Mar 272019
 

Kendaraan tempur Stridsfordon 90 (CV90) Angkatan Darat Swedia © Mats Carlsson via Försvarsmaktens

JakartaGreater.com – Insiden mematikan terjadi pada hari Senin di luar kota Överkalix di Norrbotten County, di mana latihan internasional yang melibatkan 10.000 tentara sedang diadakan di Swedia, seperti dilansir dari laman situs Angkatan Bersenjata Swedia.

Seorang tentara terlindas oleh Kendaraan Tempur Infanteri (IFV) selama latihan militer internasional Northern Wind yang berlangsung di Swedia utara, kata Angkatan Bersenjata Swedia mengkonfirmasi.

“Kecelakaan fatal” terjadi di bagian timur Norrbotten County. Tentara itu dipastikan tewas setelah terlindas oleh Kendaraan Tempur Infanteri Stridsfordon 90 yang dikenal sebagai Combat Vehicle 90 (CV90) buatan Swedia.

“Hanya personel militer Swedia yang terlibat dalam kecelakaan di luar Överkalix. Personel Angkatan Bersenjata Swedia itu sendiri telah diberikan pertolongan pertama, dimana para petugas medis dan polisi dipanggil”, kata Angkatan Bersenjata Swedia.

Pusat dukungan krisis telah didirikan

Komandan Tertinggi Angkatan Bersenjata Swedia Micael Bydén menyebut bahwa berita itu “menyakitkan dan menyedihkan”.

“Sekarang penting untuk saling menjaga. Bersamaan dengan pekerjaan sedang dilakukan untuk menemukan jawaban pasti atas apa yang menyebabkan kecelakaan. Sementara itu, kegiatan akan terus dilanjutkan dengan cara yang aman”, kata Bydén.

Northern Wind adalah Latihan Angkatan Darat Swedia yang dilakukan di bagian timur laut Swedia pada bulan Maret 2019. Sebanyak 10.000 personil berpartisipasi dalam latihan ini. Dari jumlah tersebut, hanya 3.000 adalah tentara Swedia, sedangkan sekitar 7.000 berasal dari negara-negara mitra Swedia, termasuk Finlandia, Norwegia, Amerika Serikat (AS) dan Inggris, serta persiapan dimulai 18 bulan yang lalu.

Tujuan latihan militer Northern Wind adalah untuk mengembangkan pertahanan Swedia dan meningkatkan kemampuannya untuk melakukan operasi tempur di tingkat brigade dengan unit-unit dari negara lain.

Karena latihan dilakukan dalam iklim dingin yang keras, juga bertujuan untuk mengasah keterampilan peserta asing dalam perang musim dingin. Kontribusi terbesar Swedia pada latihan ini adalah Batalyon Mekanis 192 dari Resimen Norrbotten dengan 800 tentara dan perwira.

Latihan internasional dimungkinkan oleh Host Nation Agreement yang diratifikasi pada tahun 2016, yang memfasilitasi operasi NATO di Swedia yang tidak selaras secara formal selama pelatihan atau pada saat konflik. Tahun lalu, latihan besar Aurora Swedia, yang melibatkan sekitar 20.000 personel dan lebih dari 40 agensi, menjadi latihan militer terbesar negara itu dalam lebih dari 20 tahun.

Bagikan: