JakartaGreater.com - Forum Militer
Feb 272018
 

Sistem Pertahanan Udara S-400 (photo : (Own work) via commons.wikimedia.org)

Moskow, Jakartagreater.com – Irak berusaha untuk mendapatkan sistem senjata anti-pesawat S-400 Triumph untuk mempertahankan wilayahnya dari serangan udara, ujar anggota parlemen Irak, Hakim Al-Zamili, yang juga kepala komite keamanan dan pertahanan parlemen Irak, kepada harian Al-Ghad Press, Sabtu, 24/2/2018 yang dirilis TASS, 25/2/2018.

“Irak memiliki hak untuk memiliki senjata mutakhir untuk mempertahankan wilayah dan ruang udara dari serangan udara,” katanya. “Terorisme menargetkan negara kita yang berlimpah tempat suci bagi setiap orang Irak. Ada tanda-tanda dan peringatan bahwa ekstrimis mungkin menggunakan pesawat untuk menyerang tempat suci tersebut, yang menyebabkan banyak kekhawatiran dan kegelisahan di negara ini, seperti setelah serangan terhadap tempat-tempat suci Samarra.”

Samarra, sebuah kota kuno di Irak utara, adalah rumah bagi beberapa tempat suci Syiah yang paling suci. Diantaranya adalah masjid al-Askari, yang dianggap sebagai tempat ziarah bagi kaum Syi’ah. Pada tanggal 22 Februari 2006, kubah emasnya yang terkenal runtuh setelah sebuah ledakan mengubur lebih dari 80 jamaah di bawah puing-puing. Kerusakan tempat suci itu membuat Irak jatuh ke dalam gelombang kekerasan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan negara Irak menemukan dirinya berada di ambang perang sipil.

“Amerika adalah negara maju, tidak kalah dengan yang lain. Namun, World Trade Center diserang oleh pesawat,” al-Zamili mencatat. “Jadi Irak bermaksud memiliki sistem seperti S-400 untuk membela tanah, tempat suci dan ruang udara. Kami serius dengan itu.”

Seiring dengan ini, anggota parlemen Irak itu menunjukkan bahwa Amerika Serikat “tidak mau melengkapi Irak dengan senjata dan memasoknya dengan sistem yang akan memastikan perlindungan menyeluruh di wilayah dan ruang udaranya,” namun menginginkan Irak “menjadi arena terbuka untuk realisasi dari rencana [AS].

“Itu sebabnya, Irak perlu memiliki sistem anti-pesawat terbang sendiri,” tambahnya. “Adalah hak kita untuk mendapatkannya.”

Pada hari Rabu, situs berita Shafaq News mengatakan bahwa sebuah delegasi Irak akan mengunjungi Moskow dalam waktu dekat untuk melakukan negosiasi pembelian sistem senjata anti-pesawat S-400.

Pada bulan Oktober 2012, Moskow dan Baghdad menandatangani kontrak untuk memasok 48 sistem pertahanan udara Pantsir-S dan 36 helikopter tempur Mi-28 senilai $ 4,2 miliar. Rincian kesepakatan tersebut akhirnya berubah beberapa kali karena pengaruh kelompok teroris ISIS berkembang untuk sementara waktu di Irak.

The S-400 Triumf (nama pelaporan NATO SA-21 Growler) adalah sistem pertahanan udara Rusia jarak jauh dan menengah. Hal ini dimaksudkan untuk menghancurkan semua sarana serangan kedirgantaraan saat ini atau masa depan. Sistem rudal ini mampu mencapai target aerodinamis 400 kilometer sampai 60 kilometer – rudal balistik taktis yang terbang dengan kecepatan hingga 4,8 kilometer per detik: rudal jelajah, pesawat taktis dan strategis dan hulu ledak rudal balistik.

Bagikan:

  84 Responses to “Irak Pun Butuh S-400 untuk Perlindungan Udara”

  1.  

    Dan NKRI pun butuh S 400,Pantsir,,Tor,Buk sebagai alat pertahanan udara.

  2.  

    S-400 harga $2000 juta, cicilan perbulan $5 juta, tenor 400 bulan.

  3.  

    Kita belum butuh S300 atau S400 kan negara kira tidak sedang berperang, tidak enak dengan negara tetangga… begitu katanya

  4.  

    sebenernya kalo lini produksi S series kita kebagian,,,jangan kata beli ngutang juga kita ambil ni barang…masa bodo dengan perasaan tetangga dan stabilas kawasan…tapi karna engak kebagian jadi beli diketeng aja biar engak ada yang curiga…!!!

  5.  

    Halo admin, berita akuisisi ucav wing loong 1 sebanyak 4 unit kok belum dimuat ya ? Padahal udah rame dari kemarin di forum tetangga.

    •  

      Bung TN keluarkan Hitungan Terbaru Kohadnus

      •  

        Hitungan di JKGR hanya akan ada di kolom komentar saja.

        Xixixixi

        Sekarang tiap saya keluar kota pasti ada setidaknya 3 atau 4 orang yang duduk di kanan, kiri, depan dan belakang saya di pesawat, dengan kodenya pesan “fresh milk”

        Turun dari pesawat ada 2 orang yang tunggu di bawah.

        Kalau saya sedang meluncur di jalan pasti ada 1 atau 2 meluncur di depan saya, nggak tahu yang meluncur di belakang ada berapa orang (saya males lihat spion).

        Saat pakai taksi, yang nyetir orang2nya mirip dengan yang muncul di berita2 pelantikan di JKGR.

        Saat pakai taksi online yang muncul sebagai pengemudi taksi online adalah pria yang menaruh baret biru PM di dashboard dan orangnya mirip dengan yang duduk berhadapan dengan saya dan bercakap2 dengan saya dan istri di ruang tunggu bandara Husein Sastranegara.

        Saat makan di kawasan Hayam Wuruk Jakarta bersama istri ada tuh satu pria duduk di sebelah meja kami, pria itu mirip dengan salah satu dari orang2 berbadan kekar yang bawa tas plastik isi kardus bertuliskan kemenhan buru2 keluar dari lift hotel di dekat kawasan jalan gunung sahari, 8-9 bulan sebelumnya.

        Saat saya dan istri masuk ke sebuah salon perawatan rambut di kawasan Gajah Mada Jakarta nggak lama ada 2 wanita AD ikutan masuk salon.

        Masuk ke kantor pajak mau urus pajak ada 3 prajurit ikut masuk, masuk ke bank mau setor pajak ada 2 prajurit ikut masuk, masuk ke toilet di bank karena kebelet pipis, ada 1 prajurit ikut masuk toilet dan ikutan pipis di situ.

        Saat makan bersama istri di sebuah rumah makan sejenis kedai kopi di kota tempat kami tinggal ada tuh yang pura2 sebagai suami istri berbaju batik duduk di samping meja, dan saat saya minta makanan saya dibungkus, mereka juga ikutan minta makanannya dibungkus, trus saya ke toilet, trus keluar ke tempat parkir, eh kendaraan avanza / xenia warna metalik mereka di luar parkiran menunggu kendaraan saya keluar jalan terlebih dahulu.

        Serasa dikawal kayak pe(n)ja(b/h)at aja.

        Silakan kombinasi huruf dalam kurung, huruf dalam kurung nggak dipakai juga nggak apa.

        Xixixixixi

    •  

      Selamat malam Bung TN. Kalau informasinya sudah clear, akan kami naikkan. Salam.

      •  

        Wah, Bung Diego selamat malam Bung. Oya, boleh minta email untuk ngirim artikel Bung??

        •  

          Selamat malam Bung. Silakan kirim ke email : digital502@gmail.com

          •  

            Terima kasih Bung Diego

          •  

            USUL BUNG DIEGO.
            MOHON SETIAP ARTIKEL COPAS PERLU DICANTUMKAN SUMBER WEBSITENYA.

          •  

            Bagus tuh usulnya Ganar.

          •  

            Setuju…
            karena di media lain ada yang seringnya copas habis dari website lain, bahkan karena ngejar tayang sampai istiah yang seharusnya tidak di translate ikut di translate sehingga jadi aneh…
            Ada yang harus di pahami kalau penulis yang profesional akan menyertakan artikel2 yang menjadi bahan pendukung dari tulisan yang dibuatnya… dalam bahasa keren “daftar pustaka”

          •  

            Saya usul bung Diego, tolong dibanded seandainya ada yang komen sara/kasar seperti” bego” yang selalu diucapkan yang minta email ke saudara Bung Diego. Dia tidak bisa menghargai komen/diskusi di forum ini dan juga merasa benar. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak..

