May 062016
 

Medium tank PT Pindad - Turki. (defence.pk)

PT Pindad akan mengembangkan tank medium guna memperkuat pertahanan militer negara. Pengerjaan tank itu direncanakan bekerjasama dengan perusahaan asal Turki, FNSS Savunma Sistemleri (Defense System).

Direktur Utama PT Pindad, Silmy Karim, mengatakan bahwa latar belakang pengerjaan tank jenis itu adalah karena banyak dipakai di beberapa negara dan menjadi potensi bagi kedua perusahaan. Kerja sama itu menggunakan investasi senilai 30 juta dolar AS, atau sekitar Rp 400 miliar.

“Investasinya untuk research and development sebesar 30 juta dolar AS untuk dua unit prototipe tank,” ujar Silmy, Kamis (05/05).

Pada tahap awal, kedua negara sepakat menyelesaikan prototipe yang berlangsung sekitar tiga tahun. Tahun ini sudah memasuki tahun kedua sejak proyek dimulai pada akhir tahun 2015.

Tank yang rencananya dikenalkan ke publik pada tahun 2017 itu dilengkapi dengan kemampuan teknologi mutakhir. Tank itu akan menggunakan kaliber peluru yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan pemesanan. Bahkan, kaliber yang digunakan cukup besar yaitu mulai meriam 105 mm hingga 120 mm.

“Bahkan kami ingin memperingan menjadi 25 ton. Hingga kini, tank-tank medium memiliki berat di atas 30 ton,” kata Silmy.

Meski prototipe tank itu belum memiliki nama, namun kemampuan tank tersebut tak akan kalah dibanding tank yang diproduksi oleh negara maju.

Sindo News

  80 Responses to “Investasi Rp 400 Miliar Untuk Kembangkan Tank Medium Pindad-FNSS Savunma Sistemleri”

  1. ini baru berita mantaaafff

    • ehhhh…pertabubur rupanya…xixixi

    • Ini kemunduran jika menurut sy, mengapa kita tidak mengembangkan MBT karena terus terang saja jika masih berkutat dikelas medium itu bisa tercover oleh badak yang sudah dipasang turet 105mm dan satu lagi tank medium jika dipasang 120mm itu para awak bisa mabok didalam ketika menembak, jeda antara tembakan selanjutnya atau saat reloud bisa bertambah.

      • Bung boldun,,,
        Bukannya badak menggunakan turet 90mm ?
        Ingat bung, kerjasama PINDAD & FNSS adalah awal dari pembelajaran membuat tank, TNI-AD sangat membutuhkan tank medium dengan jumlah besar, pun tak dipungkiri TNI-AD juga kekurangan tank jenis MBT, tapi kebutuhan prioritas menjadi pertimbangan, satu hal lagi, teknologi MBT jauh lebih rumit yg bukan asal besar dan berat saja,,,
        jadi intinya, belajar dulu dari kelas medium,,,

      • Tank itu sekarang bak peti mati berjalan, sudah bejibun antitank yg gahar. Untuk Indonesia Medium tank lebih cocok karena bisa dibawa masuk jalur tikus di hutan2 yg jalannya kecil, penunjang gerilya ala vietnam. Sedikit peluang terjadi perang tank dg MBT di ruang terbuka seperti gurun. MBT tidak harus lebih banyak dari Tank Medium.

      • Analisa yg oke…

      • @bung antasena. Kerjasama dengan turki ini dinilai kurang tepat karena nantinya akan dibanderol harga per 2 unitnya 30 juta usd ini gila padahal harga T14 armata saja hanya dibanderol 3.4 juta usd per unit bukankah jika kita TOT MBT mengerjakan medium tank adalah bukan suatu kemustahilan?

        @bung doraedi. Medium tank hanya cocok untuk perkotaan tapi tidak dapat berbuat banyak jika berada dilahan terbuka dan berlumpur, bukankah tank diperuntukan untuk perbatasan juga? Lihat perbatasan kita dengan malaysia yang isi bukan berupa hutan lebat lagi untuk adu tank, papua newgini mayoritas hutan lebat jangankan MBT medium saja mustahil untuk lewat.

        • Bung boldun,,,
          30 juta dolar as bukanlah harga per 2 unit, ini biaya untuk R&D,,
          jika sudah masuk lini produksi, harga per unitnya bisa menjadi lebih murah,,,
          dimana-mana biaya R&D untuk menghasilkan prototipe jauh lebih mahal daripada harga per unit ketika sudah produksi masal,,,

        • TOT MBT bukan hal sulit untuk saat ini karena doktrin perang tank sudah mulai dikurangi khususnya NATO. Sy hanya menilai tanggung saja untuk join dengan FNSS ini.

        • Bung boldun,,,
          Jika tot MBT bukan hal sulit, kenapa sampai sekarang PINDAD tidak mewujudkannya bersama krauss-maffei wegmann maschinenbau kiel jerman,,,
          tot itu bisa berjalan jika kesiapan inhan kita sudah mampu memenuhi kebutuhan dari teknologi yg akan ditransferkan,,,
          semuanya harus sudah disiapkan dan butuh dukungan dari segala lini, jadi ini sama sekali tidak mudah seperti yg anda pikir,,,
          mau saya juga seperti anda bung, yaitu menguasai teknologi MBT dengan negara sekelas jerman, prancis, korsel atau rusia, tapi faktanya pindad bekerjasama dengan FNSS, jadi saya pikir, mungkin ini masalah dari kesiapan pindad itu sendiri,,,

      • Kenapa china punya tank medium sangat banyak yah?

    • @ bung_ruskye, permisi numpak lapaknya mau pemberitahuan.
      bagi siapa yang ingin menyaksikan kedatangan Tank RI revo bisa datang atau sekedar ngintip di Tanjung priok mulai tanggal 20-21 bulan ini. mau di buat artikel kependekan

    • Bukan masalah ringan atau ga ringan ato enak nyetirnya, bakalan kuat ga tu dihajar canon 30mm, ga usah 105mm-lah.

    • Alhamdulillah ..
      Perlu didukung …secara nyata oleh pemerintah dan …..Tentu nya semua …DPR …pakar akademisi….militer …
      Kita punya tank….kelewat ringan & tua (scorpion ..AMX13/10, PT76)…dan jumlah nya pun Kurang sekali…
      Sekarang ini kesempatan untuk mengejar ketertinggalan dan kekurangan sebelumnya

    • siapa yg makar? ada debat seru antara sht vs wijaya dgn wasit yahudi di sini yg koment2 paling bawah,

      http://jakartagreater.com/tanda-kejayaan-nusantara-2/#comment-1021155

  2. Manteb

  3. Mantafff…klau jadi

  4. Maju terus pindad… Klo bisa bikin varian yg bwa SAM n ATGM biar tmbh mantab

  5. Bang rusky@ pertabur artinya apa n tuh. (Pertahanaan bubur) ya. Waduh lembik (logat malay) lah kalau itu mah.. buahahahaha..

  6. Turetnya agak diceperin dikit keren tuh… Tank ini akan menjadi legend suatu saat nanti. amin

  7. Sepertinya Road to MBT nihhh Indonesia semoga cepet kelar, ngga sabar pengen liat Medium tank dalam negeri, dan nanti semoga bisa liat juga MBT buatan dalam negerI kalau memang ada rencana untuk membuat MBT sendiri produk dalam negeri yg bisa menandingi Leopard, Challenger atau M1A2 Abrams.

  8. ribet mau buka jkgr…
    gmn mau dpt pertamak, baru mau buka aj EROOR mulu…
    tetooooot….!!!!

  9. dari yg kuat bekerja keluar manisan.

  10. Kl Perkembangan panser badak gmn nih ? Pemerintah sudah ttd untuk 50 unit rencana pembeliannya yg dulu atau gmn yah?

    • PANSER BADAK buatan Pindad
      Sabtu, 12 Mar 2016
      http://www.pindad.com/pindad-produksi-badak-tahun-ini

      maju terus pantang mundur !!
      jangan mundur … belakang jurang !!

