Aug 122014
 

Bu0Q1LyCYAAyZmw

Semarang – Pesawat latih TNI AU mendarat darurat di sawah di Desa Jogosroyo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Diduga insiden itu terjadi karena mesin pesawat tiba-tiba mati.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol A Liliek Darmanto mengatakan peristiwa terjadi sekitar pukul 12.30 WIB. Pesawat latih jenis Bravo itu lepas landas dari Bandara Adi Soemarmo.

“Berputar-putar kemudian mendarat darurat di sawah di pedesaan,” kata Liliek kepada detikcom, Selasa (12/8/2014).
Bu0VgY5CAAECs1T

Pesawat tersebut tidak hancur. Ada dua orang di dalamnya, instruktur dan siswa. Diduga peristiwa terjadi karena mesin pesawat yang mendadak mati.

“Mesin mati,” tandasnya.(detik.com).

  106 Responses to “Insiden Pesawat Latih TNI AU”

  1. Semoga tidak aman….!!!

  2. beruntung tidak ada korban

  3. Ada lagi?
    Berita tv kemarin ada yg jatuh di laut

  4. Bravo apa termasuk pesawat tua ?

  5. smoga pilotny selamat.Aamiin…

  6. kelihatannya penumpang selamat

  7. Salut buat instruktur dan siswanya.

    Masih bisa mendaratkan pesawat di sawah dengan keadaan mesin mati.

  8. Yang penting selamat

  9. Memang saatnya pensiun.

    • Calon pengendara Innova, harusnya belajar pakai Avanza, tapi pakai Kijang Kotak. Kalau mogok di darat, aman2 saja. Kalau mogoknya di udara, ya nyungsep. Semoga penggantinya (Grob kalau nggak salah) segera terkirim dengan lengkap, sehingga latihan calon penerbang bisa maksimal utk menyambut kedatangan alutsista baru TNI AU, dan yg paling penting nyawa calon penerbang TNI AU aman.

  10. Mungkin busi dan karburatornya kotor perlu dibersihin kali yaaaa
    Semoga pilot & siswanya selamat dan tidak patah semangat untuk terus menjadi pilot yang terbaik

  11. sedikit miris memang jika melihat banyak pesawat yang telah usang namun masih terus digunakan, apalagi jika sampai terjadi inciddent yang memakan korban, timbulnya korban masih bisa dimengerti apabila sedang dalam misi menjaga kedaulatan NKRI.
    terus remajakan setiap Alutsista yg kita miliki. Bravo TNI

  12. Belajar menjadi tangguh dan melatih mental. Semoga instuktur dan siswa penerbang gak kapok..dan menjadikannya semakin tebal iman.

  13. Waduh kliru,semoga aman aman saja,tidak terjadi apa apa….!!!mohon ma’af…

  14. alhamdulilah gx ad korban

  15. Mau nanya nih..itu di evakuasinya langsung pakai truk kah d bwa ke lapangan tempatnya lepas landas kah.. Atau d potong/di lepas dlu bagian2 bdan dan sayapnya baru di bwa pkai truk…ma’af pertanyaam org awam…he3x..

  16. jadi inget tucano kan 2 biji grounded padahal baru lha ini yang lama. moga pilot dan trainernya merasa harusnya udah mati jadi tambah gila2an kalo manuver hehehe

    • kata orang skatek , yang grounded sedikit demi sedikit bisa di atasi heheu meski masih nunggu parts aslinya , tp udah ada yang bisa di kanibal heheu kebetulan lebaran kemarin sempet ngobrol heheu

  17. turut prihatin..

  18. semoga pilot dan satu laginya selamat !! 🙂

  19. turut prihatin

  20. itu iklan cerita perjuangan mahasiswi cantik apa hubungannya dengan jakartagreater.