          •  

            reply untuk Yulihartono ,
            alhamdulillah bung, ketika ane nulis artikel selalu saya juga sertakan link dan sumber berita, bila perlu penulis awal saya infokan ,

            agar tidak dikenal plagiat , maupun melanggar hak copyright…. meski ane tambahin ide ane, arah pandangan ane dan kesimpulan ane …..

          •  

            Itu Bung Ganas, Bung TN, bukan si Ganar.

          •  

            Yang penting hindari HOAX dan komen data tanpa link yg jelas.

        •  

          Bung Yuli, jurnalis itu gak mencantumkan banyak artikel seperti daftar pustaka. Cukup menulis sumber rujukan dari media atau data yg tervalidasi. Daftar pustaka itu dipake kalo mau buat paper, makalah atau Jurnal.

          •  

            Itu juga salah satu maksud saya… tetapi jika karya jurnalistik umumnya berkaitan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, misal sekarang tayang maka link yang dimaksudkan juga dalam jangka waktu yang bisa saja berdekatan…
            Sedangkan untuk sumber artikel yang sudah lama dimuat (bisa beberapa tahun sebelumnya) jelas menuliskan sumbernya saja akan menyulitkan bagi pembaca untuk melakukan cross check atau harus mencari2 info yang dimaksudkan…
            Daftar pustaka mungkin terlalu berlebihan, tetapi jika di lampirkan secara cerdik dalam kalimat yang dimaksud maka tidak ada masalah… justru akan sangat membantu pembacanya

  6.  

    Sebenarnya ada apa dengan negara2 di timur tengah??? mengapa begitu berambisi mendapatkan S-400… kalau Arab Saudi mungkin untuk mengimbangi Iran yang sudah mendapatkan S-300…

    •  

      mungkin mereka saat ini sadar bung bahwa perkuatan udara adalah multak / dan wajib diperlukan
      berbekal konflik berkepanjangan di negara masing- bung mulai konflik bersaudara, konflik antar negara dan campur tangan negar lain … maka perkuatan udara menjadi efek detteren bagi suatu negara,

      cara pandang yang mudah adalah , negara kuat adalah negara yang sanggup melindungi wilayahnya dari atas sampai bawah ( darat, laut ) tidak hanya darat saja …

      lagian mereka juga sedikit” menyesal” mengapa tidak pula memperkuat udaranya dikala negara dalam keadaan “damai” kala itu

      meski terlambat , akan lebih baik daripada tidak sama sekali

      Note: dengan perlindungan udara kuat, maka akan tidak mudah di “remehkan” oleh negara lain dalam percaturan pentas ” dunia” panggung manapun

  7.  

    Oh pantesan artikel tak tun tuang nya bung tn lambat tayang ,kiranya sedang di edit bung mimin bnyk yg sensitip xixi

  8.  

    tuh…irak,..negara berantakan gitu aja,…serius pngen punya s400….smntara di sini???….

  9.  

    Iraq cad minyak 3 besar dunia jika mw ambil s400 pasti rusia mw wong jaminannya minyak n gas

    •  

      dan saat ini pula banyak kilang-kilang minyak baik resmi maupun illegal atas persetujuan “asing” diambil dan dialirkan ke suatu “negara ”

      tanpa perlu perlawanan dan protes penduduk “setempat”

      persis seperti filim dengan judul ” the wall” ( latar belakang cerita sniper dan counter sniper )

  10.  

    S-400 Triumph – Air Defence Missile System

    https://www.youtube.com/watch?v=q4ncll2gNps&t=325s

  11.  

    Tes

  12.  

    Indonesia Akuisisi Drone Tempur Wing Loong I Untuk Skadron Udara 51

    Indonesia gak mau kalah dari Arab Saudi

  13.  

    Saya mau usulkan ke bung Diego, kalo ada yang komen kasar/sara tolong di banded seperti bilang Beg*0 yang sering diucapkan salah seorang yang minta email bung. Diego. Dia kalo diskusi atau komen selalu berkata kasar dan sara.. sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.