      • Pindad MENU
        PINDAD DALAM BERITA
        Pindad Produksi Badak Tahun Ini
        Pindad Ruang Publik Pindad dalam Berita Pindad Produksi Badak Tahun Ini
        Pindad dalam Berita

        Berita
        Siaran Pers
        Pindad dalam Berita
        Gallery
        Popular Post

        Selain Tank, Indonesia Juga Produksi 3 Kendaraan Tempur Ini
        Ini Dia Produk-produk Militer yang akan Dibuat RI di Masa Depan
        Hebat! Ini Dia Tank Produksi Pertama Indonesia
        Kembangkan Produksi Alutsista, Pindad Gandeng 3 Negara
        Pindad Siap Produksi Peluru Tank Leopard
        Senapan SS2 Pindad Tembus Pasar Dunia

        Sabtu, 12 Mar 2016 /
        Pindad Produksi Badak Tahun Ini

        11 Maret, 2016 – 22:37

        BANDUNG, (PRLM).- PT Pindad berencana mulai memproduksi 10 unit kendaraan tempur jenis Badak mulai Mei 2016 ini. Jika tak ada kendala, PT Pindad akan merampungkan 10 unit itu pada November 2016. Produksi Badak digenjot atas perintah Wakil Presiden Jusuf Kalla yang memesan 50 unit kendaraan tempur itu.

        Demikian disampaikan Kepala Departemen Perakitan Kendaraan 6×6 Divisi Kendaraan Khusus, Joko Mulyono, kepada “PR” di PT Pindad, Bandung, Jumat 11 Maret 2016.

        “Badak merupakan pengembangan dari panser 6×6 buatan Pindad. Perbedaannya adalah Badak dilengkapi turret kaliber 90 mm yang memiliki daya rusak luar biasa. Kendaraan itu memang dikhususkan untuk merusak, baik itu untuk tujuan menyerang atau bertahan. Kemampuan manuvernya juga sangat baik. Ketika wapres meninjau prototipe Badak, status kendaraan itu sudah tersertifikasi dan siap untuk diproduksi,” katanya.

        Joko menjelaskan, Badak merupakan hasil karya anak bangsa yang dapat dibanggakan. Sebab, seluruh bahan baku untuk membuat Badak berasal dari dalam negeri kecuali bagian laras meriam. Hingga saat ini, bagian tersebut masih didatangkan dari Cockerill Maintenance Ingenierie (CMI) Defence Belgia. Akan tetapi, PT Pindad terus berupaya untuk memaksimalkan seluruh bahan baku dari dalam negeri.

        “Tidak ada alasan untuk tidak mencoba membuatnya di Indonesia. Sebab, amunisi dan senjata saja bisa, maka tidak mustahil dalam waktu dekat PT Pindad bisa memproduksi sendiri laras meriam 90 mm,” katanya. (Tachta Rizqi Yuandri)***

      • Tks info nya bung tedjo

  11. pindad, konsentrasi penuh pada pembuatan tank medium, biar lebih sempurna dan menjadi kebanggaan NKRI
    jangan dengarkan gonggongan yang menjatuhkanmu.
    maju terus pantang mundur !!
    jangan mundur … belakang jurang !!

  12. saya sedikit heran buatan disebutan buatan pindad dan turki emang mesin tank buatan mana? perasaan turki dan indonesia belum punya pabrik mesin otomotif sendiri? kalau sebuah barang hasil gado2 dari beberapa negara apa boleh suatu negara mengklaim barang tsb buatan sendiri contoh beberapa panser ringan buatan pindad setahu saya pakai mesin renault dan beberapa mesin jepang tapi di sebut buatan pindad tanpa embel2 keterangan tambahan
    jangan sampai terjadi kasus mobil nasional timor casingnya dalamnya korea malulah kita sebagai bangsa i love indonesia

    • @ppiwcula

      Ooh,,,ane paham sekarang bang, pabrikan pesawat membuat desain enginering&memproduksi bodi pesawat tapi bagian2 penting lainnya menggunakan dari produk2 yang sudah tersedia dipasaran. Begitu juga dg galangan kapal, pabrik tank dll (pabrik mobil agak berbeda, karena volume produksinya sangat besar)

      Jadi yang dimaksud pt.pindad bahwa badak 90% komponennya buatan dalam negri adl pada porsi pembuatan bodi panser,,,bgt jg dgn cn-235/219 atau pkr

    • Piwcula@bukan cuman pidad kok bung hasil karyanya yg gado”tp di klaim 100%buatan dlm negeri bahkan lbh jago dari pindad…jd ini hal yg wajar dn gk hrs di permasalahkan…

  13. lalu gimana kabarnya tentang drone yang join dengan cina.. ? apa masih lanjut..?