  21. Affirmative 😈

    • Waduh congor’a matuk padi,doer deh moncong’a. Alhamdulillah smua crew slamat,yang harganya tak terhingga kan para pilot’a bukan pesawatnya.mungkin pesawat’a bilang “ampun Om saya sudah Uzur”

  22. miris…. mudahan tahun tahun berikutnya pesawat latih untuk siswa penerbang T 50,Yak 130, Grob G120TP,

  23. Ada 2 kemungkinan 1.umur pesawat 2. Ferri cloride tp semoga aja murni faktor usia pesawat

  24. Kalau ane jadi siswa n instrukturnya…butuh agak lama mau terbang lg…alhamdulillah semua selamat,tmasuk pak tani nya…smga jga jadi pembelajaran bg pihak penentu kebijakan alat pertahanan kita

  25. asik nih ngobrol sama bung BBBC. tanya bung kalo dikasih beng beng (makanan) tengkinya bukannya mati juga. pernah liat di pelem jadul

    • Perlu waktu lama bung n klo pn sempat 80% pesawat tdak akan hidup krna kompresi pesawat sngat tinggi debu sdikit saja bsa membuat pesawat mogok n tdak mungkin trbang dulu, jika menggunakan ferri cloride cm butuh waktu 15-30 detik. N efeknya stelah pesawat terbang dtambah suhu panas mesin menyebabkan ferri cloride semakin bringas

  26. Oalaaaaah yoooo yo. Negeri 1001 kecelakaan…!!!

  27. Udah gitu masih ada yg ngelantur gak boleh dimasuki KPK dengan alasan TNI yg mempunyai kemuliaan yg tinggi.. semua sama aja di depan hukum.. anggota brengsek jg banyak.. petinggi yg kekayaannya jauh lebih tinggi dari gaji jg masih banyak..

    • koment ngawur :mrgreen:

      • Weleh juragan kerang nongol di permukaan.

        Maaf lahir bathin bung PS

      • minal aidin bung PS……. kondisi sdh agak longgar dikit ya 🙂

        • hehehe…. siaga sih tetep Bung, cuma saya baru kembali ke tanah air :mrgreen:

        • Aha……. barang bawaannya dari rusia apa yang dari jerman nih bung PS 🙂
          ato jangan jangan abis ngurus ganti ktp nya si paus neh hehehehehe……

          tadi siang dibahas tuh markasnya hantu laut bung PS di daerah sekitar malang dengan penjaga penjaganya hehehehehehe…..

          • hehehe… tunggu aja tanggal mainnya pasti ada bocoran resmi dari menhan atau mabes macam kalender sotoshop atau berita cakra nembakin yakhont atau KS Kilo Jerman, atau malahan kayak the jakarta post yang dulu pernah terang-terangan memberitakan KS 209 tapi di gambarnya malah KS 206 hehehe… :mrgreen:

          • tapi sambil nunggu yang resmi kan gak pp di babar alus juga to bung PS :mrgreen:

          • hehehe…. nanti banyak yang masuk angin lho Bung, nanti deh pelan -pelan bocornya ya hahahaha :mrgreen:

          • hehehehee….. ok deh bung PS, ditunggu bocoran alusnya dah 🙂
            kalo yang gak kuat ama ombak dijamin mabuk laut dah heheheheehe :mrgreen:

          • hehehe… ini masih ada hubungannya dengan kunjungan delegasi waktu bulan februari kemarin kok Bung, yang ada Bakorkamla nya ikutan juga dan setelah itu delegasi kementrian perhubungan juga ikut-ikutan kesana hehehe… :mrgreen:

          • selamat malam Pak PS!! lama ga muncul pada kangen tuh Pak 😀 jadi baru balik dari “sana”,abis jemput mainan baru yaa heheh 😀 :mrgreen: salam hangat untuk keluarga Pak PS…

          • hehehe…. salam hangat Bung NKRI :mrgreen:

          • wah wah wah…. kayaknya bener nih bakamla yang bakalan belanja diantaranya radar ya, yang baru tuh kok kementrian perhubungan juga ikut ikutan sowan ke sono ya hehehehehe……. ada apakah gerangan :mrgreen:

          • skrg kemana-mana udah ga perlu berhari hari ya pak,kan tanda dipundaknya sudah berubah (sotoy nih hehe)tinggal naik pesawat lsg sampe hehehe nanti 5okt di jakarta atau surabaya Pak PS?? hiu terdampar bakan di tongolin ga ya? katanya kilo muncul nih nanti??

          • hehehe… Bung NKRI bisa aja, kebetulan memang negara yang dituju jauh kok Bung, beda benua hehehe… kalo ditongolin ndaknya tergantung kebijakan Panglima :mrgreen:

          • heheheh kirain karena udah ganti kursi Pak :mrgreen: mudah mudahan aja Pak Panglima berbaik hati tongolin paus terdampar,su-34 dan mainan Pak NR yang segede gaban untuk public hehehe

          • hehehe… amin Bung :mrgreen:

          • ndan PS dr pada bocorin yang susah , gimana kalo babar DEWARUCI yang baru heheu udah waktunya pensiunkn tu kapal latih heheu

          • hehehe… Insya Allah ya Bung :mrgreen:

      • udara, naik pesawat terbang Bung hehehe…. :mrgreen:

  28. Apa yg d luar jangkauan pengetahuan n nalar anda sbaiknya jgn asal memberi statmen bung. Salam NKRI

  29. ngomong opo to Bung? memang situ tau penyebab matinya mesin mendadak itu karena apa? kalau tidak laik terbang pastinya sesuai SOP pesawat itu pastinya dilarang untuk terbang, tunggu penjelasan resmi dari tim yang ditugaskan untuk menyelidiki insiden ini dulu Bung :mrgreen:

  30. Ya…pesawat harusnya sudah masuk musium dipakai latihan….., kamana nih…safety officernya dan komandannya kurang perhatian dengan fasilitas latihan anggotanya, lebih baik banyakin latihan di simulator….setelah lulus dari simulator itu baru latihan dengan pesawat yg layak dan aman…

  31. Sudalah jangan bikin analisa sendiri serahkan saja sama ahlinya.klu gak tau jangan asal nyeplos …..piss

  32. Walau ada insiden ini, tpi Alhamdulillah pilotnya selamat,,…

    Btw, salut buat pilotnya walau mesin mati ttep bisa mendaratkankan pesawat dan pesawatnya juga klo dilihat di pic, g’ terlalu rusak parah,,…
    2 jempol buat pilotnya, dan smoga pesawat penggantinya yang lbih fresh segera masuk jajaran TNI AU,,…

  33. msin pesawat baling2 dgn mesin mobil biasa sma gk yaa..ap bisa msin mobil biasa dgunakn peswt turbuprob..

  34. Berulang-Ulang kejadian mengenai barang rongsokan yg terus dipakai adalah bukti nyata dan tidak baiknya di system safetynya,antara pengadaan barang alutsista yg baru boleh pakai atau diijinkan,menjijikkan sekali hal ini lebih baik dicopot Oknumnya dan digantikan dengan yg tau persis tentang keamanan bagi pengguna alutsista,”jangan asal pakailah masih layak pakai”…yg dari pusat juga harus mengalah tentang pembagian alutsista modern…lebih baik kedepanya jangan sampai terulang kembali barang rongsokan dipakai lagi buat latihan generasi mudanya akan jadi korban /tumbal saja…Sorry bung @PS sampaikan kepada atasan anda…

  35. setau saya umur pesawat itu dinilai bukan dari usia kayak manusia tapi dari umur struktur frame dan jam terbangnya, kalo dibilang rongsokan ya memang teknologinya ketinggalan zaman Bung hehehe… masukan anda bagus lho Bung, memang TNI sekarang sedang berupaya mengganti alutsista-alutsista tuanya, doa’kan saja agar semuanya lancar :mrgreen:

    • mudah-mudahan arah menjadi negara yang besar yang mempunyai alutsista canggih dan modern sudah benar !
      pa kabar bung PS.sekarang jarang mampir di mari ada apa ? lagi engoranda terus ya ?
      salam hangat bung PS