    •  

      Makanya jadi Warjager itu hormati yg lain, nantangin dimana ane begitu ane keluar malah ngasih komen dan link artikel yg udah Ane jawab disana. Ya bikin kesel banget lah.

      Lebih baik Ente jadi SR aja daripada diskusi ngasih komen yg diulang2 dan nantangin gitu, ntar di bego2in malah marah. Bisa diskusi yg bener kagak, Ente???

      •  

        Ente aja asal njeplak aja..gue tuh Sindir si Seven bukan loe !! yang diartikal sebelumnya si Seven melecehkan gue.. makanya dicerna dulu sebelum ngomong..apa loe gak bisa nyerna kalimat..?! Dan juga gue apa nglecehin lie?! Yang loe bilang bego ke gue, gue bilang” apa gak kena embargo” eh e loe malah gatain gue bego, tapi malah Alhamdulillah gue dibela sama temen-temen di forum..loe baca gak?!! Malah dikatain diforum kalo yang bego yang sama saja nunjuk sendiri..

    •  

      yg berinisial A.SUGIGI …

    •  

      Nama Sugimura adalah nama keluarga saya, sedangkan Agato adalah nama kecil saya. Menghina nama seseorang atas dasar yg tidak jelas maka pantas Ane sebut be*go.

      Ane menyebut Hendria be*go karena awalnya ngomen spam nantangin Ane keluar, begitu Ane keluar malah di artikel lain juga ngasih link yg di artikel tsb sudah ane kasih jawaban. Apa gak bikin kesel.

      Kalo Ente gak mau disebut be*go tapi diskusi malah ngasih spam dan nantangin lebih baik jadi SR lagi aja.

      Ente sopan ane segan, Ente nantang, Ane sikat atau biar Bung Admin yg menyelesaikan.

      •  

        Wahhh ada anak mental preman di sini

      •  

        Oh ya… bung Agato, anda pernah menyebut saya dengan nama2 yang aneh2…. lalu apa itu disebutnya??? sebaiknya anda belajar intropeksi diri, jangan hanya melihat orang lain salah… jika anda tidak nyaman anda bisa komplain tanpa harus menyebut dengan istilah yang tidak sopan…

        •  

          Biarkan sj bung yuli, doi emang gitu,,,yg waras ngalah, yg gila mencak2 , itu sdh biasa,,, mau menang sendiri, ga pernah mengahargai komentad org lain, mana ada yg suka sm ente disini,,,jualan jg ga laku2,.,mending pindah aja ente ke kios lain, sdh ga ada yg percaya lg sm ente,,,ssmua sdh muak dgn ente,,,tau diri dong, klo udah ga disukai, mending keluar dr jkgr baik2,,,legowo nak legowo…

        •  

          Sing waras ngalah bae,,,krn sing gelo lg mencak2,,,xixixi

        •  

          Betul-betul bung, orang asing tidak mengenal kesopanan, dia keturunan Jepang bukan pribumi asli dan juga patut dideportasi dari Indonesia..kalo orang Indonesia tulen dari Sabang sampai Merauke dia masih punya tata Krama kesopanan..dan juga orang tua nya tidak mengajarkan kesopanan..baru kali ini di forum ada omongan gak sopan.. terima kasih..

          •  

            Bung agato sugigi kuning itu jatuh nya bkn krn wanita, bkn krn tahta dan bkn krn harta,,,tp krn kesombongan nya, merasa diri paling benar dan tdk pernah sekalipun menghargai pendapat org lain, jgn kan menghargai, setuju dgn pendapat org lain pun tdk pernah …suatu saat dia akan jatuh, saat itu lah, dia akan mengetahui, bahwa penting nya mempunyai kawan banyak, bkn lawan banyak,,,

          •  

            ente bener bung 7,
            itu orang sama pujaannya kok bisa sama gtu ya .? hhh

    •  

      wkkkkkkkkkk….ngekek aku mas…cu

  14.  

    F16 blok52i total sdh ada48 unit bukan 24 mohon perhatikan no urutnya di depan pesawat yg sdh diterima,inilah medsos yg tidak bisa ditutupi oleh dephan.

    utk f16 viper tahap pertama kita akan beli 24 unit bersamaan dgn 8 unit Hercules typeJ

  15.  

