Inspeksi Meriam Caesar Jelang Latihan Antar-Kecabangan

Jakartagreater – Dalam rangka mengoptimalkan kesiapan satuan-satuan yang terlibat dalam latihan antar kecabangan (Latancab) Brigif Raider 9 Kostrad tahun 2020, berbagai upaya terus dilakukan pimpinan TNI AD.

Tidak hanya dalam peningkatan kemampuan dan keterampilan prajurit di satuan yang terlibat latihan semata, namun kesiapan Alutsista menjadi salah satu prioritas utama.

Untuk itu tim dari Dinas Kelaikan Angkatan Darat (Dislaikad) langsung diterjunkan untuk melaksanakan pemeriksaan serta pengecekan kesiapan personel maupun Alutsista meriam 155 mm Caesar secara nyata di Yonarmed 12 Kostrad, Kamis, 8-10-2020.

Di bawah kendali Kabagbinprof Subdisbinfung Dislaikad, Letkol Kav Ahmad Ibrahim, 6 pucuk meriam 155 mm Caesar dan satu unit kendaraan Komodo milik Yonarmed 12 Kostrad yang digelar langsung diperiksa secara rinci oleh tim Dislaikad.

Letkol Kav Ibrahim menyampaikan, salah satu tugas Dislaikad adalah menyelenggarakan kelaikan komoditi militer untuk pengadaan dan hasil pemeliharaan dalam rangka mendukung tugas pokok angkatan darat.

Adapun kegiatan pemeriksaan saat ini merupakan upaya untuk mengetahui sejauh mana kesiapan serta kelayakan Alutsista yang dimiliki Yonarmed 12 Kostrad yang akan dilibatkan dalam latihan antar kecabangan (Latancab) Brigif Raider 9 Kostrad tahun 2020.

Kelayakan disini, terang Letkol Kav Ahmad Ibrahim bukan hanya Alutsista tersebut siap operasional, akan tetapi suatu kondisi yang menyatakan terpenuhinya persyaratan keselamatan serta fungsi asasi dari Alutsista yang dimiliki Yonarmed 12 Kostrad.

Inspeksi Meriam Caesar Jelang Latihan Antar-Kecabangan

“Dari hasil pemeriksaan, Alutsista yang dimiliki Yonarmed 12 Kostrad layak dan siap untuk mendukung pelaksanaan Latancab Brigif Raider 9 Kostrad tahun 2020,” ujar Letkol Kav Ibrahim.

Sementara itu, Danyonarmed 12 Kostrad, Letkol Arm Ronald, F. Siwabessy mengatakan, pemeriksaan serta pengecekan kelayakan yang digelar oleh tim Dinas Kelaikan Angkatan Darat (Dislaikad ) kali ini merupakan langkah nyata upaya pimpinan guna memastikan kesiapan serta kelayakan Yonarmed 12 Kostrad dalam menghadapi Latancab Brigif Raider 9 Kostrad tahun 2020.

Letkol Arm Ronald, F. Siwabessymenilai, hal ini menjadi sangat penting, pasalnya, kegiatan ini akan menjadi tolak ukur akan kesiapan satuan yang dipimpinnya dalam mendukung Latancab tahun 2020 mendatang.

Letkol Arm Ronald, F. Siwabessy kelahiran Kota Ambon ini menambahkan, pemeriksaan kelayakan dari Dislaikad merupakan hal yang wajib dalam rangka mengoptimalkan tugas pokok.

“Ingat, keberhasilan pelaksanaan tugas bukan hanya ditentukan oleh kemampuan serta keterampilan prajurit saja, namun kesiapan serta kelayakan Alutsista tentu menjadi hal yang mutlak.” Tambah Danyonarmed 12 Kostrad Letkol Arm Ronald, F. Siwabessy.

Sharing

Tinggalkan komentar