Aug 012014
 

image

Tim Rapid Composite butuh waktu satu bulan untuk merancang, mengembangkan, membangun dan menerbangkan ‘perahu terbang’ pesawat rotor unik ini. Kemampuan pesawat tak berawak ini tak kalah mengesankan. Didorong oleh tiga motor listrik yang kuat, dan tahan air (IP65) operasionalnya hanya dilakukan oleh satu orang. Persiapan pra-penerbangan hanya memakan waktu beberapa detik tanpa memerlukan perakitan. Drone ini dapat membawa berbagai muatan, internal dan eksternal; ada pula yang terpasang menggunakan Picatinny rel standar. Drone ini dapat membawa beban hingga 20 pound pada misi 30 menit, dan tim ini bisa cepat membuatnya, Angkatan Laut AS mempertimbangkan untuk menggunakan robot terbang ini.

image

NRL perenang terbang (flying swimmer)(Flimmer) adalah penggabungan karakteristik kendaraan bawah laut tak berawak dengan kendaraan udara yang meluncur (gliding). Platform khusus ini dirancang untuk menguji transisi antara penerbangan (free flight) oleh kontrol aerodinamis konvensional dengan kemampuan berenang di bawah air, yang bergerak memanfaatkan tenaga sirip. Kemampuan terbang ini memungkinkan angkatan laut untuk secara cepat menyebarkan muatan dari jarak jauh, ke wilayah laut yang sulit dan dipenuhi tumbuhan, di mana gerakan bawah air akan menjadi lambat atau sulit. Teknologi ini akan cocok untuk operasi di sungai atau lingkungan bakau, menghadirkan tantangan yang signifikan untuk teknik penempatan/deployment konvensional.

image

Stop Rotor UAV, diuji oleh Naval Research Laboratory untuk mengevaluasi platform potensial yang dengan cepat bisa menyebarkan umpan torpedo (decoy) sebagai bagian dari pertahanan anti-kapal selam armada permukaan. Drone lepas landas secara vertikal dari dek, lalu transisi untuk meneruskan penerbangan yang didukung oleh rotor ekor, dengan menghentikan rotor dan membalik satu baling-baling untuk membentuk sayap. Proses lengkap hanya membutuhkan waktu satu detik. Sampai saat ini drone ini telah diuji dalam penerbangan mode helikopter, dan transisi rotor didemonstrasikan di lapangan.

image

UAS eksperimental bersayap salip dan bertenaga matahari /Β Cruciform-winged experimental fuel-cell UAS (XFC UAS diluncurkan dari tabung simulasi kapal selam pada Desember 2013, sebagai bagian dari tes oleh laboratorium Naval Research (NRL) menunjukkan kelayakannya untuk menempatkan UAV ini pada misi pengintaian dari kapal selam.

image
Penampakan lain dari XFC UAV.

image

Ketika dilipat, UAV XFC disimpan dalam wadah yang cocok dengan penyimpanan tabung torpedo. (Defense-Update.com).

  38 Responses to “Inovasi Drone Baru 2014”

  1. Ini. Yang mau dibeli JKW

    • setuju bung Bangjo
      nyang dr Perguruan Teknik di Indonesia juga keren-keren modifikasinya, tinggal upgrade jeroan dan pemutakhiran teknologi. ngeri-ngeri sedap tuh bang

    • Beli2..jangan lupa bung. Kita udah bisa bikin yg kya gituan,tingkatkan anggaran penelitian aja deh,,

    • kusangka inovasi drone made on LIPI, ternyata produk luar…; hadeh..

    • he..he…he…bilang yang lain katanya masih euforia pilpres, lha anda masih aja berkecimpung ria di dalamnya???
      nha berita darimana ini yang mau dibeli??? jangan terang-terangan menunjukkan anda abg ababil lah…mari kita kawal saja perjalanan bangsa ini, kalo kalah kecewa biasa, tapi kalo cuman bisa komentar miring terus kapan mau maju….???

  2. beli trus kita bikin sendiri

  3. Mantap…

  4. Kapan indonesia punya yg kaya gini y?

  5. Kita kan udah bisa…..Lanjutkan…!!!

  6. Jgn jadi bangsa latah knp, orang punya kita jd pingin. Mental tempe!!!

  7. Kembangin dulu tuh r han sampe bisa nembak uav.

  8. 10 besar warjager!

  9. Affirmative 😈

  10. yang menarik tenaganya dari matahari n diluncurkan dari kasel,,

  11. Kapan dah indonesia bsa ngmbangin kyk gtu yaaa.. Ntar ujung2.a dana cekak lah cmn nympe prototipe trus mandek..kasian bangsa ini.

  12. indonesia bisa

  13. Mau nanya nih buat sesepuh warjag…super drone made in Ri apakh mesinnya msh 2 tack/ bila di bandingkn puna wulung broa% lbh unggul nih super drone

  14. indonesia sudag ada puna tu…

  15. agak bingung nih sebenernya spesifikasi drone itu apa. UAV ato UCAV ato tin man di film stealth. kalo saya sih cenderung tin man

  16. Ada info nih, mohon di klarifikasi oleh sepuh disini.
    6 buah Gripen melintas di langit bali-lombok, ada fotonya.

    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=774265659298868&id=160155024043271&refid=17&ref=stream

  17. Assalamualaikum wr.wb
    kira” uav perlu tanki eksternal tidak? hehehehe
    maaf kalau pertanyaannya ngaco πŸ˜€
    kalau salah ya maaf πŸ˜€
    maaf oot πŸ˜€

  18. kita keduluan ma asu … punya asu di publish duluan nih … punya anak bangsa baru desain, kagak ada duit buat terusin, gak usah iri ma asu, kami jg bisa buatkan … cuma siapa yg mau kasih modalnya ???
    anak bangsa disini bikin prototype pesawat aja … komponennya comot sana comot sini alias kanibal dari rongsokan pesawat … repair dikit trus ajaibnya msh bisa on (pake doa full !!!) trus muzijatnya bisa terbang lg …

  19. Dron yg bisa recharge sollar cell.. klw dipadu gps, android, web… unlimited distance.. undetected, unpredictable… amazing.

  20. Wong indonesia pake satelite punya orang makanya bikin dulu satelitenya lalu buatlah drone sendiri..

  21. Waduuhhh tampilannya ko berubah lagu bung @Diego….???

    Jadi puyeng palapala nih mata

 Leave a Reply