    Tidak ada media yang tahu bahwa tanggal 14 Februari 2018 yang lalu di Jakarta Kemhan dan Rusia meneken kontrak pengadaan jet tempur strategis Sukhoi SU35. Sedemikian silent nya bahkan tanda-tanda untuk persiapan tanda tangan saja tidak diperlihatkan sebelumnya, termasuk di ajang Singapore Air Show. Kebiasaannya di ajang pameran kerdigantaraan di Singapura itu diumumkan kontrak-kontrak pembelian persenjataan berbagai negara. Tapi untuk 11 Sukhoi SU35 seperti tidak ada tanda-tanda sebagai kabar baik.

    Barulah menjelang malam di tanggal yang sama, rumor beredar di kalangan pemerhati pertahanan dan forum militer negeri ini bahwa kontrak sudah ditandatangani. Besoknya hanya satu media yang menginformasikannya. Siang harinya ada konferensi pers singkat di Kemhan bahwa memang sudah ditandatangani. Media militer luar negeri seperti Jane’s dan media Rusia memberitakan kontrak pengadaan itu beberapa jam kemudian.

    Tapi lucunya beberapa jam kemudian media Jane’s dan media Rusia mencabut kembali berita penandatanganan kontrak Sukhoi SU35 itu dengan alasan belum meyakinkan dan sahih. Alasan mereka belum ada penjelasan resmi dari pejabat Kemhan Indonesia setingkat menteri yang menginformasikannya. Pihak Rusia sendiri mengambil sikap wait and see atau acuh tak acuh untuk memberitakannya. Jadilah seperti sebuah drama pemberitaan yang penuh sandiwara.

    Sang primadona SU35, selamat datang
    Dua hari kemudian barulah semuanya menjadi jelas ketika media-media dalam negeri termasuk televisi dan kantor berita luar negeri memberitakan kontrak pengadaan alutsista senilai US$ 1,14 milyar itu. Indonesia akhirnya membeli 11 jet tempur canggih Sukhoi SU35 dari Rusia lengkap dengan persenjataannya. Separuh dibayar cash separuhnya lagi dengan komoditas. Dua unit Sukhoi akan tiba pertengahan tahun depan.

    Perjalanan pengadaan jet tempur Sukhoi SU35 sungguh menarik diikuti. Bukan saja karena durasi perjalanannya yang se usia dengan rezim ini tetapi juga informasi yang disampaikan berputar terus, baik soal jumlah, soal harga dan lain-lain. Media tidak mendapatkan informasi yang oke. Mula-mula diberitakan hanya 8 unit, lalu berubah menjadi 11 unit dengan jumlah nominal anggaran yang disediakan sama. Begitu disampaikan 11 unit dengan harga satuan tertentu, digoreng lagi dan ada yang bilang kemahalan. Lalu ramai lagi.

    Kemudian soal bayar dengan komoditi ekspor, terjadi silang pendapat antara Kemhan dan Kemdag. Kemhan bilang urusan teknis komoditi ada di Kemdag, lalu Kemdag bilang kita tunggu kontrak induknya ditandatangani dan lain-lain. Lalu soal kapan tandatangan kontrak juga seperti “menghitung hari, bulan dan tahun” dan nama-nama bulan pun disebutkan, Nopember, Desember, Januari dan Februari. Juga nama-nama tahun, 2016, 2017, 2018. Akhirnya goal di hari Valentine. Benar-benar perjalanan “cinta” jodoh pengadaan alutsista yang berakhir happy ending di hari kasih sayang.

    Soal mengapa tidak dipublikasi luas, banyak asumsi yang bisa dikedepankan. Salah satunya adalah karena romantika perjodohan kontrak ini disimak dengan seksama oleh jiran-jiran kita. Asumsi yang lain adalah kita ingin low profile saja, biasa-biasa aja tidak usah dibesar-besarkan “akad nikahnya” dan tak perlu ada acara “resepsi pernikahan”. Jet tempur multi role sehebat Sukhoi SU35 sudah memberikan efek gentar karena kecanggihan teknologi dan manuvernya yang spektakuler itu. Jadi supaya tidak ada kesan high profile ya diam-diam saja.

