Sep 052014
 
Petugas PT DRU dan Angkatan Laut  memeriksa dan mendokumentasikan sling baja yang putus. Sling baja penahan KRI Teluk Bintuni putus sebelum resmi diluncurkan | Saryah M Sitopu / Saibumi.com

Petugas PT DRU dan Angkatan Laut memeriksa dan mendokumentasikan sling baja yang putus. Sling baja penahan KRI Teluk Bintuni putus sebelum resmi diluncurkan | Saryah M Sitopu / Saibumi.com

Bandar Lampung – Tali sling baja yang menahan kapal KRI Teluk Bintuni putus pada 15.10 WIB. Kejadian tersebut mengakibatkan kapal perang khusus angkut tank tersebut meluncur ke laut sebelum diresmikan, Kamis 5 September 2014.

Putusnya sling tersebut baru diketahui setelah kapal secara tiba-tiba meluncur ke laut. Para awak berbagai media serta para petugas dari PT DRU Lampung langsung berhamburan keluar dari tenda utama tempat mereka menunggu acara peluncuran secara resmi dibuka. Dengan gerak sigap para awak media langsung mengabadikan kejadian tersebut.

“Slingnya tidak kuat menahan beban. Masih ditambah angin yang kencang begini jadi putus,” kata salah satu anggota Satgas AL Mayor Yan Saragih.

Keributan sempat terjadi karena para pekerja saling berteriak mencari teman-temannya yang pada saat kejadian posisi mereka sedang berada di dalam laut yang menjadi jalur peluncuran kapal tersebut.

image

KRI Teluk Bintuni (photo: Saibumi.com)

Dua korban pekerja terpantau saibumi.com bergegas dibawa. Satu korban masih bisa berjalan sendiri sambil dipapah temannya. Satu orang lagi digotong oleh enam orang pekerja lainnya.

Saat mobil ambulans yang membawa pekerja yang terluka itu meninggalkan lokasi peluncuran kapal, bus yang membawa rombongan tamu datang yang akan meresmikan peluncuran tersebut baru tiba.

Hingga berita ini dikirimkan, para tamu hanya berbincang di bawah tenda tribun kehormatan. Sementara tim dari PT DRU terus berusaha mengkondisikan kapal KRI Teluk Bintuni.(Saryah M Sitopu / Saibumi.com).

  129 Responses to “Insiden KRI Teluk Bintuni”

  1. one

  2. weleh…….mudah-mudahan semua lancar terkendali…. πŸ™

  3. Sabotase kah?

  4. wah kapalnya gak sabar pingin melaut..mudah”an tdk ada korban jiwa…

  5. Waduh….semoga nggak ada yang rusak dan korban cepet sembuh…..

  6. duo

  7. udah pengen cpt mengantar leo .zero acident kah

  8. Mudah2an ttp lancar sesuai rencana..

  9. dulu klewang sekarang Teluk Bintuni, MENGAPA?sabotasekah?

    • maaf, @eyang, peristiwanya gak sama ko. dan tidak apa2 sama KRI nya, namun melukai dua orang petugas. yaa tentu saja ini disesalkan, sepertinya tidak ada sabotase disana, karna sudah disterilkan sebelumnya. saya yakin para sesepuh disini dapat menjelaskan dengan baik.. πŸ™‚
      semoga dengan kejadian peristiwa tersebut menjadi pelajaran kedepan bagi seluruh perusahaan termasuk PAL, dan acuan kedepan untuk lebih memperhatikan keselamatan para petugasnya.
      atas peristiwa ini, semoga Tuhan memberi keselamatan bagi para petugas, dan untuk yg luka luka semoga cepat sehat wal afiat dan kembali bertugas.. πŸ™‚

  10. mudah2an bukan pertanda yg buruk…

  11. waduh…. semoga tidak ada korban jiwa dan semoga insiden ini tidak dijadikan alasan untuk mempersulit project berikutnya

  12. Wah langsung berlayar sebelum ada abk nya. Mungkin ini akan menjadi “ghost ship”. Mungkin ini drone versi laut. Btw saya pernah lihat di tv ada kapal yg langsung tenggelam dan terbalik ketika meluncur bebas diluar rencana. Menurut saya yg awam, setidaknya ini membuktikan bahwa kapal ini cukup stabil.