  14. bentungnya kurang futuristik

  15. @piwcula percuma bang, abang ngomong disini percuma.. orang tetap menganggap 100% buatan pindad.. yah begitulah bang.. kelemahan kita dari dulu ada dua bang.. pertama gak bisa bikin mesin dan kedua selalu mengaku apa yang diciptakan 100% asli Indonesia .. hmm 🙂

    • Ngapain buat mesin…. aduuuuhhh.. apakah HP dan IBM membuat laptop dan pc menggunakan processor HP dan IBM? Apakah motorolla, lenovo, dll pake procc dan lcd buatan mereka? Terus mereka dibilang bukan produksi mereka? Apakah apple, samsung dll pake timah dan tembaga kita disebut produksi kita? Ayolah.. membaca… pelajari.. apa arti dan perbedaan antara buatan, jiplakan, dan perakitan.. jd jgn ngomong mesiiiiin mulu..

    • Mgkn mereka memakai mesin buatan orang/perusahaan lain demi efisiensi/ efektivitas krn ngejar target produksi… klo nungguin buatan mereka bisa2 mereka ga kekejar… itu udah biasa dlm hal usaha…

  16. Bikin yg banyak..tank nedium 2000 unit..panser badak 1000 unit..badak 8×8 =200 unit

  17. Aduh… Gue di Benned kya’ nya.. Dari tadi siang gk bisa buka ni blog..

  18. Gimana gimana bung maksudnya, gagal paham ane, coba jabarkan lebih jelas dan detail sekali lagi maksudnya apa, menarik juga nieeh.

  19. KODIM KODIM tanpa adanya tank 1biji… Kan bagaikan mjadikan TNI AD jd pagar hidup terus menerus…

  20. Bersyukur saja walaupun kelas medium.
    prototype-> uji coba-> sukses-> produksi.
    Ngomong soal mesin bisa saja pakai buatan sendiri co/ panser anoa tapi pabriknya sudah kolaps(Texmaco). Seandainya tidak kolaps(texmaco) tetap mesin pasti import juga(tau sendiri lah pastinya).

  21. Ayo Pindad bikin yg banyak, bikin tank yang manuvernya lincah dan larinya kenceng.

  22. berharap agar medium tank Pindad jadi Universal Combat Platform kaya armata rusia sehingga dapat diciptakan varian2 kendaraan tempur dari platform medium tank Pindad….

  23. wah wah……tetangga sok jaguh makin ketinggalan xixxixixi

  24. Boleh juga ditambah teknologi lain yang belum belum ada..misalnya auto pilot’. untuk menghemat nyowo…

  25. Udah syukur ada yg mau TOT Tank dengan Indonesia, masih aja dkritik…

    Coba yg kritik2 itu kasih solusi, di perusahaan ini bisa kasih TOT, perusahaan yg itu juga bisa dengan syarat dll…

  26. Lumayan jg utk MBT ( medium battle tank ) heheheh, designnya oke, mudah2an 2 thun kedepan PT. Perindustrian angkatan darat bs bikin ratusan unit utk jaga perbatasan indonesia timur dan selatan. Bravo indonesiaku, jayalah nusantaraku. Prbanyak krjasama dgn negara2 maju utk produksi segala jenis sista terkini, termodern dan tercanggih agar bs sista2 tsb made in indonesia 100%. Salam.

  27. maksudnya apa sih bung, saya bingung baca koment anda
    rasanya ndak nyambung ma artikel d atas

    tolong jelasin donk

    • dan itu hilang , alhamdulillah sekarang kembali di tangan ku ,
      tahu hilangnya kemana , ke pacar nya istri ku , sekarang mantan istri , itulah yang membuat ku kalap , gelap mata , sehingga harus masuk tahanan , kasus KDRT ,
      Itu adalah kenang kenangan satu satunya dari almarhum ayahku , tidak boleh di salah gunakan ,
      Demikianlah
      Assalammualaikum wr wb ,

  28. wew

  29. Tes

  30. Terima Kasih , Terima Kasih , Terima Kasih ,
    Bapak’e , Ibuk’e , Adek ~ Adek chu ,

    Hanye bise menangis inyong’e

    Tak kuase bise diterime di keluarge , telor , telor , telor ,
    Terima kasih , Terima Kasih , Terima Kasih ,

  31. Buat nyubi seperti saya, nongkrong di sini terasa adem, nambah wawasan, artikel tajam, komentar2nya keren, rilex tpi mengena, gak kayak forum yg sblmnya saya liat, salam kenal deh buat bung admin and temen2 smua, moga keberkahan kian tercurah buat kalian senior semua.

