Nov 082015
 
Pesawat Metrojet Rusia

Pesawat Metrojet Rusia

Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan ada kemungkinan bom menjadi penyebab jatuhnya pesawat Airbus Metrojet, pesawat Rusia yang meledak di gurun Sinai tidak lama setelah mengudara dari Bandara Sharm el-Sheikh dan menewaskan penumpang dan awak yang berjumlah 224 orang.

Hal senada disampaikan Pemerintah Inggris yang mengungkapkan kekhawatirannya mengenai keselamatan di Bandara Sharm el-Sheikh setidaknya 10 bulan sebelum kecelakaan pesawat tersebut.

Perdana Menteri Mesir Sharif Ismail menyaksikan puing pesawat Kogalymavia KGL 9248 yang jatuh di Pegunungan Sinai, Mesir

Perdana Menteri Mesir Sharif Ismail menyaksikan puing pesawat Kogalymavia KGL 9248 yang jatuh di Pegunungan Sinai, Mesir

Pakar terorisme dari Universitas Macquarie Australia, Professor Clive Williams, menilai sangat mungkin serangan serupa dilakukan di dekat Australia.

“Masalahnya adalah jika seseorang  bisa membawa benda besar ke dalam pesawat, maka saya berpikir mungkin itu bentuknya koper atau sesuatu seperti itu dan pembawanya bisa jadi penumpang atau seseorang yang bekerja di bandara,” katanya.

“Saya kita besar kemungkinan sangat sulit untuk melakukan hal seperti itu di Australia, tapi saya kira potensi bagi orang meniru kejadian ini tetap ada. Dan saya kira tempat seperti Indonesia, mungkin saja bisa melakukan hal seperti itu,” katanya.

Dr Clarke Jones dari Universitas Nasional Australia (ANU) mengatakan tampaknya semakin meningkat peluang ISIS telah mulai melakukan metode serangan mereka yang baru.

“Saya tidak menyimpulkan kalau ini memang menjadi cara terbaru yang akan dilakukan ISIS dalam serangan-serangan mereka tapi ini juga menunjukan betapa kita perlu memperhatikan keamanan dalam seluruh aspeknya,” tambahnya.

Di lain pihak, Pemerintah Australia telah memastikan keamanan para penumpang yang melakukan penerbangan dari Australia .

“Australia memiliki aturan keamanan penerbangan yang sangat ketat,” kata Menteri Kehakiman, Michael Keenan.

“Kami memiliki semua aturan dan prosedur yang berlaku untuk perubahan yang sudah kita lakukan pasca serangan 9/11 dan kita secara konstan mengevaluasinya untuk memastikan jika Anda bepergian dengan pesawat dari dalam wilayah Australia  maka perjalanan Anda akan aman,” jelasnya.

  16 Responses to “Insiden Pesawat Rusia Akan Berulang?”

  1.  

    Teroris berbahaya

  2.  

    Perdana….may be

  3.  

    Akan terjadi di Indonesia ???

    •  

      Hanya Potensi Kemungkinan, Mudah – Mudahan Tidak……Amiiin

    •  

      Semoga saja tdk, Kemhub sbg regulator sdh menerapkan aturan ketat sesuai standar internasional dan ada sanksi tegas apabila pihak bandara atw maskapai melanggar. Mgkn yg krg ketat di bandara2 perintis karena keterbatasan SDM, namun bandara perintis hanya disinggahi pesawat kecil. Tujuan teroris adalah menciptakan ketakutan massal, klo yg disasar hanya pesawat kecil tujuan mrk tdk efektif. Justru bandara n maskapai dr Australia itu yg krg tepat sdh bbrp kali insiden pesawat Australia ada yg penumpang mabuk trus mengancam meledakkan diri, penyelundupan narkoba yg justru ketahuan saat di Bandara Bali….

  4.  

    Apa emang oleh Maskapai dan otoritas bandaranya barang2 bawaan penumpang tidak discan terlebih dahulu…lain cerita kalo sudah ada mata2 di maskapai tsb ato Bandara tsb ato oknum2 yg sudah disuap..kadang kita juga bertanya2 kenapa kok isa narkoba masuk Indonesia lewat bandara2 di negara kita apa di Bandara negara asal nya mereka itu tidak diperiksa?

  5.  

    Inilah yg perlu digaris bawahi, pandangan mereka terhadap kita :

    ”….tapi saya kira potensi bagi orang meniru kejadian ini tetap ada. Dan saya kira tempat seperti Indonesia,
    mungkin saja bisa melakukan hal seperti itu,”
    katanya.

  6.  

    Itu mungkin saja terjadi! Mengingat seringnya trjadi pelanggaran aturan di RI, cnth dngn kasus hilangnya brang2 dbagasi/ bawaan penumpang! Kalo brng bawaan aja bisa ilang, logikanya.. Memasukkan kyk bom jg mungkin kan? Jdi kyknya dngn kjadian ini, kita hrus lebih mengetatkan aturan dan pengawasan pelaksanaanya di bandara2 Dan obyek2 vital lainnya di NKRI! Tndakan Preventif lebih bgus dripada kecolongan lg!

  7.  

    Bung diego minta perhatianya komen komen yang berbaur
    Sara mohon di hapus

  8.  

    kuaaatro tenan ausi lha wong dia yg ikut gempur isis pake bawa2 NKRI, klo cuma kemungkinan smua negara jg bisa jd target.

  9.  

    seleketep!

  10.  

    ,,,hemm,sepertinya ada yg aneh?? KNKT Rusia belum mengumumkan Hasil Analisa Penyebab Kecelakaan,kok Obama dan Inggris berandai2 soal penyebab kecelakaan?? Kenapa AS begitu perhatian dgn kecelakaan tsb?,sampai harus obama ikut koment??. Mungkin ada Udang dibalik Combrok… Sebuah Misteri karena pesawat tersebut adalah pesawat Cargo Rusia.

  11.  

    Asem bgd pernyataan dr pihak ANUS-TRALIA neh.. malah mrendahin indonesia soal keamanan pesawat komersil?