    “Dari 10 tahun lalu, ada sekitar 5 orang warga China diamankan, itu karena saya curiga aktivitasnya di laut Natuna, ngakunya nelayan,” kata Hamid Rizal seperti dikutip dari batampos (Jawa Pos Group).

    Menurut Hamid, warga China yang diamankan diantaranya memiliki keahlian menyelam dan berenang. Karena mencurigakan, nelayan tersebut dilaporkan ke Lanal Ranai dan akhirnya diterbangkan ke Jakarta.

    Dikatakan Hamid, ulah nelayan China dan kapal patrolinya di laut Natuna tidak bisa dibiarkan. Menurutnya ada dugaan modus nelayan China 10 tahun lalu di laut Natuna untuk memasang peralatan, dan akhirnya sebagai patok batas wilayah.

    “Kalau dilihat dari ulah nelayan dan kapal patroli China sekarang, kuat dugaan peralatan tertentu terpasang di laut Natuna,” ujar Hamid.(arn/jpnn)

  26.  

    Itu akal2an china aja, jgn mau dikadalin sm china , hanya org oo yg prcaya sm secarik kertas itu, peta apaan tuh??? Gila nih si china

  27.  

    Kalau mau adu jalur tradisional,kita juga kerajaan majaphit,luasnya sampai ke kamboja lo,belum itu persia atau kerajaan romawi tambah luas lahi wilayahnya,mereka ini (china) sakit hati mungkin sama negara mantan penjajahnya dulu

  28.  

    bukti yg ngawur…
    yang jadi pertanyaan kenapa isu LCS yg memanas bersamaan dengan ABU GOSOK sandera WNI lg…apakah ASU ada di balik semua ini..mudah mudahan pengambil kebijakan dan TNI selalu sipa dan waspada dengan adanya proxy2 yg di tebar…ami siap di mobilitas dan di gerakkan jika negara memanggil..untuk negeriku indonesia apa sih yang ngga?

  29.  

    Memang seprti ada permainan antara china n indonesia. Penyandraan abu sayaf part 1 di barengi saling tabrak kapal CG china dan kkp. Penyandraan part 2 lagi2 china n Ri saling bentrok di lokasi yg sama (natuna).. hmmm nyimak aja dulu dah. Sambil liat coment orang2 pinter di mari(jkgr)

  30.  

    Hihihiji kalo berdasarkan bukti2 dari buku sejarah mari kita kembalikan kebesaran empire sriwijaya, majapahit , tapi indonesia juga harus berganti nama ??, sebaliknya PRC juga harus merubah nama negaranya sesuai nama saat buku itu terbit…. simpel sebenarnya hal ini di argumenkan

  31.  

    abis claim LCS cina pasti claim INDIA dasarnya perjalanan TONG SAM CONG sama SUN GO KONG waktu ambil kitab suci ke barat….

  32.  

    bisa jadi nanti DKI di claim CINA krena gubernurnya orang CINA

  33.  

    wah2 pada bingung semua ya karna cina mengeluarkan dokumen dan jurus saktinya…hehe

  34.  

    wah ada geng lubu, geng sun jian dan liu bei ada gak ?

  35.  

    Wtf?

  36.  

    Wtf?

  37.  

    mbah bowo kebayakan baca buku karya annie arrow deh kayak nya..xixixixi

  38.  

    Aah itu bullshit…cara penulisan china 600 tahun lalu, adalah dari atas ke bawah. Bukan gaya penulisan mendatar (gaya penulisan modern). Lagipula itu gambar nya seperti ditulis dengan pena metal / baja yg baru berkembang di abad 19 (garis tulisannya tipis2). Sedangkan 600 tahun lalu jenis pena masih menggunakan buluh / kuas (garis tulisannya tebal).

 Leave a Reply