    Ketika Jane’s dan media Rusia meralat berita kontrak pengadaan jet tempur itu, forumer militer negeri jiran “bersorak kegirangan” seakan mendapat mainan baru untuk bahan diskusi hangat. Dan ketika berita kontrak itu memang benar-benar terjadi giliran forumer militer kita “bertepuk tangan meriah”. Ini saja sudah menggambarkan betapa hebohnya lalulintas traffic di media sosial militer membahas soal tetek bengek jet tempur Sukhoi SU35.

    F16 Viper, segera menyusul
    Sesungguhnya kita membutuhkan skadron-skadron jet tempur berteknologi tinggi untuk mengawal langit biru nusantara dengan wibawa penuh. Oleh sebab itu setelah kontrak penandatanganan 11 Sukhoi SU35 ini dalam tahun ini juga atau paling tidak sampai menjelang Pilpres 2019 mendatang akan ada lagi kontrak pengadaan jet tempur.
    jet tempur F16 Viper dan jumlahnya mencapai 3 skadron atau 48 unit.
    Sementara 11 Sukhoi SU35 sangat dimungkinkan untuk ditambah 15-17 unit lagi untuk melengkapinya menjadi 2 skadron full armament.

    •  

      Sebetulnya masalah pembelian Su-35 ini tidak silent2 amat, hal itu dibuktikan dengan kunjungan Mr. Mattis beberapa hari sebelum sign up kontrak dilakukan. Itu artinya pengadaan ini disaksikan dengan seksama oleh seluruh Jiran baik lewat spionase maupun resmi.

      Tahun 2016 mungkin mulai membahas detil2 kesepakatan yg akan dituangkan dalam kontrak.
      November 2017 adalah tahap final hasil negosiasi kontrak dan dituangkan dalam bentuk Kesepakatan Kerjasama atau MoU (Belum tanda tangan kontrak).
      Desember 2017 tahap pembahasan detail komoditas yg akan di imbal dagang kan.
      Januari 2018 finalisasi pembahasan imbal dagang dan baru pada tanggal 14 Februari 2018 sign up kontrak dilakukan. Ini hanya mungkin loh karena aslinya kita belum tau prosesnya seperti apa didalam.

      •  

        Ndak ada untungnya si Mattis datang ke Indonesia

        •  

          Buat Mr. Mattis ente memang gak ada untungnya. Beda dengan hubungan kedua negara baik USA maupun Indonesia. Selain mempererat kerjasama dalam bidang pelatihan militer dan anti terrorism juga dalam pengadaan alutsista TNI maupun kerjasama pembuatan KFX/IFX dg Korea yg disupport langsung oleh USA melalui LM.

          •  

            Sak karepmu, saya hargai pendapat antum….tapi dia pulang ndak dpt hasil hihihihihi

          •  

            satireeee….bukannya 4 teknologi kunci gak dikasih AS?? sama sekutunya saja (korsel) nipu…support kok setengah2…mbelgedessss

          •  

            Justru Mattis memberikan nilai lebih… karena pembelian menjadi dipercepat karena Russia tidak ingin diganjal USA dan Indonesia juga setali tiga uang… USA berusaha mati2an memblokade setiap pembelian alutista Russia di seluruh dunia…

          •  

            Santai saja bung fajr, percuma discus sama orang paling benar..kita capek sendiri..sing waras ngalah bung..

          •  

            Lah Mr. Mattis kan bukan Menlu atau Mendag, jadi selain kerjasama pelatihan militer ya gak ada lagi yg dibawa.

          •  

            @ Mig: itu hal yg diulang2. Ada yg lainnya sebelum Ane gantian tanya kenapa Rusia gak berani ngasih ToT dari pembelian Su-35 dan malah ngasih Offset??

  16.  

    Sekali lagi, harga perbaterai S400 $63 juta dengan 8 kendaraan, 2 kendaraan radar dengan jangkauan radar 600km yg kedua dengan jangkauan 300km,
    4 kendaraan peluncur dengan rudal cadangan 16 unit, 1 kendaraan pengisi ulang peluru, 1 kendaraan panstir s pengaman baterai

    Hahhaahaaaa

 Leave a Reply