Sep 052019
 

doc. INS Kora India .(@ Indian Navy)

Sabang, Jakartagreater.com    –   Komandan Lanal Sabang Letkol Laut (P) Agus Darmawan, S.E., M.Tr.Hanla., beserta segenap prajurit Lanal Sabang menyambut kedatangan dua kapal perang negara India di pelabuhan CT-3 BPKS Kota Sabang, Banda Aceh, Aceh, pada Kamis 5-9-2019.

Kedua Kapal perang negara India yang bernama INS Kuthar-P64 yang dikomandani Commader Rajiv Khumar Singh dan INS Kora-P61 yang dikomandani Commader Amit Khumar Sinha adalah kapal Corvette dengan berat 1350 ton, Panjang 91 meter dipersenjatai dengan Rudal anti kapal permukaan P-20M (SS-N-2D), Strela-2M (Rudal anti udara), Meriam AK-176 kaliber 76 milimeter dan Meriam pertahanan udara caliber 30 milimeter AK-630.

Kedua kapal perang India ini berkunjung ke Sabang dalam rangka Port Visit.  India merupakan negara sahabat yang memiliki wilayah lautnya berbatasan langsung dengan Indonesia utamanya perbatasan tersebut berada pada wilayah kerja dan tanggungjawab Koarmada I, di perairan Barat pulau Weh.

Perbatasan laut kedua negara tersebut merupakan pintu masuk selat Malaka sebagai jalur pelayaran paling vital didunia, karena sebagai jalur penghubung samudera Hindia menuju Kawasan samudera Pasifik. Sehingga kedua negara harus menjamin keamanan laut di Kawasan tersebut.

Agenda yang telah direncanakan kehadiran kapal tersebut didahului dengan penyambutan oleh Komandan Lanal Sabang yang didampingi oleh FKPD kota Sabang, Pengalungan bunga oleh Komandan Lanal Sabang kepada Komandan INS Kuthar dan Komandan INS Kora.

Acara dilanjutkan dengan tarian selamat datang “Ranup Lampuan”. Kedua komandan kapal tersebut akan melaksanakan office call ke Komandan Lanal Sabang dan kepada pejabat Wali Kota Sabang.

Dijadwalkan olah raga bersama antara personel kapal India dengan Lanal Sabang untuk mempererat hubungan personel Lanal Sabang dengan personel Kapal India serta kunjungan kebudayaan selama tiga hari berada dikota Sabang dari tanggal 5 sampai dengan 7 September 2019.

Selesai melaksanakan bekal ulang logistic kapal yaitu bekal makan dan bahan bakar, kedua kapal perang tersebut kembali ke Pangkalan Angkatan Laut India di Andaman.

Turut hadir dalam penyambutan kedua kapal perang negara India tersebut diantaranya Danlanudal Sabang, Dandim 0112/Sabang, Plt. Ka. BPKS Sabang dan sejumlah unsur Firkopimda Sabang lainnya. (Dispen KoarmadaI).