  32. dari dulu si @initial G komennya ngawur … dari mulai jadi tahanan polsek, jomblo dll

    enggak jelas maksudnya apa … wkwkwkwk …

    salam sehat selalu bung G … kikikikikikih …

  33. Meski belum bernama, tp kemampuannya tdk kalah dgn produk negara maju.

    Sikap kyk gt yg ane harap dari bangsaku. Sbg manusia, dlm hal otak kita ga beda dgn mausia lain, baik barat, oriental ataupun yg lain. Klu mrk bs, mengapa kita tdk?

    Kuncinya ada dikemauan, klu kita mau belajar, mau berusaha dan coba membuat, mk insyaallah kita akan mampu membuat alutsista yg setara dgn milik mrk.

    Ayo Indonesiaku! jgn cm berhenti pd tank, kl kita mau, roket, rudal n mesin jg kita akan mampu membuatnnya.

  34. oklah..kalau begitu…3x

  35. Stress

  36. itu kok ada spionnya..juru mudi kan ada didalam knp g pke kamera aza…..mengganggu pemandangan

  37. tong kosong berbunyi nyaring, jangn hnnya mentalahkn pemerintah dngn kata bla bla bla, tp buktikn kl anda bisa lebih dr yg pemerintah lakukn saat ini

  38. 2017 sudah jadi prototype nya, pak Joko yg akan meresmikannya? mantap hehehhehehee

  39. SYukurlah..akhirnya ada titik terang dgn adanya kontrak kerja dgn pihak fnss turki.
    Semoga berjalan lancar.dan sesuai rencana prototipe tahun 2017.

  40. setahu saya tank medium akan menjadi formasi pendukung Dari MBT,seperti pespur ada yg heavy ada yg menegah,kapal perang ada fregat ada korvet ada KCR,tank medium setahu Kog belom ada( mungkin kalo temen2 ada info tolong kasih tahu dong)..kecuali CV 90,yg bisa difungsikan sebagai IFV,kalo tidak diganti roda pwnggerak 8×8,mengapa Indonesia bikin tank medium karena negaranya pulau2,beda dengan yang laen..rata..dan luas daratannya…bagi Indonesia mungkin penyebarannya yg gampang,murah,Dan fungsinya hampir sama jika dikasih laras 120 atau 125 dr Russia sanggup utk membunu MBT,Dan pastinya lebih lincah karena bobotnya…kalo MBT saya mau mending beli 2nd..kita tinggal upgrade aja..seperti LEO RI,hampir sejajar kemampuan MBT didunia ini setelah Russia ada armata…tinggal kita nunggu yg mau dijual punya siapa…ingat Mobil tua..kita hanya perlu cassingnya saja..begitu juga dengan MBT..asal mesinnya baru,larasnya baru,saya yakin bisa ngejar musuh Dan nembak Kog…atau lari sambil nembak..

  41. Keyen

    • cup , cup , cup ,
      Kayak bayi tuwek tuwek
      he he he
      ech ayah kingkong
      Inyong mau tanya , nich ,
      emang ayah kingkong setuju, inyong di pt , classic prima carpet , tbk
      gimana nomer SC nya cantik , seperti ibunda king kong ,

      ea mohon maaff selama ini selalu , pakai nama @jhoe bhakti strata , sejak tahun 2010 ,
      ea tahu sendiri , pulungan wahyu kedaton ada dimana , ea siapa pun pemimpinnya tetap yang di injak tanah siapa hayoo ea tanah indonesia , ea kan udah ayah kingkong tanda tangani di 24 tahun 2007
      ech ayah kingkong , inyong sangat sangat terima kasih , udah mencetak , tanggal lahir inyong di dalam mata uang rupiah huruf dan angka nya ,
      pokok nya inyong terima kasih , nggak nyangka ada yang perhatian ma inyong ,
      Salam sehat sejahterah selalu untuk ayah dan ibunda , mohon maaff jadi bapak’ e dan ibuk’ e kingkong ,
      terima Kasih ,
      Assalammualaikum wr wb ,

  42. Tank medium mau dpsang meriam 120mm apa jdix nti krux bs kyk kuda jingkrak qlo mnembak dya lemparx kan besar

 Leave a Reply