Iran Berencana Gelar Latihan Angkatan Laut dengan Rusia di Laut Kaspia

Alborz kapal perang Angkatan Laut Iran © Mahdi Marizad via Fars News Agency

Panglima Angkatan Laut Iran pada hari Minggu mengatakan bahwa Iran dan Rusia bersiap untuk mengadakan latihan bersama angkatan laut di Laut Kaspia, termasuk latihan penyelamatan dan anti-pembajakan.

“Permainan perang taktis, penyelamatan, dan anti-pembajakan antara pasukan angkatan laut Iran dan Rusia sedang direncanakan dan akan diimplementasikan dalam waktu dekat,” kata kantor berita Mehr mengutip Laksamana Muda Hossein Khanzadi.

Iran dan Rusia telah mengadakan beberapa latihan angkatan laut di Laut Kaspia, termasuk pada tahun 2015 dan 2017.

Iran dan Rusia memiliki hubungan dekat, termasuk di Suriah di mana mereka berdua mendukung Presiden Bashar al-Assad dalam perang saudara di negara itu.

Khanzadi menegaskan kembali oposisi Iran terhadap kehadiran militer negara mana pun dari luar kawasan di Laut Kaspia, dengan mengatakan: “Semua negara di sekitar Kaspia memiliki pendekatan yang sama,” lapor Mehr.

Rusia mengatakan pada tahun lalu pihaknya berkomitmen kuat untuk memperdalam hubungan dengan Iran meskipun ada keputusan Amerika Serikat untuk keluar dari kesepakatan nuklir internasional dan menerapkan kembali sanksi terhadap Teheran.

Sumber: Reuters

Tinggalkan komentar