Irak Terima ‘Pemburu Malam’ MI-28N Dari Rusia

37
7363

Militer Irak menerima selusin helikopter pemburu Mi-28N dari Rusia. Ini telah sesuai dengan kontrak yang disepakati pada tahun 2012. Total kontrak pasokan helikopter untuk Irak bernilai 4,2 miliar dolar AS. Dari total nilai tersebut, helikopter dan perangkat serta komponen senjata yang sudah dikirim baru senilai satu miliar dolar AS.

Nantinya, Angkatan Udara Irak akan memiliki total 48 buah helikopter tempur Mi-28N. Sebelumnya, helikopter ini telah digunakan dalam operasi militer untuk memerdekakan Palmyra di Suriah, pada Maret lalu.

Helikopter Mi-28N atau dikenal sebagai ‘pemburu malam’ dirancang untuk menghancurkan tank, obyek hidup, dan sasaran udara dengan kecepatan rendah. Untuk mengenai objek hidup dan kendaraan lapis baja ringan, helikopter bisa menggunakan senjata meriam 30 mm NPPU-28, sementara untuk melawan tank dan tempat perlindungan musuh jangka panjang, Mi-28N dapat menggunakan rudal Ataka-V.

Dalam perbendaharaan senjata helikopter tersebut juga terdapat roket udara-ke-udara Igla-V yang bertugas menghancurkan pesawat drone, helikopter, dan rudal jelajah.

Untuk perlindungan, Mi-28N mampu meredam serangan peluru 20 mm pada bagian kabin. Untuk melawan peluncur rudal balistik, terdapat senjata pengalih rudal dan pengurangan visibilitas inframerah dalam kisaran dua kali lebih rendah dibandingkan Mi-24.

37 COMMENTS

LEAVE A REPLY