    • Betul bung PS…elang botak br kita terima dua tahun saja sdh crash kok…selain dirawat, selama jam terbangnya masih ada pesawat tsb layak pakai…banyak faktor penyebab pesawat crash…salah satunya memang structure fatique (kelelahan struktur) karena sering melakukan manuver ekstrim (seperti pesawat aerobatik) dan kelebihan muatan…

      Tapi kalau buatannya jelek lain soal…

    • Salam hangat @bungPS
      Mohon maaf lahir bathin..
      Hmmm…upaya tni me replace wahana2 udzur dengan yg gress…termasuk masukin paus ya bungPS ke ibu pertiwi kah?hehehe

    • kadang2 perlu juga belajar dari yang rongsokan…agar tahu manual dari pada langsung matic…he5x…kuncinya perawatan saja…tapi masalah celaka…pesawat amrik aja jatuh kok…semua kembali ke nasib juga…gw pernah nonton pesawat DC3 dipakai di Venezuela utk transport di pedalaman yg dikuasai FARC…itu pesawat antik ..perkasa2 aja…yg unik bensinnya didrum…mirip Metromini tua di jakarta…

  36. temenya dah banyak jadi tugu di taman2 kota ..turut prihatin moga gak terulang

  37. Sugeng rawuh ing warjag komendan PS.

  38. Wolu Pitu (87)

  39. kalo nyungsepnya seperti yang digambar itu sepertinya pas gliding touch downnya gak sempurna ya? Sepertinya kalo gliding sempurna akan landing di perut. Mungkin masih lebih beruntung pilot B737 Garuda yang landing dengan cara gliding di sebuah sungai di Jawa Tenga beberapa tahun yang lalu, mesin mati jg.

  40. ini udh mw digantikan ama Grob G-120 TP buatan Jerman. udah usia 30 tahun

  41. maaf OOT,bung @PS yg dipulau manuk ane dpet bisikan ada sarang lontong apakah bener bung?

  42. hehehe… kalo disana sering patroli juga kok Bung, hanya sering bekal ulangnya di Sorong :mrgreen:

  43. Bung PS apa kabar? Kangen dgn info dari anda bung. Minal aidin walfaidzin bung ya…
    Ngmong2 kmarin sholat ied di kedalaman brapa meter bung? 😀

  44. kok pesawatnya masih utuh ga rusak berat yah? pa pesawatnya glide pelan2 trus bisa brenti tibatiba? ato keseret2 dulu disawah?

  45. sebenarnya bronco ini sudah harus dipensiunkan,,,arena dilanud adisucipto sudah ada kt01 wongbee,,jumlahnya juga lumayan,,saya sering liat juga koq,,,tipe bronco memang sudah sangat banyak masalah,,,dah 40 tahun bung,,,hadeewh,,,masak belajar pilot jet dengan menggunakan teknologi jadul,,gmana ama panel instrumennya yah,,pasti masih pake lampu kuning,,heheheh,,belum pake LED hahahahahaa,,,, geri banget yah,,,mesin pake injeksi tapi yah,,,,

  46. Pesawat yang mengalami kecelakaan itu apakah AS-202 Bravo atau kah SF-260, ya?

    O ya, Grob G-120TP itu kinerjanya lumayan bisa membantu latih dasar (biasanya pakai T-34C Charlie atau KT-1B Wongbee) bahkan sedikit simulasi latih lanjut, kata website perusahaan Grob, bener nggak ya?

  47. Menyedihkan.. coba dilihat dgn seksama sayap vertikalnya benar2 memalukan.. masa di modifikasi dari seng atap rumah? pdhl itukan sayap sangat penting utk kestabilan manuver. tanpa itu pesawat cm bs naik/turun tp tdk bs berbelok. ckckck.. gimana perasaan dan mental siswanya ya? wkt ngelihat dan memakainya utk latihan.

  48. hancurkan GARENG !

 Leave a Reply