Dec 262018
 


Pesawat tempur F-5 Iran (foto : Common Wikipedia)

Iran menegaskan jet tempur yang baru diluncurkan yang dijuluki “Kowsar” sepenuhnya buatan sendiri, meskipun para pakar militer menunjukkan kemiripannya dengan pesawat tempur Northrop F-5 buatan AS, yang dijual ke Teheran pada 1960-an dan 70-an selama masa pemerintahan Mohammad Reza Shah.

“Jet tempur canggih pertama yang dilengkapi dengan Avionik dan pengendali tembakan mutakhir dari generasi ke-4 asli, yang disebut Kowsar, telah diproduksi dengan komponen lokal di dalam negeri,” rilis media yang dekat Pemerintah Teheran.

Menurut Brigadir Jenderal Abdul-Karim , Direktur Organisasi Industri Pesawat Udara Iran, dengan yakin menyatakan Kowsar “100 persen asli dan diproduksi di dalam negeri.”

Presiden Republik Islam Hassan Rouhani menandai Hari Industri Pertahanan Nasional di Teheran dan hadir ketika Kowsar melakukan debut dengan cara dramatis.

Namun, Banyak phak dengan cepat menunjuk pada kemiripan yang luar biasa dari jet tempur F-5, yang melakukan penerbangan pertamanya hampir 60 tahun yang lalu pada tahun 1959.

“Tampaknya para pejabat Iran tidak cukup akrab dengan evolusi industri penerbangan. Pesawat mereka sangat mirip pesawat tempur yang diproduksi oleh Amerika Serikat beberapa dekade lalu yang dibeli Iran. Tetapi penipuan adalah metode favorit mereka, “tulis tweet Tim Komunikasi Departemen Luar Negeri.

Menyoroti kemiripan visual dari dua pesawat tersebut, Joseph H. Dempsey – Research Associate for Defence and Military Analysis at the International Institute for Strategic Studies (IISS) juga memposting tweet dengan gambar kedua jet untuk menunjukkan bagaimana keduanya, setidaknya dalam struktur luar, tampil hampir identik.

“Pesawat tempur ini sangat mirip dengan pesawat tempur F-5 AS, atau jika kita ingin mengatakan yang lebih baik, Kowsar sebenarnya merupakan peningkatan dari F-5, yang sedang dikembangkan oleh Kementerian Pertahanan Iran,” tulis Tasnim, yang berbicara atas nama Korps Pengawal Republik Islam (IRGS).

Outlet Iran menambahkan, “Ahli negara kami telah mampu mengubah pesawat tempur F-5 menjadi fighter yang lebih modern, dan hari ini dapat dikatakan bahwa Iran memiliki standar modern untuk F-5,” dan spesifikasi terdaftar seperti mesin turbojet baru yang memiliki kemampuan untuk terbang pada ketinggian hingga 50.000 kaki.

Sistem penargetan analog kuno diubah menjadi digital dan menunjukkan bahwa F-5 tidak memiliki sistem penargetan inframerah dan radar seperti yang di miliki Kowsar.

Sepuluh universitas, 72 perusahaan kontraktor, 44 perusahaan asuransi, dan 63 perusahaan penelitian dan pengembangan dikatakan telah berkontribusi dalam proyek ini.

“Terlepas dari desain bodi (mirip) F-5 Amerika, hari ini tidak ada yang lain dalam pesawat tempur milik Iran. Artinya, satu-satunya hal yang tidak berubah adalah desain pesawat tempur F-5, ”tulis laporan media tersebut.

Selama era Shah, Iran membeli lebih dari 300 jet tempur F-5 dari Amerika Serikat, banyak di antaranya hilang selama perang Iran-Irak pada tahun 1980-an.

F-5 masih digunakan oleh militer di beberapa negara, tetapi seringkali hanya untuk pelatihan pilot.

Kurdistan24

 Posted by on December 26, 2018