  13. @hoax…klo tni latihan di daerah pedalaman biasanya di ikuti oeleh seorang pawang…agar faktor x seperti kri bintuni tidak terjadi…maaf oot

  14. @senopati..jgn2 pres terpilih dan timses dah seperti pemerintah saja…tiba2 jkw jd tersangka sebelum janur kuning melambai…MEF ok

  15. Mdh2n Ga nyampe Ada kerusakan, wat PR korban mdh2n bisa Diberi kesembuhan, amiinn..

    Bung PS, request foto2 KRI bung TOMO donk, kabarnya udah nyampe

  16. kapalnya terlalu bersemangat, hehe

  17. jngn gitu ah.ane etnis tionghoa nih.tp meski bgtu seandainya indo perang ma china sya rela mati demi nkri.tpi meski dah bnyk perkembngan alutsista kita,kyknya msih kurang canggih rasanya ma singapore,apache chinook dah keduluan.weleh2.bisa terkjar klo dapet anggran su 35…klau tp.

  18. itu namanya test the water :mrgreen: sekalian sea trial ama sea acceptance test..hehehe..biar cepet ngelaut ama nggendong si kucing..hrrrr :mrgreen: tetap semangat..dibalik peristiwa pasti ada yg bisa dijadiin pelajaran..sip dah!

  19. coba Bung Sennopati telusuri sejarah Laksamana Muda John Lie hehehe… semoga Bung paham :mrgreen:

  20. hahaha… kebanyakan ceplas-ceplosnya ya Bung :mrgreen:

  21. bung sennopati ini emang levelnya segitu, di level kerak paling dasar…

  22. ini kapal pengin nyusul saudara2 nya….si KRI Jhon lie dan KRI Usman harun yg sudah berlayar
    dan nyampai di Jeddah….

  23. @Pak PS : piye kabare Pak Komandan??? KRI Brahmasta piye kabare Pak ? πŸ˜€ :mrgreen:

  24. kabel penahan nya terlalu kecil kalee…. masak kabel pakai nahan kapal sama besar nya dengan kabel Bulldozer pakai narik kayu,emang nya kapal itu ringan apa..??

  25. Sugeng ndalu bung ps nderek tepang kulo kangen artikel tetang ks kita yg polosan kapan louncingipun suwun

  26. sugeng ndalu Bung hehehe… :mrgreen:

  27. peristiwanya tidak sama dengan “keleweng” dan tidak apa2 sama KRI Bintuni-nya, namun melukai dua orang petugas. yaa tentu saja ini disesalkan, sepertinya tidak ada sabotase disana, karna sudah disterilkan sebelumnya. saya yakin para sesepuh disini dapat menjelaskan dengan baik.. πŸ™‚
    semoga dengan kejadian peristiwa tersebut menjadi pelajaran kedepan bagi seluruh perusahaan termasuk PAL, dan acuan kedepan untuk lebih memperhatikan keselamatan para petugasnya.
    atas peristiwa ini, semoga Tuhan memberi keselamatan bagi para petugas, dan untuk yg luka luka semoga cepat sehat wal afiat dan kembali bertugas.. πŸ™‚

  28. Ngeriii kalo ada kebakaran nih seperti klewang..

  29. Murni kesalahan tehnis/standard ISO kurang.wlpn kecelakaan kecil tp nyawa bisa saja melayang sia-sia.semoga standard keselamatan kerja diutamakan walau sekecil apapun.

  30. Selamat malam semua.trutama bag PS.bolak-balik nanyak nggak di jawab(kesel aku).

    • Tuh kan,sampe ilang huruf n (bang) nya (hi..hi..hi..)

    • iya Bung mau tanya apa? kalo menyangkut yang top secret saya nyengir doang lho ya hahaha…. salam hangat Bung :mrgreen:

      • bung ps tlong dong jelaskan tentang ks cholin ausit oleh master of ks (terutama amornya)

        • ( RAN ) Royal Australian Navy pada awalnya mengoperasikan 6 unit KS kelas konvensional ‘ Collins class ‘ yaitu :
          SSG 73 HMAS Collins
          SSG 74 HMAS Farncomb
          SSG 75 HMAS Waller
          SSG 76 HMAS Dechaienux
          SSG 77 HMAS Sheehan
          SSG 78 HMAS Rankin

          Namun patut diduga dari enam unit itu sekarang ini hanya dua unit saja yang dapat beroperasi yaitu HMAS Collins dan HMAS Farncomb.
          Kapal selam kelas Collins dapat dikategorikan sebagai kapal selam gagal. Berbagai permasalahan teknis selalu menghantui kapal selam buatan Australia ini. Entah itu kerusakan combat system, kerusakan generator, Perangkat Lunak, masalah aliran hidrodinamik, baling-baling yang retak, mesin dan gearbox segel, periskop yang mengalami getaran dan masih banyak lagi. semua itu memiliki kontribusi terhadap tingkat kesiapan operasional yang rendah untuk kapal selam dan lain sebagainya. Semua itu berawal dari keinginan Australian Navy mengoperasikan kapal selam yang tidak digunakan oleh Angkatan Laut lain di dunia. Pemerintahan di Canberra lebih memilih pendekatan desain daripada off-the-shelf. Kapal selam kelas Collins desain dasarnya adalah kapal selam Vastergotland asal Kockum AB, Swedia yang kemudian didesain ulang oleh ASC. Melalui desain ulang, dimensi kapal selam mengalami pembesaran beberapa kali dibandingkan aslinya.
          Kapal selam buatan Swedia secara filosofis dirancang untuk beroperasi di perairan Laut Baltik dan bukan untuk di perairan laut dalam atau samudera. Sedangkan kapal selam kelas Collins yang merupakan pembesaran dari kelas Vastergotland dirancang untuk beroperasi di laut lepas. Namun yang luput dari perhatian para perancang Australia adalah pembesaran dimensi kapal selam bukanlah jawaban terhadap kebutuhan operasional yang diinginkan oleh Angkatan Laut negeri itu.
          Proyek Collins class ini merupakan desain unik yang disesuaikan dengan persyaratan Australia. Bagian kapal selam pertama dibangun oleh Kockums di Swedia, namun sebagian besar pekerjaan dilakukan di Australia oleh galangan kapal lokal milik pemerintah. Keseluruhan kapal kedua sampai keenam dibangun secara lokal.
          Upaya β€˜melokalisir’ design asli Kockums ini tanpa asistensi pemilik design aslinya kemudian dianggap sebagai blunder dalam pembangunan Collins class yang menyebabkan β€œcacat teknis”. Kapal selam tersebut mengalami penurunan kemampuan karena berbagai masalah (baterai, mesin, generator, towed array, dan propulsi darurat) yang telah diketahui secara luas selama bertahun-tahun. Bahkan sampai saat ini ada dua kapal selam sejenis yang tergeletak di dock selama sembilan tahun.
          Di KS ini juga sering banget dilakukan upgrade peningkatan kemampuan mulai dari tahun 2003 sampai yang terbaru tahun 2013 kemarin :mrgreen:

          • mksh bung ps ats jawabannya .nambah pertanyaannya kl persenjataannya apkah sama dgn ks kita

          • Maka dari itu maka pihak AL australi pengen ks jepang krn bisa untuk laut dalam, tetapi yang jadi permasalahan adalah desain ks jepang(soryu class) mempunyai keterbatasan pada life time. Soryu hanya didesain utk 20 th. Selain itu jg soryu memiliki banyak kelebihan….

          • jenis torpedo nya berbeda dengan kita Bung, mereka memakai Mk 48 ADCAP (advance capability) dan Mk 48 CBASS (Common Broadband Advanced Sonar System) sementara sebagian juga dilengkapi dengan anti ship missile RGM 84 Harpoon hehehe.. :mrgreen:

          • hehehe… Bung Wie, Collins itu punya displacement gede lho saat dipermukaan aja 3.000 ton gimana kalo saat nyelam, bandingkan dengan Kilo kita hehehe… sotoy nya duluuu pernah kejadian dengan badan tambun begitu mereka slonong boy berhari-hari di wilayah kita, ndak konfirmasi, ndak izin, nyadap, yo akhirnya dijadiin rumpon hehehe… :mrgreen:

          • Nah ini, ceritain bung PS prosesnya collinsnya yang jadi rumpon hehe

          • itu dibiarin berhari2 ndan..dibuntutin gak tuh..trus hasil sadapannya sampe homebasenya gak tuh..

          • Kapan bung film ” The Hunt for Collins Class ” beredar? pasti seru nih :mrgreen:

          • nah…prtnyiinnyi…dr k 6 ks tsb mnakah yg jd korban kganasan ndan PS dkk ????

          • Ndan @PS, ditunggu artikel pembuatan rumpon merk Collin nya ya.

            Nggak boleh nggak πŸ˜€

      • pantes πŸ˜€

      • makanya kebesaran komandan, kan desainnya utk laut dangkal, tp ngomong2 soryu class mau dibuat VLS lho komandan yg versi australi.

  31. Sara detect..

    #komen yg g mutu blas

  32. Bg PS,lontong bakul yg bisa bw cabe merah blv jadi di bayar nggak ya? WELCOME BUNG TOMO IN MEDAN..HORAS.. cihuuy ..

  33. Mlm bung ps, gimana kabarnya bung ps.

  34. Woh, sombong benar. Padahal Tuhan saja tidak pernah membedakan manusia dari suku dan warna kulitnya. Sampeyan lebih hebat dari Tuhan bung @sennopati?

  35. Bung ps , nanya nih.. vietnam itu apa sahabat kita seperti brunei bung?

    Versi CBG ada yang lebih besar lagi gak ukurannya?

  36. Pak PS mw tnya neh… Bisa dijelaskan tidak bagaimana proses rekrutmen calon awak hiu kencana.melihat rumit ya pembuatan Ks pasti rumit jg kan proses pelatihan awak ya.mohon di jelaskan mulai Dr awal rekrut ya Pak….terima kasih.salam hormat buat Pak ps

    • biasa saja kok Bung, masuk AAL dulu, baru setelah lulus ikut tes kembali di Satsel (satuan kapal selam) setelah lulus dididik kembali lho macam di AAL hehehe… jadi memang gemblengannya luar biasa :mrgreen:

      • Kira2 bisa di jabarkan gk Pak dikit aja…mulai dari proses pelatihan ya sampe bener2 bisa jd awak Ks …apakah ada semacam test seperti di pasukan khusus ayo lainnya Pak… Terima kasih

  37. Bener ni sennopati levelnya otaknya sama kayak piaraan saya si bleki……

  38. Kayanya nie kapal punya hati … kagak mau diresmikan ama rombongan yg mo dateng, trus nyeburrr sendiri, protes kalee …

  39. Tapi cocok bung jadi gubernur DKI. Ceplas ceplos dan tegas. Gak banyak basa basi..langsung sikat :mrgreen:

  40. Aku tidak setuju kalau ada peresmian* alutsista..sepertinya hanya membudaya saja biar ada uang pesangon mumpung ada aji mumpung buat anggaran menggelar peresmian alutsista…bila pengadaaan MEF setiap barang alutsista harus diresmikan akan memakan uang anggaran belanja alutsista saja…

  41. Mungkin tali slingnya murahan beli KW made in ch***
    maaf kalau saya salah πŸ™‚

  42. Bung senopati dalam Al Qur’an disebutkan yang kira2 artinya Sengaja Aku (ALLAH) ciptakan kamu bersuku suku Dan berbangsa bangsa untuk saling mengenal. Yang paling baik diantara kamu adalah yang paling bagus Amal ibadahnya. Jadi manusia itu sama. Dan siapa pun manusia itu adalah khalifah di muka bumi.

  43. Informasi terakhir korban sudah siuman dan tidak apa2, hanya kaget saja.

  44. tdk usah bicara etnis-lah…tapi masing2 jg harus tahu diri dan saling menghargai…krn semua ada kelebihan2nya…….contoh : Mamuju itu dulu desa transmigrasi yg bangun lebih banyak orang Jawa dan Bali.(pertanian dan perkebunan)..plus Makassar dan Bugis..(perdagangan)…akhirnya bisa jadi Provinsi skr..yg untungkan penduduk aslinya…dari daerah terbelakang dihitung tempat buangan…skr daerah yg pertumbuhan ekonominya diatas rata2 nasional….

  45. @bung ps,sore bung maaf oot,kenapapa ya bung jika kapa niaga berbendera lokal harus hormat bendera saat berpapasan dgn kapal patroli al?

  46. Evert van den Broek

 Leave a Reply